Beranda » Blog » 9 HAMA DAN PENYAKIT PADA TANAMAN BUAH KELENGKENG MATALADA

9 HAMA DAN PENYAKIT PADA TANAMAN BUAH KELENGKENG MATALADA

Diposting pada 29 April 2020 oleh bibit buah / Dilihat: 5.636 kali

Hello, berjumpa dengan kita di artikel Bibitbuahku, langsung saja kita bahas apa saja hama dan penyakit pada tanaman buah kelengkeng matalada.

Buah kelengkeng merupakan salah satu buah yang populer di Indonesia. Buah yang disebut-sebut sebagai kerabat dekat buah leci ini, memiliki rasa manis dan kandungan vitamin yang baik untuk tubuh kita. Salah satu jenis kelengkeng unggulan adalah varietas kelengkeng matalada. Kelengkeng jenis ini memiliki biji kecil seukuran biji mata lada. Dengan dagingnya yang tebal dan manis, menjadikan buah kelengkeng matalada cukup digemari oleh banyak orang.

Keunggulan lain dari kelengkeng matalada adalah sifatnya yang adaptif tumbuh di dataran rendah, berbeda dengan jenis kelengkeng pada umumnya yang dapat tumbuh dengan sangat subur di dataran tinggi dengan elevensi rata-rata 500 mdpl, dan optimum tumbuh subur dengan elevansi 10- 400 mdpl. Dalam budidaya kelengkeng matalada, intensitas cahaya matahari yang penuh sangat penting bagi pertumbuhan tanaman buah ini. Terutama pada saat tanaman sedang mengalami peroses berbunga dan berbuah. Selain untuk memenuhi kebutuhan nutrisi juga untuk memenuhi kebutuhan saat forosintesis, cahaya matahari juga efektif untuk mencegah datangnya hama dan penyakit.
Berbicara perihal hama dan penyakit, kita perlu mengetahui terlebih dahulu beberapa jenis hama dan penyakit yang biasa menyerang tanaman buah kelengkeng matalada agar dapat dengan mudah dalam pengendaliannya. Hama dan penyakit pada tanaman buah kelengkeng matalada sebenarnya sama dengan hama dan penyakit yang biasa menyerang pada jenis kelengkeng pada umumnya. Ini dia paparannya.

Hama dan Penyakit Kelengkeng Matalada

HAMA DAN PENYAKIT PADA TANAMAN BUAH KELENGKENG MATALADA

HAMA DAN PENYAKIT PADA TANAMAN BUAH KELENGKENG MATALADA

1. Trusuk

Hama dan Penyakit Kelengkeng matalada yang pertama adalah trusuk yang menyerang bagian batang tanaman. Trusuk menyerang dengan cara membuat lubang kemudian masuk ke dalam lubang tersebut. Batang yang terserang oleh hama trususk dapat terlihat dari perubahan warna daun menjadi kekuningan. Daun tersebut selanjutnya akan sangat rapuh dan mudah rontok, dan cabang-cabang akan menjadi kering. Pada penyerangan yang luar biasa, trusuk dan menyebabkan kematian pada pohon kelengkeng matalada.

Pencegahan dan pengendalian hama ini dapat dilakukan dengan kebiasaan atau kultur yang sehat dari pekebun. Yakni rajin dalam pemberian pupuk, dan mengecek tanaman juga bila perlu menyemprotkan pestisida. Usahakan penyemprotan pestisida pada waktu sore hari.

2. Penggerek Batang (Zeuzeta Coffeae Neitner)

Hama dan penyekait kelengkeng matalada selanjunta adalah Hama penggerek batang. Hama ini menyerang tanaman kelengkeng dengan cara mengebor kulit hingga ke bagian kambium batang kemudian mencurin kambiumnya. Apabila luas gerekan sudah melingkari batang, maka bagian atas tanaman akan mudah mengering dan mati.
Jika tanaman kelengkeng terserang hama ini, akan nampak cairan kemerah-merahan dari bekas gerekan disertai larva. Hama ini dapat menggenggy distribusi unsur hara dan air dari akar ke batang.

3. Penghisap Buah (Tessarotoma Javanica)

Pengisan Buah merupakan Hama dan Penyakit Tanaman Kelengkeng yang lain. Hama ini biasanya mengisap buah dengan meninggal kan bekas tususkan berwarna hitam pada buah. Buah akan terlihat keriput, karena hama tersebut dapat mengisap habis isis buah. Bahkan, pada penyerangan yang sempurna, banyak buah yang menjadi kopong atau tidak berisi. Hama ini jelas dapat menyebabkan penurunan produksi buah karena banyak buah yang menjadi busuk setelah terserang hama ini.

4. Kelelawar (Codot)

Hama dan penyakit tanaman buah kelengkeng matalada selanjutnya adalah Kelelawar. Kelelawar atau codot atau kalong adalah jenis hama yang sangat merugikan petani kelengkeng. Pada umumnya, kelelewar akan tertarik dengan harum aroma khas yang dikeluarkan oleh buah menjelah matang. Hama ini tidak hanya merusak dan buah, akan tetapi juga merontokkan bunga-bunga yang masih muda.

Hal umum untuk pencegahan hama ini adalah dengan membungkus buah dengan jaring atau plastik. Namun, pembungkusan buah ini lebih baik menggunakan jaring dengan mata jaring yang lebar, agar sinar matahari tetap dapat menerobos masuk, sehingga kulaitas buah tidak terpengaruh dan tanaman masih dapat melakukan fotosintesis seperti biasanya.

5. Bercak Gloesporium

Penyakit bercak Gloesporium adalah hama dan penyakit tanaman kelengkeng matalada selanjutnya. Hama ini merupakan sejenis jamur yang seringnya menyerang daun. Bila hama ini menyerang, awalnya akan ada bercak kecoklatan pada daun, kemudian bercak kecoklatan itu akan meluas hingga ke seluruh bagian tulang daun.
Segera pangkas daun jika terdapat gejala demikian agar tidak menyebar.

6. Bercak dan Pestalotia

Hama dan Penyakit kelengkeng matalada selanjutnya adalah bercak daun pestalotia disebabkan oleh jamur Pestalotia sp. Hama ini dapat menyebabkan tepi daun yang terinfeksi timbul bercak-bercak cokelat kelabu. Di pusat bercak-bercak tersebut, terdapat pula bintik-bintik halus berwama hitam.

7 .Bercak daun Fusarium

Hama dan Penyakit yang biasa menyerang tanaman Kelengkeng matalada selanjutnya adalah Bercak Daun Fusarium. Hal ini juga disebabkan oleh jamur yaitu jamur Fusarium sp. Penyakit ini menyerang organ tanaman pada bagian daun. Tanaman lengkeng matalada yang terserang penyakit ini tapan menyebabkan bercak-bercak yang tidak teratur pada daun tanaman.

8. Akar Putih

Hama dan Penyakit kelengkeng matalada selanjutnya adalah akar putih yang disebabkan oleh cendawan atau jamur Rigidoporus lignosus (Klotzch) Imazeki. Penyakit ini dapat menyerang tanaman kelengkeng matalada yang masih muda. Tanaman yang terkena penyakit ini akan membuat daun tampak menguning dan layu, kemudian mudah gugur dan mati. Kemudian, organ tanaman bagian akar tanaman yang terinfeksi akan busuk dan kering. Jika media tanam dibongkar, di permukaan akar akan terlihat benang-benang berwarna putih yang tumbuh seperti jala.

9. Akar Hitam

Hama dan Penyakit yang menyerang tanaman kelengkeng matalada selanjutnya adalah akar hitam disebabkan jamur Rosellinia bunodes. Penyakit ini dapat menyebabkan keberadaan miselium tipis berwarna hitam di permukaan akar. Infeksi akan menjalar ke bagian tanaman lain sehingga dapat membunuh tanaman.
Pencegahan dan pengendalian pada hama dan penyakit tanaman kelenkeng matalada paling sederhana dengan kultur tanam yang sehat dan bersih. Selain itu, perawatan tanaman juga perlu diperhatikan agar hasil dari budidaya tanaman kelengkeng new keistal menuai hasil yang maksimal. Bukankah ini hal yang paling kita impi-impikan?

Tags: , , ,

Bagikan ke

Diposting oleh

jual bibit tanaman buah berkualitas dan bergaransi

9 HAMA DAN PENYAKIT PADA TANAMAN BUAH KELENGKENG MATALADA

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Cara Pemupukan Jambu Air Madu Dheli Hijau
13 September 2020

Baca Juga : Cara Cepat Berbuah Jambu Air Madu Dheli Jambu air madu dheli hijau menjadi primadona bagi pencinta buah... selengkapnya

7 LANGKAH PENANAMAN KELENGKENG MERAH DI DALAM POT
21 April 2020

Lagi-lagi bersama kami, kali ini kita akan mengulas tentang langkah penanaman kelengkeng merah di dalam pot. Kelengkeng merah, atau biasa... selengkapnya

7 Hama dan Penyakit Alpukat Miki Yang Dapat Menghambat Pertumbuhan Tanaman
28 Februari 2020

Pertama kami akan mengulas tentang  Hama dan Penyakit Alpukat Miki. Mari simak artikel berikut ini Alpukat Miki merupakan salah satu... selengkapnya

Cara Mudah Membuahkan Anggur
22 Agustus 2020

Anggur adalah tanaman buah merambat yang termasuk dalam keluarga vitaceae. Memiliki bentuk bulat, berukuran kecil, dan warna yang menarik. Buahnya... selengkapnya

Menanam Pohon Tin di Greenhouse Solusinya Dari Serangan Karat Daun
6 Maret 2017

Tingkat produktivitas buah tin lebih maksimal berkat perlindungan dari air hujan. Greenhouse seluas 330 m² berbentuk terowongan itu tampak mewah.... selengkapnya

8 LANGKAH PENANAMAN KELENGKENG MERAH
29 April 2020

Pada kesempata ini, artikel kami akan membahas tentang langkah penanaman kelengkeng merah. Kelengkeng merah, atau biasa juga disebut dengan sebutan... selengkapnya

6 TAHAP-TAHAP PENANAMAN KELAPA PANDAN WANGI
6 April 2020

Kembali lagi bersama kami, kali ini kita akan membahas tentang tahap penanaman Kelapa Pandan Wangi. Sudah menjadi rahasia umum, jika... selengkapnya

Cara Agar Rasa Durian Manis Legit dengan Pupuk Organik Durian Buatan Sendiri
19 September 2017

Buah durain terkenal akan rasa manis dan legit. Namun, ketika lidah Anda menempel dan mulai menikmati buah durian yang tak... selengkapnya

Cara Menanam Kelapa Pandan Wangi yang Baik Dan Benar
28 Maret 2022

Menanam Kelapa Pandan Wangi – Kelapa pandan wangi adalah salah satu jenis kelapa yang berasal dari Thailand, buah kelapa yang... selengkapnya

Cara Merawat Jambu Madu Deli Hijau Agar Berkualitas Super : Manis, Renyah, Tanpa Hama dan Penyakit.
6 Maret 2017

Cara Merawat Jambu Madu Deli Hijau Agar Berkualitas Super – Tentu saja dengan perawatan yang baik dan maksimal akan menghasilkan jambu... selengkapnya

9 HAMA DAN PENYAKIT PADA TANAMAN BUAH KELENGKENG MATALADA

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

yaniz
● online
yaniz
● online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: