Beranda » Blog » 7 KEUNGGULAN KELENGKENG MATALADA

7 KEUNGGULAN KELENGKENG MATALADA

Diposting pada 18 April 2020 oleh bibit buah / Dilihat: 3.230 kali

Bersama kami di artikel Bibitbuahku. Pada kesempatan ini kita mengajak anda untuk membahas tentang apa saja keunggulan Kelengkeng Matalada.

Buah kelengkeng adalah salah satu jenis buah yang banyak digemari oleh banyak orang. Si imut ini digemari karena memang rasanya yang manis dan nikmat. Buah kelengkeng juga sering disebut-sebut sebagai “saudaranya buah leci” karena memang tampilan buah, bentuk, rasa, dan ukurannya memiliki kemiripan yang sangat dengan buah leci. Satu-satunya perbedaan yang mencolok adalah pada warna kulit dan tekstur kulitnya saja. Selain itu, buah kelengkeng juga kaya akan vitamin C yang baik untuk menambah sitem imun pada tubuh. Salah satu buah kelengkeng unggulan, antara lain adalah kelengkeng matalada.

Kelengkeng Matalada adalah salah satu jenis kelengkeng unggulan yang cocok di iklim dan cuaca Indonesia. Jika sebagian besar, kelengkeng akan hidup optimal di iklim indonesia bagian dataran tinggi, dengan elevansi rata-rata 500 mdpl, kelengkeng matalada merupakan salah satu jenis kelengkeng yang dapat hidup dengan sangat baik justru di dataran rendah. Jenis kelengkeng ini, dapat tumbuh adaptif di daerah dengan ketinggian 5- 700 mdpl. Dan pertumbuhan akan lebih optimal jika ditanam atau dibudidayakan dengan elevensi 10 – 400 mdpl.

Disebut dengan sebutan matalada, karena biji kelengkeng ini cenderung kecil, seukuran dengan lada. Bisa dipastikan, karena bijinya yang kecil, maka daging buahnya tebal, sehingga kita dapat puas menikmati kemanisan buah kelengkeng yang padat dan tidak terlalu berair ini.

Selain itu, tampilannya juga unik serta berbeda dengan kebanyakan buah kelengkeng. Kelengkeng Matalada memiliki kulit berwarna putih, sehingga secara sepintas mirip seperti buah duku. Lalu, apa saja sih, keunggulan kelengkeng matalada, sehingga sah-sah saja bila dijadikan sebagai primadona baru? berikut beberapa keunggulan kelengkeng matalada, jenis kelengkeng yang manis dan berbiji mungil.

Keunggulan Kelengkeng Matalada Yang Manis Dan Berbiji Kecil

KEUNGGULAN KELENGKENG MATALADA

KEUNGGULAN KELENGKENG MATALADA

1. Warna Tampilan Kulit Unik dengan Rasa Super Manis

Keunggulan kelengkeng matalada yang pertama adalah tampilan kulit luar yang cenderung unik serta rasa buahnya yang super manis. Pasalnya, kelengkeng matalada memiliki kulit dengan teksture lebih halus dan berwarna putih, alih-alih berwarna cokelat seperti halnya buah kelengkeng pada umumnya. Kulit kelengkeng yang berwarna putih inilah yang sekilas nampak seperti buah duku, karena ukuran buah dan bentuk buahnya nyaris sama.

Rasa buah kelengkeng matalada juga super manis. Apabila, kelengkeng pada umumnya yang kamu temukan dipasaran memiliki rasa manis dengan skala rata-rata 18 brix, rasa manis pada kelengkeng matalada mencapai skala kisaran 20 brix. Sungguh buahnya sangat manis dan menggiurkan bukan?

2. Biji Kecil

Keunggulan kelengkeng matalada kemudian adalah bentuk bijinya yang kecil. Ini adalah ciri khas kelengkeng matalada. Diambil dari namanya, “matalada” maka biji buah kelengkeng jenis ini kecil seperti “mata yang berukuran sekecil lada”. Sungguh mengesankan.

3. Ukuran Buah Cenderung Lebih Besar

Keunggulan lain dari buah kelengkeng matalada adalah ukuran buahnya yang cenderung lebih besar dari pada ukuran buah kelengkeng pada umumnya. Buah kelengkeng matalada memiliki diameter hingga 3 cm, dengan rata-rata 2 – 2,5 cm. Ini cukup besar sebab buah kelengkeng pada umumnya memiliki rata-rata berdiameter kisaran 1,5 cm hingga 2 cm saja.

4. Daging Tebal dan Padat

Keunggulan kelengkeng matalada selanjutnya adalah daging buahnya yang tebal dan padat. Kelengkeng matalada memiliki biji sekecil lada, otomatis daging buahnya menjadi tebal dan padat. Inilah keistimewaan kelengkeng matalada, buahnya cenderung padat sehingga tidak terlalu berair seperti buah kelengkeng pada umumnya.

5. Kulit Buah Tebal

Keunggulan kelengkeng matalada kemudian adalah kulit buahnya yang tebal. Meski buah kelengkeng matalada memiliki daging buah yang tebal, kelengkeng matalada juga memiliki kulit buah yang tebal. Kulit buah yang tebal, mampu melindungi buah agar tidak cepat membusuk serta menjaga keawetan agar buah tetap segar. Terlebih lagi, kandungan airnya yang tidak terlalu banyak, menopang akan hal tersebut. Apabila, buah kelengkeng idelanya akan mudah mengkerut kulit buahnya setelah 3-4 hari pasca dipetik, serta rasanya akan berubah masam, kelengkeng matalada berbeda. Dengan kulit buahnya yang tebal, efektif menjaga kesegaran buah lebih lama.

6. Cocok Dibudidayakan di Iklim Indonesia

Keunggulan kelengkeng matalada yang lain adalah sifatnya yang adaptif dibudidayakan di Iklim Indonesia, khususnya pada daerah dataran rendah. Jika sebagian besar, kelengkeng akan hidup optimal di iklim indonesia bagian dataran tinggi, dengan elevansi rata-rata 500 mdpl, kelengkeng matalada merupakan salah satu jenis kelengkeng yang dapat hidup dengan sangat baik justru di dataran rendah. Jenis kelengkeng ini, dapat tumbuh adaptif di daerah dengan ketinggian 5- 700 mdpl. Dan pertumbuhan akan lebih optimal jika ditanam atau dibudidayakan dengan elevensi 10 – 400 mdpl.

Kelengkeng matalada juga sanggat cocok ditanam dan dibudidayakan di Indonesia sebab ia termasuk jenis tanaman buah yang suka terhadap sinar matahari. Suhu yang tepat untuk kelenngkeng matalada berbunga dan berbuah itu kira-kira 300C – 350C. Suhu rata – rata di dataran rendah Indonesia, yang memiliki iklim dua musim. Intensitas curah hujan yang dibutuhkan oleh tanaman buah kelengkeng matalada juga cenderung dipenuhi di sini, yakni kisaran 1.500 mm per tahun.

Jika kamu tertarik membudidayakan kelengkeng matalada, kamu harus pandai-pandai memilih bibit yang unggul dan berkualitas. Dengan penanaman yang oke dan perawatan yang optimal, kelengkeng matalada dapat dikonsumsi secara pribadi sebagai produksi rumahan, maupun diproduksi komersil yang dapat dikonsumsi secara masal.

7. Dapat Ditanam dan Dibudidayakan di Dalam Pot

Keunggulan kelengkeng matalada yang lain adalah dapat dan mudah dibudiayakan di dalam pot atau tabulampot . Tidak semua jenis tanaman buah dapat ditanam di dalam pot, dengan sifat adaptif inilah, kelengkeng matalada dapat kamu budidayakan meski dengan keterbatasan lahan tanam.

Tags: , , ,

Bagikan ke

Diposting oleh

jual bibit tanaman buah berkualitas dan bergaransi

7 KEUNGGULAN KELENGKENG MATALADA

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Cara Merawat Durian Agar Cepat Berbuah
22 Februari 2018

Cara Merawat Durian Agar Cepat Berbuah – Sebagai salah satu buah-buahan asli negara tropis, buah durian memang salah satu buah yang... selengkapnya

Cara Mengatasi Hama Pohon Tin Yg Selalu Mengintai : Penggerek Batang & Siput
7 Maret 2017

Cara Mengatasi Hama Pohon Tin Yg Selalu Mengintai : Penggerek Batang & Siput – Cara paling efektif untk mencegah serangan... selengkapnya

Maniskan Buah Saat Penghujan
15 Maret 2017

Jambu madu deli hijau tetap manis saat musim hujan. – Menurut seorang pengunjung kebun Kastawi di Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa... selengkapnya

7 TAHAP PENANAMAN TANAMAN BUAH ALPUKAT BOOTH 7
25 Mei 2020

Varietas Alpukat booth 7 merupakan varietas tanaman buah yang baru dan aktual. Keberadaannya yang jarang ditemui meski dapat tumbuh dengan... selengkapnya

Mengenal Buah Bit – Jenis Ubi Yang Kaya Akan Manfaat Serta Mudah Dibudiadayakan
11 Desember 2017

Buah Bit – Hai, untuk kesekian kali kita berjumpa melalui kata-kalimat. Pertemuan kali ini kami akan memberikan informasi perihal Buah Bit... selengkapnya

7 KUNCI BUDIDAYA TANAMAN BUAH KELENGKENG MATALADA
17 April 2020

Bersama kami di artikel Bibitbuahku, pada kesempatan ini kami akan mengajak anda untuk membahas tentang kunci budidaya tanaman buah Kelengkeng... selengkapnya

Sukses Budidaya Kelapa Pandan Wangi Laba Menggiurkan
7 Desember 2017

Budidaya Kelapa Pandan Wangi – Pohon kelapa yang termasuk ke dalam anggota keluarga Arecaceae dapat tumbuh sampai 15.000 pohon di lahan... selengkapnya

Manfaat Pete (Petai) Mampu Mehilangkan Racun Tubuh
6 November 2017

Manfaat Pete merupakan pembahasan kita kali ini, namun sebelum kita membahas itu perlu kita ketahui perkembangan pete akhir akhir ini.... selengkapnya

Alpukat Sikat Sakit Gigi
23 Maret 2017

Daun alpukat atasi keluhan nyeri akibat gigi berlubang Daun alpukat mengurangi nyeri akibat gigi berlubang. Bertahun-tahun sakit gigi Betty nyaris... selengkapnya

7 LANGKAH-LANGKAH PENANAMAN TANAMAN BUAH KELAPA GENJAH ENTOK
15 Mei 2020

Tanaman Buah Kelapa Genjah Entok merupakan salah satu tanaman buah kelapa unggulan yang memiliki buah lebat, bersifat genjah atau mudah... selengkapnya

7 KEUNGGULAN KELENGKENG MATALADA

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

yaniz
● online
yaniz
● online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: