Buka jam 07.00 s/d jam 22.00 , Sabtu- Minggu Tetap Buka
Beranda » Artikel Terbaru » Kenapa Pohon Kelengkeng Tidak Berbuah

Kenapa Pohon Kelengkeng Tidak Berbuah

Diposting pada 15 December 2016 oleh Fatkhul

Alasan Kenapa Pohon Kelengkeng Tidak Berbuah – Memiliki pohon buah dihalaman rumah menjadi impian banyak orang, karena saat ini budidaya dengan sistem Tabulampot juga sangat membantu bagi mereka yang memiliki halaman tidak terlalu luas. Selain membuat halamn rumah menjadi lebih teduh dan asri kebanyakan orang juga berharap agar dapat memetik sendiri buah yang muncul dari pohon yang kita tanam. Banyak sekali masyarakat yang sudah memiliki pohon buah dan sudah besar namun tak kunjung berbuah. Salah satu jenis pohon buah yang buahnya banyak digemari masyarakat indonesia karena kelezatannya dan memeiliki nilai ekonomis cukup tinggi namun banyak yang menggagap susah berbuah yaitu Pohon Kelengkeng (Lengkeng).

Pohon Kelengkeng Tidak Berbuah

Pohon Kelengkeng Berbuah Lebat

Pohon kelengkeng merupakan pohon yang mampu hidup sampai puluhan tahun dan merupakan pohon yang mampu tumbuh besar dengan ketinggian maksimal rata-rata sekitar 10m. Namun sering kita jumpai banyak pohon kelengkeng yang meski sudah belasan tahun umurnya tidak kunjung berbuah. Ada beberapa alsan kenapa pohon kelengkeng tidak kunjung berbuah, sehingga penangananya pun berbeda-beda. Disini kami akan memberikan beberapa alsan kenapa pohon kelengkeng yang sudah cukup umur namun tidak kunjung berbuah.

BACA JUGA : Cara Agar Pohon Cepat Berbuah dengan Hasil Maksimal

Pohon Kelengkeng Tidak Berbuah

Biji Kelengkeng Yang Disemai

1. Pohon Bersasal Dari Biji (Generatif)
Pohon kelengkeng yang tumbuh dari biji memiliki kelebihan yaitu pohon mempunyai perakaran yang kuat tidak seperti cangkok. Namun memiliki kelemahan yaitu pohon akan lama atau sulit berbuah bahkan kemungkinan tidak berbuah. Meski tidak selalu demikian namun hampir semua pohon kelengkeng yang tumbuh dari biji akan lama berbuah, kira-kira usia 10-15 tahun baru berbuah. Waktu yang cukup lama dibandingkan pertumbuhan pohon dari Vegetatif yang mampu berbuah dan ideal untuk dibuahkan saat usia 2.5 – 3.5 tahun. Selain itu, pohon yang tumbuh dari biji tidak bisa menuruni sifat indukannya 100%.

BACA JUGA: Cara Mudah Membuahkan Pohon Kelengkeng Dari Biji

2. Kondisi Lingkungan Yang Tidak Sesuai
Dahulu pohon kelengkeng hanya tumbuh dan berbuah didaerah dataran tinggi, namun saat ini pohon kelengkeng terbagi menjadi 2 yaitu Kelengkeng jenis dataran rendah dan kelengkeng jenis dataran tinggi. Jika anda menanam kelengkeng jenis dataran tinggi dan menanamnya didaerah dataran rendah atau sebaliknya, maka bisa jadi alasan kenapa pohon kelengkeng anda tidak kunjung berbuah. Untuk membedakan jenis kelengkeng, secara kasat mata kebanyakan kelengkeng dataran tinggi meiliki daun yang tebal, kaku dan agak bulat, seperti contoh kelengkeng hawae, kelengkeng pingpong, kelengkeng merah dll. Sedangkan daun kelengkeng jenis dataran tinggi kebanyakan berdaun tipis, tidak kaku dan panjang, spt contoh Kelengkeng Itoh, Kelengkeng New kristal dll. Namun jangan khawatir, ada cara agar pohon kelengkeng yang sudah anda tanam namun tidak sesuai jenis dengan linhkungan daerah anda tsb, yaitu dengan cara dibooster.

BACA JUGA: Cara Mudah Membuahkan Kelengkeng di Dataran rendah

Kedua alasan tsb merupakan alasan yang sangat fatal dan penanganannya lebih sulit. Selain 2 cara yang saya sebutkan tadi, masih ada kemungkinan-kemungkinan alasan lain kenapa pohon kelengkeng anda tidak mau berbuah, misalnya karena perawatan yang kurang tepat. Pemberian pupuk jangan sampai anda lewatkan namun juga jangan sampai memberikan pupuk secara berlebihan. Jika anda terlalu berlebihan dalam memberikan pupuk akibatnya bisa jadi pohon tidak kunjung berbuah, karena akan terlalu subur dan pertumbuhan tunas daun muda terlalu cepat serta terus menerus. Sehingga makanan yang diolah hanya akan membuah pohon semakin rindang dan tidak disimpan dalam cadangan makanan yang berupa buah. Penggunanan pupuk Kohe (kotoran kambing) sangat bagus untuk pohon kelengkeng, apalagi pupuk kohe yang sudah difermentasi.

Catatan :

Bila anda berkeinginan memiliki pohon kelengkeng unggul, baik dari kwalitas buah maupun kecepatan berbuah bisa anda baca artikel kami disini.

Jenis Klengkeng Unggul Yang Sangat Bagus Untuk Dibudidayakan

Demikian tilisan ini kami suguhkan untuk anda yang memiliki masalah Kenapa Pohon Kelengkeng Tidak Berbuah, semoga membantu.

Bagikan informasi tentang Kenapa Pohon Kelengkeng Tidak Berbuah kepada teman atau kerabat Anda.

Kenapa Pohon Kelengkeng Tidak Berbuah | Bibit Buahku

17 komentar untuk Kenapa Pohon Kelengkeng Tidak Berbuah

  • putut says:

    Kok semua jenis disebut jenis utk dataran tinggi mas..jd bingung gak tau pastinya yg cocok utk dataran rendah..trimksh

    • Fatkhul says:

      untuk jenis dataran tinggi diantaranya:
      1. new kristal
      2. itoh
      3. kinglong
      4. finly
      dll

      untuk dataran rendah diantaranya
      1. hawae/matalada
      2. ruby atau merah
      3. diamond
      4. aroma durian
      dll

  • Tobiin says:

    Pohon kelengkeng sya sudah 3 thun….tpi belum ber buah

  • lulu says:

    mas, mau nanya pohon kelengkeng di rumah sudah lama tumbuh tapi baru sekali berbuah itupun karena di suntik, tapi berbuah cuma sedikit, paling cuma 10_an biji, padahal bunganya rendel atau lebat bunganya, itu kenapa ya? pohonnnya tumbuh dari biji.

  • kiswanto says:

    Ingin jawaban agar pohon kelengkeng saya bisa berbuah

  • Fahrial says:

    Klo yg ditwrkan itu pohon lengkeng kinglong tmsk utk dataran rendah atau tinggi pak ?

    • Fahrial says:

      Pingin punya yg cangkokan klo ada pak hg brp yaa ?

    • Fatkhul says:

      jenis dataran tinggi pak, namun banyak juga dibudidayakan didataran rendah

      • waginah sutarwin says:

        Tanaman klengkeng sy sdh berumur 3 th tp blm berbuah . Kondisinya sangat lebat dan rimbun , mohon solusinya

        • Fatkhul says:

          dilihat dulu apakah pohon kelengkeng bapak dari perbanyakan biji atau grafting, bila dari biji memang lama pak, bisa lebih dari 8 tahun. Solusinya top working. Bila pohon dulu dari okulasi, sambung, tempel atau cangkok, kemungkinan karena jenis kelangkeng dataran tinggi yang perlu di booster. Bila demikian sudah saat nya usia pohon kelenagkeng 3 tahun diberi bosster, untuk pembelian booster bisa menghubungi CS kami. namun bila jenis kelangkeng dataran rendah kemungkinan karena daun terlalu rimbun, solusinya lakukan penjarangan daun agar daun lekas tua dan berbunga, selain itu beri pupuk NPK dengan kadar P nya tinggi, atau bisa diberi pupuk Phonska

  • Rudiono says:

    Pohon kelengkeng saya sudah berumur 13 th berdaun lebat tapi belum berbuah mohon solusinya

    Terima kasih

  • ovix yusni s says:

    Mau nanya kak
    Sy br saja mindahin cangkokan ke dalam pot,tp knp stlh 2 hr kok daunnya pd kering.
    Apakah masih bs tumbuh walaupun daunnya kering.
    Mhn solusinya kak.mks

    • Fatkhul says:

      untuk cek apakah tanaman masih bisa hidup dengan mengupas sedikit kulit bagian batang, apakah masih hijau? bila masih hijau berarti masih ada kemunghkinan tanaman tersebut hisup.

      saran bila tanaman masih ada kemungkinan hidup:
      1. potong atau pangkas semua daun
      2. potong bagian ranting atau batang yang sudah tidak berwarna hijau (kering)
      3. Taruh tanaman yang sudah dipindah di pot tadi ditempat teduk. tunggu sampai tumbuh tunas baru
      4. jangan sampai telat siram, siram setiap pagi dan sore.
      5. untuk tanaman lengkeng media harus porous (meresap air),jika saat disiram air lama terserap, segera ganti media dengan media yang porous yaiti dengan menambahkan sekam mentah/bakar, sekam bakar lebih baik

      semoga membantu

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Alamat Kebun Bibit Buahku

Jl. RM Koesbiyono Tjondro Wibowo

Kelurahan Mangunsari
Kecamatan Gunungpati
Kota Semarang
Propinsi Jawa Tengah
Kode Pos. 50227

Phone. 0857 4385 2768 ( TOMI )

Sidebar Kiri
Kontak
Sidebar Kanan