Beranda » Blog » Tiga Cara Menyemai Biji Kurma Tropis KL1 dan H1 Agar 100% Berkecambah

Tiga Cara Menyemai Biji Kurma Tropis KL1 dan H1 Agar 100% Berkecambah

Diposting pada 9 Juli 2019 oleh bibit buah / Dilihat: 4.722 kali

Cara Menyemai Biji Kurma

Di dalam artikel ini kami memberikan 3 tahapan dalam menyemai biji kurma. Baik untuk menyemai biji kurma KL1 maupun Kurma H1. Tahap ke-2 anda lakukan bila saat tahap ke-1 masih ada biji kurma yang belum berhasil mengeluarkan akar. Sedangkan tahapan ke-3 anda lakukan bila masih ada biji kurma yang belum berhasil berkecambah saat tahap ke-2. Harapanya kesemua biji kurma anda nantinya bisa berkecambah 100%.

Cara Menyemai Biji Kurma Tahap ke-1

a. Cuci bersih biji kurma menggunakan air sampai benar benar bersih dari kulit ari atau sisa daging buah kurma yang menempel. Untuk mempermudah, bisa anda gunakan sikat atau campuran sabun dengan dosis rendah. Tahapan ini dilakukan agar saat penyimpanan nantinya tidak tumbuh jamur atau bakteri yang akan membuat biji gagal berkecambah.

b. Rendam biji yang sudah bersih selama 2 sampai 3 hari. Gunakan air sumur atau air murni yang sekiranya tidak mengandung bahan kimia sedikitpun. Hindari penggunaan air PDAM, karena dihawatirkan kandungan kaporit akan menempel dan menghambat perkecambahan.

c. Lakukan penggantian air rendaman maksimal setiap 1 hari sekali.

d. Siapkan wadah untuk meletakan biji kurma nantinya. Bisa anda gunakan wadah plastik atau selainnya. Yang terpenting wadah bisa ditutup rapat, tanpa ada udara yang bisa keluar masuk sedikitpun. Biasanya kita gunakan toples plastik bila biji sedikit, atau kotak makanan merk Tupperware yang memiliki tingkat kerapatan tinggi.

e. Alasi wadah yang sudah anda siapkan dengan tisu, kapas atau kain yang sudah dibasahi. Jangan terlalu tipis dan jangan terlalu banyak air (air menggenang). Biasanya kami menggunakan tisu beberapa lapis (5 – 10 lapisan) atau menggunakan kain flanel.

f. Taruh biji kurma yang sudah siap untuk disemai kedalam tempat yang sudah anda siapkan tadi. Peletakan biji secara rapi akan mempermudah anda saat pengambilan biji kurma yang sudah berkecambah. Posisi biji bebas, namun beberapa pengalaman kami posisi dimana bagian belahan biji menghadap keatas akan lebih cepat berkecambah.

semai-biji-kurma

semai-biji-kurma

semai-biji-kurma-4

semai-biji-kurma-4

g. Tutup rapat-rapat wadah tadi, usahakan tidak ada udara yang bisa keluar masuk sedikitpun. Buat wadh tadi benar benar kedap uadara.

h. Taruh ditempat yang gelap dan hangat. Biji akan lebih cepat berkecambah di tempat yang gelap. Biasanya kami meletakkan di dalam lemari bukan di lantai.

i. Biarkan selama 7 hari, kemudian cek apakah sudah berkecambah. Biji yang sudah berkecambah dengan panjang akar sekitar 2-3 cm baru bisa dipindahkan ke media tanam. Jangan biarkan akar terlalu panjang di wadah, karena sangat rawan patah saat pemindahan atau penanaman.

Cara Menyemai Biji Kurma Tahap ke-2

Apabila tahap ke-1 sudah dilakukan dan setelah 10-15 hari ada biji yang benar-benar belum mengeluarkan akar sedikitpun, maka lakukanlah tahap ke-2 ini. Bila biji sudah muncul akar meskipun baru titik putih maka biarkan di wadah, jangan disertakan dalam perlakukan tahap ke-2.

a. Siapkan biji yang sudah anda pilih dari tahap ke-1, dan di angin-anginkan selama 1 hari sampai biji kering. Bisa anda angin-anginkan di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung.

b. Cuci biji yang sudah kering dengan hati-hati. Perlakukan biji seperti pada Tahap ke-1 point (a).

c. Rendam biji seperti perlakuan Tahap ke-1 point (b). Hanya saja kali ini anda rendam selama 1 hari saja dan menggunakan air hangat (bukan air panas).

d. Air hangat di ganti setiap 2 – 4 jam sekali.

e. Bersihkan bagian belahan biji yang memanjang (bukan titik tumbuh akar) dengan hati-hati. Bisa anda gunakan tusuk gigi atau semacamnya.

semai-biji-kurma-2

semai-biji-kurma-2

f. Jika sudah bersih maka lakukan seperti tahap ke-1 point (d), (e), (f),(g) dan (h).

g. Biarkan selama 7 hari kemudian anda cek, biji yang sudah berhasil berkecambah sekitar 2-3 cm bisa anda pindahkan ke media tanam. Amati apakah masih ada biji yang belum mengeluarkan akar sedikitpun?

Cara Menyemai Biji Kurma Tahap ke-3

Apabila tahap ke-2 sudah anda lakukan namun setelah 10-15 hari masih ada biji yang benar-benar belum mengeluarkan akar sedikitpun, maka lakukanlah tahap ke-3 ini. Bila biji sudah muncul akar meskipun baru muncul titik putih maka biarkan di wadah, jangan disertakan dalam perlakukan tahap ke-3.

a. Lakukan seperti Tahap ke-2 point (a) dan (b)

b. Seperti yang anda lakukan pada Tahap ke-2 point (c), namun kali ini anda tidak merendam menggunakan air hangat, melainkan biji di rendam selama 1 hari menggunakan air bersih yang dicampur dengan sedikit ZPT atau selainnya. Bisa anda gunakan Atonik, AB mix (untuk hidroponik), Rootup dll. Dari beberapa pengalam ketika bahan tersebut bekerja sangat efektif. Ingat jangan berlebihan dalam menggunakannya. Bisa anda baca di masing-masing kemasan atau petunjuk.

c. Kerik bagian belahan dan titik tumbuh dengan sangat hati-hati. Sekiranya lapisan permukannya sudah sedkit terkelupas. Untuk melakukannya bisa anda gunakan cutter. Pada bagian titik tumbuh akar bisa anda beri sedikit sayatan tipis menggunakan cutter. Ingan lakukan dengan hati-hati.

semai-biji-kurma-1

semai-biji-kurma-1

semai-biji-kurma-3

semai-biji-kurma-3

d. Setelah selesai, maka lakukan seperti tahap ke-1 point (d), (e), (f),(g) dan (h).

semai-biji-kurma-5

semai-biji-kurma-5

Demikian tadi Cara Menyemai Biji Kurma. Berdasarkan pengalaman kami dan beberpa kawan, sampai tahap ini biji kurma mampu berkecambah semua. Semoga dengan cara ini biji kurma anda berhasil berkecambah 100%.

Kata Lain Yang Mungkin Anda Cari :

Cara Menyemai Biji Kurma
semai Biji Kurma
Cara Menyemai Biji Kurma tropis
Cara Menyemai Biji Kurma h1
Cara Menyemai Biji Kurma kl1
agar Biji Kurma cepat berkecambah
Biji Kurma
Biji Kurma tropis
Biji Kurma kl1
Biji Kurma h1

Tags: , , , , , , , , ,

Bagikan ke

Diposting oleh

jual bibit tanaman buah berkualitas dan bergaransi

Tiga Cara Menyemai Biji Kurma Tropis KL1 dan H1 Agar 100% Berkecambah

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

7 Tips Budidaya Durian Musang King di Indonesia
18 Februari 2020

Budidaya Durian Musang King merupakan salah satu peluang usaha yang sedang banyak dibicarakan orang. Keunggulan Durian Musang King banyak sekali.... selengkapnya

5 HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN BUAH ALPUKAT PLUWANG
25 Maret 2020

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas perihal tentang hama dan penyakit buah Alpukat Pluwang. Salah satu jenis alpukat yang... selengkapnya

Cara Menanam Alpukat Kendil dalam Pot dengan Mudah!
6 Mei 2019

Cara Menanam Alpukat Kendil dalam Pot dengan Mudah! Alpukat atau Apokat adalah salah satu jenis buah yang berasal dari Amerika... selengkapnya

7 TRIK MENANAM BUAH MANGGA KIOJAY DALAM POT
21 Maret 2020

Bersama kami bibitbuahku.com, kali ini kita akan mengulik tentang trik Menanam Mangga Kiojay Dalam Pot. Mari simak di artikel berikut…... selengkapnya

Peluang Usaha Budidaya Tanaman Buah
6 Desember 2017

Apa kabar? Bila baik, mungkin tanaman yang Anda budidaya telah tampak berbuah lebat. Berkali-kali kita berjumpa dalam keadaan sehat dan... selengkapnya

5 HAL DASAR DALAM PERAWATAN PADA TANAMAN BUAH DURIAN BAWOR
5 Mei 2020

Kali ini, siapa yang tidak mengenal durian bawor?, salah satu jenis durian lokal unggulan yang pamor dan kualitasnya tidak kalah... selengkapnya

10 Keunggulan Durian Musang King Yang Cocok di Iklim Indonesia
18 Februari 2020

Ada banyak sekali keunggulan durian musang king ini dan diasrteikel ini akan kami bahas satu persatu 10 keunggulannya. Namun sebelum... selengkapnya

Buah Bit (Betroot) – Budidaya Buah Bit
1 Oktober 2017

Wah, pertemuan kali ini tak berbeda jauh dengan pertemuan-pertemuan lalu terkait buah bit. Pembahasan pada pertemuan kali ini masih seputar... selengkapnya

Cara Budidaya Alpukat Kendil Sendiri dengan Benar!
7 Mei 2019

Cara Budidaya Alpukat Kendil Sendiri dengan Benar! Di pasaran, harga alpukat dengan ukuran besar, kulit mulus mengkilap jauh lebih mahal,... selengkapnya

Cara Merawat Jambu Air Madu Dheli Hijau
22 Agustus 2020

Jambu air madu dheli hijau menjadi primadona bagi pencinta buah jambu air akhir-akhir ini. Salah satu varietas jambu air madu... selengkapnya

Tiga Cara Menyemai Biji Kurma Tropis KL1 dan H1 Agar 100% Berkecambah

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

yaniz
● online
yaniz
● online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: