Beranda » Blog » Jabotikaba Baru Dapat Berbuah Lebih Cepat

Jabotikaba Baru Dapat Berbuah Lebih Cepat

Diposting pada 21 Maret 2017 oleh bibit buah / Dilihat: 3.776 kali

Jabotikaba Baru Dapat Berbuah Lebih Cepat – Jabotikaba atau Anggur Brazil uang juga disebut Anggur Pohon baru yang genjah, berbuah pertama pada umur 3,5 tahun dan produktif. Ricky Hadimulya tidak perlu menunggu 10 tahun untuk merasakan kelezatan buah jabotikaba. Lazimnya tanaman asal Brasil itu memang baru berbuah pada umur 7—10 tahun usai tanam. Di kebun penangkar buah di Parung, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, itu jabotikaba berbuah pada umur 3—3,5 tahun tanpa perangsangan apa pun.

Ukuran jabotikaba baru itu agak besar dibandingkan jabotikaba sabara yang lebih dulu yang dikoleksi para pehobi di tanahair. Buah jabotikaba precoce mencapai 2 cm, sedangkan sabara kurang dari 2 cm. Adapun warna keduanya relatif sama, yakni ungu kehitaman ketika matang. Di balik kulit ungu kehitaman itu tampak daging buah yang putih bersih dengan kandungan air yang cukup banyak. Rasanya perpaduan manis dan masam yang menyegarkan.

jabotikaba baru

Bibit jabotikaba hasil sambung pucuk berumur 3 bulan.

Jabotikaba Baru Bersifat genjah

Satu buah terdiri atas satu biji. Menurut Ricky pada pembuahan perdana, pohon setinggi 1,5 meter bisa menghasilkan lebih dari 20 buah. Kupa landak alias jabotikaba berbuah di sepanjang batang. Seiring dengan pertumbuhan tanaman, produksi pun kian meningkat. Ricky mengumpulkan biji dari buah matang pohon, sehat bebas dari serangan hama atau penyakit, dan berukuran besar.

Ia lantas menyemaikan biji itu di atas media steril yaitu sekam bakar, serbuk sabut kelapa, dan pasir dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Dari persemaian kedua, ia memperoleh 10 bibit yang kini berumur 2,5 tahun. Kini ia memiliki puluhan jabotikaba precoce Myrciaria cauliflora. Ricky terus menyemaikan biji-biji itu untuk meningkatkan koleksi tanamannya. Menurut Ricky di Indonesia jabotikaba precoce relatif baru.

Pemilik Nuseri Andaman di Cibodas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Yanto Hidayat mengatakan di Indonesia baru ada satu jenis yaitu Jaboticaba sabara. Biasanya sabara mulai berbuah setelah berumur 7 tahun. “Saya tahu kalau ada jabotikaba yang genjah tapi belum melihat dan merasakan buahnya secara langsung,” ujar Yanto. Keunggulan lain anggur brasil alias jabotikaba precoce adalah berbuah lebat sepanjang tahun.

Di kebun Ricky, jabotikaba baru itu mampu berbuah susul-menyusul. Artinya dalam setahun Ricky 4 kali memanen buah jabotikaba. Oleh karena itu di batang terdapat buah dengan berbagai ukuran. Dengan demikian pehobi atau pekebun dapat menikmati kelezatan buah anggur brasil itu hampir sepanjang tahun. Bandingkan dengan jabotikaba sabara yang berbuah 1 kali dalam setahun.

Jabotikaba Baru berbuah Susul-menyusul

Sejak terbentuknya bakal buah atau fruit set hingga siap panen perlu 1,5—2 bulan. Panorama paling aduhai adalah ketika pohon berbuah matang. Saat itu sekujur batang tertutup buah berkulit hitam keunguan itu. Sepuluh jabotikaba di kebun Ricky tumbuh di kantong tanam atau planter bag berdiameter 50 cm. Tinggi tanaman anggota famili Myrtaceae itu sekitar 1,5 meter dengan kanopi yang melebar.

Di hampir sekujur batang terdapat banyak calon bunga berwarna putih kecil. Bahkan bunga berwarna putih itu menutupi batang bagian bawah sehingga menyentuh tanah. Buah bundar itu juga menjadi sasaran kalong atau serangga. Itulah sebabnya Muhamad Basri, karyawan di kebun Ricky, membungkus buah sebesar kelereng dan berwana hijau kecokelatan dengan plastik atau kain pembungkus buah.

Untuk pemeliharaan, Ricky hanya memberikan pupuk NPK cair dengan perbandingan 20 : 20 : 20. Konsentrasi 1 g pupuk per liter air. Ia memberikan pupuk itu sejak pembibitan namun dengan dosis 0,5 g pupuk per liter dengan frekuensi sekali sepekan. Tidak ada takaran yang pasti untuk setiap tanaman, Ricky memberikannya sampai media tanam basah. Biasanya 2 bulan pascapemupukan tanaman kerabat jambu biji itu memunculkan bunga.
Menurut Yanto Hidayat jabotikaba sabara hasil perbanyakan biji sebenarnya bisa berbuah pada umur 3 tahun.
Syaratnya pehobi harus merangsangnya antara lain dengan melukai batang bagian bawah. Yanto melukai batang bawah jabotikaba sabara pada umur dua tahun untuk mempercepat berbuah. Pehobi lain di Cianjur, Jawa Barat, Hendra Suhendar merangsang pembungaan jabotikaba sabara dengan mengikat batang bawah menggunakan tali rafia.

Menurut Hendra cara itu cukup efektif mempercepat pembungaan jabotikaba. Dengan perlakuan ia bisa mendapatkan buah dalam waktu 5 tahun. Sayangnya, perlakuan itu menyebabkan dampak buruk, yakni pohon menjadi kerdil. Di kalangan para penangkar bibit buah, harga bibit jabotikaba berbuah jauh lebih mahal. Yanto menjual bibit berumur 3 tahun yang berbuah Rp800.000—Rp1-juta per pohon. Bandingkan dengan bibit jabotikaba sabara berukuran 1 meter yang belum pernah berbuah, harganya Rp125.000. (Ian Purnama Sari)

jabotikaba baru

jabotikaba baru

Sambung Jabotikaba Baru

Perbanyakan vegetatif dengan teknik sambung menggunakan batang bawah jabotikaba sabara. Selain dengan biji, Ricky Hadimulya memperbanyak jabotikaba dengan teknik sambung. Ia memanfaatkan batang bawah jabotikaba sabara berukuran 10 cm dan diameter 0,5 cm. Adapun batang atas jabotikaba precoce berukuran sama. Ia menyayat batang atas dan bawah masing-masing sekitar 1–2 cm. Penangkar tanaman buah di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, itu lantas menyambungkan kedua batang, mengikat dengan plastik agar menempel kuat.

Sekitar 2–3 bulan kemudian batang itu menyatu sehingga Ricky melepas ikatan. Tingkat keberhasilan teknik sambung 90%. “Saya belum ada rencana menjual bibit atau tanaman jabotikaba, semua masih untuk koleksi pribadi saya” ujarnya. Menurut Ricky kelebihan bibit hasil perbanyakan vegetatif berupa sambung adalah tanaman lebih cepat berbuah. Hingga kini bibit hasil perbanyakan sambung di kebun Ricky belum berbuah karena umurnya baru 3 bulan.

Sementara itu menurut Hendra perbanyakan vegetatif tidak efisien dari sisi waktu. Sebab, untuk menghasilkan bibit sambung sama saja dengan perbanyakan generatif atau biji. Biji yang disemaikan dalam waktu 3—4 bulan menghasilkan bibit setinggi 10 cm. Begitu pun hasil sambungan menghasilkan bibit dengan tinggi 10 cm. (Ian Purnama Sari-TRUBUS)

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,

Bagikan ke

Diposting oleh

jual bibit tanaman buah berkualitas dan bergaransi

Jabotikaba Baru Dapat Berbuah Lebih Cepat

  • suhartoto

    Sambung pucuk jaboticaba precoce dengan batang bawah jaboticaba sabara…belum terungkap masalah rasa dan ketahanan hidup anggur pohon jenis baru ini….pembungaan apa tidak di pengaruhi oleh fluktuasi suhu.dan iklim sekitar.bukan suatu kebetulan di daerah kami di tdalam pot sudah mulai berbunga…kpn bibit jenis baru ini bisa ada di pasaran buah exotic.

    Balas 20 Juli 2017 | 4:01 pm

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

7 CARA BUDIDAYA ALPUKAT BOOTH 7
23 Mei 2020

Alpukat Booth 7 merupakan salah satu jenis alpukat unggulan premium yang popularitasnya belum semaenstream jenis- jenis alpukat lain di Indonesia.... selengkapnya

5 Jenis Alpukat Terbaik di Indonesia yang Terbukti Dapat Tumbuh dan Berbuah
12 Agustus 2021

5 Jenis Alpukat Terbaik di Indonesia yang Cocok Untuk Anda Budidayakan Alpukat merupakan tanaman buah yang berasal dari Meksiko Amerika... selengkapnya

4 Kebun Anggur Terbesar di Indonesia
31 Mei 2021

Anggur merupakan tanaman buah perdu dari keluarga vitaceae yang saat ini disukai oleh banyak orang di seluruh dunia. Buah yang... selengkapnya

Kurma Dapat Tumbuh dan Berbuah di Indonesia
6 Januari 2017

Apakah Kurma Dapat Tumbuh dan Berbuah di Indonesia? Kali ini saya akan membagikan tulisan yang saya dapat dari rekan saya... selengkapnya

10 HAMA DAN PENYAKIT PADA BUAH MANGGA KIOJAY
25 Maret 2020

Kembali lagi bersama bibitbuahku.com, dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang hama dan penyakit pada buah Mangga Kiojay. Siapa... selengkapnya

Perhitungan Budidaya Alpukat – Analisa Pengeluaran dan Hasil Perkebunan Alpukat
6 Agustus 2019

Bagi anda yang ingin budidaya alpukat, analisa usaha tanaman alpukat harus anda ketahui agar perkiraan keuntungan dan kerugian bisa anda... selengkapnya

6 TAHAP-TAHAP PENANAMAN KELAPA PANDAN WANGI
6 April 2020

Kembali lagi bersama kami, kali ini kita akan membahas tentang tahap penanaman Kelapa Pandan Wangi. Sudah menjadi rahasia umum, jika... selengkapnya

Agar Pohon Tin Cepat Berbuah Banyak Dan Besar Di Pot
7 Oktober 2017

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba menjawab beberapa pertanyaan teman-teman bagaimana agar pohon tin cepat berbuah di pot? Banyak... selengkapnya

Manfaat Buah, Biji dan Daun Buah Avokad (Persea)
16 Maret 2017

Manfaat Buah, Biji dan Daun Buah Avokad (Persea) – Daging buah avokad yang lembut itu berpadu dengan daging kelapa muda,... selengkapnya

Ciri Ciri Bibit Alpukat Mentega Miki Unggul Asli Depok
8 Januari 2019

ciri bibit alpukat miki, ciri alpukat miki, daun alpukat miki, alpukat miki asli, alpukat miki depok, bibit alpukat miki asli,... selengkapnya

Jabotikaba Baru Dapat Berbuah Lebih Cepat

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

yaniz
● online
yaniz
● online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: