>>>untuk pemesanan lebih cepat bisa langsung hubungi no CS kami 0812-1136-9090 >>>Barang yang kami jual dijamin kualitas dan keasliannya >>>Garansi UANG KEMBALI jika barang rusak/mati sampai lokasi >>>Kami juga melayani pembukaan perkebunan buah, agrowisata dan pembuatan Taman
Beranda » Informasi Tanaman Buah » Sejarah Alpukat Hass Lengkap Dengan Dokumentasi

Sejarah Alpukat Hass Lengkap Dengan Dokumentasi

Diposting pada 19 Agustus 2019 oleh Tomi - Fatkhul | Dilihat: 943 kali

Aplukat Hass menjadi banyak perbincangan dikalangan pecinta buah alpukat. Pasalnya jenis ini sudah ditemukan puluhan tahun yang lalu dan sudah beredar masif di dunia, hanya saja Indonesia baru ahir-ahir ini sadar akan keberadaannya. Meskipun masih banyak yang bingung dengan ejaan namanya, entah itu “HASS” atau “HAAS”, namun itu bagian dari kewajaran karena memang di Indonesia belum banyak yang mengenal alpukat jenis ini.

buah alpukat hass

Banyak yang bertanya-tanya sebenarnya asal usul alpukat hass ini dari mana? Karena jika kita lihat bentuknya, banyak sekali jenis alpukat lokal yang tumbuh liar di Indonesia dengan bentuk mirip dnegan alpukat hass. Namun justru di negara kita alpukat seperti itu tidak laku dijual.

Ternyata sejarah awal ditemukannya Alpukat Hass ini juga demikian, bahkan sipenemu pohon pertama kali sempat ingin menebangnya. Setelah kami mencoba mencari tahu lebih dalam terkait sejarah alpukat hass dari beberapa literatur luar negeri, kami menemukan banyak fakta awal ditemukannya alpukat jenis hass ini.

FAKTA SEJARAH ALPUKAT HASS

Dilansir dari en.wikipedia tentang Hass avocado ,Alpukat Hass pertama kali di temukan pada tahun 1926, tepatnya di West Road, La Habra Heights, California. Oleh seirang pekerja kantor pos yang bernama Rudolph Hass, yang ia temukan karena ketidak sengajaan.

spenemu alpukat hass Rudolph Hass

Rudolph Hass & Istri, Source: californiaavocado.com

Awalnya ia menanam jenis alpukat Fuerte, diaman jenis itu memang lebih dahulu terkenal di daerah California. Berkali-kali ia mencoba untuk mencangkok alpukat fuerte untuk menghasilkan pohon baru namun gagal. Akhirnya ia menanam bibit alpukat dari biji.

Banyak biji alpukat yang ia tanam dari biji yang ia dapatkan dari restoran dsbg, namun akhirnya ia tebang karena buahnya yang buruk. Suatu ketika ia mendapatkan bibit dari A. R. Rideout pekebun didaerah Whittier, California pada ahir tahun 1920 an.

Dari beberapa bibit yang ia beli ada satu pohon yang tumbuh sangat bagus dan begitu kuat. Ia mencoba melakukan perbnayakan vegetatif dengan alpukat Fuertenya yang sudah besar, dengan tujuan agar ia lebih cepat tahu buah yang dihasilkan. Namun hal itu sia-sia, setidaknya dua klai gagal melakukannya dan berniat untuk menebang pohon muda yang tumbuh kuat tersebut.

pohon induk alpukat hass

Pohon Induk Alpukat Hass, Source : californiaavocado.com

Namun salah satu kawannya memberikan saran agar membiarkan sampai pohon tersebut berbuah, sehingga Rudolph Hass pun mengurungkan niatnya. Setidaknya sampai pohon tersebut berbuah.

POHON ALPUKAT HASS BERBUAH PERTAMA KALI

Ahirnya waktu yang ditunggu-tunggu tiba, pohon alpukat tersebut berbuah pertama kali. Namun saat melihat buah yang dihasilkan, Rudolph Hass sedikit kecewa karena penampilannya yang buruk. Ukuran kecil serta kulitnya yang berkerikil tidak rata.

Hal berbeda datang dari keluarganya, anak dan istrinya sangat menyukai buah alpukat tersebut. AAda beberapa keunggulan alpukat hass. Rasanya lebih lezat dan sangat pulen, menjadi buah favorit keluarganya. Ia pun mencoba menawarkan buah alpukat tersebut kepada rekan kerjanya di kantor pos, dan mendapatkan tanggapan yang positif. banyak dari kawannya yang sangat menyukai buah alpukat tersebut.

Dengan waktu yang tidak lama, buah alpukat yang dihasilkna berhasil masuk ke salah satu restoran ternama di Califronia, dan mendapatkan tanggapan yang positif pula.

Pada tahun 1935 Rudolph Hass mematenkan pohon indukan tersebut dengan nama “HASS”. Kemudia bekerjasama dengan perkebunan pembibitan Whittier Harold Brokaw dengan sistem bagi hasil. Dalam waktu singkat bibit alpukat hass mampu diperbanyak secara besar-besaran. Dari hasil itu Rudolph Hass mendapatkan bagian 25% dari penjualan bibit.

sejarah alpukat hass

Source : californiaavocado.com

Karena pohon yang dijual oleh Whittier Harold Brokaw di okulasi ke seluruh pohon diperkebunan tersebut, sangat disanyangkan keuntngan yang didapat oleh Rudolph Hass tidak lebih banyak dari yang dibayangkan.

Dari hak paten yang ia daftrakan, ia hanya mampu mendapat untung kurang dari US $ 5.000. Rudolph Hass pun melanjutkan profesinya sebagai tukang pos sampai ahir hayatnya.

Pohon induk Alpukat Hass mampu bertahan sampai usia 76 tahun. Pada tanggal 11 September 2002 pohon tersebut di tebang setelah terserang penyakit busuk akar kurang lebih selam 10 tahun.

kebun alpukat hass

Perkebunan alpukat hass, Source: californiaavocado.com

Demikian tadi artikel terkait sejarah alpukat hass, semoga mampu memberikan sedikit wawasan bagi kita. Bagi anda yang ingin mendapatkan bibit alpukat hass, bisa langusng menghubungi kami. Pohon induk merupakan salah satu pohon alpukat hass yang sudah berbuah di Indonesia.

Bagikan informasi tentang Sejarah Alpukat Hass Lengkap Dengan Dokumentasi kepada teman atau kerabat Anda.

Sejarah Alpukat Hass Lengkap Dengan Dokumentasi | Bibit Buahku

2 komentar untuk Sejarah Alpukat Hass Lengkap Dengan Dokumentasi

  • Toni berkata:

    Kalau ditanam di DPL 200 meter apa bisa berbuah ya Mas?

    Kalau melihat sejarahnya, berarti Hass berasal dari California, AS. Tapi kenapa ya alpukat Hass lebih dikenal berasal dari Australia?

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
QUICK ORDER
Sejarah Kurma Tropis di Indonesia

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Harga Hubungi CS
Ready Stock
*Harga Hubungi CS
Ready Stock
QUICK ORDER
Bibit Tanaman Sirsak Ratu 45cm up

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Bibit Tanaman Sirsak Ratu Rp 45.000
Ready Stock / Sirsak Ratu
Rp 45.000
Ready Stock / Sirsak Ratu
QUICK ORDER
Jual Bibit Durian Kumbokarno Yang Tersohor Akan Rasa dan Daging Buahnya

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

durian kumbokarno Rp 65.000
Ready Stock / Durian Kumbokarno
SIDEBAR

Alamat Kebun BIBIT BUAHKU :

 

Jl. RM Koesbiyono Tjondro Wibowo. Kelurahan Mangunsari. RT.03/ RW.04

Kecamatan Gunungpati. Kota Semarang.

Propinsi Jawa Tengah. Kode Pos. 50227

Hubungi

0 8 1 2 – 1 1 3 6 – 9 0 9 0

(WA/SMS/Telpon)