Beranda » Bibit Buah » Bibit Alpukat » Jual Bibit Alpukat Hass Australia – Apakah Bisa di Dataran Rendah?

Jual Bibit Alpukat Hass Australia – Apakah Bisa di Dataran Rendah?

DISKON 17% Kode: Alpukat Hass Stok: Tersedia
Berat 60 gram
Kondisi Baru
Kategori Bibit Alpukat, Bibit Buah
Dilihat 14.988 kali
Diskusi 22 komentar
Bagikan
Rp 125.000 Rp 150.000
Hemat Rp 25.000
Pemesanan yang lebih cepat! Quick Order
Jual Bibit Alpukat Hass Australia – Apakah Bisa di Dataran Rendah?
Bibit Alpukat Hass Rp 125.000 Rp 150.000
Tersedia / Alpukat Hass
Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Detail Produk Jual Bibit Alpukat Hass Australia – Apakah Bisa di Dataran Rendah?

Bibit Alpukat Hass – Salah satu jenis buah yang dikenal kaya akan lemak sehat adalah alpukat. Alpukat mengandung lemak tak jenuh yang di dalam tubuh dapat membantu mengurangi kadar kolesterol. Pengolahan alpukat pun cukup bervariasi, dari mulai dijus, dikerok, dimakan langsung, bahkan dijadikan bumbu sajian masakan tertentu.

Terdapat bermacam rupa varietas alpukat yang ada di pasaran, salah satunya adalah alpukat asal Australia yang dikenal dengan nama Alpukat Hass. Alpukat yang satu ini diberi nama Hass berdasarkan penemunya, seorang ahli holtikultura bernama Rudolph Hass. Buah alpukat yang satu ini dari bentuk dan warnanya sangat mudah dibedakan dengan jenis alpukat lainnya.

Bibit Alpukat Hass

Mengenal Alpukat Hass

Alpukat hass merupakan salah satu jenis alpukat premium yang memiliki kualitas internasional. Buah alpukat hass memang memiliki rasa yang lezat, bahkan buah alpukat yang satu ini masuk ke dalam kategori buah alpukat dengan rasa terlezat sedunia.

Bibit alpukat hass pertama kali ditemukan di Australia oleh Rudolph Hass. Kemudian berhasil menyebar ke berbagai wilayah di sekitarnya. Bibit alpukat hass bahkan diketahui mampu tumbuh dan berbuah dengan baik di wilayah Indonesia. Walaupun begitu masih sedikit sulit menemukan orang yang jual alpukat hass karena harganya masih sedikit mahal. Tapi anda sudah dapat menemukan tempat budidaya alpukat hass karena banyak yang mulai membudidayakannya.

Buah Alpukat Hass

Saat ini sudah banyak petani yang melakukan budidaya alpukat hass, karena permintaan pasar yang selalu naik. Banyak orang menyukai buah alpukat hass karena rasanya yang gurih, kaya rasa dengan kandungan minyak yang tinggi. Anda juga dapat menikmati tekstur dari alpukat hass yang sangat pulen, kering, dan juga lembut tak berserat. Walaupun begitu tidak banyak yang jual alpukat hass karena harga buahnya masih tergolong mahal.

Ketika memakan buah alpukat hass anda seakan-akan sedang menikmati mentega. Daging buahnya yang tebal dan pulen berpadu dengan tekstur buah yang lembut sehingga saat memasuki mulut buah alpukat ini seakan-akan lumer di rongga-rongga mulut. Benar-benar sangat lezat inilah kenapa banyak petani mulai melakukan budidaya alpukat hass untuk kepentingan komersial. karena dengan jual alpukat hass dapat mendatangkan banyak keuntungan.

Ciri Pohon Alpukat Hass

Ada beberapa ciri dari alpukat hass ini, terutama paling mudah bisa dilihat pada bagian daun.

Daun alpukat hass berbentuk lancip dan ramping, serta bagian tepi daunnya rata tidak bergelombang. Sedangkan untuk cabang cenderung panjang dan tidak kokoh seperti alpukat lokal Indonesia.

Ciri pohon alpukat hass

daun alpukat hass

Selain itu alpukat hass juga memiliki kandungan seperti berikut ini yang dilansir dari www.researchgate.net

kandungan buah alpukat hass

kandungan buah alpukat hass

  • Nama latin : Persea americana
  • Kulit : Alpukat jenis ini memiliki tekstur kulit yang bergerindil kasar dan kulitnya relatif lebih tebal dibandingkan jenis alpukat lainnya. Warna kulit cokelat keunguan jika telah matang, hijau saat masih muda.
  • Bentuk Buah : Cenderung lebih bulat dibanding alpukat lainnya yang biasanya lonjong di bagian buah dekat tangkai.
  • Daging buah : Daging buah yang telah matang berwarna kuning cerah dengan sedikit garis hijau menempel di kulitnya.
  • Rasa buah : Sangat pulen dan termasuk salah satu alpukat paling enak yang ada. Rasa berkwalitas Internasional.
  • Harga di pasaran : Bisa mencapai Rp 120.000 per kilogram. Termasuk alpukat dengan nilai jual yang sangat tinggi.

Keunggulan Alpukat Hass

Ada beberapa keunggulan alpukat Hass,

  1. Rasa buah alpukat hass yang sangat lezat
  2. Kandungan minyaknya sangat tinggi
  3. Daging buahnya sangat pulen
  4. Tidak mudah busuk
  5. Harga buahnya yang sangat mahal
  6. Pohon mudah berbuah
  7. Tingkat produktivitas lumayan tinggi
  8. Pasar nasional maupun internasional masih terbuka lebar

Karena rasa, jumlah panen yang tinggi, dan lamanya proses pembusukan, alpukat ini merupakan jenis alpukat yang paling populer dikonsumsi di berbagai belahan dunia. Di Amerika Serikat misalnya, 80% alpukat yang tersedia adalah jenis alpukat Hass. Begitu pula halnya di New Zealand, alpukat jenis ini adalah jenis yang paling banyak ditanam secara luas.

Tak heran sangat banyak koki berkelas yang seringkali menggunakan alpukat ini dalam berbagai masakan yang diolahnya. Alpukat ini juga sangat kaya akan lemak tak jenuh yang baik untuk tubuh. Dalam 100 gram dagingnya, rata-rata terkandung hingga 11-12 gram lemak tak jenuh yang banyak diburu untuk menurunkan kadar kolesterol tubuh. Selain itu, buah alpukat hass ini juga mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin B-16, vitamin C, kalsium, magnesium dan zat besi.

Kelemahan Alpukat Hass

Namun meski alpukat hass ini memiliki banyak keunggulan., menurut kami ada juga kelemahan alpukat hass. Apa sajakah kelemahan alpukat hass ini?

  1. Bentuk buahnya kecil, rata-rata 250 gram – 340 gram per buah
  2. Kulitnya tidak rata, meskipun mulus (tidak bersisik) namun permukaan kulitnya seperti berkerikil
  3. Edibel daging buahnya kurang maksimal karena bijinya tergolong lumayan besar. Namun ada penyempurnaan dari alpukat hass dengan bentuk buah dan rasa mirip namun bijinya lebih kecil. Yaitu Alpukat Maluma atau juga disebut Maluma Hass

Untuk lebih jelasnya bisa anda lihat video kami berikut ini:

Budidaya Alpukat Hass

Dengan harga yang tinggi dan permintaan pasar yang banyak, jual alpukat hass akan memberikan banyak keuntungan. Maka dari itu akan lebih baik jika anda memulai budidaya alpukat hass untuk kepentingan komersial.

Dalam membudidayakan bibit alpukat hass ada beberapa syarat tumbuh yang perlu anda perhatikan. Dengan memenuhi syarat tumbuh tersebut bibit alpukat hass yang anda tanam pasti akan berbuah lebat dan banyak.

Syarat Tumbuh Alpukat Hass

1. Bibit alpukat hass dapat tumbuh dan berbuah dengan baik apabila ditanam pada wilayah dengan ketinggian sekitar 200 – 1500 mdpl.

2. Tanah yang cocok untuk menanam bibit alpukat hass adalah jenis tanah yang subur, gembur, tidak mudah tergenang aie, serta banyak mengandung unsur-unsur organik.

3. Tingkat keasaman tanah paling baik untuk menanam bibit alpukat hass memiliki pH tanah dengan kisaran 5,5 – 6,5.

4. Suhu udara tempat penanaman bibit alpukat hass berada pada kisaran 20 – 28 derajat Celcius.

5. Tanam bibit alpukat hass pada tempat yang terkena sinar matahari secara langsung. Bibit alpukat hass membutuhkan cahaya matahari setidaknya 40 – 80%

Penentuan Jarak Tanam

Jika anda menanam bibit alpukat hass pada lahan terbuka, penentuan jarak tanam juga menjadi salah satu faktor yang dapat menunjang dalam budidaya alpukat hass. setelah membuat lubang tanam dengan ukuran 60 x 60 x 60 cm. Berikan jarak antara satu lubang dengan lubang lain.

Jarak tanam ideal dalam budidaya alpukat hass adalah sekitar 6 x 6 meter. Pada jarak tersebut antara satu pohon dengan pohon yang lain tidak akan saling berebut nutrisi. Sehingga pertumbuhan bibit alpukat hass dapat berlangsung dengan baik.

Perawatan Bibit Alpukat Hass

Perawatan adalah salah satu hal yang paling penting dalam budidaya alpukat hass. dengan perawatan yang baik maka bibit alpukat hass pun akan menghasilkan buah yang baik pula. Jika anda tidak memberikan perawatan yang seharusnya pada bibit aklpukat hass ini bisa jadi tingkat produktifitas atau kualitas dari buahnya malah berkurang.

Merawat bibit alpukat hass tidak negitu sulit, itulah alasan mengapa budidaya alpukat hass sangat kami rekomendasikan untuk anda. Anda hanya perlu melakukan perawatan yang biasa seperti penyiraman dan lain-lain. tidak perlu tindakan khusus yang merepotkan untuk menumbuhkan pohon alpukat hass.

Sirami bibit secara rutin setiap dua kali sehari, anda dapat melakukan penyiraman pada waktu pagi dan sore hari atau bisa juga saat selesai waktu maghrib. Kemudian apabila rumput liar dan gulma sudah tumbuh tinggi, anda harus melakukan penyiangan dengan cara mencabutinya, bisa menggunakan tangan maupun cangkul.

Jika menggunakan cangkul anda bisa sekalian menggemburkan tanah, penggemburan tanah dilakukan agar tanah tidak padat dan membuat air mudah terserap ke dalam tanah. Dengan begitu air tidak akan menggenang dan membuat perakaran bibit alpukat hass menjadi busuk bahkan menyebabkan kematian pada bibit.

Cara Menanam Alpukat Hass di Dalam Tabulampot

tanam alpukat hassAlpukat Hass dapat ditanam baik di tanah terbuka ataupun di dalam pot secara tambulampot. Pilihlah bibit alpukat hass yang diperbanyak secara vegetatif seperti okulasi, sambung dll. Jika ditanam di tanah terbuka, sebaiknya gunakan tanah gembur yang sudah dilubangi dan ditambahkan kompos sekitar 1-2 kg per lubang tanah. Jika menggunakan pot, pakailah pot dengan ukuran lebih dari 60 cm.

Baca Juga : Cara Membuat Tabulampot Alpukat

Pemilihan Pot

Untuk budidaya alpukat hass, anda bisa menggunakan pot yang terbuat dari bahan apa saja untuk budidaya alpukat. Bisa menggunakan pot yang terbuat dari tanah liat, bisa menggunakan pot yang terbuat dari plastik, bisa juga menggunakan pot yang terbuat dari kaleng drum bekas. Pastikan bagian bawah pot memiliki lubang sebagai saluran drainase agar air tidak menggenang saat melakukan penyiraman. Agar saat melakukan penyiraman bibit tidak ada genangan air di dalam pot yang dapat menyebabkan perakaran pohon membusuk dan mati.

Penanaman Bibit Alpukat Hass

Cara menanam alpukat hass sama seperti cara menanam tanaman buah yang lain. Masukkan pecahan genting atau bata ke dalam tabulampot untuk memperlancar saluran drainase, kemudian tutupi dengan media tanam. Media tanam dapat terbuat dari tanah gembur, pupuk kandang yang sudah terfermentasi, dan sekam bakar yang dicampur hingga rata.

Setelah itu masukkan bibit ke dalam pot dan timbun dengan media tanam hingga memenuhi permukaan pot. Berikan ajir agar alpukat hass yan ditanam tidak mudah roboh saat terkena hujan deras maupun angin kencang. Terakhir taruh pot pada tempat yang terkena sinar matahari secara langsung.

Alpukat Hass tidak rewel dalam hal perawatannya, Anda hanya perlu menyiramnya satu kali sehari. Pemupukan dapat dilakukan dengan frekuensi 3 bulan sekali, menggunakan pupu NPK yang dibenamkan ke dalam sekeliling pohon alpukat. Saat sudah berbuah anda dapat jual alpukat hass dengan harga yang tinggi karena buah yang satu ini masih jarang ditemukan di Indonesia

Demikianlah ulasan mengenai budidaya alpukat hass, keunggulan, ciri-ciri, dan cara menanamnya. Tertarik untuk memiliki sendiri pohon alpukat berkelas ini di rumah? Kami menyediakan bibit alpukat hass terbaik yang pasti tumbuh berkualitas dan cepat panen. Silakan memesan bibit melalui website ini atau hubungi customer service kami 085743852768 untuk mendapatkan informasi tambahan. Selamat bercocok tanam!

bibitbuahku

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , ,

Ditambahkan pada: 26 Mei 2021
Produk Terkait
Diskusi Produk (22)

Ada pertanyaan? Diskusikan dengan admin atau pengguna lainnya.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Alamat Kebun BIBIT BUAHKU :

 

Jl. Gebyok Raya, Dusun Mengger, Kelurahan Patemon RT.03/RW.03

Kecamatan Gunungpati. Kota Semarang.

Propinsi Jawa Tengah. Kode Pos. 50228

Hubungi

0 8 1 2 – 1 1 3 6 – 9 0 9 0

(WA/SMS/Telpon)

Chat via Whatsapp
yaniz
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja