Beranda » Blog » Jual Bibit Alpukat Miki Depok Yang Dapat Berbuah Sepanjang Tahun

Jual Bibit Alpukat Miki Depok Yang Dapat Berbuah Sepanjang Tahun

Diposting pada 19 Mei 2021 oleh bibit buah / Dilihat: 1.202 kali

Alpukat merupakan tanaman buah meja yang berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah yang disukai oleh masyarakat dunia. Tetapi saat ini buah alpukat sudah banyak dikembangkan dan memiliki jenis yang beragam. Indonesia sendiri memiliki jenis alpukat lokal unggulan yang sangat populer seperti alpukat wina dan alpukat kendil. Satu lagi jenis alpukat lokal unggul yang ada di Indonesia adalah alpukat miki depok yang memiliki citarasa buah yang lezat.

[lwptoc]

Asal- usul Alpukat Miki Depok

Alpukat miki depok berhasil dikembangkan oleh H Yunus setelah 15 tahun berusaha mengembangkan jenis alpukat lokal yang memiliki banyak keunggulan. Dibantu oleh para akademisi dari IPB, H Yunus berhasil mengembangkan pohon alpukat yang memiliki daun yang kuat dan tahan terhadap ulat kipat.

Budidaya alpukat miki depok

Alpukat Miki Depok

Alpukat miki depok menjadi tanaman unggul karena kuat terhadap serangan hama, kemudian pohonnya dapat tumbuh di dataran rendah, sedang, maupun tinggi, serta dapat berbuah saat memasuki usia 3 tahun, dimana jenis alpukat lain butuh waktu lebih lama untuk berbuah. Selain itu alpukat miki depok juga memiliki rasa buah yang manis dengan tekstur buah yang lembut tak berserat.

H Yunus bercerita jika Nama “MIKI” berasal dari gabungan inisial ibu dan bapaknya, yakni Miah dan Kinan. Saat ini budidaya alpukat miki depok bukan hanya berada di pulau jawa tetapi sudah meluas hingga Sumatera, Sulawesi, kalimantan, Bali, dan juga kawasan Indonesia bagian Timur. Bahkan buahnya sudah di ekport ke beberapa negara Asia. Salah satunya adalah Jepang yang setiap minggu selalu meminta dikirimkan 5 kontainer alpukat miki depok.

Alpukat Miki Tergolong Alpukat Mentega

Alpukat miki depok masih termasuk ke dalam jenis alpukat mentega. Hal ini dapat dilihat dari warna daging buahnya yang kuning cerah seperti mentega. Kemudian tekstur buahnya yang lembut, lengket, dan tanpa serat. Serta rasa buahnya yang manis, gurih, pulen, dan juga bebas getir, sama seperti jenis alpukat mentega yang lain.

Buah alpukat miki memiliki biji yang dikelilingi oleh daging buah, biasanya kulit alpukat miki saat sudah matang berwarna hijau tua mengkilap. Inilah tanda jika alpukat mentega sudah siap dipetik. Keunggulan lain dari alpukat miki depok ini adalah buahnya memiliki ukuran yang besar dengan bobot buah mencapai 400 – 600 gram per buah. Daging buahnya juga terlihat tebal dibarengi dengan warnanya yang cantik.

Sama seperti jenis alpukat mentega yang lain, alpukat miki depok juga memiliki berbagai macam manfaat yang bisa dirasakan jika rutin mengkonsumsi buahnya. Seperti mampu menyehatkan janin karena mengandung asam folat. Kemudian dapat menyehatkan dan melancarkan sistem saluran pencernaan, dapat mencegah terjadinya stroke, dan mampu menurunkan kolesterol.

Budidaya Alpukat Miki Depok

tabulampot alpukat miki depok

Bibit Alpukat Miki Depok

Budidaya alpukat miki depok bukan hanya dapat dilakukan pada lahan dengan area terbuka. Tetapi juga bisa ditanam menggunakan tabulampot, tabulampot alpukat miki biasanya ditaruh di halaman rumah untuk kebutuhan pribadi.

Banyak orang yang mencoba budidaya alpukat miki depok ini karena perawatannya tidak terlalu susah dan juga tidak membutuhkan treatmen khusus. Cukup merawatnya seperti tanaman buah lain pada umumnya. Beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam budidaya alpukat miki depok adalah.

Jarak Tanam

Menanam pohon alpukat miki tidak terlalu sulit dilakukan, bahkan sangat mudah. Tetapi yang perlu anda perhatikan adalah penentuan jarak tanam alpukat miki yang akan anda gunakan. Agar lahan tempat penanaman mampu menampung bibit lebih banyak dan lebih efisien.

Jarak tanam alpukat miki yang baik bisa mulai dari 2 x 2 meter hingga 10 x 10 meter. Dengan lahan seluas satu hektar anda bisa menanam 800 hingga 1000 bibit bergantung jarak tanam alpukat miki yang anda gunakan.

Untuk menampung lebih banyak bibit anda juga bisa membuat jarak tanam alpukat miki dengan sistem penanaman segitiga. Jadi kebun budidaya alpukat miki tidak selalu berbentuk persegi tetapi juga bisa menjadi zigzag. Dengan jarak tanam yang sesuai anda bisa menanam bibit alpukat miki depok lebih banyak dari biasanya.

Produktivitas Pohon

Penentuan jarak tanam alpukat miki juga bisa mempengaruhi produktivitas pohon. Jika anda bisa menentukan jarak tanam alpukat miki yang baik maka antara satu pohon dengan pohon yang lain tidak akan saling berebut nutrisi dan pertumbuhan pohonnya dapat berlangsung dengan maksimal.

Pohon alpukat miki memiliki sifat yang genjah jadi dalam waktu 3 – 4 tahun setelah masa penanaman pohonnya sudah mulai belajar berbuah. Selain itu saat sudah mencapai usia produktif, satu pohon alpukat miki bisa dipanen setiap 4 kali dalam satu tahun. Inilah yang menyebabkan banyak perkebunan budidaya alpukat miki yang setiap hari buahnya dapat dipetik. Keunggulan inilah yang membuat banyak petani mulai beralih ke budidaya alpukat miki.

Tabulampot Alpukat Miki

Selain dapat ditanam di lahan terbuka alpukat miki depok juga bisa di tanam pada tabulampot. Tabulampot alpukat miki biasanya digunakan untuk kebutuhan pribadi. Jika anda ingin menanam alpukat namun tidak memiliki lahan maka tabulampot alpukat miki adalah solusinya. Beberapa hal yang harus anda lakukan dalam membuat tabulampot alpukat miki yaitu.

a) Pilih pot dengan ukuran yang sesuai dengan besar bibit yang anda miliki.

b) Gunakan pot yang dibagian bawahnya memiliki lubang drainase.

c) Buat media tanam dari campuran tanah, pupuk kandang, dan sekam padi.

d) Taruh pot di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung.

Jika tabulampot alpukat miki anda memenuhi hal-hal tersebut, biasanya dapat berbuah dengan baik. Tetapi anda juga harus memperhatikan cara perawatannya agar tabulampot alpukat miki milik anda dapat berbuah dengan maksimal.

Demikianlah ulasan kami mengenai budidaya alpukat miki depok. Jika anda tertarik untuk menanam alpukat ini anda bisa menghubungi bibitbuahku untuk mendapatkan bibit yang sehat dan juga berkualitas.

Tags: , , , , ,

Bagikan ke

Diposting oleh

jual bibit tanaman buah berkualitas dan bergaransi

Jual Bibit Alpukat Miki Depok Yang Dapat Berbuah Sepanjang Tahun

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

2 Cara Menanam Alpukat Miki dalam Pot Cepat Berbuah
17 September 2019

Alpukat Miki merupakan salah satu jenis alpukat yang ahir-ahir ini banyak di gandrungi masyarakat Indonesia, tentu bukan tanpa alasan. Selain... selengkapnya

3 Cara Agar Buah Mangga Tidak Pecah Sebelum Panen
12 Juli 2021

3 Cara Agar Buah Mangga Tidak Pecah – Mangga merupakan buah yang banyak disukai oleh orang-orang, walaupun berbuah musiman. Tidak... selengkapnya

8 HAMA DAN PENYAKIT PADA TANAMAN BUAH DURIAN DURI HITAM
7 April 2020

Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas tentang hama dan penyakit pada tanaman buah Durian Duri Hitam. Buah durian merupakan... selengkapnya

Tabulampot Jambu Air Mudah Berbuah dan Lebih Manis
9 Oktober 2017

Tabulampot jambu air dalam budidaya jambu air merupakan alternatif yang tepat. Selain menghemat lahan, tanaman di dalam pot pun dapat... selengkapnya

5 HAL PERAWATAN PADA TANAMAN BUAH MANGGA HARUM MANIS
29 April 2020

Pada kesempatan kali ini artikel kami akan mengajak anda untuk membahas tentang perawatan pada tanaman buah mangga harum manis. Buah... selengkapnya

Apa Itu Alpukat Aligator dan Apa Saja Manfaatnya?
8 Mei 2019

Apa Itu Alpukat Aligator dan Apa Saja Manfaatnya? Ada berbagai macam buah yang akan menjadi nutrisi yang baik untuk kesehatan.... selengkapnya

13 HAMA DAN PENYAKIT YANG BIASA MENYERANG PADA TANAMAN BUAH MANGGA MANALAGI
5 Mei 2020

Seperti yang kita tahu dan yang pernah dijelaskan, Jenis tanaman buah mangga manalagi memiliki ciri khas dengan bintk bintk kecil... selengkapnya

4 Keunggulan Anggur Preco Dibanding Jenis Sabara
7 Desember 2020

Keunggulan Anggur Preco adalah salah satu buah anggur yang berasal dari negara Brazil. Dengan memiliki cita rasa yang sangat unik... selengkapnya

Cara Membuat Pupuk Agar Alpukat Cepat Berbuah di Pot
22 Februari 2020

Apakah anda ingin memiliki pohon alpukat di Pot dan cepat berbuah? Salah satunya adalah dengan teknik stress air. Seperti apa... selengkapnya

Jabotikaba Baru Dapat Berbuah Lebih Cepat
21 Maret 2017

Jabotikaba Baru Dapat Berbuah Lebih Cepat – Jabotikaba atau Anggur Brazil uang juga disebut Anggur Pohon baru yang genjah, berbuah pertama... selengkapnya

Jual Bibit Alpukat Miki Depok Yang Dapat Berbuah Sepanjang Tahun

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

yaniz
● online
yaniz
● online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: