Beranda » Blog » 10 HAMA DAN PENYAKIT PADA TANAMAN BUAH MANGGA HARUM MANIS

10 HAMA DAN PENYAKIT PADA TANAMAN BUAH MANGGA HARUM MANIS

Diposting pada 29 April 2020 oleh bibit buah / Dilihat: 1.995 kali

Kali ini artikel kami akan membahas tentang hama dan penyakit pada tanaman buah mangga harum manis

Mangga harum manis merupakan salah satu tanaman buah tropis yang tumbuh dengan sehat di dataran rendah. Idealnya, tanaman buah mangga harum manis dapat tumbuh dengan baik dengan elevensi ketnggian 0- 500 mdpl dengan PH tanah 5,5 sampai 7,5. Jika area tanam yang kamu gunakan memliki pH dibawah 5,5, kamu bisa memberinya sedikit kapur dolomit untuk menetralisir ph tanahnya.

Mangga harum manis juga salah satu mangga lokal yang paling populer di Indonesa. Seringnya di datangkan dari Probolingg, Jawa Timur, Mangga harum manis masih tetap memiliki pamor sepanjang tahun. Sehingga, buah mangga harum manis banyak diburu oleh para konsumen lokal, maupun para tengkulak buah yang berniat untuk mengekspornya di luar negeri. Buah mangga harum manis sering juga dijadikan olahan makanan-makan yang enak, dan tak jarang diolah menjadi masker kecantikan wajah. Terlebih lagi, kandungan vitamin yang baik untuk dijadikan menu diet yang sehat.

Selain itu, Kandungan Vitamin C dalam mangga harum manis juga mampu meningkatkan sistem imun tubuh kita. Vitamin C, memiliki kemampuan dapat meningkatkan produksi sel darah putih, sebagai kunci untuk memerangi infeksi di tengah-tengah pandemi virus Covid-19 ini. Dengan mengkonsumsi mangga harum manis yang mengandung vitamin C yang cukup, maka dapat membantu menambah sistem imun yang kemudian dapat menekan pertumbuhan bakteri juga pertumbuhan virus apapun.

Dalam budidaya tanaman buah mangga harum manis, ktita harus memperhatikan banyak hal, mulai dari pemilihan bibit, penanaman yang ideal, perawatan yang ideal, juga pengendalian hama dan penyakit yang seringkali menjadi penghalang utama. Bukan hanya dapat menyebabkan kualitas buah menurun, hama dan penyakit juga dapat mengurangi jumlah produksi pada tanaman, bahkan dapat menyebabkan kematian yang berujung pada kegagalan panen jika tidak ditangani dengan serius.

Pada dasarnya, hama dan penyakt yang menyerang pada tanaman buah mangga harum manis seperti layaknya hama dan penyakit pada tanaman buah mangga pada umumnya. Berikut ini beberapa hama dan penyakit yang biasanya menyerang tanaman buah mangga harum manis.

Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Buah Mangga Harum Manis

HAMA DAN PENYAKIT PADA MANGGA HARUM MANIS

HAMA DAN PENYAKIT PADA MANGGA HARUM MANIS

1. Bisul Daun

Hama dan penyakit pada tanaman buah mangga harum manis yang pertama adalah bisul daun. Hal ini biasanya memiliki gejala dengan munculnya bisul pada daun, kemudian daun akan berubah warna menjadi coklat,ataupun hijau yang kemerahan.
Bisul daun dapat dikendalikan dengan cara manual, yakni dengan memangkas dan membakar daun yang terserang. Kamu juga bisa menggunakan insektisida pada buah dan daun namun dengan dosis yang sesuai.

2. Lalat Buah

Hama dan penyakit pada tanaman buah mangga harum manis yang selanjutnya adalah lalat buah. Hama lalat buah dapat menyebabkan buah menjadi cepat membusuk, sehingga jelas dapat menurunkan produktvitas tanaman buah mangga harum manis. Jika sudah begini, perlu dilakukan pengecakan, pengumpulan buah yang bususk, dan pemusnahan agar tidak menyebar ke organ tanaman yang lain.

3. Wareng

Hama dan penyakit pada tanaman buah mangga harum manis yang selanjutnya adalah wareng. Jenis wareng yang menyerang pada tanaman buah mangga harum manis berbeda dengan wareng yang biasa menyerang tanaman padi. Hama wareng ini basaya menyerang hampir seluruh organ tanaman, mulai dari daun, rangkaan bunga, hingga ranting tanaman. Hama ini menyerang sambil mengeluarkan cairan manis sehingga dapat mengundang semut api untuk memekan tunas dan kuncup. Apabila cairan ini mengering atau membeku, dapat menmbulkan jamur kerak hitam yang tentunya menjadi parasit bagi tanaman buah mangga harum manis.

4. Tungau

Hama dan penyakit pada tanaman buah mangga harum manis yang kemudian adalah tungau, atau dengan nama ilmiyahnya Paratetranychus Yothersi, Hamitarsnemus Latus. Tungau ini biasanya menyerang organ tanaman yang masih muda, seperti tunas ataupun daun muda, kemudian menyerang permukaan daun mangga pada bagian bawah. Hama ini sama merepotkannya karena dalam serangan serius, dapat menyerang rangkaian bunga yang memperlambat atau bahkan membatalkan proses pembuahan.

5. Penyakit Yang Disebabkan Oleh Cendawan Glesporium Mangifera

Hama dan penyakit pada tanaman buah mangga harum manis yang selanjutnya adalah Penyakit Yang Disebabkan Oleh Cendawan Glesporium Mangifera. Cendawan ini dapat menyebabkan bunga menjad mudah layu, buah membususj, kemudian organ daun timbul bintk bintik hitam dan juga menggulung.

6. Bercak Merah

Hama dan penyakit pada tanaman buah mangga harum manis yang selanjutnya adalah bercak merah. Penyakit bercak karat merah disebabkan oleh cendawan Cllettrichum Gloesporiodes, in biasanya menyerang hampir seluruh bagian organ tanaman. Mulai dari daun, ranting, bunga, bahkan tunas sehingga menmbulkan bercak-bercak yang berwarna merah. Penyakit ini sangat membahayakan karena dapat mempengaruhi proses pembuahan pada tanaman.

7. Kudis Buah

Hama dan penyakit pada tanaman buah mangga harum manis yang selanjutnya adalah kudis buah. Kudis buah biasnaya menyerang pada tangkai bunga, rantng, dan daun dengan munculna bercak- bercak kuning yang pada satu waktu tertentu berubah warna menjad bercak bercak abu-abu. Akibatnya, bunga akan berjatuhan atau gugur sebelum waktunya, sehingga pembuahan tidak akan pernah terjadi.

Penyakit ni dapat dikendalikan dengan sanitasi yang baik serta memangkas tangkai bunga yang terserang dan segera memusnahkannya.

8. Blendok

Hama dan penyakit pada tanaman buah mangga harum manis yang selanjutnya adalah blendok. Penyakit in dibuat oleh kumbang Xyleborus Affinis yang membuat lubang kemudian ditumbuhi cendawan. Lubang yang terinfestasi cendawan tersebut akan mengeluarkan getah yang pada satu waktu tertentu akan berubah warna menjadi coklat ataupun hitam.

Potong bagian yang sakit, lalu lubang tersebut ditutupi dengan kapas yang sudah dicelupkan dengan insektisida ramah lingkungan, itulah salah satu cara pengendaliannya.

9. Diplodia

Hama dan penyakit pada tanaman buah mangga harum manis yang selanjutnya adalah diplodia. Penyakit ini disebabakan oleh cendawan diplodia sp. Biasanya menyerang pada bekas luka tanaman muda hasil okulasi. Segera tutup luka pada tanaman dengan parafin untuk pengendalianya.

10. Cendawan Jelaga

Hama dan penyakit pada tanaman buah mangga harum manis yang selanjutnya adalah penyakit yang dsebabkan oleh cendawan jelaga atau Capnodium Mangiferum. Penyakt ini dapat menyebabkan daun mangga yang diserang berwarna hitam seperti beledu ataupun asap. Warna hitam tersebut disebabkan oleh jamur yang tumbuh.

Cek artikel kami lainya tentang : 7 Tahapan Penanaman Tanaman Buah Mangga Harum Manis

Tags: , , ,

Bagikan ke

Diposting oleh

jual bibit tanaman buah berkualitas dan bergaransi

10 HAMA DAN PENYAKIT PADA TANAMAN BUAH MANGGA HARUM MANIS

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

7 BUDIDAYA DURIAN MUSANG KING DI INDONESIA
12 Maret 2020

Kali ini kita akan mengulas terkait budidaya Durian Musang King di Indonesia. Mari kita simak Kelanjutanya di artikel ini. Durian... selengkapnya

Mangga Setahun Tiga Kali Panen
15 Maret 2017

Mangga Setahun Tiga Kali Panen –  Mangga Agrimania, merupakan mangga juara Lomba Buah Unggul Nasional 2014, siap menyaingi R2E2, mangga... selengkapnya

4 Keunggulan Anggur Preco Dibanding Jenis Sabara
7 Desember 2020

Keunggulan Anggur Preco adalah salah satu buah anggur yang berasal dari negara Brazil. Dengan memiliki cita rasa yang sangat unik... selengkapnya

6 TAHAP-TAHAP PENANAMAN KELAPA PANDAN WANGI
6 April 2020

Kembali lagi bersama kami, kali ini kita akan membahas tentang tahap penanaman Kelapa Pandan Wangi. Sudah menjadi rahasia umum, jika... selengkapnya

10 Jenis Tanaman Buah Yang Cocok Ditanam Dalam Pot
21 April 2022

10 Jenis Tanaman Buah Tabulampot – Di daerah perkotaan ketersediaan lahan yang sedikit atau lahan yang sempit merupakan masalah utama... selengkapnya

Demi Nangkadak Sempurna
21 Maret 2017

Hasil silangan antara nangka dan cempedak ini perlu bantuan ketika melakukan perkawinan lagi agar buahnya banyak. Telepon genggam itu berbunyi.... selengkapnya

Cara Jitu Menjaga Kualitas Buah Saat Pengiriman
9 Maret 2017

Cara Jitu Menjaga Kualitas Buah Saat Pengiriman – Dalam pemanenan tanaman buah, kualitas buah sangat mempengaruhi harga jual dan nilai buah... selengkapnya

Penyuburan Tanah Dengan Pupuk NPK
3 Maret 2017

Penyuburan Tanah Dengan Pupuk NPK – Tanaman merupakan salah satu makhluk hidup yang berada disekitar kita. Pastinya banyak dari kita... selengkapnya

Budidaya Pamelo Merah Sangat Menjanjikan di Indonesia
8 November 2017

Budidaya Pamelo Merah merupakan bahasan kita kali ini. Pamelo Merah merupakan salah satu jenis pamelo terbaru saat ini. Bahkan buahnyapun... selengkapnya

6 TIPS BUDIDAYA KELAPA PANDAN WANGI 
7 April 2020

Kesempatan kali ini kita akan mengulas perihal tips budidaya Kelapa Pandan Wangi. Seperti yang kita tahu, pohon kelapa sering disebut-sebut... selengkapnya

10 HAMA DAN PENYAKIT PADA TANAMAN BUAH MANGGA HARUM MANIS

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

yaniz
● online
yaniz
● online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: