Beranda » Artikel Blog » 12 Bibit Alpukat Unggul Yang Bagus Untuk Anda Budidayakan

12 Bibit Alpukat Unggul Yang Bagus Untuk Anda Budidayakan

Diposting pada 2 Agustus 2019 oleh bibit buah | Dilihat: 8.557 kali | Kategori:

Apakah anda berencana menanam bibit alpukat?

Dan apakah anda sudah menentukan varietas alpukat unggul yang akan anda tanam?

Saran kami, jangan terburu-buru menanamnya..!

Sekali lagi, jangan terburu-buru,.. ada banyak hal yang harus anda ketahui terlebih dahulu terkait budidaya Alpukat, sebelum anda membeli bibit alpukat unggul dan menanamnya.

Untuk itu, kali ini kami akan mengupas tuntas dan membagikan kepada anda yang ingin membudidayakan alpukat unggul.

Sudah hampir 5 tahun kami mengamati dan berkunjung kebeberapa daerah untuk mendapatkan informasi dan pengalaman dalam budidaya Alpukat ini.

bibit-alpukat-unggul

Beberapa hal yang akan kami bahas kali ini dan perlu anda tahu yaitu:

A. Jenis Alpukat Unggul Yang Cocok Untuk Dikembangkan

B. Beberapa Aspek Alpukat Dikatakan Unggul

C. Tips Memilih Jenis Alpukat Sesuai Kebutuhan Anda

D. Cara Budidaya Alpukat

E. Cara Budidaya Alpukat di Dalam Pot (Tabulampot)

Bibit Alpukat masih diminati banyak masyarakat Indonesia untuk dibudidayakan. Baik dalam jumlah kecil maupun besar. Hal ini tak lepas dari rasa dan kandungan dari buah alpukat itu sendiri. Seabgain besar masyarakat suka dengan buah alpukat ini, meskipun bukan merupakan buah yang berasa manis.

Bahkan ahir-ahir ini peminat buah alpukat semakin banyak. Karena selain dikonsumsi baik secara langsung maupun olahan, buah alpukat juga digunakan sebagai bahan kosmetik dll. Lebih dari itu, kesadaran masyarakat akan hidup sehat, menjadikan buah alpukat sebagai salah stu buah yang paling dicari.

Namun permasalhannya adalah banyak sekali buah alpukat yang dijual dipasaran tidak sesuai seperti yang kita inginkan. Terkadang buah alpukat yang kita beli tidak bisa matang sempUrna atau busuk ketika diperam. Tak jarang juga buah alpukat yang kita beli rasanya kurang enak, kandungan airnya terlalu banyak atau rasa pahitnya sangat terasa.

Hal itulah yang membuat banyak orang ingin menanam bibit alpukat unggul, karena selain anda bisa mengkonsumsi buah alpukat dengan kwalitas buah bagus tanpa harus membelinya. hasil buah nantinya juga dapat dijual dengan harga yang lumayan tinggi. Sehingga bisa dijadikan usaha sampingan, atau malah usaha baru yang akan mendatangkan banyak keuntungan. Jika anda serius dan memiliki lahan yang cukup luas untuk dijadikan perkebunan alpukat.

Prospek budidaya alpukat ini sangat menjanjikan, karena Indonesia sendiri sampai saat ini masim import buah alpukat dalam jumlah yang cukup besar. Beberapa sumber mengatakan, hasil buah alpukat Indonesia belum bisa memenuhi kebutuhan dalam negeri dalam waktu 5 sampai 10 tahun kedepan. Lebih lebih peluang kita untuk ekspor ke negara lain juga masih terbuka lebar.

Bagi anda yang ingin menanam bibit alpukat unggul, kami siap membantu anda. Jangan hawatir, kami sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun dalam hal ini. Bermacam-macam varietas alpukat baik dalam negeri maupun luar negeri kami ada. Dari ukuran kecil siap tanam, sampai ukuran besar siap berbuah, kami ada.

Alasan Anda Akan Puas Bekerjasama Dengan Kami

1. Bibit Alpukat kami perbanyak dengan teknik sambung pucuk dan okulasi. Hal ini jelas akan mempengaruhi kwalitas buah yang dihasilkan nanti. Sifat dari Indukan akan sama persis serta akan lebih cepat berbuah, ideal 3 tahun sudah mulai berbuah.

2. Indukan dari pohon yang sehat dan sudah berbuah. Jika anda menginginkan bibit yang anda tanam nantinya tidak mudah terserang penyakit maka kunci awal adalah indukan itu sendiri. Selain itu indukan dari pohon yang sudah berbuah akan menjamin keaslian buah serta kecepatan pohon berbuah.

3. Batang bawah atau seedling sudah memiliki perakaran kuat dan sehat. Kecepatan pertumbuhan tanaman alpukat tergantung dari batang bawah yang digunakan. Semakin bagus perakaran dan kesehatan batang, maka pertumbuhannya akan lebih cepat.

4. Packing kami gunakan kayu bukan kardus. Jelas akan lebih kokoh dan aman dalam menjaga bibit sampai ke tanagan anda. Lebih aman dari goncangan, dari tumpukan barang lain, serta aman dari tempat yang lembab. Seberapa tebal kardus bila terkena air tetap akan rusak. jangan ambil resiko untuk hal ini.

5. Untuk menjaga kesehatan dan kesegaran bibit yang kami kirim, sebelum bibit alpukat kami kirim akar kami berikan vitamin agar tidak mudah stres. Serta bagian daun kita semprot dengan ZPT khusus agar daun tetap segar dan tidak rontok.

6. Bibit jelas identitasnya karena setiap bibit kami berikan label nama dari bahan tahan air, mampu bertahan sampai beberapa tahun. Sehingga bisa anda gunakan sampai pohon besar sebagai identitas virietas bibit alpukat yang anda tanam.

7. Dan masih banyak kelebihan-kelebihan lain yang kami berikan. Beli dan buktikan, kami jamin anda tidak akan menyesal.


Kembali ke atas

Jenis Alpukat Unggul Yang Cocok Untuk Dikembangkan

1. ALPUKAT MIKI

bibit-alpukat-miki

Source : Avocado Land

Bibit alpukat miki ini banyak dicari orang karena popularitasnya sudah tidak diragukan lagi. Sejak menjadi juara 1 Lomba Buah Unggul nasional yang diselenggarakan oleh trubus tahun 2017 kemarin.
Keunggulan utama alpukat ini adalah pada rasa buah yang sangat lezat, dengan daging yang pulen serta kandungan airnya sedikit.

Selain itu kulit buahnya juga bagus, mulus halus mengkilap dengan warna hijau cerah tidak kusam.
Yang menjadi daya tarik masyarakat adalah bahwa dauan alpukat miki ini tidak disukai ulat, sehingga banyak yang ingin memiliki pohonnya. Padahal menurut kami, untuk jenis alpukat unggul saat ini rata-rata tidak diserang ulat terlebih dahulu agar berbuah, berbeda dengan pohon alpukat dulu yang kebanyakan diliarkan dan perawatan minim.

Untuk lebih jelasanya bisa cek ulasan kami beserta video terkait alpukat miki disini Bibit Alpukat Miki

2. ALPUKAT KENDIL

bibit-alpukat-kendil

Source : Facebook

Bibit ALpukat kendil juga banyak diminati orang karena terkenal akan buahnya yang jumbo. Rata-rata buah berukuran 1 kg, namun berat maksimal buah ini telah mencapai 2.9 kg. Mengagumkan bukan?

Tak hanya itu, rasa buah dari alpukat kendil ini juga masuk dalam kategori enak. Ukuran buah besar, daging tebal, rasa enak, siapa yang tak ingin memiliki buah ini?

Sedikit kelemahan dari alpukat kendil ini adalah penampilan kulit buahnya yang kurang halus dan mengkilap.

Untuk lebih jelasnya bisa cek disini Bibit Alpukat Kendil

3. ALPUKAT PLUWANG

bibit-alpukat-pluwang

Bibit alpukat pluwang banyak dikembangkan karena setelah melihat buahnya dan pohon saat berbuah. Betapa tidak? Buah alpukat pluwang sangat cantik, kulit halus mulus mengkilap, dengan kulit hijau cerah.

Selain itu yang akan membuat kagum lagi adalah buahnya yang begitu besar. Berat rata-rata 800 gram/ buah dengan berat maksimal mencapai 1.9kg/ buah.

Pasar sangat suka buah seperti ini, sehingga saat ini buah alpukat pluwang memiki harga jual yang lebih mahal.

Yang akan membuat anda kagum lagi adalah ketika melihat pohon alpukat pluwang saat berbuah. Pohon pendek usia 3 tahun mampu memproduksi buah sangat banyak, bisa mencapai 1 kwintal saat usia pohon remaja. Memang tergolong produktivitas buahnya tinggi.

Sedikit kekurangan dar alpukat pluwang ini adalah rsanya yang standar. Namun sangat menguntungkan untuk dibudidayakan.

Info selengkapanya kami ulas disini Bibit Alpukat Pluwang

4. ALPUKAT WINA

bibit-alpukat-wina

Source : YouTube

Bibit alpukat wina ini sudah banyak dikenl masyarakat lebih lama, saat alpukat unggul di Indonesia mulai bermunculan.

ALpukat yang berasal dari kabupaten semarang ini memiliki buah yang berukuran jumbo. Seukuran dengan alpukat kendil. Tingkat produktivitasnya juga sama-sama tinggi.

Perbedaan alpukat kendil dengan alpukat wina adalah pada kulit buah, rasa buah dan ukuran biji. Rasa alpukat kendil lebih unggul dibanding alpukat wina, namun soal penampilan lebih mulus alpukat wina, biji buah juga lebih kecil dibanding alpukat kendil.

Informasi selangkapnya bisa anda cek di artikel website ini terkait Bibit alpukat Wina

5. ALPUKAT BULLFROG

bibit-alpukat-bullfrog

Bibit alpukat bullfrog memang tergolong pendatang baru, meski sebenarnya varietas ini sudah lama keberadannya.

Awal kepopuleran alpukat bullfrog adalah saat sebuah supermarket di Bali menjual alpukat lokal Indonesia dengan harga lumayan tinggi, sekitar Rp 65.000/kg.

Setelah diselidiki ternyata alpukat tersebut adalah alpukat bulfrog. Team Bibit Buahku pun berhasil menemukan indukan dari alpukat tersebut, dan mencoba buahnya ternyata memang luar biasa.

Dalam video rivew yang kami post di google dengan judul Alpukat Bullfrog | Alpukat Kulit Tebal | Alpukat Lokal Harga Mahal.

Rasa buahnya sangat lezat, dengan kulit sangat tebal. Selain itu bentuk buahnya juga cantik, oval sempurna. Cek selengkapnya di website Bibit Buahku ini, Bibit Alpukat Bullfrog

6. ALPUKAT HAPPY

Kami tidak bisa bercerita banyak dengan alpukat yang satu ini. kami pun belum sempat membuat artikel lengkap terkait alpukat jenis happy ini.

Namun berdasarkan diskusi bersama kawan-kawan penggian atlpukat, alpukat jenis ini menjadi salah satu jenis yang direkomendasikan untuk dibudidayakan.

7. ALPUKAT RIFAI

 

bibit-alpukat-rifai

Buah Alpukat Rifai

Bibit alpukat rifai atau oleh pemiliknya juga dinamakan Alpukat R1 banyak diburu setelah mendapat juara 2 Lomba Buah Unggul Nusantara setelah Miki. Berdasarkan penelusuran Team Bibit Buahku didaerah Boja, keberadaan indukan alpukat rifai ini. Memang buahnya sangat lezat, buahnya mirip alpukat miki.

Ukurannya lebih besar, serta bijinya lebih kecil dari alpukat miki. hany saja kulit buah tak secerah alpukat miki, ada semburat ungu ketika tua di pohon. Dan beruha menjadi keunguan saat matang.

Kulit buahnya halus mengkilap, dan tergolong alpukat yang berbuah tanpa musim. Cek selengkapnya alpukat ini disini, Bibit Alpukat Rifai

8. ALPUKAT HASS

bibit-alpukat-hass

Siapa yang tak tahu dengan bibit alpukat Hass? Kepopulerannya sudah tingkat Internasional. Alpukat unggul yang berasal dari Australia ini mampu mengusai 80% pasar buah alpukat dunia.

Secara penampilan bisa dikatakan tidak bagus, kecil, halus namun berkerikil. Hijau saat dipohon, dan beruha ungu kehitaman saat sudah matang.

Keunggulannya adalah pada kelezatan buahnya, sangat pulen dan gurih. Cenderung kerasa asin, karena kandungan minyaknya sangat tinggi, sampai biji buahnya sulit dilepas karena daging buahnya yang lengket sangking pulennya.

Harga buahnya juga tak main-main, paling murang sekitar Rp 120.000/kg, bahkan bisa mencapai Rp 200.000/kg. Gila bukan? selengkapnya terkait alpukat ini bisa cek artikel kami disini Bibit Alpukat Hass

9. ALPUKAT YAMAGATA

alpukat-yamagata

alpukat-yamagata

Jika anda mendengar bibit alpukat yamagata pasti anda mengira bahwa alpukat ini berasal dari Jepang. Alpukat yamagata ini berasal dari Hawai, untuk penamaannya sendiri kami kurang faham.

Sekilas penampilannya kecil, namun canting dengan warna hijau mulus mengkilap dan agak oval. Bijinya kecil serta rasa dagingnya lezat dengan kandungan minyak yang tinggi.

Informasinya bisa anda lihat disini Bibit Alpukat Yamagata

10. ALPUKAT MALAMA

alpukat malama

alpukat malama

Apakah anda pernah mendengar bibit alpukat malama ini,? memang tergolong masih baru di Indonesia.
Ada yang menyebut alpukat malama sama dengan maluma, namun setelah kami cari beberapa referensi dari luar, keduanya beda.

Alpukat maluma cenderung mirip has, hampir sama persis, bahkan nama lainnya adalah Hass Maluma.
Sedangkan alpukat malama, kulitnya lebih halus dan rasa buahnya lebih lezat. Selengkapnya Bibit Alpukat Malama

11. ALPUKAT TANPA BIJI

Bibit alpukat tanpa biji juga cocok untuk anda budidayakan, karena tergolong unik. Dimana dalam buahnya tidak ada biji.

12. ALPUKAT ALIGATOR

Bibit alpukat aligator pasti sudah tidak asing ditelinga anda, karena jenis ini sudah banyak beredar dan dikembangkan.
Selain ukuran buahnya yang jumbo, buah alpukat aligator juga memiliki rasa yang enak.

13. ALPUKAT SHEPARD

Bibit alpukat shepard ini juga berasal dari Australia, kawannya alpukat hass. Bisa anda budidayakan namun jangan dalam skala yang luas.


Kembali ke atas

Beberapa Aspek Alpukat Dikatakan Unggul

Bagi anda yang ingin menanam bibit alpukat, anda harus memperhatikan beberapa aspek berikut agar sesuai dengan keinginan anda. Aspek yang baik dan tidak baik tidak kami bahas pada bagian ini, kan kami bahas pada bagin selanjutnya. Karena bersifat konditional, tergantung tujuan anda budidaya alpukat.

a. Ukuran/ Berat Buah : Sudah pasti anda tahu, bahwa ukuran buah alpukat sangat bervariasi. Alpukat bisa dikatakan jumbo bila berat rata-rata 1 buahnya mencapai berat minimal 800 gram/buah. Dikatan sedang bila berat minimal 350 gram/buah. Beberapa buah alpukat unggul yang saya jumpai, ukuran paling besar mencapai 2.5 kg/ buah dan minimal 250grm/ buah.

b. Bentuk Buah : Ada banyak bentuk buah alpukat, oval, bulat sempurna, panjang, dan Pyriform (bagian bawah besar, bagian atas kecil).

c. Tekstur Kulit Buah : Kulit buah alpukat juga bermacam macam, ada yang mulus rata (contoh alpukat miki), mulus tidak rata (contoh alpukat hass), kasar bersisik (contoh alpukat bullfrog), mulus bersisik

d. Warna Kulit Buah : Kulit buah alpukat juga sangat bervariasi, ada yang hijau kusam sampai matang, hijau cerah sampai matang, berubah dari hijau menjadi kuning, berubah dari hijau menjadi merah, berubah dari hiaju menjadi ungu pekat.

e. Warna Daging Buah : Untuk warna daging buah tidak terlalu berfariatif, ada yang agak putih atau bisa dikatakan pucat, ada yang kuning cerah, dan ada yang berwarna kuning pekat.

f. Ketebalan Daging Buah : Untuk ketebalan daging buah sebenarnya dipengaruhi oleh dua hal yaitu ukuran buah dan ukuran biji. Daging bisa dikatakan tebal, jika persentase daging buah minimal 75% dari ukuran buah. Dikatakan tipis jika persentase daging buah maksimal 50% dari ukuran buah. Diantara keduanya bisa dikatakan sedang.

g. Rasa Daging Buah : Ada yang memiliki ras buah hambar, cenderung pahit, gurih, cenderung manis, dan cenderung asin/ butter (seperti mentega). Sebenarnya ada juga yang berasa nutty atau mendekati rasa kacang, namun sampai saat ini kami belum pernah menemukan alpukat dengan rasa seperti itu.

h. Tekstur Daging Buah : Jika kandungan airnya lebih banyak tekstur daging akan berair/ becek. Ada yang lengket karena kandungan minyaknya lebih tinggi. Ada juga yang lembut tidak becek dan tidak lengket, karena keduanya seimbang.

i. Ukuran Biji : Biji bisa dikatakan kecil jika ukuran maksimal 30% dai ukuran buah. Dan bisa dikatakan biji besar jika ukuran biji minimal 50% dari ukuran buah. Diantara itu bisa dikatkan ukuran biji standar atau sedang.

j. Tingkat Produktivitas : Untuk tingkat produktivitas memang sangat dipengaruhi oleh perawatan dan faktor lingkungannya. Namun setiap jenis atau varietas alpukat memiliki gen yang diturunkan dalam hal produktivitas buah.

k. Masa panen : Untuk tingkat produktivitas memang sangat dipengaruhi oleh faktor lingkungan dan alam serta perawatan. Namun setiap jenis atau varietas alpukat memiliki gen yang diturunkan dalam hal kapan pohon berbuah.


Kembali ke atas

Tips Memilih Jenis Alpukat Sesuai Kebutuhan Anda

Setelah anda mengetahui beberapa aspek dalam mengamati buah alpukat, kali ini kita akan membahas bagaimanakah cara memilih jenis alpukat yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Pertama anda harus mengetahui tujuan dari menanam bibit alpukat ini. Dari ratusan pelanggan kami yang membeli bibit alpukat unggul, ternyata memiliki tujuan yang berbeda-beda, diantaranya yaitu:

1. Penanaman dihalaman rumah, tujuan nantinya buah untuk di konsumsi sendiri
2. Untuk perkebunan, dengan tujuan nantinya buah akan dijual dipasar langsung
3. Perkebunan alpukat, rencananya buah dijual ke pengepul buah
4. Menanam beberapa pohon alpukat, dan rencananya buah akan dijual langsung ke konsumen tanpa perantara pengepul dan pasar.
5. Membuat kebun alpukat, dengan tujuan sebagai Agrowisata dan buahnya langsung dijual ke pengunjung
6. Perkebunan alpukat, dengan tujuan buah di supplay ke pabrik (industri) karena sudah ada relasi
7. Mengebunkan alpukat tertentu karena sudah ada perjanjian dengan buyer (pembeli) hasil buah nantinya

Dari ketujuh alasan menanam bibit alpukat tersebut, mungkin salah satunya ada yang sama dengan tujuan anda.

Dan dari ketujuh tujuan tersebut, tentunya tidak bisa diseragamkan jenis alpukat apa yang cocok. Masing-masing tujuan membutuhkan karakteristik buah yang berbeda-beda agar hasilnya maksimal, dan sesuai dngan yang diharapkan.

Mari kita bahas satu persatu…!

Namun bagi anda yang tertarik untuk membeli bibit alpukat ditempat kami. Jangan hawatir, anda tida akan kecewa, selain keunggulan yang kami berikan dan sudah kami tuliskan diatas. kami juga akan memberikan garansi;

1. Garansi bibit kami kirim kembali, jika nantinya bibit yang kami kirim mati saat anda terima.
2. Garansi keaslian varietas bibit alpukat yang anda beli
3. Garansi bila jumlah yang kami kirim tidak sesuai dengan yang anda pesan
4. Garansi pendampingan, bila nantinya bibit alpukat kami yang anda tanam tidak kunjung berbuah

Kembali kepembahasan sebelumnya, berikut beberapa kriteria jenis alpukat unggul yang bisa anda pilih sesuai dengan tujuan anda.

1. Tujuan buah untuk di konsumsi sendiri : Jika tujuan anda demikian maka kami sarankan hal utama yang harus dipertimbangkan adalah soal rasa. Pilihlah jenis alpukat dengan rasa paling unggul. Terkait ukuran atau penampilan tidak jadi masalah. Karena kepuasan paling tinggi ketika anda mengkonsumsi buah alpukat dengan rasa paling enak, dan sagat sulit didapatkan ditoko buah.

Karena beberapa jenis alpukat unggul dengan rasa istimewa, terkadang aspek lain seperti ukuran dan penampilan kurang bagus. Beberpa jenis bibit alpukat yang kami rekomendasikan untuk anda tanam adalah, Alpukat Hass, Alpukat Miki, Alpukat Bullfrog atau Alpukat Simas

2. Tujuan nantinya buah akan dijual dipasar langsung : Jika tujuan anda seperti ini maka hal yang pertama harus anda lakukan adalah cek ke pasar yang anda tuju. Karena setiap daerah/ pasar terkadang berbeda dalam menilai buah alpukat yang bagus dan dihargai lebih tinggi.

Beberpa pengalaman kami, pasar mengutamakan kriteria buah alpukat bagus dengan penampilan fisik/ kulit buah dan ukuran buah. Ukuran buah yang besar (rata-rata 1 kg/buah), dengan kulit buah berwarna hijau, halus, dan mengkilap akan dihargai lebih tinggi.

Soal daging buahnya tidak begitu dipertimbangkan, baik rasa maupun tekstur daging. Minimal tidak terlalu berair sehingga tidak mudah busuk.

Jika pasar didaerah anda juga demikian maka beberpa jenis bibit alpukat yang kami rekomendasikan adalah jenis Alpukat Pluwang, Alpukat Wina, Alpukat Kendil, ALpukat Mentega Jumbo atau Alpukat Aligator. Saran kami jangan memilih alpukat hass jika tujuan anda nantinya akan dijual dipasar.

Karena meskipun memiliki kwalitas rasa yang istimewa, dari segi penampilan dan ukuran tidak cocok untuk ditawarkan di pasar lokal. Berbeda ketika anda menawarkan di Supermarket atau Mall.

3. Perkebunan alpukat, rencananya buah dijual ke pengepul buah : Jika anda memiliki tujuan sama seperti ini maka saran saya hampir sama dengan point no 2. Karena nantinya kebanyakan pengepul akan menjualnya lagi kepasar. Sehingga kriteria pasar akan hampir sama dengan kriteria pengepul.

Lebih amannya, tanyakan atau cari tahu terlebih dahulu. Kemana nantinya pengepul buah alpukat yang anda tuju akan menjual buah alpukatnya.

Jika memang kepasar lokal atau pasar induk, maka jenis alpukat yang kami sarankan sama dengan point no 2.

4. Tujuan buah akan dijual langsung ke konsumen tanpa perantara pengepul dan pasar : Diera digital seperti sekarang ini sangat mudah kita menjual produk kita langsung ke tangan konsumen. Tentu hal ini akan menguntungkan karena harga yang kita dapatkan akan jauh lebih tinggi.

Jika tujuan anda demikian maka pilihlah jenis alpukat dengan kriteria seperti point no 1. Mengapa demikian?

Karena konsumen akan merasa puas bila buah alpukat yang dibeli memiliki rasa yang enak. Sehingga kedepan pembeli buah alpukat anda akan berusaha mendapatkannya lagi dari anda.

Namun sebagai nilai plus, ketebalan daging buah juga harus anda perhatikan. Karena tentu pembeli akan sedikit kecewa ketika alpukat yang dibelinya memiliki daging yang tips medki rasa istimewa.

Beberpa jenis yang kami rekomendasikan saat ini Alpukat Hass, Alpukat Miki, Alpukat Bullfrog atau Alpukat Simas, Alpukat mentega Jumbo. Meskipun sebenarnya untuk alpukat miki ini memiliki biji yang lumayan besar, sehingga daging buahnya tidak terlalu tebal. Namun jenis ini sudah banyak dikenal dengan alpukat enak. Untuk itu anda bisa mempertimbangkannya.

5. Tujuan sebagai Agrowisata dan buahnya langsung dijual ke pengunjung : Tujuan seperti ini paling banyak diinginkan apalagi bila lokasi kebun bagus dan akses untuk mencapai kebun alpukat mudah.

Jadi selain anda mendapatkan keuntungan dari menjual buah alpukat, anda juga bisa mendapatkan penghasilan dari penjual tiket masuk. Atau juga membuka fasilitas lain seperti kafe, rumah makan dan selainnya.

Untuk tujuan seperti ini kami sarankan semua jenis alpukat unggul anda tanam dikebun. Karena jelas setiap konsumen akan lebih bebas memilih buah alpukat seperti apa yang diinginkan. Sebanyak mungkin jenis alpukat yang anda tanam akan lebih bagus, hanya saja persentase jumlah alpukat yang sesuai kriteria no 1 tetap harus lebih banyak.

6. Tujuan buah di supplay ke pabrik (industri) karena sudah ada relasi : Untuk hal ini tentu tergantung dari pabrik atau industri tersebut. Biasanya setiap pabrik memiliki kriteria berbeda-beda. Sehingga hal yang lebih baik anda lakukan sebelumnya adalah menanyakan langsung ke relasi anda yang mampu menunjuk anda sebagai supplayer.

7. Mengebunkan alpukat tertentu karena sudah ada perjanjian dengan buyer (pembeli) hasil buah nantinya : Untuk hal ini sama dengan point no 6. tentu sebelum anda memilih jenis alpukat unggul yang akan anda tanam, tanyakan terlebih dahulu kepada buyer anda, jenis alukat seperti apakah yang diinginkan.

Saat ini banyak kami jumpai buyer yang bekerjasama untuk mengebunkan alpukat Hass. Hal ini tidak lepas dari kepopuleran Alpukat Hass yang sudah menguasai 80% pasar buah alpukat didunia. Dan Indonesia sampai saat ini masih import Alpukat Hass dari Australia, degan jumlah yang tidak sedikit.


Kembali ke atas

Cara Budidaya Alpukat

a. Jarak Tanam Pohon Alpukat

Sudah beberpa kali melakukan pendampingan budidaya alpukat. Beberapa pengalaman tim Bibit Buahku menyarakan bahwa jarak tanam alpukat itu dibagi menjadi 3.

– Jarak tanam alpukat minimal yaitu 3 meter x 3 meter
– Jarak tanam alpukat ideal yaitu 5 meter x 5 meter
– Jarak tanam alpukat maksimal yaitu 10 meter x 10 meter

Lebih lengkapnya sudah kami kupas tuntas dalam artikel Jarak Tanam Alpukat Yang Ideal Pohon Cepat Berbuah, atau bisa anda lihat di Yotube Channel kami: Bibit Buahku dot com


Kembali ke atas

b. Penanaman Bibit Alpukat

PEMBUATAN LUBANG TANAM

1. Buat lubang tanam berukuran 60 cm x 60 cm x 60 cm.
2. Saat menggali lubang tanam, lapisan tanah bagian atas dipisah dengan lapisan tanah bagian bawah. Setelah itu, biarkan lubang selama 1-2 minggu agar terkena angin dan sinar matahari sehingga gas beracun atapun penyakit berbahaya yang mungkin ada di sela tanah dapat keluar dan diganti oleh oksigen.
3. Tanah bagian atas dicampur dengan pupuk dasar berupa pupuk kandang yang sudah difermentasi. Dengan dosis perlubang yaitu pupuk kandang 20 kg,sekam 5 kg, kapur dolomit guano 1 kg. Pupuk kandang yang digunakan bisa berupa kohe sapi, kerbau, kambing atau ayam yang sudah di fermentasi.
4. Masukan kembali pupuk dasar yang sudah dicampur dengan tanah kedalam lubang tanam.

PENANAMAN

Waktu penanaman yang bagus adalah pada awal musim hujan dan tanah yang ada dalam lubang tanam tidak lagi mengalami penurunan. Hal yang perlu diperhatikan adalah tanah yang ada dalam lubang tanam harus lebih tinggi dari tanah sekitarnya. Untuk menghindari tergenangnya air saat penyiraman atau turun hujan. Langkah-langkah penanaman adalah sebagai berikut:

1. Tanam bibit alpukat pada awal musim hujan pada sore hari agar bibit alpukat tidak langsung mendapat panas cahaya matahari, sehingga terhindar dari dehidrasi atau layu.
2. Membuka polybag dari bibit alpukat dengan cara menggunting terlebih dahulu bagian samping kemudian dilanjutkan bagian bawah secara hati-hati.
3. Memasukkan bibit di tengah-tengah lubang tanam yang telah dibuat dua minggu sebelumnya.
4. Menanam bibit ± 5 cm di atas pangkal batang, atau ± 15 cm di bawah sambungan.
5. Menutup lubang tanam dengan tanah galian bagian atas terlebih dahulu dan kemudian tekan sedikit disamping tanah. Agar tanaman dapat tumbuh tegak, tancapkan ajir kayu/bambu sebagai pancang,
6. Membuat naungan sementara dari alang-alang atau jerami padi sebagai pelindung tanaman dan penyiraman bibit setelah penanaman.


Kembali ke atas

c. Penyiraman Tanaman Alpukat

Penyiraman tanaman alpukat dilakukan untuk memberikan air sesuai dengan kebutuhan tanaman/sesuai fase pertumbuhan, dengan tujuan untuk menyediakan air yang cukup dalam rangka memenuhi kebutuhan bagi pertumbuhan dan perkembangan tanaman alpukat.

Penyiraman sebaiknya dilakukan saat tanaman membutuhkan (musim kemarau) dan setelah panen pada pagi hari atau pada sore hari.


Kembali ke atas

d. Pemupukan Alpukat

Untuk pemupukan standar kami biasanya hanya menggunakan pupuk kandang yang sudah difermentasi. Dengan jumlah 1 kurung beras setiap pohon, dengan jangka 3 – 4 bulan sekali. Usia pohon 1 tahun – 2 tahun.

Saat usia 3 tahun – 5 tahun dosis kita tingkatkan 2 kali lipat. Dengan jangka waktu 5-6 bulan sekali.

Namun anda juga bisa melakukan pemupukan dengan standart lebih tinggi dan rinci. Berikut cara pemupukan yang dilakukan oleh tim KBN (Kebun Buah Nusantara):

cara-budidaya-alpukat

Source : Pusat Buah Nusantara (PBN)

Pemupukan tanaman alpukat dibedakan menjadi 2 bagian yaitu : pemupukan tanaman alpukat belum menghasilkan/TBM (fase juvenil) dan pemupukan tanaman alpukat sudah menghasilkan (TM)

1. Pemupukan Tanaman Belum Menghasilkan (TBM) adalah proses kegiatan pemberian nutrisi pada tanaman belum menghasilkan agar kondisi unsur hara di dalam tanah dapat terpenuhi yang dibutuhkan oleh tanaman. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman secara optimal serta mempertahankan status unsur hara di dalam tanah.

2. Pemupukan tanaman alpukat sudah menghasilkan (TM) adalah proses kegiatan pemberian nutrisi tanaman telah menghasilkan agar kondisi unsur hara di dalam tanah dapat terpenuhi yang dibutuhkan oleh tanaman alpukat untuk berproduksi optimal. Hal ini bertujuan untuk menstabilkan pertumbuhan tanaman secara optimal, mempertahankan status hara di dalam tanah, meningkatkan mutu buah (bentuk, rasa dan ukuran), dan meningkatkan produktivitas tanaman/pohon.

Prosedur Pelaksanaan:

• Menghitung jumlah pupuk yang dibutuhkan berdasarkan dosis pupuk dan jumlah tanaman.
• Sebelum pupuk di aplikasikan, lakukan pembersihan di sekitar pokok tanaman utama ( bebas dari gulma liar).
• Pupuk pada tanaman alpukat yang sudah berumur 1-2 tahun (TBM: Tanaman Belum Menghasilkan) sebanyak 4 (empat) kali dalam setahun dengan dosis masing-masing, yakni:

  • Guano (Pupuk Organik Padat) : Dosis pupuk Guano sebanyak 300-500 gram/pohon. Cara aplikasi taburkan guano disekitar pokok tanam utama secara melingkar 30 cm dari pokok.
  • Hormon F1 (Organik) : Dosis Hormon F1 sebanyak 5 ml/liter. Cara aplikasi di kocor disekitar pokok tanaman utama.
  • MA 11 (Organik) : Formula decomposer MA 11 sebanyak 10 ml/liter. Cara aplikasi di kocor disekitar pokok tanaman tanaman utama.
  • POC ALIF (Pupuk Organik Hayati) : POC ALIF sebanyak 10 ml/liter. Cara aplikasi di kocor disekitar pokok tanaman tanaman utama.
  • PUJA 168 (Pupuk Organik Hayati) : PUJA 168 10 sebanyak 10 ml/liter. Cara aplikasi di kocor disekitar pokok tanaman tanaman utama.
  • Anti Hama Hayati (Organik): (Bio T10, Bio B10, dan Bio P60 dengan dosis 1-2 ml/liter. Cara aplikasi di spray diseluruh bagian tanaman daun, batang, akar.
  • Point 2, 3, 4, dan 5 bisa dicampur saat aplikasi. Setiap pokok di kocor dengan air secukupnya (kurang lebih 1-2 liter per pohon).

• Berikan Pupuk Dasar:

  • Usia 1-2 tahun (Usia TBM): Pupuk kandang fermentasi 2 kali setahun pada akhir musim hujan sebanyak 20 – 30 kg/pohon. Cara aplikasi pupuk kandang disebar secara melingkar di sekitar pokok batang utama.
  • Usia >3 tahun (Usia TM): pupuk kandang fermentasi 2 kali setahun pada akhir musim hujan sebanyak 20 – 30 kg/pohon. Cara aplikasi pupuk kandang disebar secara melingkar di sekitar pokok batang utama. *rekomendasi lebih baik jika dibuat lubang biopori sedalam 60-80 cm pada empat mata sisi untuk aplikasi pupuk dasar

• Pupuk pada tanaman alpukat yang sudah berumur >3 tahun (TM:Tanaman Menghasilkan) sebanyak 4 (empat) kali dalam setahun dengan dosis masing-masing, yakni:

  • Guano (Pupuk Organik Padat): Pupuk Guano sebanyak 1-3 kg/pohon. Cara aplikasi taburkan guano padat disekitar pokok tanam utama sekitar 30 cm. (usia semakin bertambah, dosis ditingkatkan).
  • Hormon F1 (Organik) : Hormon F1 sebanyak 5 ml/liter. Cara aplikasi di kocor disekitar pokok tanaman tanaman utama.
  • MA 11 (Organik): Formula decomposer MA 11 sebanyak 10 ml/liter. Cara aplikasi di kocor disekitar pokok tanaman tanaman utama.
  • POC ALIF (Pupuk Organik Hayati): POC ALIF sebanyak 10 ml/liter. Cara aplikasi di kocor disekitar pokok tanaman tanaman utama.
  • PUJA 168 (Pupuk Organik Hayati): PUJA 168 10 sebanyak 10 ml/liter. Cara aplikasi di kocor disekitar pokok tanaman tanaman utama.
  • Anti Hama Hayati (Organik): (Bio T10, Bio B10, dan Bio P60 dengan dosis 1-2 ml/liter. Cara aplikasi di spray diseluruh bagian tanaman daun, batang, akar.
  • Point 2, 3, 4, dan 5 bisa dicampur saat aplikasi. Setiap pokok di kocor dengan air secukupnya (kurang lebih 3-5 liter per pohon).


Kembali ke atas

Tabulampot Alpukat

tabulampot-alpukat

Alpukat Berbuah Dalam Pot

Bagi anda yang ingin menanam alpukat, jangan ragu bila ingin menanamnya didalam pot.
Alpukat mampu berbuah didalam pot tanpa perlakuan yang sulit. Agar tanaman alpukat anda mampu berbuah dipot, lakukan hal sesuai berikut ini:

1. Sediakan pot dengan diamaeter minimal 60cm. Bisa pot plastik, drum bekas, atau palnterbag.
2. Sediakan media tanam dengan campuran tanah, sekam dan pupuk kandang yang sudah difermentasi. Perbandingan masing-masing 30 : 30 :40. Bisa menggunakan sekam bakar atau mentah. Jika menggunakan sekam mentah, usahakan yang sudah lama bukan baru dari penggilingan.
3. Siapkan pecahan bata atau genting atau bisa juga potongan sterofoam. Gunanya untuk cengkeraman akar, dan akar nanti tidak cepat keluar dari pot.
4. Masukan Pecahan genting tersebut kedalam dasar pot.
5. Masukkan media tanam yang sudah di campur tasi, sampai setengah volume pot.
6. Masukan bibit alpukat yang akan anda tanam, kedian timbun lagi dengan media tanam sampai penuh.
7. Taruh di tempat teduh selama 1 – 2 minggu. Jangan lupa siram setiap satu hari sekali atau 2 hari sekali.
8. Buat pertumbuhannya bagus dengan memberikan pupuk organik atai kimia seperti NPK. Agar vigour pohon bagus dan batang kokoh.
9. lakukan stres air saat tanaman sudah berusia minimal 1 tahun. Dan dilakukan bersamaan dengan musim alpukat berbungan, yaitu sekitar bulan Mei-Juni. hal ini ditujuakn agar pohon alpukat segera mengeluarkan bunga.
10. Saat bunga sudah muncul, siram dengan pupuk KNO3 putih dan MKP setiap 1-2 minggu sekali agar bunga tidak rontok. Lakukan sampai bunga menjadi buah.

Sekian artikel kami terkait Bibit Alpukat Unggul Yang Bagus Untuk Anda Budidayakan. Segera dapatkan bibit yang anda inginkan disini.

Hubungi Customer Service Kami

0812 1136 9090

Bagikan

12 Bibit Alpukat Unggul Yang Bagus Untuk Anda Budidayakan | Bibit Buahku

Diposting oleh

jual bibit tanaman buah berkualitas dan bergaransi

Komentar (4)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

Alamat Kebun BIBIT BUAHKU :

 

Jl. RM Koesbiyono Tjondro Wibowo. Kelurahan Mangunsari. RT.03/ RW.04

Kecamatan Gunungpati. Kota Semarang.

Propinsi Jawa Tengah. Kode Pos. 50227

Hubungi

0 8 1 2 – 1 1 3 6 – 9 0 9 0

(WA/SMS/Telpon)

Chat via Whatsapp
Ifti
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Ifti
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja