Beranda » Blog » 8 TIPS BUDIDAYA TANAMAN BUAH KELENGKENG MERAH

8 TIPS BUDIDAYA TANAMAN BUAH KELENGKENG MERAH

Diposting pada 21 April 2020 oleh bibit buah / Dilihat: 1.035 kali

Kembali lagi di artikel ini, kali ini kita akan mengulas bersama mengenai budidaya tanaman buah kelengkeng merah

Kelengkeng merah, atau biasa juga disebut dengan sebutan kelengkeng ruby royan merupakan salah satu jenis kelengkeng unggulan jenis baru dan masih sangat aktual. Tanaman buah kelengkeng merah memiliki postur tubuh yang pendek, dan memiliki sifat rajin berbuah. Hal lain yang menjadikan jenis kelengkeng merah digemari adalah rasanya yang super manis. Kamu tahu? buah kelengkeng merah memiliki rasa manis dengan skala kemaninasan mencapai 21 briks. Sungguh istimewa, bukan?

Selain itu, Keunggulan lain jenis kelengkeng memiliki warna unik dan menarik perhatian ini juga dapat tumbuh di dataran rendah maupun tinggi dengan area tanam yang terbuka dan jenis tanahnya memiliki pH tanah optimum 5,5 – 5,6. Tanaman buah kelengkeng merah juga dapat tumbuh dengan subur dengan tekstur tanah yang halus. Iklim budidaya tanaman buah kelengkeng merah memiliki iklim tipe B: basah, atau tipe D: sedang, dan tipe C: agak basah.

Kelengkeng yang ternyata masih memiliki garis keturunan dengan kelengkeng aroma durian ini memiliki warna kemerahan karena berasal dari gen tanam kelengkeng jenis pada umumnya berwarna coklatyang kemudian bermutasi gen menjadi warna merah karena pengaruh radiasi sinar kosmik berupa elekton, proton, dan energi atom.
Dalam budidaya tanaman buah kelengkeng merah, kamu harus memperhatikan syarat tumbuhnnya terlebih dahulu. Meskipun tanaman buah kelengkeng merah sangat adaptif dan mudah tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi, namun, kelengkeng merah optimum tumbuh dengan baik di ketinggian 700 mdpl, dengan iklim optimal merupakan iklim tropis atau memiliki suhu panas 30 -35 derajat celcius, dan itu artinya membutuhkan paparan sinar matahari sepanjang hari.

Berikut ini beberapa trik dalam budidaya tanaman buah kelengkeng merah.

Tips Budidaya Tanaman Buah Kelengkeng Merah

TIPS BUDIDAYA TANAMAN BUAH KELENGKENG MERAH

TIPS BUDIDAYA TANAMAN BUAH KELENGKENG MERAH

1. Gunakan Bibit Unggul Berkualitas

Tips budidaya tanaman buah kelengkeng merah yang pertama adalah memastikan menggunakan bibit yang unggul dan berkualitas. Hal ini sangatn penting karena bibit merupakan langkah awal atau pintu utama untuk menghasilkan hasil budidaya yang maksimal. Jika kamu menggunakan bibit yang berkualitas, maka hasilnya juga akan berkualitas. Informasi tentang bibit unggul dan berkualitas dapat kamu lihat di sini.

2. Gunakan Area Lahan Terbuka

Tips budidaya tanaman buah kelengkeng merah yang selanjutnya adalah menggunakan area terbuka dalam penggunaan area tanam. Pastikan lahan tanam yang dijadikan tempat untuk menanam buah kelengkeng merah merupakan tempat terbuka yang mempunyai intensitas matahari sepanjang hari. Ataupun jika kamu berniat untuk menenam tanaman buah kelengkeng merah di dalam pot, taruh pot di luar ruangan, sehingga tanaman dapat mendapatkan cahaya matahari yang cukup.

Suhu optimum pada tanaman buah kelengkeng merah agar tumbuh dengan subur adalah kisaran 300C hingga 350C. Itu artinya, tanaman buah kelengkeng merah membutuhkan sinar matahari, terutama pada saat kelengkeng merah berbunga dan berbuah. Ini merupakan faktor yang penting untuk membantunya dalam pertumbuhan, respirasi, juga fotosintesis pada tanaman.

3. Buat Media Tanam Sebaik Mungkin

Tips budidaya tanaman buah kelengkeng merah yang selanjutnya membuat media tanam dengan sebaik mungkin. Pilih jenis tanah yang paling optimum untuk pertumbuhan tanaman, yakni jenis tanah dengan tekstur yang halus .
Selain itu, buat pula media tanam campuran antara tanah gembur, pupuk organik, arang sekam, dan kapur dolomit. Pupuk organik berfungsi untuk memberikan nutrisi tambahan pada tanaman. Sedangkan arang sekam dapat berfungsi membantu proses aerasi atau pertukaran udara lebih lancar dan mempermudah penyerapan air pada tanah. Sedangkan kapur dolomit berfungsi untuk menetralisir pH pada tanah. Gunakan dengan skala 5: 1, 5 untuk tanah gembur dan 1 untuk campuran pupuk, sedikit arang sekam, dan sedikit kapur dolomit.

Jangan lupa, buat penyangga pada bibit tanaman di minggu-minggu awal agar tanaman tidak mudah tumbang saat terkena terpaan angin yang kencang.

4. Rajinlah Menyirami Tanaman

Tips budidaya tanaman buah kelengkeng merah yang selanjutnya adalah rajin menyiram tanaman. Lakukan penyiraman setiap 1- 2 hari sekali saat musim kemarau pada awal-awal usia tanaman, hingga tanaman mencapai 2- 3 bulan. Ketika tanaman buah kelengkeng merah sudah menginjak umur 6 bulan ke atas, penyiraman dapat kamu lakukan setiap 4 hari sekali.

Berbeda halnya jika kamu menanam tanaman buah kelengkeng merah di dalam pot, kamu cukup menyiram tanaman setiap dua hari sekali mulai sejak awal-awal penanaman hingga dewasa. Hal ini agak berbeda, karena tanaman hanya mendapatkan nutrisi dari area dalam pot saja, sedangkan tanaman buah yang ditanam di lahan tanam, dapat mencukupi nutrisinya di area tanam yang cukup luas.

5. Berikan Pupuk Secara Teratur Serta Porsi Yang Pas

Tips budidaya tanaman buah kelengkeng merah yang selanjutnya adalah memberi pupuk. Berikan pupuk kotoran hewan, disarankan menggunakan kotoran domba, setiap tiga bulan sekali. Lakukan teratur dengan dosis yang sesuai. Usahakan kamu menggunakan pupuk yang sudah kering atau sudah difermentasi. Jika pupuk yang kamu gunakan masih basah, jangan dicampur dengan media tanam, cukup taburkan saja di sekitar tanaman, namun dengan jarak jangan terlalu dekat dengan pangkal batang.

6. Lakukan Pemangkasan Untuk Memperbanyak Cabang

Tips budidaya tanaman buah kelengkeng merah yang selanjutnya adalah melakukan pemangkasan. Pemangkasan dilakukan untuk memperbanyak cabang. Semakin banyak jumlah cabang, maka jumlah buah yang akan dihasilkan juga akan semakin banyak.

Lakukan pemangkasan pada cabang yang nampak terlihat tua ditandai dengan warnanya yang cokelat keabu-abuan. Idealnya, sisakan 3 cabang tiap batang akan diperbanyak cabangnya. Beri jarak kisaran 50 cm – 70 cm dari percabangan untuk batang yang akan dipangkas, agar tanaman buah kelengkeng merah dapat berbuah maksimal. Perlu kamu ketahui, kelengkeng merah memiliki sifat genjah atau mudah berbuah meski tanpa hormon perangsang buah, lo. Fantastis, bukan?

7. Pentingnya Pengendalian Gulma

Tips budidaya tanaman buah kelengkeng merah yang selanjutnya adalah tahap penyiangan atau penggemburan tanah. Kamu bisa menggemburkan tanah dengan cara mencangkul secara hati-hati agar tidak merusak akar tanaman, juga mencabut gulma serta rumput liar yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman buah kelengkeng merah. Kamu dapat melakukan penyiangan tiap 3- 4 minggu sekali.

8. Tahap Panen

Tips budidaya tanaman buah kelengkeng merah yang selanjutnya adalah memperhatikan tahap panen. Buah kelengkeng merah sudah siap dan dapat segera dipanen jika sudah mengeluarkan aroma khas kelengkeng yang kuat. Secara fisik, warna kulit buah akan terlihat agak coklat kemerahan. Oh ya, kalau bisa jangan memetik buah atau memanen buah kelengkeng merah pada saat siang hari atau saat hujan turun, karena ini akan mempengaruhi kualitas buah yang menjadikannya lebih cepat busuk. Kamu dapat melakukan pemanenan pada saat penguapan vuah tidak terlalu tiggi, atau pada saat pagi pagi sekali. Potong tandan buah dengan gunting ataupun pisau, lalu segera masukan ke keranjang plastik maupun bambu untuk disortir dan didistribusikan.

Tags: , , ,

Bagikan ke

Diposting oleh

jual bibit tanaman buah berkualitas dan bergaransi

8 TIPS BUDIDAYA TANAMAN BUAH KELENGKENG MERAH

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Jarak Tanam Alpukat Yang Ideal Pohon Cepat Berbuah
7 Januari 2019

Apakah anda sedang berencana mengebunkan tanaman Alpukat? Salah satu hal yang harus diperhatikan saat berencana menanam atau mengebunkan Alpukat adalah... selengkapnya

6 Keunggulan Kelengkeng New Kristal Yang Punya Banyak Manfaat
4 Maret 2020

Pada artikel kali ini, kita akan membahas terkait Keunggulan Kelengkeng New Kristal. Langsung saja cekidot. Kelengkeng merupakan jenis buah yang... selengkapnya

7 Hama dan Penyakit Alpukat Miki Yang Dapat Menghambat Pertumbuhan Tanaman
28 Februari 2020

Pertama kami akan mengulas tentang  Hama dan Penyakit Alpukat Miki. Mari simak artikel berikut ini Alpukat Miki merupakan salah satu... selengkapnya

Durian Terlezat di Tanah Minang
17 Maret 2017

Setengah abad Sumatera Barat terbukti gudang durian nan lamak bana – Des Mayanti bergegas memilih dan menyodorkan durian berkulit cokelat... selengkapnya

Cara Membuat Embung untuk Sumber Air Perkebunan
17 September 2017

Saat musim hujan tiba, air yang jatu sebenarnya dapat dimanfaatkan saat kemarau mulai dan telah datang. Air hujan sekadar air... selengkapnya

Tabulampot Jeruk – Pemilihan Bibit Hingga Pembuahan
10 Oktober 2017

Tabulampot jeruk merupakan topik pembahasan kali ini. Sebelumnya sudah kami sampaikan beberapa perawatan tabulampot buah lainnya, seperti Tabulampot Kelengkeng, Tabulampot... selengkapnya

Uji Coba Memeram Alpukat Menggunakan Tomat dan Pisang Lebih Cepat Matang
15 Maret 2019

Apakah anda saat ini sedang mencari informasi bagaimana cara agar alpukat mudah matang atau masak saat diperam? Maka diartikel ini... selengkapnya

Kreasi Limbah Kulit Pisang Unik Yang Pasti Anda Belum Tahu
11 Desember 2017

Kulit Pisang – Sejak zaman dahulu kulit pisang akrab dengan manusia. Bukan hanya dijadikan lagu, tapi juga untuk pupuk dan pakan... selengkapnya

Buah Bintang Unggulan Bojonegoro – Belimbing Unggul
27 Juni 2017

Buah Bintang Unggulan Bojonegoro – Belimbing di sentra Desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu, Bojonegoro, berukuran besar, lembut, dan manis. Ciri khas... selengkapnya

Cara Perbanyakan Sambung Susu Mamey Sapote
10 Desember 2017

Sambung Susu Mamey Sapote – Sawo raksasa, yang sering dikenal dengan sebutan Mamey Sapote, kini menjadi tanaman buah yang sering dibudidayakan... selengkapnya

8 TIPS BUDIDAYA TANAMAN BUAH KELENGKENG MERAH

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

yaniz
● online
yaniz
● online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: