Beranda » Blog » Jarak Tanam Alpukat Yang Ideal Pohon Cepat Berbuah

Jarak Tanam Alpukat Yang Ideal Pohon Cepat Berbuah

Diposting pada 7 Januari 2019 oleh bibit buah / Dilihat: 46.448 kali

Apakah anda sedang berencana mengebunkan tanaman Alpukat? Salah satu hal yang harus diperhatikan saat berencana menanam atau mengebunkan Alpukat adalah Jarak Tanam. Dengan mengetahui jarak tanam yang ideal maka anda bisa memperkirakan kebutuhan bibit dan perkiraan hasil panen dalam luas lahan tertentu.

Jarak Tanam Alpukat

Dalam artikel ini kami akan mencoba menguraikan berapakah jarak tanam alpukat yang ideal. Sumber artikel ini kami kumpulkan dari beberapa pengalaman kami, teori dan dari hasil wawancara beberapa pekebun Alpukat dibeberapa daerah. Ada 3 jarak tanam yang bisa anda pakai, yaitu jarak tanam ideal, jarak tanam minimal, dan jarak tanam maksimal.

Jarak Tanam Alpukat yang Ideal

jarak tanam ideal alpkat

jarak tanam ideal alpkat

Idealnya dalam menanam bibit Alpukat jarak antara bibit yaitu 5 meter x 5 meter. Hal ini ditujukan agar ranting tanaman nantinya tidak saling bersinggungan, sehingga pertumbuhan pohon dan hasil produktivitasnya akan maksimal. Rata-rata ranting pohon Alpukat usia 10 tahun lebih memiliki panjang 2 meter sehingga dengan jarak tanam tadi pohon masih leluasa untuk terus tumbuh maksimal tanpa perlu ada pemangkasan atau pengaturan cabang.

Atau bisa juga 5 meter x 6 meter, dengan tujuan sisa 1 meter untuk mempermudah kegiatan mobilisasi perawatan, maupun pemanenan.

Baca Juga : 3 Jenis Alpukat Jumbo

Jarak Tanam Minimal

jarak tanam mnimal alpukat

jarak tanam mnimal alpukat

Namun untuk mampu menanam lebih banyak bibit alpukat dalam suatu area, anda juga bisa menggunkan jarak tanam minimal. Jarak tanam minimal pohon Alpukat yaitu 3 meter x 3 meter. Beberapa pekebun Alpukat di Jawa Barat menanam bibit Alpukat dengan jarak 3.5 meter x 3.5 meter.

Untuk pemilihan jarak tanam minimal ini anda harus memperhatikan pertumbuhan cabang. Usahakan antar cabang tidak bersinggungan, caranya bisa dengan mengatur cabang dengan sistem zig-zag atau tumpang tindih. Bisa juga dengan memotong cabang bila sudah saling bertumpukan. Namun untuk pemotongan cabang akan berakibat pada vigour pohon yang terlihat memanjang keatas dan pohon akan lebih tinggi.

Dengan jarak tanam minimal ini satu hal lain yang benar benar harus anda perhatikan adalah membuat tanaman tumbuh simetris, dimana batang utama tumbuh tegak lurus dan percabangan seimbang tidak condong kekanan atau kekiri. Ini bisa anda atur sejak tanaman masih kecil.

Jarak Tanam Maksimal

jarak tanam maksimal

jarak tanam maksimal

Untuk jarak tanam maksimal dalam menanam alpukat sebenarnya tidak ada batasnya, justru semakin lebar jaraknya maka akan semakin bagus karena pohon akan lebih leluasa dan bagian pohon akan lebih banyak mendapatkan sinar matahari. Namun tentu kelemahan dari jarak tanam yang terlalu lebar jumlah pohon yang dapat ditanam dalam suatu area akan lebih sedikit.

Dengan lebar 10 meter x 10 meter menurut kami sudah lebih dari cukup. Percabangan akan lebih leluasa tanpa kita atur, sinar matahari yang masuk juga lebih banyak serta bila tanaman tidak tumbuh simetris juga masih aman. Lebih dari jarak tersebut menurut kami terlalu berlebihan kecuali bila anda menggunkan sistem tumpang sari dengan tanaman lain, maka itu sah sah saja.

Cara Menguhitung Jumlah Bibit Yang Dibutuhkan

kebutuhan bibit alpukat

kebutuhan bibit alpukat

Setelah anda menentukan jarak tanam yang akan anda pakai, slanjutnya adalah menghitung berapa jumlah pohon yang dapat ditanami dalam suatu area. Hal ini akan anda gunakan untuk menghitung kebutuhan bibit dan jumlah produksi buah dalam suatu area.

Caranya luas lahan dibagi dengan hasil kali jarak tanam. Contoh bila luas area yang akan anda tanami memiliki luas 1 ha (10.000 m persegi) dan anda menggunkan jarak tanam ideal yaitu 5 meter kali 5 meter, maka cara menghitungnya 10.000 : (5 x 5) = 10.000 : 25 = 400. Hasilnya adalah 400 bibit atau pohon.

Baca Juga : Jual Bibit Alpukat Unggul Segala Jenis

Dari hasil tersebut berapakah bibit yang anda butuhkan? Saat anda berencana mengunkan tanaman buah hususnya Alpukat kendala bibit yang ditanam ada yang mati peru anda perhatikan, dan perlu adanya penyulaman. Dalam teori dan beberapa pengalaman perkiraan kematian 10% dari keseluruhan bibit yang ditanam. Dari contoh diatas maka bisa anda hitung 400 bibit + (10% x 400) = 400 + 40 = 440 bibit. Dengan begitu dalam merencakan anggaran untuk pembelanjaan bibit Alpukat anda bisa menghitung sesuai kebutuhan anda dengan lebih tepat.

Hasil Budidaya Alpukat

panen alpukat

panen alpukat

Setelah itu perlu juga anda kalkulasi perkiraan berapa hasil buah yang bisa anda dapatkan dari sekian pohon yang anda budidayakan. Pohon Alpukat dari perbanyakan grafting rata-rata berbuah di usia 2.5 tahun sampai 3.5 tahun, tergantung ketinggian tempat dan perawtan. Kita ambil contoh usia paling maksimal yaitu 3.5 tahun. Dan untuk pohon Alpukat yang berbuah perdana atau pertama kali baru berbuah sekitar 5 kg – 15 kg. Ini tentu dipengaruhi oleh jenis alpukat dan perawatan. Namun ditahun berikutnya pohon akan berbuah bisa 3 kali lipat dari jumlah awal. Mari kita hitung dari contoh diatas.

Bila anda menanam 400 pohon maka diusia tahun anda baru mendapatkan perkiraan hasil sebagi berikut:

  • Usia 3.5 tahun (perdana)

Hasil Minimal 400 pohon x 5 kg = 2.000 kg / 2 ton
Hasil Maksimal 400 pohon x 15 kg = 6.000 kg / 6 ton

  • Usia 4.5 tahun (tahun kedua/bukan buah kedua, karena beberapa jenis Alpukat Unggul mampu berbuah lebihb dari 1 kali dalam 1 tahun)

Hasil Minimal 400 pohon x 15 kg = 6.000 kg / 6 ton
Hasil Maksimal 4000 pohon x 45 kg = 18.000 kg / 18 ton

Selanjutnya bisa anda hitung sendiri disesuaikan dengan rencana anda. Dari beberapa pengalaman dan wawancara pekebun Alpukat, satu pohon usia 6 tahun mampu memproduksi sampai 100 kg bahkan lebih. Untuk hasil penjualan silahkan anda hitung sendiri diseuaiakan dengan harga buah alpukat ditempat anda baik dipengepul/tengkulak, pasar maupun konsumen langsung. Sedikit gambaran di daerah kami 3 tahun terahir harga buah alpukat per kilo ditingkat pengepul/tengkulak merangkak naik dari Rp 15.000 – Rp 20.000 dan saat ini 2019 Rp 25.000. Sedangkan untuk penjualan langsung ke konsumen untuk jenis alpukat unggul rata-rata di harga Rp 50.000 / kg.

Demikian tadi ulasan kami terkait jarak tanam alpukat, semoga mampu memberikan anda informasi yang bermanfaat. Silahkan tinggalkan komentar bila ada pertanyaan. Dan silahkan share agar bermanfaat untuk kawan kawan lain, jangan lupa cantumkan sumber dari kami. Untuk anda yang menginginkan bibit alpukat Unggul silahkan hubungi kami di 0812 1136 9090. Atau bila anda masih ingin tahu jenis apa yang bagus untuk dikembangkan silahkan baca Artikel kami Jenis Alpukat Unggul Yang Cocok Untuk di Budidayakan.

Tags: , , , , , , , , ,

Bagikan ke

Diposting oleh

jual bibit tanaman buah berkualitas dan bergaransi

Jarak Tanam Alpukat Yang Ideal Pohon Cepat Berbuah

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

5 TRIK BUDIDAYA DURIAN DURI HITAM
31 Maret 2020

Bersama kami, Bibitbuah.com. okayyy…. kali ini kita akan mengulas tentang trik budidaya Durian Duri Hitam. Buah durian duri hitam, seperti... selengkapnya

Cara Jitu Mengatasi Masalah Busuk Buah pepaya
8 Maret 2017

Pohon buah pepaya mudah terkena serangan penyakit layu akibat Erwinia papayae. Wabah itu bermula dr sebuah noktah kecil berwarna hitam... selengkapnya

Budidaya Jambu Citra di Thailand Sangat Menguntungkan
22 Maret 2017

Budidaya Jambu Citra  Panen 400 kg jambu citra dari sepohon di Thailand. Produksi di Indonesia per pohon 100—200 kg. Wajah... selengkapnya

Cara Menanam Alpukat Kendil dalam Pot dengan Mudah!
6 Mei 2019

Cara Menanam Alpukat Kendil dalam Pot dengan Mudah! Alpukat atau Apokat adalah salah satu jenis buah yang berasal dari Amerika... selengkapnya

7 TAHAP PENANAMAN TANAMAN BUAH ALPUKAT BOOTH 7
25 Mei 2020

Varietas Alpukat booth 7 merupakan varietas tanaman buah yang baru dan aktual. Keberadaannya yang jarang ditemui meski dapat tumbuh dengan... selengkapnya

7 LANGKAH PENANAMAN POHON MANGGA KIOJAY
21 Maret 2020

Kembali bersama kami, Bibitbuahku. Dalam kesempatan ini kita akan membahas tentang langkah penanaman pohon Mangga Kiojay Buah mangga merupakan buah yang... selengkapnya

Cara Jitu Booster Untuk Merangsang Pembuahan
22 Desember 2016

Mungkin sering kita jumpai tumbuhan kelengkeng yang telah berumur bertahun-tahun namun tidak ingin berbunga. Telah berbagai formula kita lakukan akan... selengkapnya

Kegagalan Dalam Budidaya Kurma Tropis
7 Juli 2018

Kegagalan dalam budidaya kurma tropis adalah sebuah hal yang harus diantisispasi bukanhal yang harus ditakuti. Meski banyak masyarakat Indonesia yang... selengkapnya

11 HAMA DAN PENYAKIT PADA POHON KELAPA PANDAN WANGI
21 April 2020

Masih di artikel tentang bibit buah terbaik, Bibitbuahku. Kali kita akan membahas tentang hama dan penyakit pada pohon kelapa pandan... selengkapnya

Tabulampot Belimbing Mudah Dibuat dan Mudah Berbuah
7 Oktober 2017

Tabulampot belimbing adalah judul yang akan kami bahas dalam artikel kali ini. Buah belimbing tentu tak asing bagi masyarakat Indonesia... selengkapnya

Jarak Tanam Alpukat Yang Ideal Pohon Cepat Berbuah

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

yaniz
● online
yaniz
● online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: