Buka jam 07.00 s/d jam 22.00 , Sabtu- Minggu Tetap Buka
Beranda » Artikel Terbaru » Kenapa Pohon Kelengkeng Tidak Berbuah

Kenapa Pohon Kelengkeng Tidak Berbuah

Diposting pada 15 December 2016 oleh Fatkhul

Alasan Kenapa Pohon Kelengkeng Tidak Berbuah – Memiliki pohon buah dihalaman rumah menjadi impian banyak orang, karena saat ini budidaya dengan sistem Tabulampot juga sangat membantu bagi mereka yang memiliki halaman tidak terlalu luas. Selain membuat halamn rumah menjadi lebih teduh dan asri kebanyakan orang juga berharap agar dapat memetik sendiri buah yang muncul dari pohon yang kita tanam. Banyak sekali masyarakat yang sudah memiliki pohon buah dan sudah besar namun tak kunjung berbuah. Salah satu jenis pohon buah yang buahnya banyak digemari masyarakat indonesia karena kelezatannya dan memeiliki nilai ekonomis cukup tinggi namun banyak yang menggagap susah berbuah yaitu Pohon Kelengkeng (Lengkeng).

Pohon Kelengkeng Tidak Berbuah

Pohon Kelengkeng Berbuah Lebat

Pohon kelengkeng merupakan pohon yang mampu hidup sampai puluhan tahun dan merupakan pohon yang mampu tumbuh besar dengan ketinggian maksimal rata-rata sekitar 10m. Namun sering kita jumpai banyak pohon kelengkeng yang meski sudah belasan tahun umurnya tidak kunjung berbuah. Ada beberapa alsan kenapa pohon kelengkeng tidak kunjung berbuah, sehingga penangananya pun berbeda-beda. Disini kami akan memberikan beberapa alsan kenapa pohon kelengkeng yang sudah cukup umur namun tidak kunjung berbuah.

BACA JUGA : Cara Agar Pohon Cepat Berbuah dengan Hasil Maksimal

Pohon Kelengkeng Tidak Berbuah

Biji Kelengkeng Yang Disemai

1. Pohon Bersasal Dari Biji (Generatif)
Pohon kelengkeng yang tumbuh dari biji memiliki kelebihan yaitu pohon mempunyai perakaran yang kuat tidak seperti cangkok. Namun memiliki kelemahan yaitu pohon akan lama atau sulit berbuah bahkan kemungkinan tidak berbuah. Meski tidak selalu demikian namun hampir semua pohon kelengkeng yang tumbuh dari biji akan lama berbuah, kira-kira usia 10-15 tahun baru berbuah. Waktu yang cukup lama dibandingkan pertumbuhan pohon dari Vegetatif yang mampu berbuah dan ideal untuk dibuahkan saat usia 2.5 – 3.5 tahun. Selain itu, pohon yang tumbuh dari biji tidak bisa menuruni sifat indukannya 100%.

BACA JUGA: Cara Mudah Membuahkan Pohon Kelengkeng Dari Biji

2. Kondisi Lingkungan Yang Tidak Sesuai
Dahulu pohon kelengkeng hanya tumbuh dan berbuah didaerah dataran tinggi, namun saat ini pohon kelengkeng terbagi menjadi 2 yaitu Kelengkeng jenis dataran rendah dan kelengkeng jenis dataran tinggi. Jika anda menanam kelengkeng jenis dataran tinggi dan menanamnya didaerah dataran rendah atau sebaliknya, maka bisa jadi alasan kenapa pohon kelengkeng anda tidak kunjung berbuah. Untuk membedakan jenis kelengkeng, secara kasat mata kebanyakan kelengkeng dataran tinggi meiliki daun yang tebal, kaku dan agak bulat, seperti contoh kelengkeng hawae, kelengkeng pingpong, kelengkeng merah dll. Sedangkan daun kelengkeng jenis dataran tinggi kebanyakan berdaun tipis, tidak kaku dan panjang, spt contoh Kelengkeng Itoh, Kelengkeng New kristal dll. Namun jangan khawatir, ada cara agar pohon kelengkeng yang sudah anda tanam namun tidak sesuai jenis dengan linhkungan daerah anda tsb, yaitu dengan cara dibooster.

BACA JUGA: Cara Mudah Membuahkan Kelengkeng di Dataran rendah

Kedua alasan tsb merupakan alasan yang sangat fatal dan penanganannya lebih sulit. Selain 2 cara yang saya sebutkan tadi, masih ada kemungkinan-kemungkinan alasan lain kenapa pohon kelengkeng anda tidak mau berbuah, misalnya karena perawatan yang kurang tepat. Pemberian pupuk jangan sampai anda lewatkan namun juga jangan sampai memberikan pupuk secara berlebihan. Jika anda terlalu berlebihan dalam memberikan pupuk akibatnya bisa jadi pohon tidak kunjung berbuah, karena akan terlalu subur dan pertumbuhan tunas daun muda terlalu cepat serta terus menerus. Sehingga makanan yang diolah hanya akan membuah pohon semakin rindang dan tidak disimpan dalam cadangan makanan yang berupa buah. Penggunanan pupuk Kohe (kotoran kambing) sangat bagus untuk pohon kelengkeng, apalagi pupuk kohe yang sudah difermentasi.

BACA JUGA : Cara Mudah Membuat Pupuk Fermentasi

Demikian tilisan ini kami suguhkan untuk anda yang memiliki masalah Kenapa Pohon Kelengkeng Tidak Berbuah, semoga membantu.

Bagikan informasi tentang Kenapa Pohon Kelengkeng Tidak Berbuah kepada teman atau kerabat Anda.

Kenapa Pohon Kelengkeng Tidak Berbuah | Bibit Buahku

11 komentar untuk Kenapa Pohon Kelengkeng Tidak Berbuah

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Sidebar Kiri
Kontak
Sidebar Kanan