Beranda » Blog » 11 HAMA DAN PENYAKIT PADA POHON KELAPA PANDAN WANGI

11 HAMA DAN PENYAKIT PADA POHON KELAPA PANDAN WANGI

Diposting pada 21 April 2020 oleh bibit buah / Dilihat: 2.469 kali

Masih di artikel tentang bibit buah terbaik, Bibitbuahku. Kali kita akan membahas tentang hama dan penyakit pada pohon kelapa pandan wangi.

Kelapa pandan wangi merupakan komoditas atau jenis kelapa yang men jadi primadona baru. Selain karena terkenal dengan aromanya yang khas, yakni wangi pandan, daging buahnya yang tipis namun lembut saat ditelan menjadi keunggulan tersendiri bagi penikmat buah. Kandungan B kompleks serta kaya akan vitamin dan zat antioksidan membuat kelapa pandan wangi efektif menjadi obat herbal serta olahan produk kecantikan. Kelapa pandan wangi baik untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh, mengmebalikan ion-ion yang hilang karena beraktivitas, menurunkan demam, hingga baik untuk menurunkan badan, serta aman jika dikonsumsi setiap hari.

Dalam budidaya kelapa pandan wangi, penanaman yang baik, perawatan yang tepat dan ideal saja tidak cukup agar hasilnya dapat optimal. Pengendalian hama dan penyakit juga perlu diperhatikan agar nantinya, hasilnya juga berkualitas. Pemilihan bibit yang unggul juga tidak kalah penting untuk hasil yang unggul dan berkualitas pula.

Pada dasarnya, hama dan penyakit yang biasa menyerang pada pohon kelapa pandan wangi, sama dengan hama dan penyakit yang biasa menyerang pada pohon kelapa pada umumnya. Kultur tanaman yang sehat menjadi salah satu bagian untuk pencegahan hama dan penyakit. Selain itu, penggunaan hal-hal seperti pemupukan, penyiraman, dan pemangkasan jika perlu yang sesuai dengan porsi juga dapat menjadi bagian dalam hal pencegahan hama dan penyakit.

Berikut ini beberapa hama dan penyakit yang bisa menyerang pada pohon kelapa pandan wangi kapan saja.

Hama dan Penyakit Pada Pohon Kelapa Pandan Wangi

HAMA DAN PENYAKIT PADA POHON KELAPA PANDAN WANGI

HAMA DAN PENYAKIT PADA POHON KELAPA PANDAN WANGI

1. Hama Perusak Pucuk

Hama dan penyakit pada pohon kelapa pandan wangi adalah hama perusak pucuk. Hama perusak pucuk berupa kumbang. Jenis kumbangnya berupa kumpang nyiur serta kumbang sagu. Kumbang nyiur memiliki postur tubuh kecil, berukuran kisaran 20 – 40 mm dengan warna hitam serta terdapat cula pada kepalanya. Hama ini biasnya menyerang pada pohon pada usia tahun-tahun awal hingga pohon dewasa. Hama ini dapat menyebabkan lubang pada pelepah organ pucuk daun, ciri khasnya adalah janur pada pucuk pohon seperti diguntung segi tiga. Hama ini biasanya muncul pada sisa-sisa batang kelapa, maka pengendalian dengan sanitasi kebun terhadap sisa-sisa batang kelapa tersebut.

Sedangkan hama berupa kumbang sagu dengan nama ilmiyah Rhynchophorus Ferrugius dapat merusak pucuk hingga akar tanaman muda, batang, hingga tajuk tanaman. Gerekan hama ini pada pucuk, menyebabkan patah pucuk, kemudian liang gerekan kan mengeluarkan lendir berwarna merah kecoklatan.

2. Sexava

Hama dan penyakit pada pohon kelapa pandan wangi selanjutnya adalah Sexava atau belalang hijau atau coklat dengan ukuran tubuh 70 – 90 mm. Belalang ini dapat merusak organ daun pada pohon kelapa pandan wangi. Pada umunya, belalang ini akan menyerang pada saat musim kemarau tiba.

Hama sexava dapat mengekibatkan rusak daun muda, kulit buah, hingga organ bunga pada pohon kelapa pandan wangi. Pada serangan yang serius, hama belalang hijau atau coklat ini dapat menyebabkan daun kelapa tinggal tulang-tulang daun yang berupa lidi-lidinya saja.

Biasanya, pengendalian pada hama ini berupa kultur teknis, dengan menanam tanaman penutup pada tanah, atau menangkap belalang dengan perekat yang dicampur dengan Agrocide, HCL, yang dipasang di sekeliling organ batang pohon kelapa pandan wangi.

3. Ulat Artona

Hama dan penyakit pada pohon kelapa pandan wangi kemudian adalah ulat artona atau dengan nama ilmiyah Artona Catoxantha. Hama ini dapat menyebabkan tajuk tanaman kelapa menjadi nampak layu seperti terbakar. Ulat ini juga merusak daun kelapa dengan adanya lubang-lubang nampak seperti jendela kecil.

4. Ngengat Bunga Kelapa

Hama dan penyakit yang lain pada pohon kelapa pandan wangi adalah ngengat bunga kelapa. Hama jenis ini dapat merusak bunga, atau bakal buah dari kelapa pandan wangi. Ngengat ini dengan mudah dapat membuat lubang pada seludang bunga yang belum membuka, akibatnya, bunga akan mengeluakan getah yang akhirnya akan mudah rontok, bahkan sebelum proses pembuahan.

5. Ulat Tirathaba

Hama dan penyakit pada pohon kelapa pandan wangi selanjutnya adalah ulat tirathaba. Hama ini juga dapat merusak bunga, dengan ciri fisik berwarna coklat kotor bergaris-garis memanjang pada bagian punggung. Ulat ini memiliki ukuran tubuh 22 mm. Ulart ini dapat menyebabka lubang pada bunga, bahkan pembusukan pada bunga.
Segera lakukan pemangkasan pada organ bunga yang terkena hama agar tidak menular ke bagian organ tanaman yang lain. Selain itu, hama ini juga dapat dibersihkan dengan kultur teknis yang sehat, yakni dengan membersihkan pangkal daun kelapa pandan wangi dari pupa juga larva.

6. Busuk Tunas

Hama dan penyakit pada pohon kelapa pandan wangi selanjutnya adalah busuk tunas. Penyakit ini disebebkan oleh cendawan Phytophthora Palmivora Buttler. Biasanya, penyakit ini memiliki gejala daun-daun muda yang berada di tengah-tengah tajuk mengering, berubah warna menjadi coklat dan akan mudah patah pangkalnya. Pada keadaan darurat, pangkal tunas dapat membusuk sehingga menyebabkan terhentinya pertumbuhan pada titik tumbuh, sehingga menimbulkan kematian.

7. Sarang Laba-Laba

Hama dan penyakit pada pohon kelapa pandan wangi selanjutnya adalah sarang laba-laba. Sarang laba-laba merupakan julukan penyakit yang disebabkan oleh cendawan Corticium Panicillatum, yang mengakibatkan bercak-bercak kecil basah, umumnya berada di permukaan bawah daun tanaman kelapa muda. Bercak-bercak tersebut bisa berbentuk bulat-bulat sangat kecil, dengan diamter kurang dari 3mm dan bewarna coklat muda.
Bercak-bercak kecil tersebut dapat menyebar dengan cepat, kemudian menyatu berwarna coklat tua sehingga dapat menyebabkan nekrosis besar yang tidak beraturan. Penyakit ini dapat disegah dengan menjaga kelembapan tanaman serta drainase yang sehat.

8. Layu Natuna

Hama dan penyakit pada pohon kelapa pandan wangi kemudian adalah layu natuna. Biasanya penyakit ini disebabkan oleh jamur yang menyebabkan kelayuan secara tiba-tiba pada seluruh organ daun mahkota. Pada tahap selanjutnya, warna akan berubah menjadi kusam, lalu pelan-pelan kan berguguran. Penyakit ini dapat menyebabkan kematian, bahkan dengan cepat. Pada seuatu penelitian, penyakit ini dapat menyebabkan kematian 1-3 bulan sejak gejala awal mulai muncul.

Pencegahan penyakit ini dapat dilakukan dengan pengolahan tanah yang baik, pemeliharaan, pola pemupukan yang tepat, serta kultur tanam yang sehat.

9. Bercak Daun

Hama dan penyakit pada pohon kelapa pandan wangi kemudian adalah bercak daun. Penyakit ini disebabkan oleh cendawan ataupun jamur tertentu. Penyebaran penyakit ini melalui penyebaran spora lewat udara, air ataupun serangga.

Penyakit ini menyebabkan bercak-bercak pada organ daun tanaman berbagai bentuk rupa. Pada beberapa bagian, biasanya akan berubah bentuk warna, dari berwarna kuning bintik-bintik, hijau, atupun hitam dan coklat. Bagian yang bercak-bercak tersebut kemudian akan mudah kering dan layu karena jaringan tumbuhan yang mati.

Pada serangan yang hebat, daun-daun tanaman akan menutup, dan hampir seluruh mahkota akan terlihat kering dan layu. Akibatnya, buah-buah yang muda akan mudah gugur sebelum waktunya.

10. Rontok Buah

Hama dan penyakit pada pohon kelapa pandan wangi selanjutnya adalah rontok buah. Penyakit rontok buah disebebakan oleh cendawan Phythophthora Palmivora ini dapat mengakibatkan bagian pangkal buah membusuk, sehingga buah akan mudah rontok.
Pengendalian hama ini dapat dilakukan dengan pemupukan yang teratur dan bertahap, penyiraman yang rajin, terutama pada musim kemarau.

11. Busuk Akar

Hama dan penyakit pada pohon kelapa pandan wangi selanjutnya adalah busuk akar. Penyakit ini disebabkan oleh cendawan Ganoderma Lucidum, yang dapat membuat akar menjadi busuk. Biasanya, penyakit ini disebabkan pula oleh permukaan air tanah yang dangkal, drainase yang buruk, atau tata udaranya yang jelek, sehingga mengundang banyak jamur ataupun cendawan yang menyebabkan penyakit.

Tags: , , ,

Bagikan ke

Diposting oleh

jual bibit tanaman buah berkualitas dan bergaransi

11 HAMA DAN PENYAKIT PADA POHON KELAPA PANDAN WANGI

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Cara Budidaya Alpukat Aligator di Rumah!
30 April 2019

Cara Budidaya Alpukat Aligator di Rumah! Menanam alpukat di rumah, tentu saja, membutuhkan pengetahuan yang baik tentang tanaman buah ini,... selengkapnya

Kebun Sekolah Sebagai Media Pembelajaran dan Meningkatkan Gairah Belajar Siswa
4 Desember 2017

Kebun Sekolah – Anda di zaman sekarang di tiap sekolahan terdapat kebun murbei, anak-anak dan burung-burung berkicau sesuka mereka di sana.... selengkapnya

Cara Tepat dan Mudah Memanen Kurma Tropis
20 Maret 2017

Cara Tepat dan Mudah Memanen Kurma Tropis – Dalam membudiayakan kurma tropis, hal yang perlu diperhatikan adalah kapan baiknya buah... selengkapnya

6 CARA BUDIDAYA MANGGA KIOJAY YANG EFEKTIF MUSIM KEMARAU
21 Maret 2020

Kembali lagi bersama kami, dalam kesempatan kali ini kita akan mengulik perihal cara budidaya Mangga Kiojay yang efektif saat musim... selengkapnya

Dua Jambu Biji Unik
17 Maret 2017

Dua sosok jambu biji baru yang bersosok unik dan bercita rasa menarik – Semula Sinatra Hardjadinata berniat memorong pohon jambu biji... selengkapnya

Duo Jumbo: Tebal, Lebat
23 Maret 2017

Pohon mangga gajah umur tiga tahun sarat buah Mangga jumbo baru dan berbuah lebat: gajah dan watubuncul. Penampilan pohon setinggi... selengkapnya

6 Kelebihan Alpukat Aligator dan Manfaatnya | Besar, Tebal, Lezat, Mudah, Genjah dan Sehat
4 Mei 2019

Mengetahui Beberapa Kelebihan Alpukat Aligator dan Manfaatnya! Alpukat aligator adalah salah satu varian dari buah Avocado yang cukup unik. Ukurannya... selengkapnya

Perkembangan Pohon Tin Di Luar Negeri dan Di Indonesia
9 Maret 2017

Perkembangan Pohon Tin Di Luar Negeri dan Di Indonesia – Perancis membuahkan 4.000 ton buah tin per th. sejumlah 2.000 ton... selengkapnya

3 Jenis Jambu Air Warna Merah
7 September 2020

Jambu air adalah tanaman buah yang dapat tumbuh dengan baik jika ditanam di daerah beriklim tropis seperti di negara-negara Asia... selengkapnya

7 TAHAP BERCOCOK TANAM TANAMAN BUAH MANGGA HARUM MANIS DI DALAM POT
29 April 2020

Kembali lagi di Bibitbuahku, Pada kesempatan ini kita akan mengulik tentang tahap bercocok tanam tanaman buah mangga harum manis di... selengkapnya

11 HAMA DAN PENYAKIT PADA POHON KELAPA PANDAN WANGI

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

yaniz
● online
yaniz
● online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: