Beranda » Blog » 5 Alasan Gagal Sambung Pucuk Tanaman Alpukat

5 Alasan Gagal Sambung Pucuk Tanaman Alpukat

Diposting pada 14 November 2018 oleh bibit buah / Dilihat: 19.940 kali
gagal sambung pucuk alpukat, sambung pucuk alpukat, perbanyakan alpukat, sambung pucuk tanaman alpukat, bibit alpukat, gagal perbanyakan alpukat, gagal membuat bibit alpukat, pertumbuhan alpukat lambat, gagal sambung pucuk, gagal sambung alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah-buahan yang enak dan lezat, tak heran jika kini banyak orang yang menanam tanaman alpukat karena caranya pun cukup mudah. Karena tanaman yang berasal dari biji biasanya memiliki sifat yang berbeda dari induknya, ada beberapa teknik perbanyakan bibit alpukat agar tanaman nantinya menuruni sifat indukannya, salah satu yang populer, mudah dan persentase berhasil besar adalah sambung pucuk.

Namun tidak sedikit yang mengalami kegagalan dalam perbanyakan sambung pucuk alpukat ini, maka anda harus melakukan cara sambung pucuk alpukat dengan cara yang tepat. Ada banyak faktor kegagalan dalam perbanyakan bibit alpukat ini.

Hambatan selain kegagalan adlah pertumbuhan bibit tidak maksimal, bahkan sangat lambat. Hal ini juga salah satunya dipengaruhi saat proses perbanyakan.

Dalam artikel ini kami akan mengupas lengkap beberpa alasan kenapa anda mengalami kegagalan dalam sambung pucuk bibit alpukat, dan juga beberapa hal yang ahrus diperhatikan agar tanaman nanti tumbuh dengan cepat.

Namun sebelum itu kita bahas, mari kita ketahui terlebih dahulu cara sambung pucuk yang baik dan benar, sehingga perbanyakan dijamin nantinya berhasil dan pertumbuhannya juga maksimal.

Bagaimana Cara Menyambung Pucuk Muda Pada Tanaman Alpukat

Cara sambung pucuk alpukat dengan cara yang baik dan benar, diantaranya yaitu dengan beberapa cara berikut ini :

  1. Ambillah entres bagian atas dari pohon yang telah berbuah berkali-kali, pilih indukan yang kualitasnya bagus atau bisa dikatakan juga indukan alpukat unggul. Indukan unggul biasanya dilihat dari ketebalan dan ukuran buah tersebut. Pertimbangkan juga rasa dari sari daging buah tersebut. Pilih entres dari ranting yang memiliki batang muda atau masih hijau, biasanya terdapat pada ujung ranting. Jangan pilih entres dari batang yang sudah tua atau berwarna coklat. Ukuran entres juga harus diperhatikan, pilih yang ukuran diameternya sama dengan batang bawah yanag akan di sambung, tidak harus sama persis, setidaknya selisih diameter entres dan batang bawah tidak terlalu jauh.

    entres alpukat unggul

    entres alpukat unggul

  2. Lalu potong batang bagian atas hilangkan daunnya, lalu runcingkan ujung daun yang berbentuk huruf V. Gunakan alat potong yang tajam dan tidak terlalu tebal seperti silet yang masih baru, atau pisau hiasa buah. Pisau hias buah ini banyak di pakai oleh para pembibit karena bahannya yang kuat, sangat tajam dan bentukinya sangat pas untuk menyayat entres. Lalu lakukan pengirisan sekali saja, di masing-masing bagian yaitu bagian sisi, bagian belakang dan bagian depan.
    menyayat entres

    menyayat entres

    entres bentuk v

    entres bentuk v

  3. Kemudian siapkan batang bawah, potong dengan cara mendatar lalu lakukan irisan vertical di pertengahan batang. Panjangnya disesuaikan dengan panjang luka sayatan di batang atas tadi.
    potong batang bawah

    potong batang bawah

    belah ujung batang bawah

    belah ujung batang bawah

  4. Setelah itu selipkan cabang atas ke cabang bawah, ikat dengan tali. Untuk hasil yang bagus, gunakan tali dari bahan yang elastis seperti plastik yang ditipiskan dan memanjang. Anda bisa juga menggunakan plastik es lilin atau menggunakan plastik wrap yang biasanya digunakan untuk membungkus buah.
    Masukan entres

    Masukan entres

    penyambungan entres dan batang bawah

    penyambungan entres dan batang bawah

    pengikatan dengan plastik

    pengikatan dengan plastik

  5. Sungkup dengan plastic kemudian ikat rapat namun jangan terlalu kencang, untuk menjaga kelembapan supaya batang atas tidak mudah layu saat panas dan tidak berjamur saat hujan.

    tutup rapat sambungan

    tutup rapat sambungan

  6. Kemudian tempatkan di tempat yang tidak terkena cahaya matahari langsung, bisa ditempat teduk seperti dibawah pohon atau dibawah paranet atau bisa juga diteras rumah. Jika sambungannya berhasil maka akan muncul bibit baru yang sifat berbuahnya yaitu daging yang tebal dan ukuran buah yang cukup besar. Tetapi jika sambungan ini gagal maka anda bisa mengulangnya dari awal.

    Hasil setelah 2-3 minggu

    Hasil setelah 2-3 minggu

Alasan Gagal Sambung Pucuk Alpukat

Jika anda sudah melakukan seperti tahapan tadi namun ternyata gagal maka ada beberapa alasan yang menyebabkan hal itu, dan sering dilakukan oleh pemula. Untuk mengetahui apakah perbanyakan anda gagal bisa anda lihat bagian entres akan kering atau berwarna coklat dan mengkerut dan merembet ke batang bawah. Berikut adalah hal hal yang harus anda perhatikan agar perbanyakan sambung pucuk bibit alpukat anda tidak gagal.

Sambungan Gagal

Sambungan Gagal

1. Saat menyayat entres anda tidak menggunakan pisau yang steril, misal pisau yang sudah berkarat. Untuk itu kami lebih menyarankan untuk mengguanakan silet baru, atau misal anda mengguanakn pisau okulasi tidak ada salahnya sebelum digunakan untuk memotong cuci pisau sampai bersih dan dicelupkan kedalam alkohol. Kemudian anda keringkan dengan cara di lap menggunakan tisu.

2. Kesalahan kedua yang umum dilakukan adalah sayatan entres maupun sayatan batang bawah tidak mulus atau tidak rata. Usahakan saat menyayat jangan dilakukan berulang ulang, cukup 1 atau dua kali tapi mantep. Sehingga hasil sayatan nanti akan mulus, untuk pemula ini luput dari perhatian karena biasanya untuk awal awal kurang mantep dengan hasil sayatan kemudian diulangi beberapa kali dengan sayatan sayatan kecil, alhasil hasil sayatan bergelombang gelombang dan tidak rata. Selain itu juga gunakan alat potong yang tajam, agar hasil sayatan lebih bagus.

3. Kesalahan ketiga yang sering dilakukan adalah saat penyambungan entres dan batang bawah. Biasanya saat mengikat sambungan tidak rapat dan iktan tidak kuat. Jika belum terbiasa proses pengikatan sambungan menggunakan plastik memang sedikt susah, karena ukurannya yang tidak terlalu besar atau bekas sayatan mengeluarkan air sehingg saat di ikat entres sering mlusut atau bergeser geser. Usahakan saat mengikat sambungan, posisi potongan entres dan batang bawah benar benar rapat dan ikatan juga kuat agar tidak geser. Setelah anda beberpa kali mencoba hal ini akan mudah, jadi jangan patah semangat.

4. Kesalahan ke empat biasanya terjadi saat penutupan hasil sambungan. Jika anda meletakkan bibit yang sudah anda sambung di dalam green house maka ini tidak terlalu berpengaruh. Namun bila anda meletakkan di tempat terbuka, usahakan anda tutup dan ikat bagian bawah, anda bisa menutup menggunakan plastik es lilin. Karena juga sampai air hujan atau air embun masuk kedalam sambungan dipastikan sambungan akan gagal. Dan jika sambungan terpapar sinar matahri secara langsung dan terlalu lama, sambungan akan kering dan gagal

5. Faktor keempat adalah kurangnya perhatian setelah bibit disambung, biasanya lupa tidak disiram sehingga tanaman akan kekeringan, sambungan gagal, dan kemudian mati.

Itulah tadi 5 keslahan yang bisa anda antisipasi agar perbanyakan bibit alpukat anda berhasil.

Alasan Pertumbuhan Tanaman Alpukat Lambat

Selanjutnya adalah pertumbuhan dari bibit yang sudah jadi ternyata tidak sesuai dengan keinginan. Bibit cenderung sangat lambat pertumbuhannya, daun sedikit dan batang tidak tumbuh tinggi maupun tumbuh besar. Biasanya ini dikarenakan beberpa hal, diantaranya yaitu:

pertumbuhan lambat

pertumbuhan lambat

1. Seedling atau batang bawah yang anda gunakan belum cukup umur atau dalam keadaan tidak sehat. Usahakan batang sudah berwarna hijau, karena bila batang bawah masih berwarna merah dan kemudian anda sambung, maka kemungkinan berhasilnya besar namun pertumbuhan nantinya akan sangat lambat.

Selain itu kondisi batang bawah juga bagus, ditandai dengan banyaknya duan, batang besar dan berwarna hijau segar serta dun tidak rusak.

2. Batang bawah usahakan memiliki daun yang banyak, terutama bagaian bawah potongan. Semakin banyak dauan yang ada dibawah sambungan maka pertumbuhan batang bawah akan semakin cepat sehingga pertumbuhan bibitpun juga bagus.

Catatan jangan memotong daun bagian bawah sambungan setelah anda selesai melakukan sambung pucuk. Selain akan membantu mempercepat pertumbuhan bibit nantinya, juga akan membantu keberhasilan sambungan anda.

3. Kurangnya perhatian anda setelah selesai menyambung, sehingga tunas tunas baru yang muncul dari btang bawah tidak anda pangkas dan tumbuh subur. Karena bila tumbuh tunas dibatang bawah atau dibawah sambungan maka makanan akan terserap oleh tunas baru tersebut sehingga sambungan yang kita harapkan malah tidak tumbuh dengan baik.

Demikian tadi beberapa hal yang bisa kami berikan kepada nada, jangan lupa untuk share artikel ini di media sosial anda untuk memberikan support kepada kami agar terus memberikan informasi yang bermanfaat bagi anda dan pembaca.

Bibit Alpukat Unggul

Bibit Alpukat Unggul

Terimakasih, selamat mencoba dan jangan mudah menyerah. Kami pun syang sudah bertahun tahun melakukan perbanyakan juga terkadang mengalami kegagalan dalam sambung pucuk tanaman alpukat ini.

DAPATKAN BIBIT ALPUKAT UNGGUL ASLI DIJAMIN  BERKWALITAS & BERGARANSI HANYA DI

BIBIT BUAHKU

Untuk Informasi Lebih Lengkap & Terbaru Terkait Stok dan Harga Silahkan Hubungi Kami di Nomor Berikut:

0812 1136 9090
(SMS/WA/Telpon)

Atu Kunjungi Langsung Kebun Kami klick di SINI

Tags: , , , , , , , , ,

Bagikan ke

Diposting oleh

jual bibit tanaman buah berkualitas dan bergaransi

5 Alasan Gagal Sambung Pucuk Tanaman Alpukat

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Keunggulan Menanam Kurma Di Indonesia
6 Juli 2018

Keunggulan Menanam Kurma Di Indonesia – Masih dari sumber yang sama “Kurma Indonesia”, sebelumnya saya telah membagikan artikel terkait Apakah... selengkapnya

Cara Mengatasi Hama Pohon Tin Yg Selalu Mengintai : Penggerek Batang & Siput
7 Maret 2017

Cara Mengatasi Hama Pohon Tin Yg Selalu Mengintai : Penggerek Batang & Siput – Cara paling efektif untk mencegah serangan... selengkapnya

2 Cara Menanam Alpukat Miki dalam Pot Cepat Berbuah
17 September 2019

Alpukat Miki merupakan salah satu jenis alpukat yang ahir-ahir ini banyak di gandrungi masyarakat Indonesia, tentu bukan tanpa alasan. Selain... selengkapnya

Kenapa Pohon Kelengkeng Tidak Berbuah
15 Desember 2016

Alasan Kenapa Pohon Kelengkeng Tidak Berbuah – Memiliki pohon buah dihalaman rumah menjadi impian banyak orang, karena saat ini budidaya dengan... selengkapnya

Demi Nangkadak Sempurna
21 Maret 2017

Hasil silangan antara nangka dan cempedak ini perlu bantuan ketika melakukan perkawinan lagi agar buahnya banyak. Telepon genggam itu berbunyi.... selengkapnya

Cara Membuat Tabulampot Mangga, Tabulampot Anggur, Tabulampot Kelengkeng, Tabulampot Jambu
2 Oktober 2018

Cara Membuat Tabulampot sangatlah mudah yang terpenting anda mengetahui dasar-dasar dari teknik dalam menanam tanaman buah dalam pot. Metode tabulampot... selengkapnya

Cara Menanam Alpukat Kendil dalam Pot dengan Mudah!
6 Mei 2019

Cara Menanam Alpukat Kendil dalam Pot dengan Mudah! Alpukat atau Apokat adalah salah satu jenis buah yang berasal dari Amerika... selengkapnya

Kurma Dapat Tumbuh dan Berbuah di Indonesia
6 Januari 2017

Apakah Kurma Dapat Tumbuh dan Berbuah di Indonesia? Kali ini saya akan membagikan tulisan yang saya dapat dari rekan saya... selengkapnya

Tabulampot Sawo Berbuah Lebat dan Manis Ini Caranya
20 Oktober 2017

Tabulampot sawo menjadi topik bahasn kita kali ini. Sawo telah mendapatkan tempat di hati masyarakat Indonesia berkat rasa dan kemudahan... selengkapnya

Cara Agar Rasa Durian Manis Legit dengan Pupuk Organik Durian Buatan Sendiri
19 September 2017

Buah durain terkenal akan rasa manis dan legit. Namun, ketika lidah Anda menempel dan mulai menikmati buah durian yang tak... selengkapnya

5 Alasan Gagal Sambung Pucuk Tanaman Alpukat

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

yaniz
● online
yaniz
● online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: