Beranda » Blog » 6 TIPS PERAWATAN PADA TANAMAN BUAH MANGGA MANALAGI

6 TIPS PERAWATAN PADA TANAMAN BUAH MANGGA MANALAGI

Diposting pada 5 Mei 2020 oleh bibit buah / Dilihat: 1.346 kali

Buah mangga merupakan buah yang paling populer bagi lintas kalangan. Sangkin populernya, dalam kitab weda umat hindu saja disebutkan kalau buah mangga adalah “hidangan para dewa”. Salah satu tanaman buah mangga lokal unggulan adalah tanaman buah mangga manalagi. Terlihat dari namanya saja, buah mangga ini tidak cukup jika dinikmati satu buah saja, dan pastinya bikin nagih lagi, dan lagi.

Jenis tanaman buah mangga manalagi memiliki ciri khas dengan bintk bintk kecil putih alami lebih banyak di seluruh kulitnya yang berwarna hijau. Buah ini dapat tumbuh dengan baik dengan elevensi optimal 300 mdpl dengan curah hujan kisaran 750 sampai 2.250mm per tahunnya. Buah mangga manalagi sangat cocok ditanam di tanah yang gembur dengan kandungan pasir dan lempung yang seimbang. Lalu, memliki pH tanah antara 5- 5,6 dengan temperatur suhu 24 – 27 derajat Celcius. Kemudian , tanah nya memiliki kedalaman air tanah antara 50 cm sampai 150 cm.

Dalam budidaya tanaman buah mangga manalagi , kita tidak perlu melakukan perlakuan yang khusus, cukup berikan perawatan dasar yang optimal dengan penanaman yang benar, maka, tanaman buah mangga manalagi dapat tumbuh dengan subur dan baik.

Berikut ini beberapa tips perawatan pada tanaman buah mangga manalagi yang suka bikin nagih itu. Mari, simak….

Tips Perawatan Pada Tanaman Buah Mangga Manalagi Yang Suka Bikin Nagih

PERAWATAN PADA TANAMAN BUAH MANGGA MANALAGI

PERAWATAN PADA TANAMAN BUAH MANGGA MANALAGI

1. Memastikan Tanaman Mendapatkan Sinar Matahari Yang Penuh

Tips perawatan pada tanaman buah mangga manalagi yang pertama adalah memastikan tanaman mendapatkan sinar matahar yang penuh. Hal ini didasari karena sinar matahari merupakan kompnen penting dalam pertumbuhan tanaman, proses fotosintesis pada tanaman, juga proses respirasi pada tanaman. Sinar matahari sangat berpengaruh bagi tumbuh kembang tanaman buah mangga manalagi.

Penyinaran oleh sinar matahari juga dapat mempercepat proses pembuahan dan proses kematangan buah. Di lain sisi, sinar matahari sangat efektif mengusir penyakit.

2. Membuat Sistem Drainase Yang Sehat dan Sempurna

Tips perawatan pada tanaman buah mangga manalagi yang selanjutnya adalah membuat drainase yang sehat dan sempurna. Drainase merupakan sistem pengairan atau sistem irigasi pada lahan tanam yang berkenaan langsung dengan efek tanaman itu sendiri. Sistem irigasi atau drainase yang baik sangat membantu untuk menjaga kestabilan kadar air pada media tanam di area lahan. Sistem drainase yang baik akan menjaga tanah tetap basah dengan porsi yang pas dan seimbang. Jika musim hujan, air tidak akan membanjiri tanaman, dan pada saat musim kemarau, tanah juga tidak akan retak-retak karena terlalu kering.

Drainase yang baik juga menjaga kesehatan pada tanaman, sehingga tanaman juga tidak mudah terserang hama dan penyakit.

3. Kombinasi Penyiraman, Pemupukan, dan Pemangkasan Yang Ideal dan Berjenjang

Tips perawatan pada tanaman buah mangga manalagi yang selanjutnya adalah kombinasi penyiraman, pemupukan, serta pemangkasan pada tanaman yang ideal dan berjenjang. Maksudnya adalah sesuai dengan tahapan ataupun dosis yang dianjurkan. Siram tanaman setidak-tidaknya satu sampai dua kali dalam sehari tiap pagi dan juga sore hari.

Selanjutnya, kamu dapat memberikan pupuk secara berkala. Usahakan menggunakan pupuk organik yang ramah lingkungan, dan menggunakan pupuk kimia sebagai pilihan opsi terakhir. Berikan pupuk kotoran hewan, disarankan menggunakan kotoran domba, setiap tiga bulan sekali. Lakukan teratur dengan dosis yang sesuai. Usahakan kamu menggunakan pupuk yang sudah kering atau sudah difermentasi. Jika pupuk yang kamu gunakan masih basah, jangan dicampur dengan media tanam, karena akan mengakibatkan organ tanaman berupa daun mengering dan mudah mati. Jika menggunakan pupuk kandang yang masih basah, Cukup taburkan saja di sekitar tanaman, namun dengan jarak jangan terlalu dekat dengan pangkal batang. Beri pupuk pada awal- awal pertumbuhan satu bulan sekali. Saat tanaman sudah menginjak umur 2 tahun ke atas, kamu dapat memberkan pupuk tiap 3 -4 bulan sekali, atau sesuaikan dengan dosis yang dianjurkan.

Kemudian, lakukan pemangkasan. Pemangkasan dilakukan dengan beberapa tahapan dengan menggunakan rumus cabang 1 – 3 – 9. Beberapa tahapan tersebut diantaranya pada saat tanaman berumur satu tahun setelah masa tanam, dan dilakukan pada saat musim penghujuan, pemangkasan dapat dilakukan dengan cara memotong batang setinggi 50 sampai 60 cm dari pemukaan tanah. Dari pemangkasan tersebut akan rumbuh cabang yang akan dipelihara yakni tiga cabang dengan arah yang menyebar.

Selanjutya dilakukan pada ketiga cabang yang sudah tumbuh tadi. Tunggu hingga umurnya mencapai 2 tahun. Pangkas lalu sisakan 1 – 2 ruas. Tunas yang akan tumbuh masing-masing cabang pelihara cukup tiga tunas saja, sisanya bisa kamu pangkas.

4. Penggemburan dan Pembumbunan Tanah

Tips perawatan pada tanaman buah mangga manalagi yang selanjutnya adalah penggemburan dan pembubunan tanah. Penggemburan tanah bisa dengan mencangkul secara hati- hati area tanah yang tidak ditumbuhi tanaman, beserta mencabut gulma parasit.

Pembumbunan merupakan kegiatan menimbun tanan pada pangkal rumpun tanaman buah mangga manalagi. Perlu kita ketahui, tanah yang berada di sekitar tanaman kadang-kadang terkikis karena efek erosi air, baik itu erosi air irigasi, maupun air hujan. Hal itu membuat tanah yang berada di sekitar tanaman menjadi kurang mampu dalam menopang tegaknya tanaman.

Pembubunan dapat dilakukan dengan cara menimbunkan tanah pada bagian atas permukaan tanaman buah mangga manalagi hingga menutup pangkal batang pohon yang dekat dengan akar.

5. Meningkatkan Kualitas Buah

Tips selanjutnya dalam perawatan pada tanaman buah mangga manalagi adalah meningkatkan kualitas buah dengan penggunaan hormon parangsang buah. Biasanya, dari sebagian besar bunga yang muncul, kadang- kadang 0,3% yang dapat menjadi buah yang dapat dipetik. Dengan demikian, untuk meningkatkan persentase ini, kamu dapat menggunakan hormon perangsang buah. Tdak apa-apa asal pengunaannya sesuai dengan dosis. Dengan demikian, persentase pembentukan pada buah yang dapat dipanen dapat dengan efektif ditingkatkan menjadi 1,3%.

6. Memperhatikan Panen dan Pasca Panen

Tips selanjutnya dalam perawatan pada tanaman buah mangga manalagi adalah memperhatikan panen dan pasca panen pada tanaman buah mangga manalagi. Idealnya, buah mangga manalagi siap dipetik pada saat berumur 80-85 hari setelah bunga mekar. Setelah memanen, jangan lupa untuk mensortir dan menyimpannya di tempat yang kering dan sejuk.

Tags: , , ,

Bagikan ke

Diposting oleh

jual bibit tanaman buah berkualitas dan bergaransi

6 TIPS PERAWATAN PADA TANAMAN BUAH MANGGA MANALAGI

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Alpukat Wina Merupakan Alpukat Jumbo dari Jawa Tengah
22 Maret 2017

Alpukat Wina Merupakan Alpukat Jumbo dari Jawa Tengah – Produktivitas 60—80kg per panen. Bandungan, menjadi sentra alpukat. Warga menanamnya di halaman rumah.... selengkapnya

Tabulampot Belimbing Mudah Dibuat dan Mudah Berbuah
7 Oktober 2017

Tabulampot belimbing adalah judul yang akan kami bahas dalam artikel kali ini. Buah belimbing tentu tak asing bagi masyarakat Indonesia... selengkapnya

Penyuburan Tanah Dengan Pupuk NPK
3 Maret 2017

Penyuburan Tanah Dengan Pupuk NPK – Tanaman merupakan salah satu makhluk hidup yang berada disekitar kita. Pastinya banyak dari kita... selengkapnya

Mangga Setahun Tiga Kali Panen
15 Maret 2017

Mangga Setahun Tiga Kali Panen –  Mangga Agrimania, merupakan mangga juara Lomba Buah Unggul Nasional 2014, siap menyaingi R2E2, mangga... selengkapnya

Cara Membuat Kaki Ganda Tanaman Buah
6 Desember 2017

Membuat Kaki Ganda – Pamelo bageng yang terkenal akan rasa daging buah yang manis dan memiliki daging berwarna merah muda. Jeruk... selengkapnya

10 Jenis Tanaman Buah Yang Cocok Ditanam Dalam Pot
21 April 2022

10 Jenis Tanaman Buah Tabulampot – Di daerah perkotaan ketersediaan lahan yang sedikit atau lahan yang sempit merupakan masalah utama... selengkapnya

7 KEUNGGULAN KELENGKENG MATALADA
18 April 2020

Bersama kami di artikel Bibitbuahku. Pada kesempatan ini kita mengajak anda untuk membahas tentang apa saja keunggulan Kelengkeng Matalada. Buah... selengkapnya

Cara Jitu Mengatasi Masalah Busuk Buah pepaya
8 Maret 2017

Pohon buah pepaya mudah terkena serangan penyakit layu akibat Erwinia papayae. Wabah itu bermula dr sebuah noktah kecil berwarna hitam... selengkapnya

7 Hama dan Penyakit Alpukat Miki Yang Dapat Menghambat Pertumbuhan Tanaman
28 Februari 2020

Pertama kami akan mengulas tentang  Hama dan Penyakit Alpukat Miki. Mari simak artikel berikut ini Alpukat Miki merupakan salah satu... selengkapnya

Manfaat Kulit Jeruk Bali Untuk Tulang
21 Maret 2017

Manfaat Kulit Jeruk Bali Untuk Tulang – Kulit jeruk bali dapat tingkatkan kepadatan tulang, Lawan Sepadan Tulang Rapuh. Berjongkok aktivitas yang... selengkapnya

6 TIPS PERAWATAN PADA TANAMAN BUAH MANGGA MANALAGI

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

yaniz
● online
yaniz
● online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: