Beranda » Blog » 7 LANGKAH-LANGKAH PENANAMAN TANAMAN BUAH KELAPA GENJAH ENTOK

7 LANGKAH-LANGKAH PENANAMAN TANAMAN BUAH KELAPA GENJAH ENTOK

Diposting pada 15 Mei 2020 oleh bibit buah / Dilihat: 2.261 kali

Tanaman Buah Kelapa Genjah Entok merupakan salah satu tanaman buah kelapa unggulan yang memiliki buah lebat, bersifat genjah atau mudah berbuah, dan berpostur tubuh pendek. Posturnya yang hanya mencapai tinggi 3-4 meter saja, dengan batang lurus, dan ukuran sama dari pangkal sampai ujung ini menjadikannya cocok untuk dibudidayakan di lahan yang sempit. Keunggulan lain adalah produktivtasnya yang tinggi. Setiap pohon kelapa genjah entok , umumnya dapat menghasilkan 10 – 15 tandan per pohon dalam satu tahun. Yang masing-masing tandan biasanya berisi 7 – 10 butir buah kelapa. Coba saja kamu kalkulasikan sendiri dengan jumlah pohon yang kamu punya, sungguh menyenangkan serta menguntungkan, bukan?

Dengan pemilihan bibit yang unggul, budidaya optimal, serta kombinasi dari penanaman serta perawatan yang baik, kelapa genjah entok dapat menghasilkan 140 butir per pohon dalam satu tahun pada saat mencapai umur dewasa. Inilah kenapa ada nama “genjah” yang disematkan, karena memang jenis tanaman buah kelapa ini memiliki sifat genjah atau mudah berbuah. Bahkan, kamu tidak perlu menunggu waktu lama, dalam menikmati rasa buah kelapa ini. Sebab, tanaman buah kelapa genjah entok akan berbuah meski umurnya baru mencapa 4-5 tahun pasca penanaman.

Dalam penanaman kelapa genjah entok sendiri, secara umum memilki persamaan dengan model model penanaman tanaman buah kelapa idealnya. Tanaman buah kelapa genjah entok dapat tumbuh dengan baik di segala bentuk tanah apapun, asalkan memiliki drainase dan aerasi yang sehat, serta mendapatkan papaan sinar matahari yang cukup. Tanaman kelapa genjah entok dapat tumbuh dengan baik dan optimal pada dataran dengan elevensi kisara 0 – 450 mdpl, dengan pH tanah optimum 5,5 – 7,5, dan suhu rata-rata 27 derajat celcius sampai 28 derajat celcius.

Tanaman buah kelapa genjah entok juga memerlukan nutrisi air yang cukup beserta paparan snar matahari yang optimal. Idealnya, tanaman buah kelapa genjah entok akan tumbuh dengan subur pada area yang memiliki curah hujan 1.200 – 2.500 mm per tahun, dengan penyinaran optimum 2000 jam per tahun, atau kisaran 180 jam per bulan dan tingkat kelembapan 80 – 90 %.

Baiklah,berikut ini langkah-langkah menanam tanaman buah kelapa genjah entok yang dapat di tanam di lahan yang sempit itu.

Langkah-Langkah Penanaman Tanaman Buah Kelapa Genjah Entok

PENANAMAN KELAPA GENJAH ENTOK

PENANAMAN KELAPA GENJAH ENTOK

1. Langkah Pemilihan Bibit

Langkah Pertama dalam penanaman kelapa genjah entok adalah memilih bibit. Seperti halnya dalam penanaman-penanaman tanaman buah yang lain, pemilihan bibit yang unggul serta berkualitas menjadi syarat utama yang meskinya kamu penuhi. Biasakan untuk memilih bibit yang unggul dengan memastikan bahwa bibit yang kamu pilih benar-benar sehat dan bugar, bebas dari hama serta penyakit tanaman. Idealnya berumur 12 bulan, dengan panjang tunas 3- 4 cm.

Untuk hasil yang lebih optimal, diamkan dulu bibit dan taruh ditempat yang sejuk sebelum ditanam di lahan tanam. Biasanya, memakan waktu 5 – 7 hari untuk membantu bibit siap tanam dan bugar saat ditanam.

2. Menyiapkan Lahan Tanam

Langkah selanjutnya dalam penanaman kelapa gejah entk adalah adalah menyiapkan lahan tanam. Tanaman buah kelapa genjah entok juga memerlukan nutrisi air yang cukup beserta paparan snar matahari yang optimal. Idealnya, tanaman buah kelapa genjah entok akan tumbuh dengan subur pada area yang memiliki curah hujan 1.200 – 2.500 mm per tahun, dengan penyinaran optimum 2000 jam per tahun, atau kisaran 180 jam per bulan dan tingkat kelembapan 80 – 90 %. Tanaman kelapa genjah entok dapat tumbuh dengan baik dan optimal pada jens tanah subuh berpasir, juga dataran dengan elevensi kisara 0 – 450 mdpl, dengan pH tanah optimum 5,5 – 7,5, dan suhu rata-rata 27 derajat celcius sampai 28 derajat celcius.

3. Membuat Lubang Tanam

Langkah selanjutnya dalam penanaman genjah entk adalah membuat lubang tanam. Galih tanah pada lahan tanam, lalu buat lubang dengan ukuran kira-kira 60cm x60 cm sampai 100 cm x 100 cm x 100 cm, atau sesuaikan dengan ukuran bibit tanaman.

Pisahkan dahulu tanah hasil galian tadi, lalu bila perlu campukan dengan pupuk organik yang ramah lingkungan yang sudah kering. Buat lubang tanam dengan jarak tanam 9m x 9 m x 9 m. Diamkan dahulu lubang tanam selama beberapa hari. Tujuannya, untuk menghilangkan racun pada tanaman. Atau, kamu bisa juga menggunakan cara membakar daun daun kering di dalam lubang tanam. Jika dirasa perlu, siram sedikit dengan air untuk meggemburkan tanah.

4. Menanam Bibit

Langkah selanjutnya dalam penanaman kelapa genjah entok adalah menanam bibit. Menanam bibit kelapa genjah entok harus dilakukan dengan hati-hati. Tanam bibit pada lubang tanam, lalu timbun dengan tanah galian yang tadi sudah dicampur dengan pupuk.

Tekan sedikit demi sedikit hingga tanaman bisa tegak. Bila perlu, kamu bisa menggunakan ajir atau kayu penyangga untuk menjaga kesembingan tanaman agar tidak mudah miring atau bahkan roboh ketika tertip angin atau terkena deras hujan lebat.

5. Menyirami Tanaman

Langkah selanjutnya dalam penanaman kelapa genjah entok adalah rajin memberikan asupan nutrisi pada tanaman, yakni air dengan meniram tanaman. Jika curah hujan cukup tinggi, pastikan kamu mempunyai irigasi atau drainase tanam yang baik. Siram tanaman buah kelapa genjah entok secukupnya. Biasanya, 2 kali dalam sehari tiap pagi dan sore hari.

6. Memberi Pupuk Pada Tanaman

Langkah selanjutnya dalam penanaman kelapa genjah entok adalah rajin memberikan pupuk. Pada tanaman kelapa, berikan pupuk urea atau pupuk kompos pada saat tanaman berumur satu bulan, idealnya 100 gram per pohon, menyebar 15 cm dari pangkal batang. Kemudian, beri pupuk tiap setengah tahun sekali.

7. Memelihara Tanaman Dengan Baik.

Langkah penanaman genjah entok selanjutnya adalah memberikan perawatan serta pemeliharaan yang baik juga ideal. Pemeliharaan dan perawatan ini, pada umumnya melingkupi kombinasi antara penyiraman yang teratur, pemberian pupuk yang bertahap, pemangkasan bila perlu, penjarangan atau penyulaman, penyiangan, pemberinan mulsa, serta pembubunan pada tanaman.

Tags: , , ,

Bagikan ke

Diposting oleh

jual bibit tanaman buah berkualitas dan bergaransi

7 LANGKAH-LANGKAH PENANAMAN TANAMAN BUAH KELAPA GENJAH ENTOK

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

5 Cara Penanaman Alpukat Miki
11 Maret 2020

kali ini kita akan membahas mengenai cara penanaman Alpukat Miki yang baik, langsung saja kita bahas di artikel ini. Buah... selengkapnya

Cara Budidaya Alpukat Kendil Sendiri dengan Benar!
7 Mei 2019

Cara Budidaya Alpukat Kendil Sendiri dengan Benar! Di pasaran, harga alpukat dengan ukuran besar, kulit mulus mengkilap jauh lebih mahal,... selengkapnya

Manfaat Pete (Petai) Mampu Mehilangkan Racun Tubuh
6 November 2017

Manfaat Pete merupakan pembahasan kita kali ini, namun sebelum kita membahas itu perlu kita ketahui perkembangan pete akhir akhir ini.... selengkapnya

Cara Merawat Pohon Mangga yang Berbunga Agar Tidak Rontok
13 Juli 2021

Cara Merawat Pohon Mangga Yang Berbunga – Mangga merupakan tanaman tropis yang biasanya berbuah musiman. Saat ini sudah banyak orang... selengkapnya

10 HAMA DAN PENYAKIT PADA BUAH MANGGA KIOJAY
25 Maret 2020

Kembali lagi bersama bibitbuahku.com, dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang hama dan penyakit pada buah Mangga Kiojay. Siapa... selengkapnya

Cara Booster Kelengkeng Lengkap Dari A Sampai Z Sesuai Pekebun Kelengkeng Thailand
3 Desember 2017

Cara Booster Kelengkeng – Wah, pertemuan seolah tak ingin meninggalkan Anda dan Bibitbuahku.com. Di setiap pertemuan kami berkeinginan untuk membagi segala... selengkapnya

Cara Tepat dan Mudah Memanen Kurma Tropis
20 Maret 2017

Cara Tepat dan Mudah Memanen Kurma Tropis – Dalam membudiayakan kurma tropis, hal yang perlu diperhatikan adalah kapan baiknya buah... selengkapnya

Penanaman Kurma Usia 0 bulan – 6 bulan | Pupuk Tanaman Kurma dan Penyakit Pohon Kurma
11 Juli 2019

Patikan sebelum anda membaca cara penanaman baby kurma, silahkan baca terlebih dahulu cara menyemai biji kurma sampai 100% berkecambah dengan... selengkapnya

7 KEUNGGULAN TANAMAN KELAPA PANDAN WANGI
6 April 2020

Masih bersama kami, Bibit buahku. Pada kesempatan ini kita akan mengulik tentang keunggulan tanaman Kelapa Pandan Wangi.  Kelapa pandan wangi... selengkapnya

7 KEUNGGULAN MANGGA KIOJAY YANG MEMILIKI NILAI EKONOMI YANG TINGGI
14 Maret 2020

Bersama kami bibitbuahku.com, kali ini kita akan mengulik tentang keunggulan Mangga Kiojay. Mari simak di artikel berikut… Buah Mangga merupakan... selengkapnya

7 LANGKAH-LANGKAH PENANAMAN TANAMAN BUAH KELAPA GENJAH ENTOK

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

yaniz
● online
yaniz
● online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: