Beranda » Blog » 7 TAHAP BERCOCOK TANAM TANAMAN BUAH MANGGA HARUM MANIS DI DALAM POT

7 TAHAP BERCOCOK TANAM TANAMAN BUAH MANGGA HARUM MANIS DI DALAM POT

Diposting pada 29 April 2020 oleh bibit buah / Dilihat: 836 kali

Kembali lagi di Bibitbuahku, Pada kesempatan ini kita akan mengulik tentang tahap bercocok tanam tanaman buah mangga harum manis di dalam pot.

Salah satu jenis mangga lokal unggulan adalah mangga harum manis. Seperti namanya, mangga harum manis memiliki aroma yang harum lengkap dengan rasa yang manis pada saat kematangan yang sempurna. Rasa dan aromanya yang khas, menjadikannya tetap populer serta salah satu buah lokal unggulan yang tetap eksis. Permintaan konsumen tidak pernah turun sepanjang tahun. Bila sudah memasuki musim panen, harga jualnya dapat melonjak tinggi.

Buah dengan rata-rata beratnya mencapai 500 gram atau setara dengan setengah kilo ini, memiliki bentuk lonjong dengan ujung agak runcing. Kulit buahnya berwarna hijau tua dengan berlapis lilin alami sebagai pelindung diri, dan akan tetap berwarna hijau meski buahnya telah matang. Rasanya yang manis, membuatnya seolah-olah memiliki kandungan madu. Vitamin C yang terkandung dalam mangga harum manis juga cocok untuk meningkatkan sistem imun, lo.

Vitamin C, memiliki kemampuan dapat meningkatkan produksi sel darah putih, sebagai kunci untuk memerangi infeksi di tengah-tengah pandemi virus Covid-19 ini. Dengan mengkonsumsi mangga harum manis yang mengandung vitamin C yang cukup, maka dapat membantu menambah sistem imun yang kemudian dapat menekan pertumbuhan bakteri juga pertumbuhan virus apapun.

Keunggulan lain dari tanaman buah mangga harum manis adalah produktivtasnya yang tinggi, yakni tiap kali panen, bsa mencapai 54 kilgram tiap batang pohonnya. Keren, kan? Dengan penanaman yang baik, dan perawatan yang maksimal, hasil budidaya tanaman buah mangga harum manis pastinya akan menguntungkan, karena pamor buah ini masih tetap eksis sepanjang tahu, loo.

Tahukah kamu? kalau jenis mangga harum manis ternyata bisa ditanam di dalam pot, lo. Seperti yang kita ketahui bersama, tidak semua jenis buah dapat ditanam di dalam pot. Tren tabulampot juga akhir-akhir ini sedang merebak karena sempitnya lahan, dan dambaan memiliki rumah minimalis dan sehat meeupakan impian bagi masyarakat milenial, saat ini.

Berikut tahap bercocok tanam tanaman buah mangga harum manis di dalam Pot yang menyenangkan juga menguntungkan. Monggoh….

Tahapan Bercocok Tanam Tanaman Buah Mangga Harum Manis Di Dalam Pot

TAHAP MENANAM MANGGA HARUM MANIS DI DALAM POT

TAHAP MENANAM MANGGA HARUM MANIS DI DALAM POT

1. Memilh Pot

Tahapan bercocok tanam di dalam pot yang pertama adalah memilih pot. Untuk tanaman buah mangga harum manis, gunakan pot dengan diameter 60 cm, dengan tinggi minimal 30 cm. Pilih pot yang berasal dari plastik, ban bekas, kaleng cat bekas, ataupun drum bekas. Jangan lupa untuk melubangan dasar pot agar memudahkan air mengalir saat menyirami tanaman sehingga air tidak tertimbun dalam pot. Lubang pada dasar pot juga berfungsi sebagai drainase mini.

Buat lubang pada dasar pot dengan ukuran yang pas. Idealnya, jika kamu menggunakan pot dengan diameter 60 cm, kamu dapat membuat lubang pada dasar pot dengan diameter 5 – 6 cm. Masukan beberapa pecahan genting dan pecahan batu bata sedikit saja di bagian dalam dasar pot. Ini membantu untuk proses penyerapan dan sebagai sistem drainase mini pada pot.

2. Menyiapkan Media Tanam

Tahapan bercocok tanam di dalam pot yang selanjutnya adalah menyiapkan media tanam. . Media tanam dapat berupa tanah yang sudah digemburkan serta campuran antara pupuk kompos yang sudah difermentasikan atau sudah kering, sekam, sedikit pasir serta sedikit kapur dolamit. Skala perbandingan antara tanah yang gembur dengan campuran pupuk kompos tadi antara 50% : 50%. Pupuk kompos yang sudah kering berfungsi sebagai nutrisi tambahan, sedikit sekam dapat membantu proses penyerapan air dari tanah melalui akar, dan sedikit kapur dolomit berfungsi sebagai penetralisir pH tanah. Gunakan kapur dolomit dan sekam sedikit saja. Secukupnya, kira-kira sejumput tangan saja.

Untuk hasil yang lebih baik, Sebelumnya, diamkan campuran media tanam tersebut selama satu sampai dua minggu sebelum dimasukan ke dalam pot.

3. Memilih dan Menanam Bibit Dalam Pot

Tahapan bercocok tanam di dalam pot yang selanjutnya adalah memilih bibt dan menanamnya di dalam pot. pilih bibit tanaman yang unggul. Pilih bibit dengan daun yang segar, batang yang kokoh dan perakarannya yang basah serta banyak. Pilih bibit yang benar-benar sehat dan tidak menimbulkan gejala-gejala terserang hama maupun penyakit tanaman apapun.

Kemudian, Taruh bibit tepat di tengah-tengah dalam pot, masukan media tanam yang sudah disiapkan tadi, lalu tekan perlahan hingga bibit dapat berdiri tegak. Gunakan ajir atau kayu penyangga bila perlu. Ajir di sini berfungsi untuk membantu menstabilkan serta menjaga tanaman agar dapat tumbuh tegak dan lurus. Ikat ajir dengan tali rafia, namun jangan terlalu erat maupun terlalu kendor. Sedang-sedang saja. Gunakan ajir pada taun taun pertama. Jika dirasa tanaman sudah cukup kuat, kamu dapat mencabut ajir tersebut.

Setelah bibit sudah tertanam, siram sedikit menggunakan air. Jangan lupa taruh pot di area yang cukup mendapatkan sinar matahari.

4. Menyiram Tanaman

Tahapan bercocok tanam di dalam pot yang selanjutnya adalah menyirami tanaman. Penyiraman dilakukan minmal dua kali sehari dengan ukuran rata-rata 1- 2 gayung pada tiap tiap pot yang berisi tanaman. Pada saat musim hujan, kamu bisa mengurangi intensitas penyiraman, berbeda dengan pada saat musim kemarau, kamu bisa sesekali menambah sedikit intensitas penyiraman namun tetap pada tataran yang cukup.

5. Pemberian Pupuk

Tahapan bercocok tanam di dalam pot yang selanjutnya adalah memberikan pupuk pada tanaman buah mangga harum manis. Berikan pupuk kandang pada media tanam tiap dua bulan sekali, dengan menyebarkan secara merata area media tanam di sekeliling tanaman di dalam pot.

6. Memanen Buah

Tahapan bercocok tanam di dalam pot yang selanjutnya adalah memanen buah saat buah sudah matang. Buah mangga harum manis yang sudah matang memiliki ciri khas bagian pangkal buah telah membengkak rata, lalu warnanya akan berubah menjadi perlahan-lahan menguning. Apabila buah dipanen sebelum matang, maka rasa manisnya akan terasa kurang maksimal, bahkan cenderung asam.

Idealnya, tanaman buah mangga harum manis dapat dipanen pada saat usia 4-5 bulan setelah bunga mekar. Biasanya tanaman buah mangga harum manis mekar pada bulan-bulan Juli – Agustus, dan buah akan matang serta siap panen pada bulan September – Oktober. Saat itulah musim panen buah mangga harum manis.

7. Mengganti Media Tanam

Tahapan bercocok tanam di dalam pot yang selanjutnya adalah menggant media tanam. Kamu bisa mengganti media tanam di dalam pot tiap 4 – 5 tahun sekali untuk menjaga kandungan nutrisi pada tanah yang digunakan sebagai media tanam dalam bercocok tanam di dalam pot.

Baca artikel kami lainya tentang :6 Kunci Budidaya Mangga Harum Manis

Tags: , , , ,

Bagikan ke

Diposting oleh

jual bibit tanaman buah berkualitas dan bergaransi

7 TAHAP BERCOCOK TANAM TANAMAN BUAH MANGGA HARUM MANIS DI DALAM POT

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Cara Menanam Mamey Sapote Dalam Pot
10 Desember 2019

Tabulampot Mamey Sapote saat ini tanaman mamey sapote memang sedang banyak dicari. Selain bentuknya yang unik dan besar, tanaman buah... selengkapnya

Tabulampot Jambu Air Mudah Berbuah dan Lebih Manis
9 Oktober 2017

Tabulampot jambu air dalam budidaya jambu air merupakan alternatif yang tepat. Selain menghemat lahan, tanaman di dalam pot pun dapat... selengkapnya

Penyuburan Tanah Dengan Pupuk NPK
3 Maret 2017

Penyuburan Tanah Dengan Pupuk NPK – Tanaman merupakan salah satu makhluk hidup yang berada disekitar kita. Pastinya banyak dari kita... selengkapnya

6 TIPS PERAWATAN PADA TANAMAN BUAH MANGGA MANALAGI
5 Mei 2020

Buah mangga merupakan buah yang paling populer bagi lintas kalangan. Sangkin populernya, dalam kitab weda umat hindu saja disebutkan kalau... selengkapnya

6 PERAWATAN IDEAL PADA TANAMAN BUAH KELAPA GENJAH ENTOK
13 Mei 2020

Tanaman buah kelapa memang memiliki banyak sekali manfaat, mulai dari daunnya yang memiliki tulang daun sejajar, hingga akar tanaman yang... selengkapnya

Keunggulan Alpukat Kendil yang Harus Anda Ketahui
1 Mei 2019

Keunggulan Alpukat Kendil yang Harus Anda Ketahui – Beberapa Keunggulan Alpukat Kendil dan Manfaatnya untuk Tubuh! Alpukat Kendil adalah salah... selengkapnya

Mengatasi Masalah Penyakit Tanaman Durian
25 Maret 2017

Mengatasi Masalah Penyakit Tanaman Durian – Dua hambatan besar mengebunkan musang king, serangan kanker batang dan pecah buah. Terdapat beragam solusi... selengkapnya

Perkembangan Pohon Tin Di Luar Negeri dan Di Indonesia
9 Maret 2017

Perkembangan Pohon Tin Di Luar Negeri dan Di Indonesia – Perancis membuahkan 4.000 ton buah tin per th. sejumlah 2.000 ton... selengkapnya

Manfaat Buah Tin Si Buah Surga
26 Juli 2016

Manfaat Buah Tin – Buah Tin atau Buah Ara merupakakan buah yang mempunyai banyak manfaat. Jenis tanaman Tin/ Ara/Fig ini... selengkapnya

7 KEUNGGULAN TANAMAN KELAPA PANDAN WANGI
6 April 2020

Masih bersama kami, Bibit buahku. Pada kesempatan ini kita akan mengulik tentang keunggulan tanaman Kelapa Pandan Wangi.  Kelapa pandan wangi... selengkapnya

7 TAHAP BERCOCOK TANAM TANAMAN BUAH MANGGA HARUM MANIS DI DALAM POT

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

yaniz
● online
yaniz
● online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: