Beranda » Blog » 6 LANGKAH PENANAMAN KELENGKENG MATALADA

6 LANGKAH PENANAMAN KELENGKENG MATALADA

Diposting pada 17 April 2020 oleh bibit buah / Dilihat: 1.513 kali

Kembali lagi bersama kami, di Bibitbuah. Kali ini kita akan membahas tentang penanaman Kelengkeng Matalada.

Kelengkeng matalada merupakan kelengkeng unggulan karena bijinya yang kecil, sekecil biji lada, daging buahnya yang tebal dan tidak terlalu berair, juga kulit buahnya yang tebal sehingga tidak mudah membusuk. Keunggulan lain dari kelengkeng matalada adalah sifatnya yang adaptif tumbuh di dataran rendah, berbeda dengan jenis kelengkeng pada umumnya yang dapat tumbuh dengan sangat subur di dataran tinggi.

Dalam budidaya kelengkeng matalada, intensitas cahaya matahari yang penuh sangat penting bagi pertumbuhan tanaman buah ini. Terutama pada saat tanaman sedang mengalami peroses berbunga dan berbuah. Selain untuk memenuhi kebutuhan nutrisi juga untuk memenuhi kebutuhan saat forosintesis, cahaya matahari juga efektif untuk mencegah datangnya hama dan penyakit.

Tanaman buah kelengkeng matalada sangat cocok dengan iklim indonesia, karena tanaman ini dapat sangat subur dengan temperatur suhu antara 30 derajat celcius sampai 35 derajat celcius. Dengan penanaman dan perawatan yang baik, budidaya tanaman kelengkeng matalada dapat menguntungkan baik yang diproduksi secara pribadi dalam skala rumahan, maupun diproduksi untuk komersil yang dikonsumsi dalam skala jumlah besar.

Buah kelengkeng mata lada yang super manis ini juga dapat ditanam di dalam pot. Tanamannya yang memiliki tajuk yang indah, serta eksotik inilah yang kemudian digemuari dan menjadi primadona baru bagi banyak orang. Kini semua orang dapat menanam tanaman buah kelengkeng matalada tanpa adanya keluhan keterbatasan lahan.

Dalam hal ini, kami akan memberikan beberapa langkah penanaman kelengkeng matalada pada lahan tanam. Kamu bisa menemukan cara menanam tanaman buah kelengkeng matalada di dalam pot di sini. Oh ya, pastikan kamu memilih bibit yang unggul dan berkualitas sebelum memulai menanam, ya.

Langkah Penanaman Kelengkeng Matalada

LANGKAH PENANAMAN KELENGKENG MATALADA

LANGKAH PENANAMAN KELENGKENG MATALADA

1. Menyiapkan Bibit Serta Lahan Tanam

Langkah penanaman kelengkeng matalada yang pertama adalah menyiapkan bibit beserta lahan tanam. Siapkan bibit yang berkualitas serta sudah siap tanam. Biasanya, memiliki panjang tubuh minimal 40 cm, dengan memiliki setidak-tidaknya enam helai daun yang segar, bebas dari serangan hama dan penyakit, pertumbuhannya normal, dan batangnya tegak. Diamkan dan taruh bibit di tempat yang sejuk terlebih dahulu, sementara kamu menyiapkan lahan tanam dan membuat lubang tanam.

Kemudian, seiapkan lahan tanam yang terbuka, dengan intensitas cahaya matahari yang penuh, temperatur suhu rata-rata 30 sampai 35 derajat celcius, dengan curah hujan yang dibutuhkan 1.500 mm per tahun.

2. Membuat Lubang Tanam

Langkah penanaman kelengkeng matalada kemudian adalah membuat lubang tanam. Buat lubang tanam menggunakan cangkul atau yang lainnya dengan ukuran minimal 60 cm x 60 cm x60 cm atau disesuikan dengan ukuran bibit tanaman. Pisahkan tanah galian bagian atas atau top soil terlebih dahulu. Kemudian, campurkan tanh tersebut dengan pupuk kompos yang sudah kering dan difermentasikan, sedikit sekam dengan skala perbandingan 2 : 1: 1.

Peringatan, jangan pernah mencampurkan media tanam dengan pupuk kandang yang masih mentah, hal ini dapat menyebabkan organ tumbuhan mudah terbakar, dan tanaman akan mudah mati, apalagi dengan jumlah yang overdosis.

Buat lubang tanam dengan jarak tanam yang tidak terlalu dekat, sebab, jarak yang terlalu dekat dapat menyebabkan tanaman berebut nutrisi sehingga membuat pertumbuhan terganggu. Taburkan sedikit kapur dolomit pada bagian dasar dan dinding lubang. Hal ini bertujuan untuk menetralisisr pH tanah.
Diamkan lubang selama setidak-tidaknya satu minggu dan biarkan lubang terkena sinar matahari, untuk menetralisir racun ataupun zat-zat yang tidak baik pada tanah sebelum sebelum penanaman.

3. Menanam Bibit

Langkah penanaman kelengkeng matalada kemudian adalah menanam bibit. Robek plybag dengan hati-hati, jangan sampai merusak akar tanaman. Tanam bibit pada lubang tanam yang sudah disiapkan, lalu timbun dengan tanah galian yang sudah dicampur dengan pupuk kandang tadi. Tekan dengan hati-hati agar bibit dapat berdiri dengan tegak, lalu siram dengan sedikit air.

4. Memberi Ajir Penyangga

Langkah penanaman kelengkeng matalada yang selanjutnya adalah memberikan aji peyangga. Buat penyangga dari kayu atau bambu yang diikat di tanaman selama 1-2 minggu awal agar tanaman tidak mudah tumbang saat diterpa angin dan membantu tanaman tumbuh tegak dan lurus. Ikat penyangga jangan terlalu keras dan jangan pula terlalu kendor. Ikat dengan hat-hati jangan sampe membuat bekas luka pada tanaman.

5. Menyiram dan Memberi Pupuk

Langkah penanaman kelengkeng matalada yang selanjutnya adalah rajin menyirami tanaman dan memberi pupuk. Lakukan penyiraman setiap 1- 2 hari sekali saat musim kemarau pada awal-awal usia tanaman, hingga tanaman mencapai 2- 3 bulan. Ketika tanaman buah kelengkeng matalada sudah menginjak umur 6 bulan ke atas, penyiraman dapat kamu lakukan setiap 4 hari sekali.

Berikan pupuk kotoran hewan, disarankan menggunakan kotoran domba, setiap tiga bulan sekali. Lakukan teratur dengan dosis yang sesuai. Usahakan kamu menggunakan pupuk yang sudah kering atau sudah difermentasi. Jika pupuk yang kamu gunakan masih basah, jangan dicampur dengan media tanam, cukup taburkan saja di sekitar tanaman, namun dengan jarak jangan terlalu dekat dengan pangkal batang.

6. Melakukan Pemangkasan

Langkah penanaman kelengkeng matalada yang selanjutnya adalah melakukan pemangkasan. Pemangkasan dilakukan untuk memperbanyak cabang. Semakin banyak jumlah cabang, maka jumlah buah yang akan dihasilkan juga akan semakin banyak.

Lakukan pemangkasan pada cabang yang nampak terlihat tua ditandai dengan warnanya yang cokelat keabu-abuan. Idealnya, sisakan 3 cabang tiap batang akan diperbanyak cabangnya. Beri jarak kisaran 50 cm – 70 cm dari percabangan untuk batang yang akan dipangkas, agar tanaman buah kelengkeng matalada dapat berbuah maksimal. Perlu kamu ketahui, kelengkeng matalada memiliki sifat genjah atau mudah berbuah meski tanpa hormon perangsang buah, lo. Fantastis, bukan?

Cek artikel kami lainya tentang : 7 Kunci Budidaya Tanaman Buah Kelengkeng Matalada

Tags: , , ,

Bagikan ke

Diposting oleh

jual bibit tanaman buah berkualitas dan bergaransi

6 LANGKAH PENANAMAN KELENGKENG MATALADA

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

6 Kelebihan Alpukat Aligator dan Manfaatnya | Besar, Tebal, Lezat, Mudah, Genjah dan Sehat
4 Mei 2019

Mengetahui Beberapa Kelebihan Alpukat Aligator dan Manfaatnya! Alpukat aligator adalah salah satu varian dari buah Avocado yang cukup unik. Ukurannya... selengkapnya

Tabulampot Jambu Air Mudah Berbuah dan Lebih Manis
9 Oktober 2017

Tabulampot jambu air dalam budidaya jambu air merupakan alternatif yang tepat. Selain menghemat lahan, tanaman di dalam pot pun dapat... selengkapnya

Manfaat Buah Tin Si Buah Surga
26 Juli 2016

Manfaat Buah Tin – Buah Tin atau Buah Ara merupakakan buah yang mempunyai banyak manfaat. Jenis tanaman Tin/ Ara/Fig ini... selengkapnya

5 HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN BUAH ALPUKAT PLUWANG
25 Maret 2020

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas perihal tentang hama dan penyakit buah Alpukat Pluwang. Salah satu jenis alpukat yang... selengkapnya

Perkembangan Pohon Tin Di Luar Negeri dan Di Indonesia
9 Maret 2017

Perkembangan Pohon Tin Di Luar Negeri dan Di Indonesia – Perancis membuahkan 4.000 ton buah tin per th. sejumlah 2.000 ton... selengkapnya

Tabulampot Nangka Bisa Berbuah Besar dan Manis
12 Oktober 2017

Tabulampot nangka menjadi favorit banyak kalangan ahir ini. Buah nangka yang manis, legit, dan berdaging lebal tentu menjadi idaman bagi... selengkapnya

Uji Coba Memeram Alpukat Menggunakan Tomat dan Pisang Lebih Cepat Matang
15 Maret 2019

Apakah anda saat ini sedang mencari informasi bagaimana cara agar alpukat mudah matang atau masak saat diperam? Maka diartikel ini... selengkapnya

7 TAHAP PENANAMAN TANAMAN BUAH ALPUKAT BOOTH 7
25 Mei 2020

Varietas Alpukat booth 7 merupakan varietas tanaman buah yang baru dan aktual. Keberadaannya yang jarang ditemui meski dapat tumbuh dengan... selengkapnya

Duo Jumbo: Tebal, Lebat
23 Maret 2017

Pohon mangga gajah umur tiga tahun sarat buah Mangga jumbo baru dan berbuah lebat: gajah dan watubuncul. Penampilan pohon setinggi... selengkapnya

4 Kebun Anggur Terbesar di Indonesia
31 Mei 2021

Anggur merupakan tanaman buah perdu dari keluarga vitaceae yang saat ini disukai oleh banyak orang di seluruh dunia. Buah yang... selengkapnya

6 LANGKAH PENANAMAN KELENGKENG MATALADA

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

yaniz
● online
yaniz
● online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: