>>>untuk pemesanan lebih cepat bisa langsung hubungi no CS kami 0812-1136-9090 >>>Barang yang kami jual dijamin kualitas dan keasliannya >>>Garansi UANG KEMBALI jika barang rusak/mati sampai lokasi >>>Kami juga melayani pembukaan perkebunan buah, agrowisata dan pembuatan Taman
Beranda » Informasi Tanaman Buah » Cara Menanam Mamey Sapote Dalam Pot

Cara Menanam Mamey Sapote Dalam Pot

Diposting pada 10 Desember 2019 oleh Tomi - Fatkhul | Dilihat: 149 kali

Tabulampot Mamey Sapote saat ini tanaman mamey sapote memang sedang banyak dicari. Selain bentuknya yang unik dan besar, tanaman buah ini tergolong langka. Di Indonesia saja masih sedikit orang yang berhasil melakukan budidaya mamey sapote. Padahal, mamey sapote bisa dibudidaya dengan mudah di negara tropis seperti Indonesia. Berikut kami akan membagikan cara menanam mamey sapote dalam pot yang baik dan benar.

tabulampot mamey sapote

tabulampot mamey sapote

Memilih Media Tanam Mamey Sapote

Tanaman sawo yang berukuran raksasa ini sebenarnya cukup mudah di budidaya. Anda tidak perlu menggunakan pupuk kimia maupun perangsang untuk membuatnya terus berbuah sepanjang tahun. Apalagi, mamey sapote bisa bertahan hidup di dataran tinggi maupun rendah.

Apakah semua jenis mamey sapote bagus untuk di tanam di Pot?

Menurut pengamatan kami tidak, karena tingkat kemudahan dan kecepatan berbuah, tiap jenis berbeda. Yang kami sarankan adalah Mamey sapote Magana dan Mamey sapote Lorito, keduanya sudah terbukti sangat mudah berbuah di Pot.

Mamey sapote yang berasal dari Amerika ini bisa ditanam melalui 3 cara. Yang pertama menggunakan cara sambung pucuk, sambung susu dan yang terakhir cara cangkok. Jika ingin menggunakan cara sambung susu, anda harus memilih batang bawah yang compatible dengan jenis mamey sapote yang ditanam. Biasanya, orang-orang memilih pohon alkesah sebagai batang bawahnya. Namun efeknya, pertumbuhan mamey sapote akan berlangsung sangat lambat.

Maka dari itu, cara menanam mamey sapote dalam pot yang paling sering dipakai adalah cara cangkok dan sambung susu. Dari segi pertumbuhan lebih bagus dari sambung susu, dan juga persentase berhasil bisa mencapai 90%. Hanya saja untuk sambung susu harganya jauh lebih mahal, tentu hal itu dikarenakan untuk mendapatkan batang bawahnya juga susah.

Bayangkan saja, 1 buah mamey sapote yang harganya rata-rata Rp 200.000 hanya terdapat 1 biji. Itupun belum tentu berhasil tumbuh ketika disemai. Sehingga untuk mendpatakan batang bawahnya cukup menguras dompet.

Namun ada cara yang lebih hemat, yaitu 1 batang bawah mamey sapote bisa menjadi 2 sampai 3 batang bawah, dengan cara di cangkok. Untuk lebih lengkapnya sudah kami buatkan videonya di ahir artikel ini.

Menanam Mamey Sapote Dengan Mencangkok

mamey sapote dalam pot

mamey sapote dalam pot

Budidaya mamey sapote memang bisa dijadikan ladang berbisnis yang menjanjikan. Harga bibit serta buahnya pun tidak pernah turun setiap tahunnya. Bagi anda yang ingin memulai budidaya mamey sapote, bisa mengikuti tips-tips mencangkok dibawah ini:

Gunakan cabang pohon yang bentuknya horizontal dengan diameter 2-5 cm. Letakkan di media tanah tanpa memberinya pupuk

Lewat 3 bulan, biasanya akar cangkok mulai keluar. Jangan langsung dicabut, setidaknya tunggu terlebih dahulu sampai pertumbuhan akarnya lebih banyak lagi. Yakni 3 bulan berikutnya. Setelah itu, barulah anda bisa memotong cabang cangkok dari pohon induknya

Anda bisa menggunakan perangsang tumbuh dengan konsentrasi 5ml/liter pada hasil cangkokan atau tidak. Namun, tanpa perangsangpun biasanya mamey sapote bisa tumbuh dengan optimal

Baca Juga : 7 Jenis Mamey Sapote Yang Bisa Anda Budidayakan

Selanjutnya, tanam bibit cangkok mamey sapote menggunakan polybag diatas media tanah yang sudah disediakan. Tanah yang digunakan untuk menanam hasil cangkokan haruslah terdiri dari sekam, tanah serta pupuk kandang, dengan perbandingan (1:1:1).

Lakukan penyiraman maksimal 1-2 kali sehari saja. Jangan lupa, taruh hasil cangkokan di tempat yang teduh, sampai setidaknya muncul tunas

Pertahankan hasil cangkok di polybag selama kurang lebih 3 bulan kedepan, sampai muncul daun kecil yang tumbuh sampai 20 cm. Selepas itu, baru boleh dipindahkan

Siapkan pot yang besarnya 100 cm atau yang berdiameter 70 cm. Pindahkan hasil cangkokan yang sudah tumbuh daun ke dalam pot besar tersebut. Tutup dengan tanah, yang kemudian ditambahkan pupuk kandangn serta pupuk npk.

Berikan perawatan rutin dengan menyiram dan menambah ulang pupuk kandang + Npk setiap 6-7 bulan sekali. Nanti sekitar 2 tahun kedepan, anda sudah bisa melihat bakal buah tumbuh di setiap cabang pohon.

Bagikan informasi tentang Cara Menanam Mamey Sapote Dalam Pot kepada teman atau kerabat Anda.

Cara Menanam Mamey Sapote Dalam Pot | Bibit Buahku

Belum ada komentar untuk Cara Menanam Mamey Sapote Dalam Pot

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
QUICK ORDER
Bibit Alpukat Tanpa Biji

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Bibit Tanaman Alpukat Tanpa Biji Rp 120.000
Ready Stock / Alpukat Non Biji
Rp 120.000
Ready Stock / Alpukat Non Biji
QUICK ORDER
Jual Bibit Kelengkeng Puangray – Kelengkeng Unggul Asal Thailand Yang Memiliki Rasa Manis

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

bibit kelengkeng puangray Rp 60.000
Ready Stock / Kelengkeng Puangray
QUICK ORDER
Jenis Jambu Air Unggulan Sangat Cocok Untuk Dibudidayakan

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

perawatan jambu mdh *Harga Hubungi CS
Ready Stock
SIDEBAR

Alamat Kebun BIBIT BUAHKU :

 

Jl. RM Koesbiyono Tjondro Wibowo. Kelurahan Mangunsari. RT.03/ RW.04

Kecamatan Gunungpati. Kota Semarang.

Propinsi Jawa Tengah. Kode Pos. 50227

Hubungi

0 8 1 2 – 1 1 3 6 – 9 0 9 0

(WA/SMS/Telpon)