Beranda » Blog » 7 TAHAPAN PENANAMAN TANAMAN BUAH MANGGA HARUM MANIS

7 TAHAPAN PENANAMAN TANAMAN BUAH MANGGA HARUM MANIS

Diposting pada 29 April 2020 oleh bibit buah / Dilihat: 1.074 kali

Kembali lagi di artikel kami, kali ini kita akan mengulas tahapan tanaman buah mangga harum manis.

Tanaman mangga harum manis dengan aromanya yang harum dan rasanya yang manis menjadikannya populer. Pamornya bahkan tidak turun sepanjang tahun. Permintaannya terus ada. Buah mangga harum manis kemudian menjadi salah satu buah yang paling dicari oleh tengkulak maupun komsumen lainnya.

Mangga harum manis merupakan salah satu tanaman buah tropis yang tumbuh dengan sehat di dataran rendah. Idealnya, tanaman buah mangga harum manis dapat tumbuh dengan baik dengan elevensi ketnggian 0- 500 mdpl dengan PH tanah 5,5 sampai 7,5. Jika area tanam yang kamu gunakan memliki pH dibawah 5,5, kamu bisa memberinya sedikit kapur dolomit untuk menetralisir ph tanahnya. Tanaman buah manggga harum manis dapat hidup dan tumbuh dengan baik, pada daerah dengan curah hujan rata-rata atara 750 – 2.250 mm per tahun. Dengan suhu rata-rata 24- 27 0C dan kedalaman air tanah 50 – 10 cm.

Dalam budidaya tanaman buah mangga harum manis , kita tidak perlu melakukan perlakuan yang khusus, cukup berikan perawatan dasar yang optimal dengan penanaman yang benar, mangga tanaman buah mangga harum manis dapat tumbuh dengan subur dan baik.

Keunggulan lain dari mangga harum manis adalah kandungan vitamin C nya yang dapat menambah sistem imun, sehingga kita akan terhindar dari serangan virus maupun penyakit yang lain. Oh ya, buah mangga harum manis juga aman jika dikonsumsi setiap hari, lo. Bahkan, beberapa orang menjadikan ini sebagai menu diet, karena kandungan seratnya bisa melancarkan pencernaan, daging buahnya yang tebal juga bikin kenyang.

Dalam penanaman mangga harum manis, kamu juga harus memperhatikan bibit tanaman buahnya. Pastikan bibit yang kamu pilih adalah yang berkualitas, dan segar serta bebas dari hama dan penyakit.

Yosh, berikut ini beberapa langkah dan tahap-tahap dalam penanaman buah mangga harum manis. Mari, simak. Tahap –Tahap Penanaman Tanaman Buah Mangga Harum Manis

TAHAPAN PENANAMAN TANAMAN BUAH MANGGA HARUM MANIS

TAHAPAN PENANAMAN TANAMAN BUAH MANGGA HARUM MANIS

1. Mempersiapkan Lahan Tanam

Tahapan penanaman tanaman buah mangga harum manis yang pertama adalah mempersiapkan lahan tanam. Pastikan kamu memilih lahan tanam dengan penyinaran matahar yang penuh, dengan adanya kemudahan transportrasi dan sumber mata air untuk menunjangnya.

Bersihkan lahan tanam dari sampah- sampah, bebatuan yang tidak berguna, dan gulma parasit yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman buah mangga harum manis. Sinar matahari sangat penting dalam membantu proses pertumbuhan, fotosintesis pada tanaman. Selain karena jenis mangga harum manis merupakan salah satu jenis tanaman buah yang idealnya tumbuh pada iklim dengan masa kering kisaran 3 bulan, sinar matahari juga efektif menjadi pencegahan hama dan penyakit pada tanaman.

2. Membuat Lubang Tanam

Tahapan penanaman tanaman buah mangga harum manis yang selanjutnya adalah membuat lubang tanam. Buat lubang tanam dengan ukuran 80 cm – 100 cm atau sesuaikan dengan ukuran bibit tanaman. Buat lubang dengan jarak tanam 5 sampai 10 m. Kamu dapat membuat jarak tanam dengan berbagai macam bentuk, bisa dengan bentuk segitiga sama kaki, bentuk diagonal, maupun bujur sangkar.

Buat lubang tanam terkena paparan sinar matahari langsung dan diamkan selama 1 – 2 minggu. Ini untuk menetralisir racun. Atau kamu juga bisa menggunakannya dengan cara membakar sampah daun kering di dalam lubang tanam.

Pisahkan tanah galian kira-kira 50 cm dari bagian atas. Lalu, campurkan tanah galian bagian atas tersebut dengan pupuk kandang yang sudah kering dan sudah terfermentasi, sedikit sekam dan sedikit kapur dolomit. Pupuk berfungsi sebagai nutrisi tambahan, sekam bisa digunakan sebagai sesuatu yang dapat membantu proses penyerapan air, dan kapur dolomit bisa berfanfaat untuk menetralisir pH tanah. Kalau bisa, proses penanaman dan proses pembuatan lubang tanam pada saat musim kemarau.

3. Memilih Bibit

Tahapan penanaman tanaman buah mangga harum manis yang selanjutnya adalah memilih bibit. Seperti halnya dalam penanaman-penanaman tanaman buah yang lain, pemilihan bibit yang unggul serta berkualitas menjadi syarat utama yang meskinya kamu penuhi. Biasakan untuk memilih bibit yang unggul dengan memastikan bahwa bibit yang kamu pilih benar-benar sehat dan bugar, bebas dari hama serta penyakit tanaman. Pada umumnya dicirikan dengan, daun berwarna hijau segar, batang pohon yang kuat, tunas yang sehat, serta perakaranya yang basah.

Untuk hasil yang lebih optimal, diamkan dulu bibit dan taruh ditempat yang sejuk sebelum ditanam di lahan tanam. Biasanya, memakan waktu 5 – 7 hari untuk membantu bibit siap tanam dan bugar saat ditanam.

4. Menanam Bibit

Tahapan penanaman tanaman buah mangga harum manis yang selanjutnya adalah menanam bibit tanaman buah mangga harum manis. Menanam bibit tanaman buah mangga harum manis harus dilakukan dengan hati-hati. Tanam bibit pada lubang tanam, lalu timbun dengan tanah galian yang tadi sudah dicampur dengan pupuk, sedikit sekam dan sedikit kapur dolomit.

Tekan sedikit demi sedikit hingga tanaman bisa tegak. Bila perlu, kamu bisa menggunakan ajir atau kayu penyangga untuk menjaga keseimbangan tanaman agar tidak mudah miring atau bahkan roboh ketika tertip angin atau terkena deras hujan lebat. Jika kamu sudah yakin, tanamanmu tegak tanpa ajir penyangga, maka tidak usah.
Perlu kita ketahui bersama, waktu terbaik dalam menanam bibit mangga harum manis adalah pada musim kemarau.

5. Merawat Tanaman

Tahapan penanaman tanaman buah mangga harum manis yang selanjutnya adalah merawat tanaman. Dalam hal ini dapat merupakan kmbinas penyiraman tanaman, penyianga pada tanaman, serta pemberian pupuk pada tanaman. Sram tanaman dengan terature idealnya 1 – 2kali dalam sehari. Penyiangan merupakan kegiatan mencabuti gulma ataupun tanaman liar yang hadir sebagai parasit yang suka mencuri nutrisi, sekaligus kegiatan untuk menggemburkan tanah.

Penyiangan dilakukan bisanya dengan piringan dengan lebar 1 meter, pada tahun awal tanaman buah mangga harum manis. Hat-hati saat melakukannya agar tidak merusak akar tanaman. Penyiangan juga membantu terciptanya sistem irgasi yang sehat, karena sama-sama membantu kadar air yang terkandung dalam tanah tetap stabil.
Berikan pupuk kotoran hewan, disarankan menggunakan kotoran domba, setiap tiga bulan sekali. Lakukan teratur dengan dosis yang sesuai. Usahakan kamu menggunakan pupuk yang sudah kering atau sudah difermentasi. Beri pupuk idealnya tiap 3 bulan sekali.

6. Tahap Panen

Tahapan penanaman tanaman buah mangga harum manis yang selanjutnya adalah pada saat tahap panen. Panen buah pada saat buah sudah matang. Buah mangga harum manis yang sudah matang memiliki ciri khas bagian pangkal buah telah membengkak rata, lalu warnanya akan berubah menjadi perlahan-lahan menguning. Apabila buah dipanen sebelum matang, maka rasa manisnya akan terasa kurang maksimal, bahkan cenderung asam.

Idealnya, tanaman buah mangga harum manis dapat dipanen pada saat usia 4-5 bulan setelah bunga mekar. Biasanya tanaman buah mangga harum manis mekar pada bulan-bulan Juli – Agustus, dan buah akan matang serta siap panen pada bulan September – Oktober. Saat itulah musim panen buah mangga harum manis.

7. Tahap Pasca Panen

Tahapan penanaman tanaman buah mangga harum manis yang selanjutnya adalah pada saat tahap pasca panen. Tahap pasca panen yang perlu kamu lakukan adalah mengumpulkan semua buah mangga harum manis, menyortir dan melakukan penggolongan sebelum distribusi berdasarkan kualifikasi berat buah, serta tingkat kematangannya, lalu simpan di tempat yang kering juga sejuk.

Simak artikel kami tentang : 7 Tahap Bercocok Tanam Tanaman Buah Mangga Harum Manis

Tags: , , ,

Bagikan ke

Diposting oleh

jual bibit tanaman buah berkualitas dan bergaransi

7 TAHAPAN PENANAMAN TANAMAN BUAH MANGGA HARUM MANIS

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

5 Keunggulan Rambutan Binjai Dibanding Rambutan Rapiah
29 Desember 2020

Siapa sih yang tidak tahu dengan buah berwarna merah dengan bulu yang lebat ini? Memang sudah bukan menjadi buah yang... selengkapnya

Duo Jumbo: Tebal, Lebat
23 Maret 2017

Pohon mangga gajah umur tiga tahun sarat buah Mangga jumbo baru dan berbuah lebat: gajah dan watubuncul. Penampilan pohon setinggi... selengkapnya

Persilangan Rambutan Unggul Sukowono dan Gula Batu dari Subang Bercitarasa Manis
15 Maret 2017

Persilangan rambutan unggul sukowono dan gula batu dari subang bercitarasa manis – Namanya rambutan gula batu. Bentuk buahnya ovoid alias... selengkapnya

4 Cara Budidaya Anggur Ninel Anggur Import dari Ukraina
30 Agustus 2020

Anggur ninel adalah anggur import yang berasal dari Ukraina. Saat ini keberadaan anggur ninel sudah mudah ditemukan di pasar-pasar dan... selengkapnya

Cara Agar Jambu Air Madu Dheli Hijau Cepat Berbuah
11 September 2020

Jambu air madu dheli hijau menjadi primadona bagi pencinta buah jambu air di Nusantara. Salah satu varietas jambu air madu... selengkapnya

Tabulampot Nangka Bisa Berbuah Besar dan Manis
12 Oktober 2017

Tabulampot nangka menjadi favorit banyak kalangan ahir ini. Buah nangka yang manis, legit, dan berdaging lebal tentu menjadi idaman bagi... selengkapnya

5 HAL PERAWATAN PADA TANAMAN BUAH MANGGA HARUM MANIS
29 April 2020

Pada kesempatan kali ini artikel kami akan mengajak anda untuk membahas tentang perawatan pada tanaman buah mangga harum manis. Buah... selengkapnya

Cara Menanam Durian Agar Cepat Berbuah dan Maksimal
1 Januari 2018

Cara Menanam Durian Agar Cepat Berbuah – Durian merupakan salah satu tanaman yang sangat cocok dikembangkan di lahan tropis seperti Indonesia.... selengkapnya

7 Cara Budidaya Alpukat Agar Berbuah Banyak
12 November 2018

Cara budidaya alpukat supaya bisa menghasilkan buah banyak wajib Anda ketahui jika Anda merupakan salah satu orang yang sedang menanam... selengkapnya

Durian Terlezat di Tanah Minang
17 Maret 2017

Setengah abad Sumatera Barat terbukti gudang durian nan lamak bana – Des Mayanti bergegas memilih dan menyodorkan durian berkulit cokelat... selengkapnya

7 TAHAPAN PENANAMAN TANAMAN BUAH MANGGA HARUM MANIS

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

yaniz
● online
yaniz
● online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: