Beranda » Blog » Panduan Budidaya Anggur Cepat Berbuah Meski di Dalam Pot

Panduan Budidaya Anggur Cepat Berbuah Meski di Dalam Pot

Diposting pada 20 Mei 2021 oleh bibit buah / Dilihat: 925 kali

Anggur merupakan tanaman buah perdu yang sangat disukai oleh banyak orang. Budidaya anggur sudah dilakukan sejak 4000 tahun sebelum masehi di Timur Tengah dan kemudian menyebar hingga ke seluruh dunia. Cara menanam anggur pun tidak lah susah, bahkan saat ini sudah tidak sulit untuk menemukan berbagai macam jenis anggur lokal yang dikembangkan oleh suatu negara tertentu.

Budidaya bibit anggur

Buah Anggur

Umumnya buah anggur memiliki bentuk buah bulat dan berukuran kecil. Buahnya biasa dijadikan buah meja atau buah langsung makan seperti camilan untuk berbagai macam acara atau pertemuan. Namun buah anggur juga bisa diolah menjadi berbagai olahan minuman dan makanan yang lezat.

Akhir-akhir ini banyak orang memulai budidaya anggur karena permintaan pasar yang meningkat. Hal ini bukan tanpa alasan, budidaya anggur memang terkenal tidak begitu sulit. Bahkan jika anda tidak memiliki lahan yang begitu luas anda bisa menanamnya di dalam tabulampot. Anda hanya perlu membuat para-para sebagai tempat perambatan pohonnya.

Untuk memulai budidaya anggur ada beberapa hal yang perlu anda lakukan, berkaitan dengan cara menanam anggur. Agar bibit anggur yang anda tanam dapat tumbuh dan berbuah dengan baik.

[lwptoc]

Persiapan Media Tanam

Dalam budidaya anggur sebenarnya anda bisa menggunakan dua cara. Bisa menggunakan lahan terbuka atau juga menggunakan tabulampot. Penanaman bibit anggur pada lahan terbuka biasanya dilakukan untuk tujuan komersial. Sedangkan penanaman menggunakan tabulampot biasanya hanya untuk memenuhi kebutuhan pribadi, atau bahkan hanya untuk tanaman penghias saja yang ditaruh di halaman rumah. Cara menanam anggur yang baik dengan kedua media tersebut akan kami jelaskan lebih rinci.

Penanaman Anggur di Pot

Untuk budidaya anggur di dalam pot anda bisa memilih menggunakan pot apa saja. Bisa menggunakan pot plastik, pot yang terbuat dari gerabah, atau juga pot kaleng dari drum bekas. Yang pasti bagian dasar pot yang akan anda gunakan harus memiliki lubang drainase. Agar saat penyiraman, air tidak menggenangi perakaran bibit dan mengakibatkan pembusukan pada akar. Jika akar bibit membusuk bisa-bisa bibit yang anda miliki akan mudah terkena penyakit dan mengakibatkan kematian.

Cara menanam anggur pada tabulampot bisa dilakukan dengan menaruh pecahan genting pada bagian dasar pot untuk melancarkan saluran drainase dan menempatkan bibit pada bagian tengah dengan ditimbun dengan media tanam kemudian dipadatkan menggunakan tangan.

Penanaman Anggur di Lahan

Cara menanam anggur kedua adalah pada lahan terbuka. Jika budidaya anggur di lakukan pada lahan terbuka anda harus membersihkan area penanamannya terlebih dahulu. Cabuti rumput-rumput liar, gulma, serta singkirkan sampah, dan kerikil dari area penanaman. Jika lahan sudah bersih maka tahap selanjutnya adalah melakukan penggemburan tanah. Gemburkan tanah dengan menggunakan cangkul dan buat lubang tanam dengan ukuran menyesuaikan bibit yang anda miliki.

Berikan jarak tanam 4 x 6 meter antara satu lubang dengan lubang yang lain. setelah itu berikan pupuk kandang pada bagian dasar lubang tanam dan biarkan selama dua minggu sebelum penanaman. Setelah dua minggu masukkan bibit pada bagian tengah lubang tanam dan timbun dengan media tanam setelah itu sirami bibit dengan air secara rutin, itulah cara menanam anggur yang baik.

Media Tanam Anggur

Untuk media tanam anggur cara pembuatannya sangat mudah. Anda hanya perlu mencampurkan tanah gembur, pupuk kandang yang sudah terfermentasi, dan juga sekam padi bakar. Campurkan ketiga bahan tersebut dengan jumlah yang sama banyak atau 1 : 1 : 1. Anda juga bisa mendapatkan media tanam yang siap pakai di toko-toko pertanian, kemudian mencampurkannya dengan sekam bakar. Perlu diperhatikan saat membeli media tanam di toko pastikan agar yang anda beli adalah media tanam untuk tanaman buah. Karena media tanam untuk tanaman hias memiliki bahan dan perbandingan yang berbeda.

Pemilihan Bibit Anggur

Budidaya anggur import

Bibit Anggur

Sebelum memulai budidaya anggur dan melakukan penanaman. Terlebih dahulu anda harus memilih bibit anggur yang akan anda tanam. Banyak jenis bibit anggur unggul lokal maupun import yang bisa anda pilih untuk dibudidayakan.

Jenis-jenis Bibit Anggur

Jika anda ingin bibit anggur unggul ada banyak jenis anggur import yang sudah terbukti dapat tumbuh dan berbuah saat ditanam di Indonesia. beberapa diantaranya yaitu :

Bibit Anggur Ninel

Jenis anggur import unggul yang pertama adalah anggur ninel, anggur ini berasal dari Ukraina. Buah anggur yang satu ini memiliki warna buah yang sangat cantik dan menarik yakni merah keunguan ketika buahnya sudah matang sempurna. Ukuran buah anggur ninel juga lumayan besar, tiap butirnya memiliki diameter 26 – 32 mm dengan berat rata-rata sekitar 12 – 15 gram per butir. Soal rasa tidak perlu diragukan, daging buah anggur ninel memiliki rasa yang manis dengan sedikit rasa masam yang menyegarkan. Anggur ninel juga sangat juicy karena memiliki kandungan air cukup tinggi.

Bibit Anggur Moondrop

Anggur moondrop berasal dari California, Amerika Serikat. Bentuk buah anggur moondrop sedikit berbeda dengan jenis anggur yang lain. Butiran anggur moondrop memiliki bentuk seperti bulan yang melengkung, bulat lonjong. Dengan warna buah yang ungu kehitaman seperti terong mini. Anggur moondrop memiliki rasa buah yang manis dan juga juicy, setu lagi keunggulan dari anggur moondrop adalah daging buahnya tidak memiliki biji.

Bibit Anggur Carnival

Anggur carnival berasal dari negeri Ukraina. Bentuk anggur carnival sangat menarik karena memiliki buah yang berbentuk silindris dengan ujung buah yang mengerucut. Selain itu warna buahnya juga menarik saat sudauh matang buah anggur carnival berwarna merah.

Bibit Anggur yang Bagus

Jika anda sudah menentukan akan menanam jenis anggur apa. Selanjutnya adalah memilih bibit anggur yang bagus. Pilih bibit yang berasal dari perbanyakan vegetatif dengan menggunakan teknik okulasi atau grafting. Keunggulan dari menggunakan bibit yang diperbanyak secara vegetatif adalah bibit akan memiliki sifat yang sama seperti pohon induknya. Jadi jika pohon induk anggur berbuah cepat dan lebat maka bibit pun akan demikian.

Kemudian ciri-ciri dari bibit anggur yang bagus adalah memiliki tampilan yang sehat, dengan batang bibit yang tegak, dan juga segar. Perakaran bibit anggur pun kuat serta terhindar dari serangan hama dan juga penyakit.

Agar Anggur Cepat Berbuah

Setelah melakukan penanaman tahap selanjutnya dalam budidaya anggur adalah melakukan perawatan bibit agar cepat berbuah. Untuk membuat anggur cepat berbuah bisa dilakukan dengan beberapa cara.

budidaya anggur unggul

Perawatan Anggur

Pemupukan

Memberikan pupuk pada bibit anggur merupakan hal penting dalam budidaya anggur. Tujuannya adalah untuk merangsang pertumbuhan pohon dan memancing pohon untuk cepat berbunga. Pupuk bisa mulai diberikan saat bibit berusia satu bulan. Berikan pupuk NPK 16-16-16 sebanyak 1 sdt selama 3 bulan pertama. Setelah itu tambahkan dosissnya menjadi 1 sdm selama masa pertumbuhan pohon.

Saat memasuki usia 4 bulan anda bisa memberikan pupuk kompos dam juga kapur dolomit diwaktu yang sama. Berikan juga pupuk kandang secukupnya berikan juga kapur dolomit dengan takaran seperti pertama kali anda berikan.

Pruning

Pruning atau pemangkasan cabang untuk menghasilkan buah dapat dilakukan dengan cara. Memangkas semua cabang dan hanya meninggalkan 4 – 6 mata cabang yang subur. Sedangkan cabang yang kurus dan kecil ditinggalkan dengan menyisakan satu mata tunas.

Lakukan pemangkasan saat musim kemarau atau akhir musim hujan. Tetapi periksa terlebih dahulu dengan memotong satu cabang. Jika saat dipoong cabang tersebut mengeluarkan air maka pruning bisa dilakukan. Sedangkan jika tidak mengeluarkan air, terlebih dahulu tingkatkan pengairan hingga cabangnya mengeluarkan air saat dipotong.

Penanggulangan Hama

Untuk menanggulangi hama yang menyerang buah anggur seperti kalong dan burung, anda bisa membungkus buah dengan kertas semen, kertas koran, maupun kertas berlilin. Atau bisa juga menggunakan plastik transparan untuk membungkus buahnya.

Jika yang menyerang adalah hama ulat atau kumbang anda bisa menyemprotkan insektisida pada bagian yang diserang. Tapi pastikan agar anda menyemprotkan insektisida dengan dosis yang sesuai. Karena jika berlebihan dalam memberikan insektisida akan mempengaruhi kualitas buah anggur yang tumbuh.

Demikian penjelasan kami mengenai budidaya anggur dan cara menanam anggur yang baik. Anda bisa mendapatkan bibit anggur keinginan anda di website bibitbuahku. Bibit anggur yang kami sediakan merupakan bibit yang unggul, sehat, dan juga berkualitas.

Tags: , , , , ,

Bagikan ke

Diposting oleh

jual bibit tanaman buah berkualitas dan bergaransi

Panduan Budidaya Anggur Cepat Berbuah Meski di Dalam Pot

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

7 Cara Budidaya Alpukat Agar Berbuah Banyak
12 November 2018

Cara budidaya alpukat supaya bisa menghasilkan buah banyak wajib Anda ketahui jika Anda merupakan salah satu orang yang sedang menanam... selengkapnya

Demi Nangkadak Sempurna
21 Maret 2017

Hasil silangan antara nangka dan cempedak ini perlu bantuan ketika melakukan perkawinan lagi agar buahnya banyak. Telepon genggam itu berbunyi.... selengkapnya

Cara Okulasi Alpukat untuk Menghasilkan Bibit Alpukat yang Unggul
12 Desember 2018

Cara okuasi bibit alpukat merupakan topik pembahasan kita kali ini. Buah alpukat bukan hanya enak dinikmati daging buahnya, akan tetapi... selengkapnya

Rahasia Kelengkeng Merah
14 Desember 2016

Kelengkeng Merah (Ruby Longan) – mendengar namanya saja anda pasti sudah tahu kenapa kelengkeng yang satu ini dinamakan demikian.  sebelum... selengkapnya

4 Keunggulan Anggur Transfiguration Yang Begitu Populer
8 Desember 2020

Anggur Transfiguration adalah buah anggur yang mempunyai warna unik dan juga rasa serta kualitas yang tidak perlu kita ragukan lagi.... selengkapnya

8 LANGKAH PENANAMAN KELENGKENG MATALADA DI DALAM POT
17 April 2020

Helllooo semuanya, masih di artikel terbaik tentang buah, Bibitbuahku. Yakkk langsung saja kali ini kita akan membahas berkaitan dengan langkah... selengkapnya

Jabotikaba Baru Dapat Berbuah Lebih Cepat
21 Maret 2017

Jabotikaba Baru Dapat Berbuah Lebih Cepat – Jabotikaba atau Anggur Brazil uang juga disebut Anggur Pohon baru yang genjah, berbuah pertama... selengkapnya

4 Keunggulan Anggur Jupiter Bikin Anda Terkagum
1 Desember 2020

Keunggulan anggur jupiter adalah salah satu jenis anggur tanpa biji atau seedless yang berasal dari Amerika. Dimana tanaman anggur jenis... selengkapnya

7 PROSES MENANAM ALPUKAT PLUWANG
26 Maret 2020

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang proses menanam Alpukat Pluwang yang menjadi peluang bisnis. Alpukat Pluwang atau biasa... selengkapnya

Cara Budidaya Tanaman Black Sapote Agar Cepat Berbuah
1 Desember 2021

Cara Membudidayakan Tanaman Black Sapote Agar Cepat Berbuah & Menghasilkan Buah Yang Berkualitas Budidaya Tanaman Black Sapote – Kira-kira apa... selengkapnya

Panduan Budidaya Anggur Cepat Berbuah Meski di Dalam Pot

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

yaniz
● online
yaniz
● online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: