Beranda » Blog » Cara Agar Pamelo Berbuah Lebat Dalam Pot

Cara Agar Pamelo Berbuah Lebat Dalam Pot

Diposting pada 21 Maret 2017 oleh bibit buah / Dilihat: 3.129 kali

Cara Agar Pamelo Berbuah Lebat Dalam Pot – Pamelo koleksi Tatang Halim berbuah lebat meski tumbuh dalam pot. Pamelo yang tumbuh di dalam pot itu mengundang decak kagum. Pada tanaman setinggi 2 m terdapat delapan buah seukuran bola sepak takraw bergelantungan di cabang-cabang. Saking banyaknya buah, Tatang Halim, pemilik pamelo pot, mesti menancapkan dua bambu untuk menyangga buah. Pada pengujung 2012, Tatang memanen buah pamelo dari tanaman yang memiliki umur 4 tahun itu. Bobot rata-rata mencapai 1,7 kg per buah.

Cara Agar Pamelo Berbuah Lebat Dalam Pot

Pamelo koleksi Tatang Halim

Begitu dibelah, terlihat daging buah merah dari balik kulit buah yang tebalnya hingga mencapai 2 cm. Saat Trubus mencicip, rasa daging buah pamelo asal Kabupaten Kudus, Provinsi Jawa Tengah, itu manis dan nyaris tanpa getir, persis seperti karakter buah di daerah asalnya. Daging buah juga terasa lembut dan juicy. Tatang tak menyangka pamelo yang ditanam dalam drum berkapasitas 100 liter itu bakal sarat buah. “Soalnya saat tahun pertama kondisinya merana lantaran kurang perawatan,” kata ia.

Maklum, kesibukan sebagai pemasok buah membuat Tatang “menganaktirikan” pamelo dari bibit setinggi 50 cm itu. Ia tak pernah memupuk sehingga pamelo asal Kudus itu kekurangan hara. Baru pada 2010 Tatang kembali melirik pamelo. “Kala itu saya memiliki banyak waktu longgar,” kata ia. Untuk memulihkan kondisi tanaman, pehobi di Jakarta Utara itu memberikan 5 kg pupuk kandang berupa kotoran kambing yang matang setiap enam bulan. Ia juga rutin menyiram tanaman dua kali sehari setiap pagi dan sore.

Perawatan Intensif – Cara Agar Pamelo Berbuah Lebat Dalam Pot

Dengan perawatan itu kondisi tabulampot pamelo berangsur membaik. Lembaran daun yang semula menguning kembali menjadi hijau segar. Batang tanaman keluarga Rutaceae itu pun kembali kokoh. Pada 2011, pamelo sempat memiliki bunga dan menjadi buah. Sayang, saat masih pentil hampir seluruh buah rontok dan cuma tersisa satu buah. “Tapi saya senang ternyata di Jakarta pamelo mampu berbuah meski ditanam dalam pot,” ujarnya.

Tatang lalu merawat lebih intensif karena tak ingin kejadian itu berulang. Selain pupuk kandang, ia juga memberikan nutrisi tambahan berupa pupuk nitrogen (N), fosfor (P), dan kalium (K). Pada fase vegetatif, ia memberikan pupuk yang mengandung unsur nitrogen dua kali lebih banyak dibanding fosfor dan kalium. Perbandingannya 2 : 1 : 1. Ia lalu menaburkan pupuk itu di sekeliling tanaman setiap bulan. Pada Juli 2012, Citrus maxima itu kembali berbunga dan menjadi buah.

Saat itulah Tatang menaburkan pupuk yang mengandung unsur fosfor lebih tinggi di sekeliling tanaman setiap bulan. Menurut Kepala Bagian Produksi Taman Wisata Mekarsari (TWM) di Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Ir AF Margianasari, tabulampot pamelo sebetulnya dapat digolongkan mudah menghasilkan buah. “Pamelo rajin berbuah dan tak kenal musim asalkan kebutuhan sinar matahari cukup. Ia juga bandel dan tak gampang loyo kalau terserang penyakit,” kata Margianasari.

Anggota staf Bagian Produksi Taman Buah Mekarsari, Junaedi, menuturkan budidaya pamelo dalam pot yang terpenting adalah induksi pembungaan. “Perangsangan bunga dapat dengan cara memberi zat kimia pengatur tumbuh,” kata Juanedi. Tetapi, perlakuan itu dapat membuat tanaman stres dengan indikasi daun menguning. Untuk menghindari itu, sebaiknya gunakan cara mekanis, misalnya, melalui pemupukan, pengeringan, dan pemangkasan.

Untuk merangsang bunga, pangkas pucuk sepanjang 3—4 ruas. “Tujuan pemangkasan agar tanaman tidak terlalu rimbun sehingga tanaman menerima sinar matahari secara merata,” kata Junaedi. Setelah pemangkasan lakukan pemupukan. Sepekan kemudian keringkan media tanam selama 2—3 hari. Caranya tutup bibir drum dengan plastik agar media terhindar dari air saat penyiraman.

Seleksi buah – Cara Agar Pamelo Berbuah Lebat Dalam Pot

Sebulan berselang pamelo pun berbunga. “Hindari perangsangan buah dengan pelukaan batang. Anggota keluarga jeruk rentan terkena serangan cendawan penyebab busuk batang,” kata Junaedi. Pamelo biasanya berbunga pada kemarau, yakni pada April. Selama masa generatif berikan pupuk fosfor lebih tinggi untuk menguatkan bunga dan buah. Berikan 10 gram Urea, 20 gram SP36, dan 15 gram KCl pada April dan Juli.

Saat tanaman selesai berbuah, berikan 20 gram Urea, 15 gram SP36, dan 10 gram KCl pada Oktober dan Januari. Dengan perlakuan itu diharapkan tabulampot (tanaman buah dalam pot) pamelo memiliki kondisi prima dan sarat buah. Soal rasa, pamelo dari hasil tabulampot tak kalah dari pamelo hasil budidaya di lahan. “Pengalaman kami menanam pamelo di pot tingkat kemanisan yang diperoleh mencapai 130 briks,” kata Junaedi.

Menurut Junaedi pamelo mulai belajar berbuah pada umur setahun dari tanaman asal bibit setinggi 70 cm yang ditanam dalam pot berdiameter 40 cm. Tetapi, Junaedi menyarankan sebaiknya pada umur itu pamelo jangan dibuahkan dahulu sebab tanaman belum dewasa. “Tanaman masih kecil, rantingnya belum kuat menopang buah dan memasok makanan untuk perkembangan buah,” kata ia.

Ketika buah seukuran kelereng, Tatang menyeleksi buah. Pria paruh baya itu cuma mempertahankan satu atau dua buah dari setiap dompolan. “Buah pamelo butuh ruang cukup untuk tumbuh besar,” kata ia. Ruang tumbuh yang sempit dapat mengakibatkan bentuk buah kurang sempurna. Buah yang terlalu rapat dapat merusak penampilan kulit buah seperti lecet karena gesekan antarbuah.

Menurut AF Margianasari buah yang terlalu banyak juga membuat ukuran dan rasa buah menjadi tidak optimal karena terjadi kompetisi makanan. Lakukan seleksi saat buah seukuran jempol tangan orang dewasa. “Pertahankan pentil yang memiliki bentuk bulat sempurna, tidak cacat, dan mulus,” kata ia. Pamelo siap panen 6—7 bulan pascaberbunga. Pada tabulampot biasanya bobot buah 0,5 kg lebih ringan ketimbang buah dari tanaman yang ditanam di lahan.

“Buah lebih kecil karena karena pasokan hara terbatas,” kata ia. Di TWM beberapa koleksi tabulampot pamelo dapat menghasilkan buah masak rata-rata memiliki bobot 1—1,6 kg, sedangkan pamelo di lahan mencapai 2—2,5 kg. Margianasari menuturkan meski pamelo tergolong bandel, tapi tetap harus waspada terhadap serangan hama dan penyakit. Hama yang kerap menyerang biasanya kutu putih Nipaecoccus nipae. Hama itu merusak tanaman dengan jalan mengisap cairan pada daun.

Bila ada serangan kutu putih di batang pamelo, Tatang mengatasinya dengan menyemprotkan larutan insektisida pada koloni. Dosisnya sesuai anjuran dalam kemasan. Ancaman lain adalah penyakit akibat serangan cendawan penyebab karat pada daun dan batang. Jika daun yang terserang, semprotkan fungisida dengan dosis sesuai anjuran dalam kemasan setiap pekan. Sementara pada batang gosok perlahan menggunakan gunting atau pisau, lantas oleskan fungisida. Dengan bermacam-macam perawatan itu, tabulampot si jeruk jumbo pun berbuah lebat seperti di kediaman Tatang. (Andari Titisari)

Tags: , , , , , , , , ,

Bagikan ke

Diposting oleh

jual bibit tanaman buah berkualitas dan bergaransi

Cara Agar Pamelo Berbuah Lebat Dalam Pot

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Buah Bit (Betroot) – Budidaya Buah Bit
1 Oktober 2017

Wah, pertemuan kali ini tak berbeda jauh dengan pertemuan-pertemuan lalu terkait buah bit. Pembahasan pada pertemuan kali ini masih seputar... selengkapnya

Budidaya Jambu Citra di Thailand Sangat Menguntungkan
22 Maret 2017

Budidaya Jambu Citra  Panen 400 kg jambu citra dari sepohon di Thailand. Produksi di Indonesia per pohon 100—200 kg. Wajah... selengkapnya

4 Keunggulan Anggur Transfiguration Yang Begitu Populer
8 Desember 2020

Anggur Transfiguration adalah buah anggur yang mempunyai warna unik dan juga rasa serta kualitas yang tidak perlu kita ragukan lagi.... selengkapnya

Apa Itu Alpukat Aligator dan Apa Saja Manfaatnya?
8 Mei 2019

Apa Itu Alpukat Aligator dan Apa Saja Manfaatnya? Ada berbagai macam buah yang akan menjadi nutrisi yang baik untuk kesehatan.... selengkapnya

Cara Budidaya Tanaman Black Sapote Agar Cepat Berbuah
1 Desember 2021

Cara Membudidayakan Tanaman Black Sapote Agar Cepat Berbuah & Menghasilkan Buah Yang Berkualitas Budidaya Tanaman Black Sapote – Kira-kira apa... selengkapnya

6 KUNCI BUDIDAYA MANGGA HARUM MANIS
29 April 2020

Masih bersama kami, Langsung saja pembahasan tentang kunci budidaya mangga harum manis di artikel berikut. Mangga harum manis merupakan salah... selengkapnya

5 PERAWATAN MUDAH PADA TANAMAN MANGGA KIOJAY
21 Maret 2020

Pada kesempatan ini kami akan mengajak anda untuk membahas tentang perawatan mudah pada tanaman Mangga Kiojay Kita tentu tahu, dalam... selengkapnya

Kenapa Pohon Kelengkeng Tidak Berbuah
15 Desember 2016

Alasan Kenapa Pohon Kelengkeng Tidak Berbuah – Memiliki pohon buah dihalaman rumah menjadi impian banyak orang, karena saat ini budidaya dengan... selengkapnya

7 Cara Budidaya Alpukat Agar Berbuah Banyak
12 November 2018

Cara budidaya alpukat supaya bisa menghasilkan buah banyak wajib Anda ketahui jika Anda merupakan salah satu orang yang sedang menanam... selengkapnya

Cara Mudah Membuahkan Anggur
22 Agustus 2020

Anggur adalah tanaman buah merambat yang termasuk dalam keluarga vitaceae. Memiliki bentuk bulat, berukuran kecil, dan warna yang menarik. Buahnya... selengkapnya

Cara Agar Pamelo Berbuah Lebat Dalam Pot

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

yaniz
● online
yaniz
● online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: