Beranda » Blog » 7 KEUNGGULAN TANAMAN KELAPA PANDAN WANGI

7 KEUNGGULAN TANAMAN KELAPA PANDAN WANGI

Diposting pada 6 April 2020 oleh bibit buah / Dilihat: 1.190 kali

Masih bersama kami, Bibit buahku. Pada kesempatan ini kita akan mengulik tentang keunggulan tanaman Kelapa Pandan Wangi. 

Kelapa pandan wangi merupakan salah satu varietas kelapa unggul yang tengah dibicarakan oleh banyak orang. Kelapa Pandan wangi, datang berasal dari negara “pentolan” dalam budidaya tanaman, Thailand. Di sana, jenis kelapa ini memiliki nama Nam Hom, atau secara harfiyah memiliki makna “air wangi”. Sama halnya seperti namanya, kelapa pandan wangi memiliki aroma yang harum, khas seperti aroma pandan, bahkan ketika serabut kulit kelapa mulai dikupas.

Selain aromanya yang khas, air kelapa pandan wangi juga sangat manis. Sangkin manisnya, kita bisa menikmati air kelapa pandan wangi tanpa harus dengan gula, sirup, atau madu. Daging buahnya tipis, namun mempunyai tekstur lembut. Kandungan elektrolit pada air kelapa ini juga sangat tinggi, sehingga mempunyai banyak sekali manfaat bagi kebugaran dan kesehatan tubuh kita, terutama untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang, menentralisir racun yang masuk ke tubuh, dan lainnya. Tanaman kelapa pandan wangi kemudian menjadi primadona, karena sering dijadikan menu-menu utama atau bahan campuran minuman segar lainnya di restoran-restoran, mapun di warung-warung kecil di tepi jalan.

Meskipun varites kelapa pandan wangi terbilang cukup baru, namun dengan berbagai macam keunggulannya, kelapa jenis ini patut dijadikan primadona baru. Lalu, apa saja sih, keunggulan dari kelapa pandan wangi yang disebut-sebut sebagai kelapa genjah yang paling dicari ini? berikut beberapa keunggulannya.

Keunggulan Tanaman Kelapa Pandan Wangi

KEUNGGULAN TANAMAN KELAPA PANDAN WANGI

KEUNGGULAN TANAMAN KELAPA PANDAN WANGI

1. Mempunyai Rasa Manis dan Aroma Yang Khas

Keunggulan tanaman kelapa pandan wangi yang pertama adalah, kekhasan aroma yang mirip seperti aroma pandan, dan rasa air kelapanya yang sangat manis. Ditambah lagi dengan daging buahnya yang tipis namun memiliki teksture yang lembut dan mudah ditelan. Buah kelapa pandan wangi mempunyai tampilan yang berbeda dengan buah kelapa pada umunya. Kulit luarnya berwarna hijau, namun demikian umur kelapa pandan wangi sudah tua. Berbeda dengan jenis kelapa yang lain, yang bertambahnya usia, kulit kelapa akan berubah menjadi warna hijau kekuningan.
Rasa manis yang terkandung dalam air kelapa benar-benar alami. Karena rasanya sangat manis, untuk menikmati air kelapa pandan wangi tidak perlu dengan tambahan gula, madu, maupun sirup. Aromanya yang harum seperti aroma pandan ini, juga sudah dapat mulai kamu cium ketika serabut kulit kelapa mulai dikupas.

2. Bersifat Genjah

Keunggulan tanaman kelapa pandan wangi selanjutnya adalah sifatnya yang genjah atau mudah berbuah. Tidak semua jenis kelapa memiliki sifat ini. Pada umumnya, pohon kelapa baru bisa berbuah ketika umurnya sudah mencapai lima tahun atau lebih. Namun, jenis kelapa pandan wangi sudah dapat mulai belajar berbuah bahkan saat umur tanaman baru mencapai tiga sampai empat tahun.
Sifatnya yang mudah berbuah ini, tentunya sangat menguntungkan bagi petani kelapa. Kadang-kadang, jika tanaman kelapa pandan wangi sudah mencapai umur fisiologis puncak produksi, tanaman kelapa pandan wangi dapat berbuah setiap dua puluh sampai dua puluh lima hari sekali. Sungguh sangat fantastis, bukan?

3. Produktivitas Tinggi

Keunggulan lain dari tanaman kelapa pandan wangi adalah sifatnya yang memiliki produktivitas yang tinggi. Karena kelapa pandan wangi juga termasuk tanaman yang genjah, maka sudah pasti jika tingkat produktivitasnya menjadi tinggi. Setiap pohon kelapa pandan wangi, umumnya dapat menghasilkan 10 – 12 tandan per pohon dalam satu kali panen. Yang masing-masing tandan biasanya berisi 8 – 12 buah kelapa.

Buah kelapa pandan wangi memang memiliki karakteristik kecil buahnya, namun bergerombol dan lebat. Jika umur fisiologisnya sudah mencapai puncak produksi, pohon kelapa pandan wangi dapat memproduksi buah hanya dalam tenggat waktu setiap 20 – 25 hari sekali. Kelapa pandan wangi pun memiliki umur produktif yang lama. Idealnya, pohon kelapa pandan wangi mempunyai umur produktivitas hingga 15 tahun.

4. Cukup Adaptif

Keunggulan tanaman kelapa pandan wangi selanjutnya adalah sifatnya yang mudah beradaptasi. Tanaman kelapa pandan wangi dapat tumbuh dengan baik di dataran tinggi pada ketinggian 600 mdpl, dan dapat tumbuh dengan optimal di dataran rendah pada 450 mdpl. Idealnya, tanaman kelapa pandan wangi dapat tumbuh subur dengan dataran kira-kira yang memiliki ketinggian 0-450 mdpl dengan pH tanah optimum 5,5 – 6,5.

Selain itu, tanaman pandan wangi juga dapat tumbuh dengan sangat baik pada jenis tanah apapun. Baik pada jenis tanah vulkanik, berpasir, tanah liat, berbatu, maupun aluvial. Akan tetapi, tanaman kelapa pandan wangi optimal di jenis tanah endapan aluvial.

5. Memiliki Harga Jual Yang Tinggi

Keunggulan selanjutnya dari tanaman kelapa pandan wangi adalah harga jualnya yang tinggi. Jika pada umunya, harga jual kelapa dipasaran dibardol rata-rata Rp. 6000- Rp. 10.000, namun, harga jual kelapa pandan wangi mencapai Rp. 15.000 – Rp. 25.000, per buahnya. Itupun harga yang dijual oleh para petani buah. Harga jual yang berada di tengkulak atau toko buah bisa lebih tinggi lagi.

6. Memiliki Banyak Kandungan Yang Bermanfaat Bagi Tubuh

Keunggulan tanaman kelapa pandan wangi selanjutnya adalah kandungan yang dapat bermanfaat untuk tubuh. Kandungan vitamin B komplek yang tinggi, sumber elektrolit, serta mineral baik untuk obat penurun panas, menetralisir racun, serta mengembalikan cairan tubuh yang hilang. Bahkan, kandungan elektolit pada kelapa pandan wangi lebih tinggi daripada miniuman-minuman isotonik berenergi.

7. Tinggi Pohon Cenderung Pendek

Keunggulan lain dari tanaman kelapa pandan wangi adalah postur tubuhnya yang cenderung pendek. Jika biasanya, tinggi pohon kelapa bisa mencapai 15 meter, pohon kelapa pandan wangi hanya memiliki tiggi rata-rata 3 – 6 meter. Postur tubuh yang pendek ini tentu memudahkan bagi kita jika ingin memanen buahnya.

Tags: , , ,

Bagikan ke

Diposting oleh

jual bibit tanaman buah berkualitas dan bergaransi

7 KEUNGGULAN TANAMAN KELAPA PANDAN WANGI

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Tabulampot Jambu Air Mudah Berbuah dan Lebih Manis
9 Oktober 2017

Tabulampot jambu air dalam budidaya jambu air merupakan alternatif yang tepat. Selain menghemat lahan, tanaman di dalam pot pun dapat... selengkapnya

Manfaat Kulit Jeruk Bali Untuk Tulang
21 Maret 2017

Manfaat Kulit Jeruk Bali Untuk Tulang – Kulit jeruk bali dapat tingkatkan kepadatan tulang, Lawan Sepadan Tulang Rapuh. Berjongkok aktivitas yang... selengkapnya

5 TIPS BUDIDAYA TANAMAN BUAH MANGGA MANALAGI
5 Mei 2020

Buah mangga manalag merupakan salah satu varetas buah lokal unggulan dengan rasa manis sempurna, perpaduan antara rasa manis jenis mangga... selengkapnya

Manfaat Buah, Biji dan Daun Buah Avokad (Persea)
16 Maret 2017

Manfaat Buah, Biji dan Daun Buah Avokad (Persea) – Daging buah avokad yang lembut itu berpadu dengan daging kelapa muda,... selengkapnya

Alpukat Sikat Sakit Gigi
23 Maret 2017

Daun alpukat atasi keluhan nyeri akibat gigi berlubang Daun alpukat mengurangi nyeri akibat gigi berlubang. Bertahun-tahun sakit gigi Betty nyaris... selengkapnya

PANDUAN BUDIDAYA RAMBUTAN
9 Juni 2017

PANDUAN BUDIDAYA RAMBUTAN Penanganan Awal Saat Bibit Sampai Tujuan Buatlah media tanam dengan bahan tanah, pupuk kandang (sapi/ayam/kambing), dan sekam... selengkapnya

Cara Mudah Membuahkan Anggur
22 Agustus 2020

Anggur adalah tanaman buah merambat yang termasuk dalam keluarga vitaceae. Memiliki bentuk bulat, berukuran kecil, dan warna yang menarik. Buahnya... selengkapnya

Cara Membuat Pupuk Agar Alpukat Cepat Berbuah di Pot
22 Februari 2020

Apakah anda ingin memiliki pohon alpukat di Pot dan cepat berbuah? Salah satunya adalah dengan teknik stress air. Seperti apa... selengkapnya

4 Jenis Kurma Yang Cocok Ditanam di Indonesia – Kurma Yang Manis dan Cepat Berbuah
1 Agustus 2018

Pada artikel kali ini kami akan membahas jenis kurma yang cocok ditanam di Indonesia atau banyak orang menyebutnya Kurma Tropis.... selengkapnya

Menanam Di Halaman Rumah – Sayuran, Buah-Buahan, Toga Sangat Menguntungkan
15 Desember 2017

Menanam Di Halaman Rumah – Bila Anda rutin mengamati perkembangan budidaya tanaman Di Indonesia, tentu tak meninggalkan ingatan pada tahun 1998... selengkapnya

7 KEUNGGULAN TANAMAN KELAPA PANDAN WANGI

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

yaniz
● online
yaniz
● online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: