Beranda » Blog » Cara Merawat Pohon Mangga yang Berbunga Agar Tidak Rontok

Cara Merawat Pohon Mangga yang Berbunga Agar Tidak Rontok

Diposting pada 13 Juli 2021 oleh bibit buah / Dilihat: 5.060 kali

Cara Merawat Pohon Mangga Yang Berbunga Mangga merupakan tanaman tropis yang biasanya berbuah musiman. Saat ini sudah banyak orang yang membudidayakan tanaman yang satu ini karena buahnya yang memiliki rasa manis, lezat dan aromanya khas. Berbagai jenis mangga memang diketahui dapat tumbuh dan berbuah dengan baik saat ditanam di wilayah Indonesia baik yang lokal maupun import. Beberapa jenis mangga lokal seperti mangga arumanis dan mangga manalagi merupakan jenis yang banyak disukai oleh orang-orang. Sedangkan untuk jenis import mangga mahatir dan mangga kiojay lah yang banyak ditanam.

cara merawat pohon mangga yang berbunga

Bunga Pohon Mangga

Walaupun terbilang mudah, budidaya pohon mangga tidak bisa dibilang enteng juga. Ada saja kendala yang akan dialami saat sedang melakukan perawatan pohonnya. Salah satunya adalah saat berbunga biasanya terjadi kerontokan yang kita tidak tahu apa penyebabnya. Untuk itu saat memutuskan untuk membudidayakan pohon mangga ini harus dibarengi juga dengan niat belajar untuk mendapatkan hasil buah yang maksimal.

Untuk itu melalui ulasan artikel kali ini kami ingin berbagi tips mengenai cara merawat pohon mangga yang sedang berbunga agar tidak mengalami kerontokan baik karena faktor alam maupun karena terkena serangan hama dan penyakit.

Penyebab Kerontokan Bunga Pohon Mangga

Merawat pohon mangga yang sedang berbunga membutuhkan ketelitian dan ketelatenan yang ekstra. Apalagi jika anda menginginkan pohon mangga yang menghasilkan buah yang melimpah saat dipanen. Anda harus bisa mengusahakan agar bunga pada pohon mangga tidak rontok. Kerontokan bunga pada pohon mangga ini dapat disebabkan oleh dua faktor.

Kerontokan Terjadi Secara Alami

Kerontokan bunga yang terjadi secara alami biasanya disebabkan oleh :

  1. Akibat Hujan dan angin kencang, kerontokan yang disebabkan oleh perubahan cuaca ini tidak bisa kita cegah.
  2. Ada juga kerontokan yang disebabkan oleh pohon mangga itu sendiri dimana dia kan mengorbankan beberapa bunganya rontok untuk dapat memfokuskan memberi nutrisi pada buah yang akan matang. Hal seperti ini wajar karena buah yang dihasilkan akan memiliki hasil yang optimal.
  3. Bunga pada pohon mangga juga bisa rontok apabila menghadapi cuaca dan iklim yang tidak menentu. Seperti saat cuaca panas lalu tiba-tiba hujan maupun sebaliknya, atau saat musim pancaroba melanda. Karena perubahan suhu yang berubah secara mendadak membuat pohon mangga tidak dapat beradaptasi dengan baik sehingga bunga-bunganya rontok.
  4. Musim kemarau panjang atau cucaca panas yang ekstrim akan membuat lahan dan tanah area penanaman menjadi kering. Jika tidak segera diatasi dengan penyiraman yang baik maka bunga pada pohon mangga akan rontok. Karena pohon mangga kekurangan asupan air dan energi.
  5. Penyerbukan yang gagal juga bisa menyebabkan kerontokan bunga pada pohon mangga.
  6. Unsur hara yang ada di dalam tanah area penanaman tidak mencukupi untuk menunjang pembentukan bunga dan buah pada pohon mangga.

Kerontokan Karena Hama Penyakit

Hama dan penyakit juga bisa menjadi penyebab kerontokan bunga pada pohon mangga. Maka dari itu untuk merawat pohon mangga yang sedang berbunga, hama dan penyakit tersebut harus segera dimusnahkan. Anda harus sering mengawasi pohon mangga anda, perlu diketahui beberapa jenis hama yang biasanya menyerang pohon mangga yaitu hama wereng, kutu dompolan, kutu sisik dan juga embun tepung.

Cara Merawat Pohon Mangga Yang Berbunga

Untuk mengatasi Masalah kerontokan di atas, ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk merawat pohon mangga anda yang berbunga. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu anda lakukan untuk merawat pohon mangga anda.

1. Memberi pupuk sebagai tambahan nutrisi

cara merawat pohon mangga yang berbunga

Pemupukan dengan NPK

Perlu anda ketahui jika unsur hara pada tanah tempat penanaman pohon mangga sangat diperlukan, terlebih lagi ketika pohonnya memasuki masa berbunga. Menambahkan dosis pupuk NPK dinilai sebagai langkah yang tepat karena mampu memberikan tambahan nutrisi yang dibutuhkan oleh pohon mangga.

2. Melakukan Penyiraman Secara Rutin

Air juga merupakan hal yang penting, sama seperti unsur hara pada tanah. Saat tidak diberikan asupan air yang cukup pohon mangga akan kehilangan energi untuk menyalurkan asupan makanan yang dibutuhkan untuk proses pembuahan. Maka dari itu lakukan penyiraman secara rutin setidaknya setiap satu hari sekali. Dengan begitu akan sangat membantu pohon mangga untuk mempertahankan bunga supaya tidak rontok. Apalagi ketika musim kemarau panajng, maka intensitas penyiraman harus ditingkatkan menjadi dua kali sehari pada waktu pagi dan sore hari.

3. Menanam Pohon Mangga Lebih dari Satu

Bagi anda yang belum tahu, pohon mangga merupakan tanaman yang melakukan penyerbukan silang, sehingga pohonnya memerlukan partner untuk kawin. Walaupun penyerbukan sendiri bisa dilakukan tanpa partner tetapi kemungkinan berhasilnya kecil hanya sekitar 20%. Maka dari itu akan lebih baik untuk menanam pohon mangga lebih dari satu.

4. Memberi Suplemen Organik Pada Pohon Mangga

Untuk membentuk jaringan akar yang kuat pohon mangga memerlukan suplemen yang baik. Diberikannya suplemen tersebut diharapkan agar meminimalkan terjadinya kerontokan bunga pada pohon mangga. Sehingga hasil panen akan meningkat sesuai dengan yang diharapkan.

Kemudian untuk mengatasi kerontokan bunga yang terjadi karena serangan hama, berikut adalah beberapa hal yang bisa anda lakukan dalam merawat pohon mangga yang berbunga :

5. Hama Wereng Dan Kutu Dompolan

Wereng dan kutu dompolan merupakan hama yang sering menyebabkan bunga pohon mangga menjadi rontok. Pada kasus hama wereng, dia menghisap kuncup bunga hingga kering dan layu kemudian satu persatu bunga menjadi jatuh berguguran. Inilah cara hama wereng merusak calon bakal buah mangga yang sedang tumbuh.

Sedangkan kutu dompolan biasanya menyerang tankai bunga, hingga membuatnya menjadi kering, rusak, dan berjatuhan. Untuk mengatasi kedua hama tersebut anda bisa menggunakan pestisida dengan dosis yang sesuai agar tidak merusak struktur buah mangga.

6. Hama Lalat Buah

cara merawat pohon mangga yang berbunga agar tidak rontok

Hama Lalat Buah

Lalat buah biasanya menyerang saat bunga sudah berubah menjadi bakal buah. Hama lalat buah ini akan menghisap sari makanan kemudian akan meninggalkan jamur yang mampu membuat buah menjadi kuning, kemudian busk, dan terakhir akan rontok.

Untuk mengatasi lalat buah yang mengganggu anda bisa menggunakan Yellow Trap atau perangkap yang dibuat dari batang pisang yang dilumuri dengan oli sebagai perangkap. Bisa juga menggunakan protein belt yang disemprotkan. Protein belt memiliki kammapuan untuk menghilangkan hama lalat buah, tteapi kandungannya aman bagi manusia karena dibuat dari limbah bir.

Demikianlah ulasan mengenai cara merawat pohon mangga yang sudah berbunga. Jika anda berminat untuk membudidayakan mangga anda bisa mendapatkan bibit mangga unggul dengan menghubungi kami di website bibitbuahku. Kami mneyediakan berbagai jenis bibit mangga unggul yang pasti akan menarik minat anda. Anda tidak perlu khawatir karena harga bibit mangga yang kami tawarkan sangat terjangkau serta bersaing dengan toko pertanian lain. semoga artikel yang kami ulas di atas bermanfaat bagi anda dan bagi kegiatan budidaya mangga anda.

Tags: , , , , ,

Bagikan ke

Diposting oleh

jual bibit tanaman buah berkualitas dan bergaransi

Cara Merawat Pohon Mangga yang Berbunga Agar Tidak Rontok

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Web Derectory Luar dan Indonesia Gratis
23 September 2017

Dalam artikel kali ini bahasan tidak seperti bahasannya, lain dari yang lain, kalau biasanya saya membahas terkait bibit buah …... selengkapnya

Jabotikaba Baru Dapat Berbuah Lebih Cepat
21 Maret 2017

Jabotikaba Baru Dapat Berbuah Lebih Cepat – Jabotikaba atau Anggur Brazil uang juga disebut Anggur Pohon baru yang genjah, berbuah pertama... selengkapnya

7 TAHAPAN PENANAMAN TANAMAN BUAH MANGGA HARUM MANIS
29 April 2020

Kembali lagi di artikel kami, kali ini kita akan mengulas tahapan tanaman buah mangga harum manis. Tanaman mangga harum manis... selengkapnya

Data Pohon Kurma Yang Sudah Berbuah di Indonesia
9 Agustus 2017

Indonesian Date Palm Association merupakan perkumpulan masyarakat Indonesia yang mempunyai visi memajukan perkurmaan di Indonesia. Sampai saat ini sudah banyak... selengkapnya

5 HAL PERAWATAN PADA TANAMAN BUAH MANGGA HARUM MANIS
29 April 2020

Pada kesempatan kali ini artikel kami akan mengajak anda untuk membahas tentang perawatan pada tanaman buah mangga harum manis. Buah... selengkapnya

10 Jenis Tanaman Buah Yang Cocok Ditanam Dalam Pot
21 April 2022

10 Jenis Tanaman Buah Tabulampot – Di daerah perkotaan ketersediaan lahan yang sedikit atau lahan yang sempit merupakan masalah utama... selengkapnya

6 CARA BUDIDAYA MANGGA KIOJAY YANG EFEKTIF MUSIM KEMARAU
21 Maret 2020

Kembali lagi bersama kami, dalam kesempatan kali ini kita akan mengulik perihal cara budidaya Mangga Kiojay yang efektif saat musim... selengkapnya

Perkembangan Pohon Tin Di Luar Negeri dan Di Indonesia
9 Maret 2017

Perkembangan Pohon Tin Di Luar Negeri dan Di Indonesia – Perancis membuahkan 4.000 ton buah tin per th. sejumlah 2.000 ton... selengkapnya

7 KEUNGGULAN ALPUKAT BOOTH 7, SALAH SATU JENIS ALPUKAT PREMIUM
15 Mei 2020

Buah alpukat merupakan salah satu jenis buah yang kaya manfaat dan mudah kita jumpai. Buah dengan warna kulit hijau, dengan... selengkapnya

Cara Menanam Durian Agar Cepat Berbuah dan Maksimal
1 Januari 2018

Cara Menanam Durian Agar Cepat Berbuah – Durian merupakan salah satu tanaman yang sangat cocok dikembangkan di lahan tropis seperti Indonesia.... selengkapnya

Cara Merawat Pohon Mangga yang Berbunga Agar Tidak Rontok

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

yaniz
● online
yaniz
● online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: