Beranda » Blog » 10 HAMA DAN PENYAKIT PADA BUAH MANGGA KIOJAY

10 HAMA DAN PENYAKIT PADA BUAH MANGGA KIOJAY

Diposting pada 25 Maret 2020 oleh bibit buah / Dilihat: 2.179 kali

Kembali lagi bersama bibitbuahku.com, dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang hama dan penyakit pada buah Mangga Kiojay.

Siapa yang tidak kenal buah mangga? buah yang kaya akan serat, vitamin dan baik untuk kesehatab tubuh kita ini memang masih menjadi buah terpopuler nomer satu di Indonesia. Bersama dengan buah durian, jeruk, dan pisang, buah mangga menjadi komoditas yang punya nilai jual dan sasaran pasar atau konsumen yang jelas.

Salah satu buah mangga unggulan yang sedang menjadi perbincangan dari mulut ke mulut, adalah buah mangga kiojay. Perawakan buah yang raksasa, dan tidak lazim dari buah mangga biasanya, menjadikan buah ini lekas diminati. Terlebih dengan keunggulan-keunggulan lain seperti rasa yang manis bahkan sebelum matang sempurna, penanaman yang mudah, perawatan yang tidak memerlukan biaya lebih, hingga buah ini juga salah satu buah yang dapat ditanam dalam pot, atau tabulampot.

Dalam budidaya buah magga kiojay, kita juga harus memperhatikan satu dan lain hal yang diprediksi dapat memperlambat pertumbuhan atau dapat mengurangi nilai produksi. Salah satunya adalah hama dan penyakit. Penanggulangan hama dan penyakit menjadikan kita harus mengenal ham apa saja yang biasanya menyerqang agar kita bisa melakukan cekking tanaman dengan maksimal.

Nah, kesermpatan ini, kami akan mengajak kamu belajar bareng tentang apa saja sih hama dan penyakit yang biasanya mengurangi atau menghambat pertumbuhan buah mangga kiojay. Mari,….

Hama dan Penyakit Pada Buah Mangga Kiojay

HAMA DAN PENYAKIT PADA BUAH MANGGA KIOJAY

HAMA DAN PENYAKIT PADA BUAH MANGGA KIOJAY

1. Wereng Mangga

Hama dan Penyakit Pada Buah Magga Kiojay yang pertama adalah wereng mangga. dapat merusak tanaman dengan cara mengisap cairan bunga yang baru mekar. Akibatnya, bunga lekas kering dan mudah mati. Biasanya, serangan ini terjadi pada saat tanaman di fase perpanjangan tunas. Biasanya, hama ini dapat menggenggu penyerbukan dan pembuahan buah.
Wereng ini memiliki warna tubuh abu-abu kecoklatan, dengan ukuran tubuh relatif kecil yakni 0,2- 03 mm. Segara pangkas bagian organ tanaman yang terkena hama dan penyakit ini, atau bisa juga menyemprotkan pestisida sebagai pencegahan.

2. Hama Penggerek

Hama dan penyakit pada tanaman buah mantgga kiojay selanjutnya adalah hama penggerek. Hama ini biasanya menyerang pada bagian organ tanaman, seperti pucuk tanaman, buah tanaman, hingg batang tanaman.
Penggerek yang menyerang pucuk tanaman biasanya menyebabkan tunas daun atau malai bunga cepat layu. Akibatnya, transportasi unsur hra dan nutrisi menjadi perlahan-lahan terhenti kemudian mati.
Sedangkan penggerek pada buah tanaman memiliki panjang tubuh dewasa kira-kira 1,6 sampai 2 mm. Ulatnya berwarna hijau keunguan dan menyerang buah yang masih ranum hingga agak matang. Hama ini idealnya meninggalkan bekas kotoran sehingga menjadikan buah pecah, dengan cara menggerek biji buah. Hama ini sangat merugikan karena dapat membuat buah menjadi cepat busuk. Terlebih lagi, lubang hasil gerekan, dapat mengundang banyak penyakit lain pada tanaman.
Penggerek pada batang tanaman dapat menyebabkan tanaman mati. Gejala awal dapat terlihat dengan banyaknya lubang-lubang kecil disertai dengan keluarnya kotoran pada batang tanaman. Pengendalian hama ini dapat dilakukan dengan langsung memetik dan menghanguskan bagian tanaman yang terpapar hama agar tidak menyerang ke bagian organ tanaman buah mangga kiojay yang lain.

3. Kutu Putih

Hama dan penyakit pafa tanaman buah mangga kiojay selanjutnya adalah kutu putih. Kutu ibu memiliki bentuk tubuh oval, datar, serta tertutup lapisan tebal seperti lilin. Kutu ini sering hinggap di organ daun dan suka menghisap cairan sel daun.. Akibatnya, daun menjadi tampak bercak kuning kotor. Pada serangan yang luar biasa, dapat menyebabkan daun menjadi nampak berwarna putih dengan penuh kutu putih.
Pengendalian hama ini dapta dengan cara memotong dan memangkas daun yang terdapat koloni kutu putih lalu membakarnya. Apabila terlihat cukup parah, dapat dilakukan dengan pemangkasan total serta menyemprotkan obat anti hama yang sesuai.

4. Kepik dan Tungau

Kepik dan tungau merupakan hama dan penyakit pada tanaman buah mangga kiojay selanjutnya. Hama ini biasanya masuk sampai ke dalam buah. Pengendalian hama ini dapat menggunakan cara biologis yakni menggunakan semut merah, agar kepik dan tungau tidak bertelur di dalam buah. Pengendalian lain dapat dengan membrongsong buah dengan jaring yang mata jaringnya berdiameter besar sehingga tidak menghalangi paparan sinar matahari.

5. Thrips Mangga

Hama dan penyakit tanaman buah mangga kiojay selanjutnya adalah thrips. Hama ini sering disebut thrips bergaris merah karena terdapat gasris-garis merah pada segmen perut hama tersebut. Hama ini dapat menyerang daun muda serta sering menghisap cairan epidermis pada daun dan buah. Akibatnya, daun menjadi tampak seperti terbakar, dan ujung daun menggelinting,

6. Penyakit Yang Disebabkan Oleh Jamur

Hama dan penyakit yang biasanya menyerang pada tanaman buah mangga kiojay selanjutnya adalah gleosporiumj, cendawan jelaga, juga diplodia. Penyakit ini disebabkan oleh jamur yang menyerang pada bunga dan daun. Akibatnya, buah mangga kiojay akan mudah busuk meski masih sangat muda. Pengendalian hama dan penyakit ini dapat dilakukan dengan cara inseksida atau tepung belerang.

7. Bercak Karat Merah

Bercak karat merah adalah hama dan penyakit tanaman buah kiojay selanjutnya. Penyakit ini idealnya menyerang pada daun, ranting, batang dan buah, bahkan hampir seluruh organ tanaman yang kemudian menjadikan organ tanaman nampak bercak berwarna merah. Penyakit ini tentu sangat menghambat proses pertumbuhan juga pembuahan tanaman buah mangga kiojay. Lakukan pemangkasan tearatur jika terjadi tanda-tanda pada tanaman buah mangga kiojay kamu untuk pengendalian.

8. Kudis Buah

Penyakit kudis buah disebabkan oleh Elsinoe Mangifera. Sebuah jamur yang dapat menyebabkan bunga, buah, ranting, dan daun terlihat bercak berwarna kuning yang akan berubah menjadi abu-abu. Kudis buah dapat menyebabkan bunga gugur berjatuhan sehingga pembuahan tidak akan terjadi.

9. Antraknose

Antraknose merupakan penyakit yang hampir menyerang seluruh anggota organ tanaman. Mulai dari daun, bunga, ranting, dan buah. Penyakit ini dapat menyebabkan bintik-bintik hitam. Pada penyerangan serius, dapat menyebabkan gagal panen. karena tanaman akal gagal berbuah, sebab bunga akan berguguran dan mati.

10. Blendok

Hama dan penyakit pada tanaman buah mangga kiojay terakhir adalah blendok. Penyakit disebabakan oleh jamur yang dibuat oleh kumbang. Biasanya muncul di lubang-lubang yang mengeluarkan getah atau beldok. Getah inilah yang kemudian berubah warna menjadi kecoklatan bahkan menjadi hitam. Gunakan kapas yang dicelupkan di aciran inseksida untuk menutup luka agar blendok mudah teratasi.

 

 

 

Tags: , , ,

Bagikan ke

Diposting oleh

jual bibit tanaman buah berkualitas dan bergaransi

10 HAMA DAN PENYAKIT PADA BUAH MANGGA KIOJAY

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

5 Cara Penanaman Alpukat Miki
11 Maret 2020

kali ini kita akan membahas mengenai cara penanaman Alpukat Miki yang baik, langsung saja kita bahas di artikel ini. Buah... selengkapnya

Cara Mengatasi Hama Pohon Tin Yg Selalu Mengintai : Penggerek Batang & Siput
7 Maret 2017

Cara Mengatasi Hama Pohon Tin Yg Selalu Mengintai : Penggerek Batang & Siput – Cara paling efektif untk mencegah serangan... selengkapnya

7 KEUNGGULAN KELENGKENG MATALADA
18 April 2020

Bersama kami di artikel Bibitbuahku. Pada kesempatan ini kita mengajak anda untuk membahas tentang apa saja keunggulan Kelengkeng Matalada. Buah... selengkapnya

6 TIPS PERAWATAN PADA TANAMAN BUAH MANGGA MANALAGI
5 Mei 2020

Buah mangga merupakan buah yang paling populer bagi lintas kalangan. Sangkin populernya, dalam kitab weda umat hindu saja disebutkan kalau... selengkapnya

Cara Menanam Mamey Sapote Dalam Pot
10 Desember 2019

Tabulampot Mamey Sapote saat ini tanaman mamey sapote memang sedang banyak dicari. Selain bentuknya yang unik dan besar, tanaman buah... selengkapnya

Durian Terlezat di Tanah Minang
17 Maret 2017

Setengah abad Sumatera Barat terbukti gudang durian nan lamak bana – Des Mayanti bergegas memilih dan menyodorkan durian berkulit cokelat... selengkapnya

Langsing Karena Delima
21 Maret 2017

Agatha Surakso mencapai bobot ideal setelah meminum rebusan kulit buah delima Agatha Surakso rutin mengonsumsi kulit delima 2—3 kali sepekan... selengkapnya

Budiaya Lemon di Indonesia
16 Maret 2017

Budiaya Lemon di Indonesia – Agus Roma Riswanto kewalahan memenuhi tingginya permintaan jeruk lemon, hingga 5 ton per hari. Pemasok... selengkapnya

Mengapa Stroberi Berwarna Putih Banyak Diminati
9 Maret 2017

Mengapa Stroberi Berwarna Putih Banyak Diminati – Buah stroberi putih bersih itu bagai daya pikat yg merenggut sorotan pengunjung pasar malam... selengkapnya

7 LANGKAH PENANAMAN KELENGKENG MERAH DI DALAM POT
21 April 2020

Lagi-lagi bersama kami, kali ini kita akan mengulas tentang langkah penanaman kelengkeng merah di dalam pot. Kelengkeng merah, atau biasa... selengkapnya

10 HAMA DAN PENYAKIT PADA BUAH MANGGA KIOJAY

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

yaniz
● online
yaniz
● online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: