Beranda » Artikel Blog » 9 Keunggulan Alpukat Miki Yang Belum Banyak Orang Tahu

9 Keunggulan Alpukat Miki Yang Belum Banyak Orang Tahu

Diposting pada 9 Januari 2019 oleh bibit buah | Dilihat: 4.946 kali | Kategori:

alpukat miki, keunggulan alpukat miki, kelemahan alpukat miki, budiaya alpukat miki, bibit alpukat miki, tanaman alpukat miki, tabulampot alpukat miki, alpukat miki dataran rendah, alpukat miki tidak disukai ulat,

Sejak dinobatkan sebagai pemenang Lomba Buah Unggul Nusantara tingkat Nasional tahun 2017, Bibit Alpukat Miki kini semakin banyak diserbu masyrakat. Tentulah ada banyak keunggulan kenapa alpukat Miki menjadi primadona. Namun selain beberapa keunggulan jenis ini, anda juga harus tahu apa kelemahan dari alpukat Miki ini.

Pada artikel kali ini kami akan mengulas habis Sembilan Keunggulan  Alpukat Miki.

Keunggulan Alpukat Miki

Alpukat miki memiliki keunggulan baik pada buah maupun pohonnya. Beberapa diantaranya yaitu:

1. Daging Buah Berkwalitas Bagus

Alpukat Miki tergolong dalam jenis alpukat Mentega, hal ini dikarenakan tekstur daging buahnya yang pulen, lembut, creamy namun tak berair. Kwalitas daging buah seperti inlah yang banyak dicari penikmat buah Alpukat.

Cara mudah mengetahui kwalitas daging buah Alpukat yaitu dengan cara mengambil daging buah yang sudah matang menggunakan sendok, kemudian anda hentakkan kebawah secara perlahan.

Bila daging buah di sendok mudah jatuh maka kwalitas buahnya bisa diktakan kurang bagus karena kandungan airnya banyak. Namun bila daging sulit jatuh atau bisa dikatakan agak lengket maka bisa disimpulkan daging buah alpukat tersebut berkwalitas bagus.

Selain itu, daging buah alpukat yang menagndung banyak air biasanya lebih mudah bususk sebelum matang merata. Dan bila sedikit saja terbentur hingga memar, akan mudah membekas sampai bagian dalam.

2. Rasa Buah Sangat Lezat

daging buah alpukat miki

foto by. Eflin Eflin Sirait

Rasa buah alpukat Miki sangat enak, gurih dan sedikit rasa manis saat buah benar-benar tua serta tanpa ada rasa pahit atau getir sama sekali. Beberapa buah alpukat yang kwalitanya kurang bagus biasanya akan terdapat serat kecil yang bila dimakan akan terasa pahit. Namun tidak demikian dengan Alpukat Miki ini.

Tak heran pekebun didarah Jawa Barat milik Pak Elfin Sirait yang mengebunkan ratusan pohon Alpukat Miki dibanjiri order. Bahkan pembeli harus rela antri sampai ahir tahun 2019 untuk mendapatkan buahnya, karena sangking banyaknya pembeli yang sudah pre order. Hal ini karena banyak yang sudah membuktikan kelezatan buah Alpukat Miki.

3. Kulit Buah Halus dan Mengkilap

buah alpukat miki

kulit buah alpukat miki

Bila anda pernah melihat beberapa jenis buah Alpukat pasti anda pernah menemukan buah Alpukat dengan kulit tidak halus. Berbeda halnya dengan buah Alpukat Miki, kulit buah halus dan mengkilap. Ini menandakan bahwa buah tidak mudah terserang hama, selain tu ciri buah dengan kulit halus biasanya akan lebih mudah matang sempurna dan tidak mudah busuk.

Untuk warna buah alpukat Miki hijau merata, namun untuk buah yang banyak terpapar sinar matahari biasanya akan muncul sedkit warna kuning dan terlihat buah sudah matang/ tua. Hal ini perlu anda waspadai agar nantinya anda tidak salah petik, meski buah sebenarnya masih muda akan terlihat sudah tua bila terletak dibagian yang banyak terpapar sinar matahari langsung.

Beberapa pengepul buah alpukat juga lebih menyukai buah dengan tekstur kulit halus dan mengkilap. Ini sangat menguntungkan karena akan lebih mudah ketika kita akan menjual hasil buahnya nanti.

4. Cepat Berbuah

pohon alpukat miki

pohon alpukat miki 3 tahun

Pohon Alpukat jenis Miki ini tergolong cepat berbuah, pohon usia 3 tahun dengan ketinggian sekitar 2.5 meter mampu berbuah sekitar 15 kg di ketinggian sekitar 20 mdpl (dataran rendah). Dan akan lebih cepat berbuah bila ditanam diktinggian antara 600- 800 mdpl, usia sekitar 2 tahun – 2.5 tahun sudah mulai belajar berbuah.

5. Genjah, Berbuah Beberapa Kali dalam Setahun

Dikutip dari majalah Trubus, Menurut pengakuan Jendral Yunus salah satu pemilik pohon Alpukat Miki didaerah Beji – Depok dalam 3 tahun terahir mampu panen selama 12 kali, bahkan bisa dikatan setiap hari ada buah yang bisa dipetik.

Idealnya pohon alpukat miki mampu panen raya sebanyak 2- 3kali dalam setahun tergantung cuaca dan perawatan.

6. Tingkat Produktivitas Tinggi

Dalam satu pohon Alpukat Miki usia 3 tahun sudah mampu menghasilkan buah 5kg – 10kg untuk pohon dengan tanpa perawatan sama sekali, dan mampu mencapai 15kg -20kg untuk pohon dengan perawtan yang baik dan tepat.

Semakin tua usia pohon semakin banyak pula produktivitas buah yang dihsailkan, bahkan menurut pengakuan Pak Elvin salah satu pekebun Alpukat Miki didaerah Jawa Barat, pohon usia 6 tahun rata-rata mampu memproduksi buah sebanyak 100kg bahkan lebih.

Memang salah satu kelemahan dari alpukat Miki yaitu ukurannya yang sedang, berat rata-rata per buah 6 ons dengan berat maksimal 9 ons. Meski buah Alpukat miki tidak memiliki ukuran jumbo seperti layaknya Alpukat Pluwang yang mampu mencapai berat maksimal 1.5kg perbuahnya, namun produktivitas buahnya relatif tinggi. Keuntungan bagi anda yang ingin menggeluti usaha budidaya Alpukat Miki ini.

7. Daun Tidak disukai Ulat

Ciri daun Alpukat Mentega Miki

Ciri daun Alpukat Mentega Miki

Bila anda salah satu dari sekaian banyak orang yang takut menanam bibit alpukat karena akan banyak dihuni ulat bulu dan sejenisnya maka anda patut tersenyum lebar, karena untuk beberapa jenis Alpukat Unggul salah satunya Alpukat Miki memiliki daun yang tidak disukai ulat.

Mengapa bisa demikian? Seperti apakah analogikanya?

Setiap pohon yang dihinggapi ulat tidak mungkin sekali datang langsung banyak, melainkan ada proses perkembangbiakan disitu, yang ahirnya ulat akan terus bertambah banyak.

Namun dalam proses pertumbuhan dan perkembang biakan baik hewan maupun manusia membutuhkan enzim Protease, dimana enzim ini berfungsi memecah protein dari makanan yang dikonsumsi menjadi molekul-molekul yang lebih kecil. Jika tidak ada enzim ini maka protein tidak bisa akan terpecah sehingga proses pertumbuhan akan terhambat dan berujung kematian.

Menurut kepala Pusat Kajian Buah Tropika, Bapak Sobir PhD. Daun Alpukat Miki mengandung enzim Anti- Protease, meskipun jumlahnya tidak terlalu banyak. Sehingga ketika daun dimakan oleh ulat, maka protein yang ada dalam tubuh ulat tersebut tidak akan terpecah. Alhasil pertumbuhan dan perkembangbiakan ulat akan terhenti.

8. Cocok Untuk Penanaman didataran Rendah Maupun Dataran Tinggi

Tanaman Alpukat merupakan tanaman yang cocok ditanam didaerah dataran sedang- tinggi. Yaitu mampu tumbuh didataran dengan ketinggian sekitar 300 mdpl sampai 1400 mdpl. Namun akan lebih optimal tumbuh dan berbuah di ketinggian 500mdpl-900mdpl.

Namun ada beberapa jenis alpukat yang mampu tumbuh baik didataran rendah dibawah 300 mdpl. Salah satunya adalah Alpukat Miki, beberapa pekebun bahkan ada yang menobatkan bahwa Alpukat Miki merupakan Alpukat dataran rendah. Ya memang benar karena sudah terbukti berbuah diketinggian 20 mdpl tanpa perlakuakn husus.

Salah satu cara mengetahui jenis alpukat yang cocok untuk dataran rendah sampai tinggi adalah jenis yang memeliki buah dengan tekstur daging pulen, tidak berair. Jika daging buah yang dihasilkan becek atau tidak pulen maka bisa dipastikan jenis tersebut tidak layak untuk ditanam didatarn rendah.

9. Mampu Berbuah di Dalam Pot

tabulampot alpukat

tabulampot alpukat

Salah satu kendala bagi masyarakat yang ingin memeiliki pohon Alpukat namun tidak memilki lahan yang cukup luas adalah dengan sistem Tabulampot. Untuk jenis buah seperti Mangga, Lengkeng, Buah Tin, Belimbing, Jambu Air sangat mudah bila ingin dijadikan Tabulampot. Namun untuk tanaman Alpukat tidak semudah jenis tanaman tadi.

Selain karena waktu berbuahnya yang tidak secepat tanaman lainnya, juga karena ukuran buahnya bisa dikatakan relatif besar sehingga agak susah untuk dijadikan Tabulampot.

Namun untuk jenis Alpukat Miki ini merupakan salah satu jenis Alpukat yang mudah berbuah di pot, tentu dengan perawatan yang baik selain itu bibit merupakan perbanyakan secara Vegetatif bukan dari biji.

Perlu juga diketahui, tabulampot alpukat akan lebih mudah berbuah didataran dengan ketinggian minimal 400 mdpl, dibawah 400mdpl tetap bisa berbuah didalam pot namun dengan perlakukan yang lebih optimal.

Demikian tadi ulasan kami terkait Keunggulan Alpukat Miki Sehingga Menjadi Alpukat Jawara. Namun bagi anda yang ingin membeli bibit Alpukat Miki alangkah sebaiknya mengetahui terlebih dahulu seperti apa Ciri-Ciri Dari Bibit Alpukat Miki, dalam artikel tersebut anda bisa mengetahui keaslian bibit Alpukat Miki dilihat dari bentuk daun dan batang mudanya. Husus bagi anda yang ingin mengebunkan Alpukat ketahui juga Jarak Tanam Alpukat yang Ideal agar nantinya pohon tumbuh dan berbuah maksimal. Anda bisa memilih jarak tanam ideal, jarak tanam minmal maupun jarak tanam maksimal.

Sekian, Ini Bibit Buahku! Mana Bibit Buahmu?

DAPATKAN BIBIT TANAMAN UNGGUL ASLI DIJAMIN  BERKWALITAS & BERGARANSI HANYA DI

BIBIT BUAHKU

Untuk Informasi Lebih Lengkap & Terbaru Terkait Stok dan Harga Silahkan Hubungi Kami di Nomor Berikut:

0812 1136 9090
(SMS/WA/Telpon)

Atu Kunjungi Langsung Kebun Kami klick di SINI

Bagikan

9 Keunggulan Alpukat Miki Yang Belum Banyak Orang Tahu | Bibit Buahku

Diposting oleh

jual bibit tanaman buah berkualitas dan bergaransi

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

Alamat Kebun BIBIT BUAHKU :

 

Jl. RM Koesbiyono Tjondro Wibowo. Kelurahan Mangunsari. RT.03/ RW.04

Kecamatan Gunungpati. Kota Semarang.

Propinsi Jawa Tengah. Kode Pos. 50227

Hubungi

0 8 1 2 – 1 1 3 6 – 9 0 9 0

(WA/SMS/Telpon)

Chat via Whatsapp
Ifti
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Ifti
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja