Beranda » Blog » 3 Jenis Kurma Tropis Yang Bagus Ditanam di Indonesia

3 Jenis Kurma Tropis Yang Bagus Ditanam di Indonesia

Diposting pada 14 Januari 2022 oleh bibit buah / Dilihat: 1.113 kali

Masih banyak orang yang beranggapan jika buah kurma hanya dapat ditanam di daerah timur tengah yang memiliki iklim kering. Padahal saat ini sudah banyak orang yang membudidayakan pohon kurma di wilayah tropis seperti Thailand dan Indonesia. Namun tentu saja, kurma yang ditanam bukan kurma biasa seperti yang ada di daerah Arab. Kurma yang ditanam di wilayah tropis tersebut biasa disebut dengan jenis kurma tropis.

Kurma merupakan tanaman buah dari keluarga palem yang memang banyak dibudidayakan di daerah padang pasir, di wilayah-wilayah Timur tengah. Karena pada dasarnya untuk mendapatkan buah kurma yang kering memang harus dijemur dalam wkatu lama di bawah sinar matahari. Itulah alasan kenapa banyak orang mengira jika buah kurma hanya dapat ditanam di wilayah yang kering.

Padahal pohon kurma membutuhkan banyak sekali asupan air walaupun berasal dari daerah kering. Jika anda perhatikan banyak pohon kurma di daerah Timur Tengah yang tumbuh disekitaran oasis karena kebutuhan pohonnya terhadap air memang cukup banyak. Maka tidak aneh jika ada jenis kurma yang dapat tumbuh pada wilayah tropis seperti jenis kurma tropis ini. sebelum membahas terlalu jauh, mari kita berkenalan dengan tanaman kurma tropis.

3 jenis kurma tropis unggul

Jenis Kurma tropis

[lwptoc toggle=”1″ float=”left”]

Berkenalan Dengan Jenis Kurma Tropis

Kurma tropis adalah jenis kurma yang banyak dibudidayakan di wilayah tropis seperti Thailand & Indonesia. Awalnya banyak yang tidak menyangka jika pohon kurma dapat ditanam di wilayah tropis. Hingga akhirnya seorang petani asal Thailand, yakni Sak Lamjuan PhD berhasil mengembangkan satu jenis kurma tropis unggulan yang diberi nama KL1. Jenis kurma tersebut berhasil dia ciptakan setelah melewati 11 tahun penelitian.

Bibit kurma tropsi KL1 yang diciptakan Sak Lamjuan pada tahun 2011 belum begitu menarik minat masyaratkat Indonesia karena belum terbukti mampu menghasilkan buah. Tapi tidak membutuhkan waktu lama, sekitar tahun 2016 pohon kurma yang ditanam telah mampu berbuah dan mencuri perhatian masyarakat di sekitar Thailand seperti Indonesia.

Banyak orang Indonesia yang berkunjung langsung ke perkebunan kurma yang ada di Thailand serta tidak lupa membeli biji kurma kl1 untuk ditanam di rumah. Perkembangan kurma tropis terus berlanjut hingga kini sudah ada setidaknya 3 jenis kurma tropis yang dapat tumbuh dan berbuah dengan baik. Seperti kurma tropis Kl1, Kurma tropis H1, dan juga kurma barhee kultur jaringan.

Keunggulan Jenis Kurma Tropis

Jenis kurma tropis yang ada di Indonesia dan Thailand ini tidak kalah dengan kurma yang berasal dari daerah Timur Tengah. Terdapat banyak sekali keunggulan dari buah hingga pohon kurma tropis yang mungkin akan menarik perhatian anda. Kemudian membuat anda ingin membeli bibit dan mengebunkannya, berikut adalah beberapa keunggulan kurma tropis :

1. Dapat Dipanen Saat Masih Muda

Untuk dapat dinikmati biasanya buah kurma biasanya harus mencapai tahap kematangan hingga tamr atau menjadi kurma kering. Namun hal tersebut tidak berlaku untuk jenis kurma tropis, Karena kurma tropis sudah dapat anda konsumsi saat memasuki tingkat kematangan Khalal & ruthab. Alias saat buah kurma baru mencapai matang muda dan belum kering.

Banyak yang menyebut kurma dengan tingkat kematangan seperti ini sebagai kurma muda. Kurma muda banyak dicari oleh pasangan suami istri untuk membantu program kehamilan. Karena kurma tropis muda memiliki banyak sekali manfaat, terutama untuk menyehatkan organ reproduksi pria dan wanita.

harga kurma tropis thailand

Pohon Kurma Tropis

2. Memiliki Rasa Buah Yang Lezat

Rasa kurma tropis juga sangat segar saat dimakan waktu masih matang muda. Buahya memiliki rasa yang manis, asam, dan ada sedikit sepat. Tapi daging buahnya kan memiliki tekstur yang renyah dan juga gurih seperti apel.

3. Tingkat Adaptasi Tinggi

Bibit kurma tropis memiliki tingkat adaptasi yang tinggi, sehingga pohonnya dapat ditanam pada wilayah apa saja. Tapi agar perkembangan serta pembuahan lebih optimal akan lebih baik jika ditanam pada wilayah dataran rendah yang memiliki iklim hangat.

4. Bersifat Genjah

Pohon kurma tropis dapat tumbuh serta berbuah dengan cepat apabila diberikan perawatan yang benar dan intensif. Pohon kurma tropis akan mulai berbuah sejak 3-4 tahun setelah ditanam. berbeda dengan kebanyakan kurma timur tengah yang membutuhkan waktu sekitar 6-7 tahun hingga pohon mulai menghasilkan buah.

5. Produktifitas Tinggi

Tingkat produktifitas jenis pohon kurma tropis tergolong sangat tinggi, satu pohon biasanya mampu menghasilkan tandan buah antara 5-10 tandan. Dengan berat satu tandan buah mampu mencapai kisaran 5-10 kg. Anda bisa mendapatkan lebih dari 50 kg buah kurma jika pohon sedang dalam kondisi optimal.

6. Ukuran Pohon Pendek

Ukuran pohon kurma tropis juga terbilang sangat pendek karena hanya mampu mencapai ketinggian sekitar 2-4 meter saja. Sedangkan jenis kurma lain memiliki pohon yang tingginya mampu mencapai 10 meter. Dengan ukuran pohon yang pendek tentu akan lebih memudahkan petani dalam melakukan perawatan serta pemanenan buah.

3 Jenis Kurma Tropis Terbaik

Hingga saat ini ada 3 jenis kurma tropis yang terbukti mampu tumbuh dan berbuah dengan baik saat ditanam di wilayah Indnonesia. Ketiga jenis kurma tersebut memiliki karakteristik serta keunggulannya masing-masing.

1. Kurma Tropis KL1

Jual Kurma tropis kl1

Kurma KL1

Varietas pertama kurma tropis yang dikenal oleh masyarakat luas adalah kurma kl1 atau kurma kolak one yang berhasil dikembangkan oleh Sak Lamjuan. Jenis kurma tropis yang satu ini merupakan hasil dari persilangan antara kurma barhee dan kurma deglet nour. Memiliki buah dengan bentuk yang lonjong berwarna kuning serta dapat dikonsumsi dalam kondisi matang muda.

Ukuran pohon kurma kl1 sangat pendek, bahkan hanya kisaran 1 meter namun sudah mampu menghasilkan buah dengan baik. Karena pohon kurma kl1 memang terkenal snagat genjah, walaupun ditanam menggunakan biji. Dalam kurun waktu 3 tahun pohon kurma kl1 sudah mampu menghasilkan buah.

Saat memasuki usia produktif, pohon kurma tropis kl1 mampu menghasilkan buah sebanyak 10 tandan untuk satu pohon. Dengan berat satu tandan mencapai 5-10 kg, serta dapat dipanen saat buah baru memasuki fase khalal atau ruthab. Rasa kurma kl1 sangat manis dengan sedikit sepat serta memiliki tekstur buah yang renyah layaknya apel.

2. Kurma Tropis H1

jual bibit kurma tropis H1

Kurma Tropis H1

Mr. Heng adalah seorang petani kurma dari Thailand yang mampu mengembangkan jenis kurma kl1 menjadi jenis kurma h1 alias heng one. Kehadiran kurma h1 ini menjadi jawaban atas permasalahan yang terjadi ketika menanam kurma dari biji kemudian yang tumbuh adalah bibit jantan. Kelebihan kurma h1 adalah mampu menghasilkan bibit kurma betina sebanyak 80% walaupun ditanam dengan biji.

Memiliki warna buah yang merah, kurma h1 menjadi jenis kurma yang banyak dicari oleh pekebun, karena tingkat keberhasilannya dalam menghasilkan pohon kurma betina mampu mencapai presentase hingga 80%. Keunggulan tersebut dibarengi dengan kelebihan buah yang dihasilkan.

Rasa kurma h1 sangat manis, bahkan menjadi jenis kurma tropis yang memiliki rasa paling manis karena mampu mencapai tingkat kemanisan hingga 32 briks. Selain itu warna kurma h1 yang merah diprediksi akan memiliki pangsa pasar yang lebih luas. Harga jual buah kurma h1 yang memiliki warna merah juga diperkirakan akan menjadi yang paling mahal diantara jenis kurma lainnya.

3. Kurma Barhee

jual Bibit kurma kultur jaringan barhee

Kurma Barhee

Lalu jenis kurma tropis terbaik terakhir adalah kurma barhee yang banyak dibudidayakan secara kultur jaringan. Bentuk kuram barhee sedikit berbeda dengan jenis kurma lainnya karena cenderung lebih membulat dan panjang. Dengan warna buah yang kuning dan akan berubah menjadi karamel saat sudah kering.

Tektsur daging buah kurma berhee sangatlah lembut saat sudah kering, namun untuk kurma yang masih muda akan terasa lebih renyah dan krenyes. Kurma barhee memiliki rasa buah yang snagat manis, bahkan untuk kurma yang tamr atau kering akan memiliki rasa buah yang manis seperti karamel.

Ukuran pohon kurma barhe terlihat lebih lebar dibandingkan jenis kurma lainnya. Daun kurma barhee juga cenderung lebih lebar, maka dari itu saat menanam bibit kurma barhee di kebun anda. Berikan jarak tanam yang agak jauh sekitar 2 meteran agar antara satu pohon dengan pohon lain tidak saling mengganggu.

Harga Buah Kurma Tropis Di Pasaran

Berkaitan dengan harga kurma tropis di pasaran, karena masih belum banyak orang yang membudidayakannya kisaran haragnya masih cukup mahal. Kisaran harga untuk kurma tropis yang masih dalam fase khalal atau ruthab mampu mencapai Rp. 350.000 – Rp. 400.000 untuk satu kilogram buah. Jadi jika pohon kurma anda mampu menghasilkan buah hingga puluhan kilogram, tentu anda akan mendapatkan keuntungan yang sangat banyak dan melimpah.

Pohon lurma tropis biasanya mampu berbuah dengan baik atau optimal ketika sudah berusia 4 tahunan. Kemudian saat dalam masa produktif satu pohon kurma tropis mampu menghasikan buah hingga 300 kg setiap satu pohon. Jadi jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan keuntungan dari menanam pohon kurma tropis ini.

Demikian ulasan kami mengenai 3 jenis kurma tropis terbaik yang dapat tumbuh dan menghasilkan buah dengan baik saat ditanam di Indonesia. Bagi anda yang tertarik untuk menanam kurma tropis ini segera dapatkan bibitnya dengan cara mengontak kami lewat website bibitbuahku. Bisa juga dengan menghubungi Cs kami agar bisa mendapatkan harga serta penawaran yang spesial.

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,

Bagikan ke

Diposting oleh

jual bibit tanaman buah berkualitas dan bergaransi

3 Jenis Kurma Tropis Yang Bagus Ditanam di Indonesia

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Rasa Buah Gitaan Yang Manis dan Lezat
21 Maret 2017

Rasa Buah Gitaan Yang Manis dan Lezat – Cita rasa gitaan berkulit kuning lebih manis dibanding gitaan berkulit jingga. Buah bercita... selengkapnya

6 Keunggulan Alpukat Mentega Yang Harus Anda Ketahui Sebelum Menanam Bibit Alpukat
10 Juni 2018

Keunggulan alpukat mentega, keuntungan alpukat mentega, kelebihan alpukat mentega, bibit alpukat mentega, jual bibit alpukat mentega, bibit alpukat mentega murah, tanaman alpukat mentega, alpukat mentega super. “Alpukat... selengkapnya

8 CARA PENANAMAN TANAMAN BUAH MANGGA MANALAGI
5 Mei 2020

Buah mangga manalagi merupakan salah satu buah lokal unggulan yang pamornya bahkan sudah sampai tingkat Asia. Rasanya yang manis, yakni... selengkapnya

Cara Merawat Durian Agar Cepat Berbuah
22 Februari 2018

Cara Merawat Durian Agar Cepat Berbuah – Sebagai salah satu buah-buahan asli negara tropis, buah durian memang salah satu buah yang... selengkapnya

Buah Bintang Unggulan Bojonegoro – Belimbing Unggul
27 Juni 2017

Buah Bintang Unggulan Bojonegoro – Belimbing di sentra Desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu, Bojonegoro, berukuran besar, lembut, dan manis. Ciri khas... selengkapnya

Cara Membuat Tabulampot Mangga, Tabulampot Anggur, Tabulampot Kelengkeng, Tabulampot Jambu
2 Oktober 2018

Cara Membuat Tabulampot sangatlah mudah yang terpenting anda mengetahui dasar-dasar dari teknik dalam menanam tanaman buah dalam pot. Metode tabulampot... selengkapnya

Panduan Menanam dan Merawat Jambu Air Madu Deli Hijau Agar Buah Berwarna Hijau dan Manis
12 Desember 2017

Panduan Menanam dan Merawat Jambu Air Madu Deli Hijau – Jambu air madu deli alias MDH tentu akan memikat mata dan... selengkapnya

Dua Jambu Biji Unik
17 Maret 2017

Dua sosok jambu biji baru yang bersosok unik dan bercita rasa menarik – Semula Sinatra Hardjadinata berniat memorong pohon jambu biji... selengkapnya

7 TRIK MENANAM BUAH MANGGA KIOJAY DALAM POT
21 Maret 2020

Bersama kami bibitbuahku.com, kali ini kita akan mengulik tentang trik Menanam Mangga Kiojay Dalam Pot. Mari simak di artikel berikut…... selengkapnya

6 KEUNGGULAN DURIAN BAWOR, DURIAN LOKAL YANG BERUKURAN JUMBO
5 Mei 2020

Buah Durian merupakan buah yang paling populer di Indonesia setelah buah mangga. Jenis buah yang tumbuh di daerah tropis dalam... selengkapnya

3 Jenis Kurma Tropis Yang Bagus Ditanam di Indonesia

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

yaniz
● online
yaniz
● online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: