Beranda » Blog » Memilih Jasa Pengiriman Bibit Tanaman Yang Cepat, Aman dan Murah

Memilih Jasa Pengiriman Bibit Tanaman Yang Cepat, Aman dan Murah

Diposting pada 18 September 2017 oleh bibit buah / Dilihat: 28.180 kali

Jasa Pengiriman Bibit Tanaman – Dalam usaha pertanian seperti hasil sayuran, palawija, buah-buahan dan salah satunya juga pembibitan, sudah sangat umum penjual mempromosikan bibitnya melalui media Internet. Ini merupakan suatu langkah yang harus dijalani bila ingin usaha pembibitannya terus berkembang. Dengan media ini informasi barang yang kita pasarkan bisa di terima oleh konsumen yang tempat tinggalnya jauh dengan kebun kita.

Tak ayal pelaku usaha ini harus mengirimkan bibit sampai ke tangan konsumen dengan keadaan bibit hidup dan sehat. Dan terkadang bibit harus dikirim kepada konsumen yang jaraknya sangat jauh, bisa lintas kota, lintas provinsi maupun lintas pulau.

Baca Juga : Bibit Alpukat Miki – Alpukat Unggul Rasa Mantul

Untuk menjamin bibit tetap dalam keadaan hidup dan sehat, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan:

1. Proses oper sak (pengurangan atau penggantian media tanam yang lebih ringan).
2. Proses packing
3. Memilih jasa pengiriman bibit tanaman
4. Memilih waktu/ hari pengiriman

Dari ke empat faktor tersebut, poin memilih jasa pengiriman bibit yang tepat menjadi topik perbincangan kita kali ini. Tepat disini tidak hanya berarti murah, melainkan juga waktu pengiriman cepat dan pelayanan bagus. Pasti kawan-kawan sekalian pernah memiliki pengalaman buruk terkait pengiriman barang disebabkan oleh kesalahan jasa pengiriman atau selainnya.

Oleh karena itu, penulis ingin mencoba membagikan pengalaman selama ini dalam memilih jasa pengiriman untuk bibit tanaman yang tepat. Sudah beberapa tahun penulis melakoni usaha ini, dan banyak sekali pengalaman yang diperoleh dalam dunia pengiriman bibit ini.

Perusahaan jasa pengiriman sekarang ini bertumbuh sangat pesat, hal ini dibarengi dengan pertumbuhan pemasaran melaui internet yang terus meningkat. Namun bagi para pelaku usaha yang ingin mengirimkan barang yang merupakan barang hidup, harus benar benar teliti untuk memilih jasa pengiriman yang tepat. Karena setiap jasa pengiriman memiliki keunggulan masing-masing. Dan menurut penulis sendiri, memilih jasa pengiriman tidak bisa dipukul rata, bahwa barang atau bibit dikirim menggunakan 1 jasa pengiriman saja, kerena dianggap paling bagus. Berikut perusahaan jasa pengiriman yang menurut penulis bagus untuk dijadikan referensi dalam memilih jasa pengiriman bibit tanaman anda. Namun disetiap jasa perusahaan ada keunggulan dan pasti ada kelemahan masing masing.

1. Lion Parcel

jasa pengiriman lion parcel

Logo Lion Parcel

Perusahaan ini belum begitu lama ada, sebelumnya bernama Lion Express. Entah kenapa namanya diganti, namun dari pengakuan beberapa pemilik agen nama tersebut diubah karena nama sebelumnya sudah dipakai untuk perusahaan di negara lain, sehingga jika menggunakan nama yang lama maka tidak bisa mengekspansi sampai ke wilayah Internasional.

Kembali ke topik, mengapa kami menempatkan perusahaan ini diurutan no 1. Hal ini dikarenakan menurut penulis masih menjadi jasa pengiriman fovorit (untuk lintas pulau). Banyak keunggulan dari Lion Parcel, namun juga ada kelemahannya.

Keunggulan:
Dari namanya anda pati sudah tahu bahwa Lion Parcel merupakan salah satu mitra atau anak perusahaan jasa penerbangan yaitu Lion Air. Jadi jasa pengiriman ini pasti saya gunakan ketika mengirim bibit keluar pulau dan melalui udara.

  • Waktu pengirimannya menurut kami cepat, jika alamat tidak jauh dari bandara maka 1 haripun sudah sampai. Namun jika alamat jauh dari bandara kemungkinan akan lebih lama, biasanya 2-3 hari. Tapi menurut kami masih dalam waktu aman.
  • Harga lebih murah dibandingkan dengan jasa lain, bahkan untuk banyak tujuan masih lebih murah dibandingkan dengan pengiriman melalui Chargo Bandara.
  • Diantar sampai lokasi, bukan mengambil di bandara. Bebeda jika kita mengirim melalui Cahrgo Bandara, bibit harus diambil langsung dibandara penerima.
  • Barang yang akan kita kirim, bisa diambil atau dijemput oleh kurir. Jadi kita tidak harus susah susah mengantarkan paket ke kantornya. Namun beberpa jasa pengiriman juga banyak yang menerapkan fasilitas ini.
  • Pelayanannya sangat enak dan ramah. Mungkin karena masih baru, namun diluar itu kami sebgai pelanggan sangat terpuaskan.
  • Biaya karantina tidak besar, masih standar harga balai karantina yang ada di Bandara. Yaitu hanya sekitar 20.000 , jumlah bibit yang dikirim tidak begitu mempengaruhi nilai.

Kelemahan:
Cara pembayarannya tidak langsung cash, terutama untuk layanan jemput paket. Sistem pembayarannya harus di transfer, hal itu dikarenakan proses perhitungan biaya dilakukan saat barang sudah di kantor atau dibandara, sehingga saat barang dijemput harga atau biaya pengiriman belum diketahui. Hal ini terkadang membuat kami bingung karena biasanya penagihan biaya diberikan sampai maksimal 2 minggu, jadi terkadang kita sudah mengirimkan beberapa paket baru estimasi biayanya diberikan. Kita perlu menejemen yang bagus terkait pembayaran ini.

2. J&T

jasa pengiriman j&t

Logo J&T

Perusahaan ini sudah lumayan lama namun tergolong baru jika di bandingkan jasa pengiriman lain seperti JNE, TIKI dll. Jasa pengiriman ini memiliki sistem pengiriman barang yang bagus. Karena setiap pegawai dibidang kurir mempunyai tanggung jawab penuh atas barang yang diantarkannya. Selain itu jika ada kelalain atau kesalahan yang diakibatkan oleh pihak J&T dan mengakibatkan barang rusak dsb bisa dipastikan pertanggung jawabannya. Tidak seperti beberapa jasa pengiriman lain yang terkadang untuk mengklaim saja susah dan lama.

Baca juga : Durian Musangking – Durian Manis Legit Biji Sangat Tipis

J&T biasa kami gunakan untuk pengiriman bibit tanaman untuk wilayah jawa (masih satu pulau). Ada beberapa keunggulan dan kelemahan berdasarkan pengalaman kami.

Keunggulan :

  • Potongan harga (Discount) lumayan besar. Untuk tarif biaya pengiriman J&T saat awal-awal yaitu sekitar sampai bulan Maret 2017 masih lebih murah dibandingkan jasa pengiriman lain yang sejenis seperti JNE dan Tiki. Namun mulai bulan April 2017 sampai sekarang beberapa tarif sudah dinaikkan. Rata-rata sama dengan tarif JNE, meski tujuan beberapa tempat ada yang lebih mahal ada juga yang lebih murah. Namun J&T memberikan potongan pada setiap pengiriman.
    a. Berat minimal 2 kg mendapatkan potongan harga 10%
    b. Berat minimal 5 kg mendapatkan potongan harga 30%
    NB : ENtah itu hanya untuk wilayah Semarang saja atau juga daerah lain, kami kurang begitu paham.
  • Waktu pengiriman relatif cepat. Meski tidak ada pilihan jenis pengiriman Reguler, Yes, atau selainnya, namun pengirimannya tergolong cepat. Untuk daerah yang tidak terlalu pelosok dan masih satu provinsi biasanya bisa 1 hari, namun jika tujuan agak pelosok biasnya 2-3 hari. Untuk luar jawa (Antar pulau) paling cepat 2 hari.
  • Paket bisa dijemput oleh kurir. Meski letak agen jaun atau dekat dari tempat kita, kurir siap mengambil barang yang akan kita kirim. Hal ini dokarena setiap kuriri mempunyai target dalam sebulan harus mendapatkan berapa paket untuk dikirim, sehingga tak ayal kadang beberapa kurir berebut untuk mendapatkan target.

Kelemahan :

  • Untuk pengiriman dari daerah jawa keluar pulau jawa kurang recomended, karena seringkali terjadi problem terutama dalam pengiriman bibit. Sehingga terkadang kebijakan selalu berubah ubah, bahkan sempat tidak melayani pengiriman bibit tanaman ke luar jawa.
  • Biaya karantina juga kurang jelas.

3. Indah Cargo

gambar jasa pengiriman tanaman indah cargo

Logo Indah Cargo

Dari ketiga perusahaan tadi, Indah Cargo memang sedikit berbeda baik perhitungan maupun harga. Hal ini dikarenakan bentuk perusahaan Jasa pengiriman ini merupakan Cargo. Biasanya kita menggunakan Indah Cargo untuk pengiriman bibit dalam jumlah banyak dan diutamakan masih satu pulau. Cara perhitungan dan tarif pengiriman nya sebagai berikut:

1. Minimal berat 20kg, jadi misal barang yang dikirim beratnya hanya 12 kg dihitung 20 kg.
2. Harga per kilo sangat murah, untuk antar kabupaten sampai antar provinsi hanya sekitar 2.000-12.000 per kilo.
3. Perhitungan volume agak berbeda, untuk jasa pengiriman lain biasanya (panjang x lebar x tinggi : 6.000) sedangkan untuk jasa pengiriman via Indah Cargo (panjang x lebar x tinggi : 4.000).
4. semakin berat biasanya harga perkilo semakin murah.

Keunggulan :

  • Harga lebih murah dibandingkan jasa pengiriman lain jika barang yang dikirim banyak/berat.
  • Barang bisa di jemput oleh kurir.
  • Jika barang sudah sampai, pengirim akan mendapatkan notifikasi.
  • Tidak ada biaya karantina untuk mengirim bibit keluar pulau, karena kebanyakan dikirim via darat meski ada sekarang ada juga indah cargo udara namun harga lebih mahal

Kelemahan :

  • Waktu pengiriman lumayan lama jika tidak dikota besar, atau jika keluar pulau. Jadi untuk pengiriman bibit harap dipastikan terlebih dahulu berapa lama waktu sampai alamat tujuan.
  • Packing jangan asal-asalan, harus benar-benar kuat, karena barang yang dikirim via jasa ini kebanyakan paket besar dan berat.

Untuk mempermudah membandingkan kwalitas jasa pengiriman, saya mencoba membandingkan beberapa jasa dalam sebuah tabel berdsarakan pengalaman dan penilaian pribadi.

jasa pengiriman bibit tanaman

Mungkin 3 jasa pengriman tersebut sudah cukup sebagai referensi anda untuk mengirim bibit sampai ke alamat pembeli. Sebenarnya pernah juga menggunakan jasa pengiriman lain seperti Cargo Bandara, JNE, dan Pos Indonesia. Namun sangat jarang karena ke tiga jasa tersebut menurut saya pribadi kurang recomended. Namun jika kawan-kawan punya pengalaman berbeda dengan saya, silahkan bagikan pengalaman kawan-kawan di kolom komentar, supaya menjadi pembelajaran bagi kita dan menambah wawasan terkait jasa pengiriman yang cocok untu paket bibit tanaman.

Sekian dari saya, semoga membantu., Jangan lupa komentar kawan-kawan baik saran, pesan maupun share pengalaman.

Tags: , , , , , , , , , ,

Bagikan ke

Diposting oleh

jual bibit tanaman buah berkualitas dan bergaransi

Memilih Jasa Pengiriman Bibit Tanaman Yang Cepat, Aman dan Murah

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

6 Keunggulan Alpukat Mentega Yang Harus Anda Ketahui Sebelum Menanam Bibit Alpukat
10 Juni 2018

Keunggulan alpukat mentega, keuntungan alpukat mentega, kelebihan alpukat mentega, bibit alpukat mentega, jual bibit alpukat mentega, bibit alpukat mentega murah, tanaman alpukat mentega, alpukat mentega super. “Alpukat... selengkapnya

Cara Membuat Tabulampot Mangga, Tabulampot Anggur, Tabulampot Kelengkeng, Tabulampot Jambu
2 Oktober 2018

Cara Membuat Tabulampot sangatlah mudah yang terpenting anda mengetahui dasar-dasar dari teknik dalam menanam tanaman buah dalam pot. Metode tabulampot... selengkapnya

Cara Tepat dan Mudah Memanen Kurma Tropis
20 Maret 2017

Cara Tepat dan Mudah Memanen Kurma Tropis – Dalam membudiayakan kurma tropis, hal yang perlu diperhatikan adalah kapan baiknya buah... selengkapnya

Belimbing Madu – Buah Bintang Unggulan Bojonegoro
15 Maret 2017

Belimbing Madu Buah Bintang Unggulan Bojonegoro –  Belimbing di sentra Desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu, Bojonegoro, berukuran besar, lembut, dan manis.... selengkapnya

5 Hal Perawatan Alpukat Miki Agar Hasil Optimal
11 Maret 2020

Kembali bersama kami, Bibitbuahku. Dalam kesempatan ini kita akan membahas tentang perawatan Alpukat miki. Buah alpukat merupakan buah yang paling... selengkapnya

Duo Jumbo: Tebal, Lebat
23 Maret 2017

Pohon mangga gajah umur tiga tahun sarat buah Mangga jumbo baru dan berbuah lebat: gajah dan watubuncul. Penampilan pohon setinggi... selengkapnya

4 Keunggulan Anggur Preco Dibanding Jenis Sabara
7 Desember 2020

Keunggulan Anggur Preco adalah salah satu buah anggur yang berasal dari negara Brazil. Dengan memiliki cita rasa yang sangat unik... selengkapnya

7 LANGKAH MENANAM DURIAN DURI HITAM
7 April 2020

Masih bersama kami, di artikel terbaik tentang buah di Bibit Buahku. Yak… kali ini kita akan membahas tentang langkah menanam... selengkapnya

Cara Membuat Pupuk Agar Alpukat Cepat Berbuah di Pot
22 Februari 2020

Apakah anda ingin memiliki pohon alpukat di Pot dan cepat berbuah? Salah satunya adalah dengan teknik stress air. Seperti apa... selengkapnya

5 PERAWATAN DASAR PADA TANAMAN BUAH KELENGKENG MATALADA
29 April 2020

Kembali lagi bersama kami, kali ini kita akan mengulas tentang perawatan dasar pada tanaman buah kelengkeng matalada Buah kelengkeng matalada... selengkapnya

Memilih Jasa Pengiriman Bibit Tanaman Yang Cepat, Aman dan Murah

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

yaniz
● online
yaniz
● online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: