Beranda » Blog » Cara Menanam Kelapa Pandan Wangi yang Baik Dan Benar

Cara Menanam Kelapa Pandan Wangi yang Baik Dan Benar

Diposting pada 28 Maret 2022 oleh bibit buah / Dilihat: 1.516 kali

Menanam Kelapa Pandan Wangi – Kelapa pandan wangi adalah salah satu jenis kelapa yang berasal dari Thailand, buah kelapa yang beraroma pandan ini sudah dikenalkan sejak tahun 1971. Namun jika anda merasa asing dengan tanaman buah yang satu ini, itu juga bukan hal yang aneh. Karena memang keberadaan pohon kelapa pandan wangi tidak begitu mudah untuk ditemukan.

[lwptoc toggle=”1″ float=”left”]

Apalagi bagi yang berdomisili di pulau jawa, tentunya sangat sulit untuk menemukan tanaman buah pandan wangi. Tapi tidak perlu khawatir, karena kami dari bibitbuahku.com beberapa bulan lalu telah mencoba untuk menanam kelapa pandan wangi di perkebunan kami.

Jadi bagi anda yang memiliki keinginan untuk menanam kelapa pandan wangi, akan kami berikan tips dan Langkah-langkah penanamannya. Perlu diketahui juga jika anda mencari bibit kelapa pandan wangi f1 asli, anda bisa menghubungi kami lewat website atau hubungi CS kami secara langsung untuk mendapatkan harga serta penawaran lainnya.

Baiklah Kalau begitu mari kita bahas mengenai bagaimana cara menanam kelapa pandan wangi yang baik dan benar.

Cara Menanam Kelapa Pandan Wangi

Menanam Kelapa Pandan Wangi

Sebelum memulai penanaman langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah memilih bibit kelapa pandan wangi asli. Karena masih banyak di luar sana penjual bibit kelapa pandan wangi palsu, Kami juga beberapa kali menerima pengakuan dari pelanggan kami jika mereka ditipu oleh oknum tidak bertanggung jawab yang menjual bibit kelapa pandan wangi palsu. Agar anda tidak ditipu oleh orang-orang tersebut, kami akan memberikan tips kepada anda untuk menentukan keaslian bibit kelapa pandan wangi.

Ciri Bibit Kelapa Pandan Wangi F1 Asli

Ciri kelapa pandan wangi asli dapat anda ketahui dengan membakar daun kelapa yang masih muda. Bibit kelapa pandan wnagi yang asli akan mengeluarkan aroma pandan dari minyak yang keluar dari hasil pembakaran. Jika tidak anda juga bisa sedikit membakar akar dari bibit kelapa pandan wangi, jika tercium aroma panda maka bibit tersebut berarti asli.

Satu lagi cara yang kami temukan untuk dapat membedakan kelapa pandan wangi yang asli adalah dengan merebus daun kelapa dengan air hingga mendidih. Kelapa pandan wangi yang asli akan mengeluarkan aroma pandan dari rebusan daunnya. Kalau dari ketiga cara tersebut bibit kelapa pandan wangi yang anda miliki tidak mengeluarkan aroma pandan maka bisa dipastikan jika bibit tersebut palsu.

Jika anda merasa kesulitan untuk menemukan tempat jual bibit kelapa pandan wangi asli, anda bisa menghubungi kami di website bibitbuaku.com. Krena kami jual bibit kelapa pandan wangi asli dan bergaransi, jika bibit yang kami kirim slaah kami akan menggantinya dengan yang baru.

Selain itu harga bibit kelapa pandan wangi f1 yang kami tawarkan juga cukup bersaing dengan yang lain. Maka dari itu tidak perlu ragu dan segera hubungi kami untuk mendapatkan bibit kelapa pandan wangi pilihan anda.

Ciri-ciri bibit kelapa pandan wangi

Bibit Kelapa Pandan Wangi

Sediakan Bibit Lebih Banyak

Saat melakukan penanaman dalam skala perkebunan, anda juga harus menyesuaikan bibit yang harus anda sediakan. Jangan pernah membeli bibit dengan stok yang pas-pasan, karena dari sekian banyak bibit yang ditanam pasti ada satu dua bibit yang mati dalam beberapa bulan setelah penanaman.

Hal tersebut bisa saja terjadi karena kondisi tanah yang ternyata tidak poros, sehingga perakaran bibit tidak bisa bergerak leluasa setelah ditanam. Perakaran tidak dapat berkembang dan penyiraman juga tidak akan efisien. Bisa juga karena tanah menutupi sela-sela daun pada bibit sehingga membuat pupus muda tidak bisa tumbuh hingga bibit akhirnya mati.

Maka dari itu sediakan bibit pengganti setidaknya 10% dari jumlah bibit yang akan anda tanam. Sehingga perhitungan awal anda juga harus tepat, karena penyulaman bibit ini pasti akan terjadi.

HARGA BIBIT KELAPA PANDAN WANGI

Cara Menanam Kelapa Pandan Wangi

Waktu terbaik untuk menanam bibit kelapa pandan wangi adalah sata musim hujan. Kenapa musim hujan? Alasannya sederhana, karena ketersediaan air di musim hujan snagatlah melimpah sehingga perawatan bibit akan menjadi lebih mudah.

Boleh juga sebenarnya jika anda ingin menanamnya pada musim kemarau, asalkan sumber air anda sudah siap dan mampu mencukupi kebutuhan. Karena biasanya bibit yang baru ditanam membutuhkan intensitas penyiraman yang konsisten dan banyak. Setelah itu berikut adalah beberapa hal yang perlu anda lakukan dalam menanam bibit kelapa pandan wangi.

  1. Buat lubang tanam dengan dimater dan kedlaaman 50cmx50cm, tujuannya agar tanah menjadi poros dan perakaran bibit mudah berkembang di satu tahun pertama penanaman.
  2. Setelah anda selesai membuat lubang tanam berikan kapur dolomit ke dalam lubang agar tingkat keasaman tanah menjadi netral dengan pH sekitar 6,5-7.
  3. Lubang tanam tidak perlu diberikan pupuk kendang, untuk pupuk kita berikan setelah penanaman saja, jadi cukup menggunakan kapur dolomit.
  4. Setelah diberikan kapur dolomit masukkan tanah galian kemudian buat gundukan dengan bagian bawah yang agak dalam agar air tidak menggenang di perakaran kelapa.
  5. Buat lubang di tengah gundukan tadi dan masukkan bibit kelapa pandan wangi yang anda miliki.
  6. Lepaskan polybag dari bibit dan usahakan agar media tanam tidak lepas, namun jika ternyata media tanam kurang bagus. Akibat terlalu banyak cacing atau lainnya, boleh sisakan sedikit saja.
  7. Kemudian timbun perakaran bibit kelapa dengan tanah galian dan padatkan dengan menggunakan tangan.
  8. Pastikan jika anda tidak menanam keseluruhan dari bibit kelapa, sisakan separuhnya saja. Karena jika terlalu dalam bisa-bisa tanah naik dan akhirnya menutupi sela-sela daun yang akan menjadi daun muda.
  9. Setelah itu berikan insektisida bisa furadan atau yang lainnya dan taburkan di sekeliling bibit. Karena sabut kelapa dapat mengundang hama rayap, kemudian timbun furadan dengan tanah galian.
  10. Jika sudah selesai sirami bibit dengan menggunakan air secukupnya.

BIBIT KELAPA PANDAN WANGI BERSERTIFIKAT

Masa Panen Kelapa Pandan Wangi

Bagi anda yang belum tahu kelapa pandan wangi merupakan jenis kelapa unggul yang buah dan airnya memiliki aroma dengan wangi pandan. Tanaman kelapa pandan wnagi ini sudah ada di Indonesia sejak lama, bahkan perkebunan kelapa pandan wangi di Indonesia juga sudah ada.

Waktu berbuah kelapa pandan wangi tergolong cepat karena dalam usia 3 tahun setelah penanaman pohonnya sudah mampu menghasilkan buah pertama. Asalkan didampingi dengan perawatan seperti pemberian pupuk yang tepat dan penyiraman yang konsisten.

Pada saat berusia 3 tahun pohon yang menghasilkan buah belum bisa maksimal hanya mampu menghasilkan buah dengan kisaran 40-50%. Baru setelah usianya mencapai 4 tahun pohon kelapa pandan wnagi ini bisa menghasilkan buah sebanyak 100%.

Pada setiap yahun, pohon kelapa pandan wnagi ini mampu menghasilkan tandan buah sebanyak 12 – 18 tandan. Dengan banyaknya buah dalam satu tandan kisaran 10 – 15 biji, dengan perhitungan tersebut dapat diperkirakan jika dalam satu tahun sekitar 130 – 175 buah kelapa muda segar bisa dipanen.

Kemudian waktu panen untuk kelapa pandan wnagi ini bisa dilakukan jika buah kelapa sudah memasuki usia 6 bulan atau 6 setengah bulan. Keadaan ini dapat dilihat dari tandan buah muda yang akan dipetik dan tandan buah yang berupa seludang berada di bawah diantara satu dengan yang lain.

Ukuran pohon kelapa pandan wnagi tidak begitu tinggi, hal ini tentunya memberikan keuntungan bagi petani kelapa. Karena saat proses panen ukuran pohon yang pendek dapat mempermudah dalam pengambilan buah, serta mengurangi resiko terjadinya kecelakaan akibat pemanjatan pohon kelapa.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan, anda bisa mempraktekan cara menanam kelapa pandan wangi ini kepada bibit kelapa yang anda miliki. Semoga bibit kelapa pandan wnagi yang anda tanam bisa cepat tumbuh dan menghasilkan buah yang bagus serta memberikan banyak keuntungan untuk anda.

Sumber : Youtube Bibit Buahku

Tags: , , , , , , , , , ,

Bagikan ke

Diposting oleh

jual bibit tanaman buah berkualitas dan bergaransi

Cara Menanam Kelapa Pandan Wangi yang Baik Dan Benar

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

7 PROSES MENANAM ALPUKAT PLUWANG
26 Maret 2020

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang proses menanam Alpukat Pluwang yang menjadi peluang bisnis. Alpukat Pluwang atau biasa... selengkapnya

6 KUNCI BUDIDAYA TANAMAN BUAH DURIAN BAWOR
13 Mei 2020

Kembali bersama kami di bibitbuahku, kali ini kita akan membahas tentang budidaya durian bawor. Jenis tanaman buah durian bawor merupakan... selengkapnya

Peluang Usaha Budidaya Tanaman Buah
6 Desember 2017

Apa kabar? Bila baik, mungkin tanaman yang Anda budidaya telah tampak berbuah lebat. Berkali-kali kita berjumpa dalam keadaan sehat dan... selengkapnya

7 TAHAP PENANAMAN TANAMAN BUAH ALPUKAT BOOTH 7
25 Mei 2020

Varietas Alpukat booth 7 merupakan varietas tanaman buah yang baru dan aktual. Keberadaannya yang jarang ditemui meski dapat tumbuh dengan... selengkapnya

7 TRIK MENANAM BUAH MANGGA KIOJAY DALAM POT
21 Maret 2020

Bersama kami bibitbuahku.com, kali ini kita akan mengulik tentang trik Menanam Mangga Kiojay Dalam Pot. Mari simak di artikel berikut…... selengkapnya

5 HAL DASAR BUDIDAYA ALPUKAT PLUWANG UNTUK HASIL YANG IDEAL
21 Maret 2020

Kembali bersama kami, dalam artikel ini kita akan mengulas tentang budidaya Alpukat Pluwang untuk hasil yang ideal. Buah alpukat merupakan... selengkapnya

Apa Itu Alpukat Aligator dan Apa Saja Manfaatnya?
8 Mei 2019

Apa Itu Alpukat Aligator dan Apa Saja Manfaatnya? Ada berbagai macam buah yang akan menjadi nutrisi yang baik untuk kesehatan.... selengkapnya

Melon Unggulan Pemenang Lomba
6 Maret 2017

Lomba Buah Unggul yang dilombakan tahun 2016 sudah selesai, salah satu yang menjadi sorotan kami adalah Jenis Melon, karena jenis... selengkapnya

Cara Agar Jambu Air Madu Dheli Hijau Cepat Berbuah
11 September 2020

Jambu air madu dheli hijau menjadi primadona bagi pencinta buah jambu air di Nusantara. Salah satu varietas jambu air madu... selengkapnya

5 HAL PERAWATAN IDEAL TANAMAN DURIAN DURI HITAM
31 Maret 2020

Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulik perihal perawatan ideal tanaman Durian Duri Hitam. Durian duri hitam merupakan salah satu... selengkapnya

Cara Menanam Kelapa Pandan Wangi yang Baik Dan Benar

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

yaniz
● online
yaniz
● online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: