Beranda » Blog » Cara Budidaya Jambu Air Madu Dheli Hijau

Cara Budidaya Jambu Air Madu Dheli Hijau

Diposting pada 11 September 2020 oleh bibit buah / Dilihat: 510 kali
Cara Budidaya Jambu Air Madu Dheli Hijau

Cara Budidaya Jambu Air Madu Dheli Hijau

Jambu air madu dheli hijau saat ini sedang populer di kalangan pencinta jambu air Nusantara. Buah yang dianggap memiliki rasa setingkat dengan madu ini memiliki ukuran yang sangat besar. Selain itu memiliki tekstur daging buah yang renyah. Sifatnya yang terkenal genjah juga membuat banyak orang ingin melakukan budidaya jambu air jenis madu ini.

Banyaknya keunggulan yang dimiliki jambu air madu dheli hijau membuatnya sangat dicari. Bagi anda yang ingin mecoba budidaya jambu air ini harus memperhatikan beberapa hal. Sejak penanaman, perawatan, sampai masa panennya. Mari kita bahas satu persatu bagaimana cara budidaya jambu air madu dheli hijau.

Baca Juga : Cara merawat jambu air madu

1. Penanaman

Tahapan untuk budidaya jambu air madu dheli hijau yang pertama adalah melakukan penanaman, caranya yaitu :

a. Buat media tanam dengan mencampurkan tanah, sekam padi, dan pupuk kompos dengan perbandingan tanah sebanyak 50%, sekam padi 20%, dan pupuk kompos 30%.

b. Masukkan media tanam ke dalam pot dengan ketinggian 5 cm. hal ini dimaksudkan agar mengisi ruang kosong yang ada pada bagian bawah pot. sehingga jika bibit yang anda punya sudah besar dan tinggi, tidak usah lagi menambah media tanam dibawah pot. Karena pada bulan-bulan berikutnya pot akan ditambah dengan pupuk kompos.

c. Siapkan bibit, jika bibit masih berada pada polybag lepaskan pelan-pelan polybag tersebut dan usahakan agar tanah di dalamnya tidak hancur, agar menghindarkan bibit dari layu dan mati.

d. Masukkan bibit ke dalam pot yang sudah berisi media tanam. Kemudian tambah media tanam sampai setinggi tanah yang menempel pada bibit.

e. Pot jangan diisi penuh, apalagi jika bibit masih setinggi 50 sampai 60 cm atau masih butuh waktu 8 sampai 9 bulan untuk berbuah. Karena setiap bulan pot akan ditambah dengan pupuk kompos secara bertahap.

2. Penyiraman

Siram pohon jambu air secara rutin sehari dua kali pada pagi dan sore hari. Usahakan agar air tidak menggenang sehingga dapat merusak perakaran, membuat akarnya busuk, dan menyebabkan bibit mati. Gunakan air sumur atau bor untuk budidaya jambu air karena tidak mengandung bahan kimia. Tapi jika terpaksa menggunakan air pam tidak apa-apa, lebih baik jika air dari pam diendapkan dulu dalam ember agar zat kimia dan kaporit turun ke bagian dasar, lalu gunakan air bagian atasnya untuk menyiram.

3. Pemupukan

Untuk budidaya jambu air, berikan pupuk NPK mutiara 16:16:16 setiap 10 hari sekali atau 15 hari sekali secara rutin. Pemberian pupuk yang rutin dapat mempercepat pertumbuhan dan pembuahan pohon jambu air. Anda bisa menaburkannya langsung di sekitar pohon jambu air atau membenamkannya ditanah agar tidak cepat larut saat di siram air.

Gunakan juga pupuk kompos secara rutin 1 bulan sekali. Jika ada, gunakan pupuk kompos yang berasal dari kotoran ayam atau unggas karena terbukti dapat membuat pohon jambu air tumbuh dan berbuah lebih cepat. Tapi jika tidak ada, menggunakan kotoran kambing atau yang lainnya juga tidak masalah.

4. Pemangkasan

Pangkas tunas air yang terdapat pada batang pohon jambu . Pangkas juga daun-daunnya sisakan paling tidak 4 daun dari masing-masing cabang. Dalam budidaya jambu air madu dheli hijau, pemangkasan tunas air dan daun akan mempercepat pembuahan pada cabang-cabang pohon.

Saat sudah berbuah pangkas buah yang mengarah ke atas dan berada pada ujung cabang. Buah yang berada pada posisi tersebut pasti akan jatuh karena cabang-cabangnya tidak kuat menahan beban jambu air. Selain itu jika dalam satu dompolan terdapat 9 sampai 10 buah, singkirkan beberapa dan sisakan 3 sampai 4 buah. Hal ini bertujuan untuk dapatb memaksimalkan ukuran jambu air.

5. Pembungkusan buah

Gunakan spunbond atau bahan kain sintetis, atau biasa dikenal dengan pur kertas atau kain kapas untuk membungkus buah jambu air. Walaupun transparan bahan tersebut efektif untuk melindungi buah, memiliki sirkulasi yang baik, dan cepat kering jika terkena hujan. Dalam budidaya jambu air madu dheli hijau jangan gunakan plastik, karena biarpun transparan plastik dapat menahan air di dalamnya, saat terjadi hujan air akan merendam buah dan membuatnya rusak.

6. Panen

Panen buah budidaya jambu air madu dheli hijau bisa dilakukan saat buah sudah mencapai tingkat kematangan 60%. Tandanya adalah terbukanya cuping buah dan bulu putik rontok. Buah mencapai tingkat kematangan sempurna saat bentuknya terlihat penuh dan tangkai putik mengering. Tepatnya 2,5 bulan setelah bunga menjadi buah atau 105 hari sejak awal pembungaan.

7. Pasca panen

Walaupun budidaya jambu air sangat produktif, tapi adakalanya pohon tidak mau berbuah. Untuk mencegah hal tersebut, setelah panen berikan campuran pupuk kompos dan NPK berkadar rendah. Lebih baik jika ditambah dengan KCI atau KNO3 agar bunga tidak rontok. Setelah 14 hari masa panen, ranting dan cabang dipangkas agar merangsang calon bunga baru untuk muncul. Kira-kira satu bulan setelah pemangkasan bunga akan muncul.

Tags: , , , , , , ,

Bagikan ke

Diposting oleh

jual bibit tanaman buah berkualitas dan bergaransi

Cara Budidaya Jambu Air Madu Dheli Hijau

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Cara Budidaya Alpukat Kendil Sendiri dengan Benar!
7 Mei 2019

Cara Budidaya Alpukat Kendil Sendiri dengan Benar! Di pasaran, harga alpukat dengan ukuran besar, kulit mulus mengkilap jauh lebih mahal,... selengkapnya

Demi Nangkadak Sempurna
21 Maret 2017

Hasil silangan antara nangka dan cempedak ini perlu bantuan ketika melakukan perkawinan lagi agar buahnya banyak. Telepon genggam itu berbunyi.... selengkapnya

Kebun Sekolah Sebagai Media Pembelajaran dan Meningkatkan Gairah Belajar Siswa
4 Desember 2017

Kebun Sekolah – Anda di zaman sekarang di tiap sekolahan terdapat kebun murbei, anak-anak dan burung-burung berkicau sesuka mereka di sana.... selengkapnya

5 Jenis Anggur Import Rasa Manis Yang Bisa Anda Tanam di Indonesia
16 Juli 2020

Anggur merupakan tanaman buah merambat yang termasuk dalam keluarga vitaceae. Memiliki bentuk bulat, kecil dengan warna merah, hijau dan ungu... selengkapnya

6 KEUNGGULAN DURIAN BAWOR, DURIAN LOKAL YANG BERUKURAN JUMBO
5 Mei 2020

Buah Durian merupakan buah yang paling populer di Indonesia setelah buah mangga. Jenis buah yang tumbuh di daerah tropis dalam... selengkapnya

Tiga Cara Menyemai Biji Kurma Tropis KL1 dan H1 Agar 100% Berkecambah
9 Juli 2019

Cara Menyemai Biji Kurma Di dalam artikel ini kami memberikan 3 tahapan dalam menyemai biji kurma. Baik untuk menyemai biji... selengkapnya

4 CARA PERAWATAN PADA TANAMAN ALPUKAT PLUWANG
25 Maret 2020

Bersama kami Bibitbuahku.com, kali ini kita akan membahas terkait cara perawatan pada tanaman Alpukat Pluwang. Alpukat pluwang merupakan jenis alpukat... selengkapnya

Indonesia Berpotensi Besar Sukses Mengebunkan Kurma
5 April 2017

Indonesia Berpotensi Besar Sukses Mengebunkan Kurma – Saat ini banyak pohon kurma yang berbuah di tanahair hal ini membuktikan bahwa... selengkapnya

2 Cara Jitu Membuahkan Anggur Import
8 Desember 2021

Inilah 2 Tips Jitu Untuk Membuahkan Anggur Import Yang Anda Miliki Cara Membuahkan Anggur Import – Anggur merupakan tanaman buah... selengkapnya

Ini Dia Alpukat Unggul Terbaru 2020 Wajib Tanam
20 Juni 2020

Bertanam alpukat sangat menguntungkan. Selain bisa dikonsumsi langsung, buahnya bisa dijual. Namun, pastikan bibit yang ditanam dari alpukat unggul terbaru... selengkapnya

Cara Budidaya Jambu Air Madu Dheli Hijau

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

yaniz
● online
yaniz
● online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: