>>>untuk pemesanan lebih cepat bisa langsung hubungi no CS kami 0812-1136-9090 >>>Barang yang kami jual dijamin kualitas dan keasliannya >>>Garansi UANG KEMBALI jika barang rusak/mati sampai lokasi >>>Kami juga melayani pembukaan perkebunan buah, agrowisata dan pembuatan Taman
Beranda » Informasi Tanaman Buah » 7 Jenis Mamey Sapote Paling Enak

7 Jenis Mamey Sapote Paling Enak

Diposting pada 28 November 2019 oleh Tomi - Fatkhul | Dilihat: 425 kali

Mamey sapote atau yang memiliki nama latin Pouteria Sapota, merupakan spesies tanaman sawo yang berasal dari Amerika Tengah. Pertumbuhannya menyebar secara alami dari Meksiko, sampai ke Kuba. Sampai saat ini, mamey sapote memiliki banyak jenis. Yaitu 7 diantaranya yang layak dikembangkan di Indonesia, Mamey sapote Magana, pace, Havana, akil, cepeda, keywest dan yang terakhir lorito. Masing-masing jenis memiliki ciri khasnya tersendiri. Berikut 7 jenis mamey sapote paling enak.

Mamey Sapote Magana

buah mamey sapote magana unggul

buah mamey sapote magana

Jenis mamey sapote yang ini memang masih sangat jarang ditemukan di Indonesia. Padahal, hasil panen Magana beratnya bisa mencapai 2.5 kg/buah. Ya, ukurannya 5x lipat lebih besar jika dibandingkan dengan sawo local. Bentuk buahnya juga lebih lonjong dan panjang, berbeda dari varietas sawo pada umumnya.

Magana masuk dalam deretan 7 jenis mamey sapote paling enak. Daging buahnya sangat tebal dan memiliki rasa manis. Teksture dagingnya juga lembut. Menurut orang-orang, mamey sapote Magana adalah pilihan yang tepat untuk anda yang baru memulai budidaya tanaman sawo raksasa. Karena varietas ini cenderung lebih mudah untuk ditanam.

Mamey Sapote Pace

7 jenis mamey sapote paling enak selanjutnya adalah pace. Jenis mamey sapote ini berasal dari persilangan antara varietas Magana dan tazumal. Dimana, keduanya memiliki keunggulan yang membuat pace menjadi lebih mudah beradaptasi. Ya, mamey sapote pace bisa tumbuh dengan optimal di dataran rendah maupun dataran tinggi yang rata-rata suhunya relative dingin.

buah mamey sapote jenis pace

buah mamey sapote pace

Mamey sapote pace juga memiliki ciri khas yang tidak dimiliki varietas mamey sapote lainnya. Yakni, daging buahnya berwarna orange cerah seperti ikan salmon. Kemudian, bentuh buahnya bulat mirip seperti bola basket. Jika dikonsumsi, teksture daging mamey sapote pace memang agak sedikit berserat namun tetap memiliki rasa manis yang legit.

Lalu dari segi kesehata, buah mamey sapote pace mampu mencegah penyakit kanker serta dapat berperang melawan serangan radikal bebas.

Mamey Sapote Havana

Untuk jenis mamey sapote yang satu ini, berasal dari kota Havana, Kuba. Memiliki nama latin Pouteria Sapote Var Havana. Tanaman sawo raksasa satu ini kerap dicari oleh para kolektor tanaman langka, karena di Indonesia keberadaannya masih sangat jarang. Tidak heran, orang-orang indonesia saat ini sudah mulai mencoba melakukan budidaya mamey sapote pace.

buah mamey sapote jenis havana

buah mamey sapote jenis havana

Terlepas dari pada itu, varietas pace juga masuk kedalam 7 jenis mamey sapote paling enak. Selain karena daging buahnya khas dengan cita rasa manis, induk pohonnya bisa menghasilkan buah yang sangat banyak ketika memasuki musim panen. Anehnya, petani tidak perlu menggunakan perangsang untuk membuat buah mamey sapote pace tumbuh secara susul-menyusul di tiap rantingnya. Bahkan, tambulampot yang satu ini akan terus berbuah setiap tahunnya, tanpa terpengaruh oleh musim.

Mamey Sapote Akil

mamey sapote akil

mamey sapote akil

Jenis mamey sapote yang satu ini berasal dari Meksiko. Buahnya berukuran 5x lebih besar dari jenis sawo local. Warna dagingnya merah segar dan dilapisi dengan kulit yang berwarna coklat. Rasanya juga sangat manis dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Hanya saja, bentuk dan teksture buah mamey sapote akil lebih mirip seperti labu. Tambulampot ini juga masuk dalam 7 jenis mamey sapote paling enak. Namun keberadaannya masih sangat jarang di Indonesia.

Mamey Sapote Cepeda

mamey sapote cepeda espeda

mamey sapote cepeda espeda

7 jenis mamey sapote paling enak selanjutnya adalah cepeda atau lebih lengkapnya cepeda espeda. Ia berasal dari daerah Yukatan, Meksiko bagian Tenggara. Memiliki nama latin Pouteria Sapota Sepeda Especial. Keunikan yang dimiliki mamey sapote cepeda adalah teksture daging buahnya yang agak kasar ketika dimakan.

Selain itu, daging buahnya berwarna orange. Rasa buahnya manis, lembut dan berair, mirip seperti makan buah labu. Mamey sapote cepeda selalu dijadikan ladang bisnis yang menjanjikan. Pasalnya, sekali berbuah bisa menghasilkan 100-150 buah per pohon.

Mamey Sapote Keywest

buah mamey sapote keywest

buah mamey sapote keywest

Untuk mamey sapote keywest, memiliki ciri khas yang sangat berbeda dari jenis mamey sapote lainnya. Walaupun bentuk buahnya besar, namun ukurannya hanya sekitar 3x lipat dari buah sawo local (biasanya 5x lipat). Kemudian, beratnya juga hanya sekitar 1kg/buah saja, tidak lebih. Jika sudah masak, buah mamey sapote keywest akan mengeluarkan bau yang sangat harum. Pohonnya juga cocok di tanam di pekarangan rumah, karena akan memberikan efek rindang serta sejuk di sekitarnya.

Mamey Sapote Lorito 

Dan, 7 jenis mamey sapote paling enak terakhir adalah lorito. Buahnya memiliki cita rasa yang lebih manis dibanding buah mamey sapote lainnya. Selain itu, teksture dagingnya tidak begitu keras seperti varietas Magana atau keywest, serta tidak begitu lembek jika dikonsumsi. Bahkan pohonnya juga tumbuh dengan rindang dan sejuk. Cocok ditanam di halaman depan atau pekarangan rumah.

Bagikan informasi tentang 7 Jenis Mamey Sapote Paling Enak kepada teman atau kerabat Anda.

7 Jenis Mamey Sapote Paling Enak | Bibit Buahku

Belum ada komentar untuk 7 Jenis Mamey Sapote Paling Enak

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
QUICK ORDER
Klengkeng New Kristal (Kristal 2) – Jual Bibit Lengkeng Paling Rekomended Untuk Dibudidayakan

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 75.000
Ready Stock / lengkeng new kristal
QUICK ORDER
Jual Bibit Wijaya Kusuma – Bibit dan Mitos Wijaya Kusuma

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

bibit wijaya kusuma Rp 50.000
Ready Stock / Wijaya Kusuma
QUICK ORDER
Cara Ampuh Mengobati Kanker Batang Dengan Daun Sereh

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

minyak sereh wangi *Harga Hubungi CS
Ready Stock
SIDEBAR

Alamat Kebun BIBIT BUAHKU :

 

Jl. RM Koesbiyono Tjondro Wibowo. Kelurahan Mangunsari. RT.03/ RW.04

Kecamatan Gunungpati. Kota Semarang.

Propinsi Jawa Tengah. Kode Pos. 50227

Hubungi

0 8 1 2 – 1 1 3 6 – 9 0 9 0

(WA/SMS/Telpon)