Beranda » Blog » 5 PERAWATAN IDEAL PADA KELAPA PANDAN WANGI

5 PERAWATAN IDEAL PADA KELAPA PANDAN WANGI

Diposting pada 7 April 2020 oleh bibit buah / Dilihat: 929 kali

Kembali lagi di Bibit Buahku. Pada pembahasan ini kita akan mengulas tentang perawatan ideal pada Kelapa Pandan Wangi.

Kelapa pandan wangi merupakan kelapa unggulan asal negara Thailand. Kelapa pandan wangi sebenarnya sudah cukup lama dicoba untuk dibudidayakan di Indonesia, yakni di Sumatra Utara. Umur tanaman tertuanya saja sudah mencapai 30 tahun, namun dengan jumlah yang terbatas.

Sekitar pada tahun 2003 lalu, budidaya kelapa pandan wangi di indonesia mulai dikembangkan lagi dalam jumlah yang besar. Salah satunya yang berlokasi di Pantai Cermin, Kabupaten Langkat yang pada saat ini, kira-kira umur tanaman sudah mencapai kisaran 8 – 15 tahun, di lahan tanam seluas 120 hektar, serta yang berada di lokasi Binjai, dengan populasi pohon kira-kira 40 pohon kelapa pandan wangi.

Kelapa pandan wangi memang tengah menjadi primadona baru. Selain karena keunggulan-keunggulannya yang unik dan menarik, budidaya kelapa pandan wangi ternyata cukup mudah dengan penanaman dan perawatan yang ideal. Harga jualnya yang tinggi, yang konon bahkan sampai 10x lipat dari harga jual kelapa pada umunya di tengkulak, ataupun toko buah menjadikan kelapa pandan wangi menjadi peluang yang menguntungkan.

Hal yang paling populer sehigga kelapa pandan wangi cepat dikenal dan bibicarakan khalayak adalah karakteristik buahnya. Buah kelapa pandan wangi memiliki aroma khas pandan yang bahkan mudah kita cium saat serabut kulit kelapa sedikit dikelupas. Selain aromanya yang khas, rasa manis serta kandungan elektrolit yang tinggi ini mampu dan aman dikonsumsi sehari-hari tanpa tampahan gula, madu, sirup, ataupun pemanis buatan.

Kandungan lain seperti kaya akan vitamin juga dapat digunakan sebagai olahan masker kecantikan yang baik, juga dapat dijadikan sebagai obat diet yang herbal karena mengandung serat yang dapat menghancurkan lemak jahat dalam tubuh sehingga dapat menurunikan berat badan. Selain itu, kelapa pandan wangi juga dipercaya efektif menentralisir racun dalam tubuh, meningkatkan metabolisme, serta menambah energi karena kandungan zat antioksidannya yanng banyak.

Budidaya kelapa pandan wangi dengan hasil optimal tentu ditopang pula dengan penanaman yang baik, serta perawatan ideal pada tanaman. Berikut ini beberapa hal yang meski kamu lakukan dan kamu ketahui dalam merawat serta memelihara tanaman kelapa pandan wangi, kelapa yang tengah menjadi primadona baru bagi banyak khalayak.

Perawatan Ideal Pada Budidaya Dan Penanaman Kelapa Pandan Wangi Agar Hasil Optimal.

PERAWATAN PADA KELAPA PANDAN WANGI

PERAWATAN PADA KELAPA PANDAN WANGI

1. Pemberian Mulsa dan Tanaman Penutup

Perawatan ideal pada budidaya dan penanaman kelapa pandan wangi yang pertama adalah pemberian mulsa dan tanaman penutup. Mulsa merupakan sisa-sisa organ tanaman bisa berupa ranting, ataupu daun yang juga berperan sebagai kompos. Pemberian mulsa difungsikan untuk memberikan nutrisi tambahan pada tanaman serta menekan pertumbuhan gulma parasit serta penyakit yang dapat menghambat tanaman kelapa pandan wangi.

Gunakan mulsa secukupnya saja. Biasanya dengan ketebalan antara 2-4,5 cm dari permukaan tanah. Hindari penggunaan mulsa melebihi 5 cm, karena dapat menutup pangkal batang sehingga menghalangi jalannya sinar matahari yang juga dapat mengundang penyakit.

Sedangkan, penggunaan tanaman penutup, lebih baik dilakukan pada saat sebelum musim hujan dengan Famili Legminosae (Legume Cover Crop, LCC), supaya biji penutup tanah tidak mudah membusuk. Hal ini dilakukan agar dapat menekan pertumbuhan gulma parasit, menekan perkembangan hama dan penyakit, memperbaiki kandungan nitrogen yang ada dalam tanah serta memperbaiki struktur tanahnya, mengurangi penguapan saat cuaca sedang panas, juga menahan aliran permukaan pasca penyiraman. Selain itu, tanaman penutup juga dipercaya dapat memperkecil amplitudo perbedaan temperatur pada siang hari dan malam hari.

2. Penjarangan dan Penyulaman Pada Tanaman

Perawatan ideal pada budidaya dan penanaman kelapa pandan wangi yang selanjutnya adalah melakukan penjarangan dan penyulaman pada tanaman. Penjarangan dan penyulaman merupan kegiatan yang meski kita lakukan untuk memperbaiki tanaman kelapa pandan wangi yang mati ataupun rusak akibat kelalaian kita sendiri. Tujuan penjarangan dan penyulaman tentu saja agar hasil panen yang akan dihasilkan nanti seragam dan optimal. Pada umumnya, penjarangan dan penyulaman dilakukan pada tanaman yang tumbuh kerdil karena terserah hama dan penyakit atau karena kultur tanam yang tidak sehat.

Penyulaman ataupun penjarangan dapat dilakukan pada musim hujan, yang sebelumnya sudah dimusnahkan atau dibakar pada musim kemarau. Penjarangan dan penyulaman dapat dilakukan dengan baik jika kita teratur melakukan ceking pada tanaman.

3. Penyiangan

Perawatan ideal pada budidaya dan penanaman kelapa pandan wangi kemudian adalah penyiangan. Penyiangan merupakan kegiatan mencabuti gulma ataupun tanaman liar yang hadir sebagai parasit yang suka mencuri nutrisi, sekaligus kegiatan untuk menggemburkan tanah.

Penyiangan dilakukan bisanya dengan piringan dengan lebar 1 meter, pada tahun awal tanaman kelapa pandan wangi. Ayunkan piringan tersebut dengan koret atau parang ke arah dalam tanah, dengan hati-hati jangan sampai melukai akar tanaman kelapa pandan wangi. Jika tanaman kelapa pandan wangi sudah mencapai umur tahun ke dua, kamu bisa menggunakan piringan dengan lebar 1,5 meter.
Lakukan penyiangan secara bertahap. Apabila sedang musim hujan dengan curah hujan cukup tinggi, lakukan penyiangan tiap 4 minggu sekali. Namun, kamu bisa melakukan penyiangan tiap 6 minggu sekali saat musim kemarau.

4. Pembumbunan

Perawatan ideal pada budidaya dan penanaman kelapa pandan wangi sesudah itu adalah pembumbunan. Pembumbunan merupakan kegiatan menimbun tanan pada pangkal rumpun tanaman kelapa pandan wangi. Perlu kita ketahui, tanah yang berada di sekitar tanaman kadang-kadang terkikis karena efek erosi air, baik itu erosi air irigasi, maupun air hujan. Hal itu membuat tanah yang berada di sekitar tanaman menjadi kurang mampu dalam menopang tegaknya tanaman.

Pembubunan dapat dilakukan dengan cara menimbunkan tanah pada bagian atas permukaan tanaman kelapa hingga menutup pangkal batang pohon yang dekat dengan akar.

5. Kultur Tanam Yang Sehat

Perawatan ideal pada budidaya dan penanaman kelapa pandan wangi sesudah itu adalah membiasakan diri dengan kultur tanam yang sehat. Kultur tanam yang sehat dapat meliputi kombinasi dari penyiraman yang teratur dan cukup, pemupukan yang bertahap, pemangkasan jika perlu, serta memperbaiki drainase dan irigasi yang sehat. Kultur tanam yang sehat, efektif untuk pencegahan hama dan penyakit pada tanaman kelapa pandan wangi.

Tags: , , ,

Bagikan ke

Diposting oleh

jual bibit tanaman buah berkualitas dan bergaransi

5 PERAWATAN IDEAL PADA KELAPA PANDAN WANGI

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

6 KEUNGGULAN DURIAN BAWOR, DURIAN LOKAL YANG BERUKURAN JUMBO
5 Mei 2020

Buah Durian merupakan buah yang paling populer di Indonesia setelah buah mangga. Jenis buah yang tumbuh di daerah tropis dalam... selengkapnya

2 Cara Menanam Alpukat Miki dalam Pot Cepat Berbuah
17 September 2019

Alpukat Miki merupakan salah satu jenis alpukat yang ahir-ahir ini banyak di gandrungi masyarakat Indonesia, tentu bukan tanpa alasan. Selain... selengkapnya

6 Keunggulan Anggur Ninel Yang Banyak Diminati Masyarakat Kota Yogyakarta
3 Desember 2020

Anggur ninel adalah jenis anggur impor yang didatangkan dari Ukraina, dimana di Indonesia sendiri khususnya di Yogyakarta, bibit anggur Ninel... selengkapnya

Rasa Buah Gitaan Yang Manis dan Lezat
21 Maret 2017

Rasa Buah Gitaan Yang Manis dan Lezat – Cita rasa gitaan berkulit kuning lebih manis dibanding gitaan berkulit jingga. Buah bercita... selengkapnya

5 BUDIDAYA TANAMAN BUAH KELAPA GENJAH ENTOK
13 Mei 2020

Kelapa Genjah Entok adalah salah satu jenis tanaman buah kelapa unggulan. Buah kelapa jenis ini memiliki kualitas yang bagus, daging... selengkapnya

6 Keunggulan Kelengkeng New Kristal Yang Punya Banyak Manfaat
4 Maret 2020

Pada artikel kali ini, kita akan membahas terkait Keunggulan Kelengkeng New Kristal. Langsung saja cekidot. Kelengkeng merupakan jenis buah yang... selengkapnya

5 Jenis Anggur Import Rasa Manis Yang Bisa Anda Tanam di Indonesia
16 Juli 2020

Anggur merupakan tanaman buah merambat yang termasuk dalam keluarga vitaceae. Memiliki bentuk bulat, kecil dengan warna merah, hijau dan ungu... selengkapnya

Zaitun Berbuah di Bogor
17 Maret 2017

Tanaman gurun itu terbukti dapat berbuah di kebun Teddy Soelistyo – para kolektor buah itu—2 pohon zaitun berbuah. Mereka pantas takjub... selengkapnya

6 TAHAP-TAHAP PENANAMAN KELAPA PANDAN WANGI
6 April 2020

Kembali lagi bersama kami, kali ini kita akan membahas tentang tahap penanaman Kelapa Pandan Wangi. Sudah menjadi rahasia umum, jika... selengkapnya

Dua Cara Budidaya Jagung Manis Panen Besar
12 Desember 2017

Budidaya Jagung Manis Panen Besar – Sebelum membahas lebih jauh, untuk Anda yang ingin membudidayakan jagung manis sebagai produk unggulan perlu... selengkapnya

5 PERAWATAN IDEAL PADA KELAPA PANDAN WANGI

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

yaniz
● online
yaniz
● online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: