Beranda » Blog » 6 KEUNGGULAN DURIAN DURI HITAM

6 KEUNGGULAN DURIAN DURI HITAM

Diposting pada 31 Maret 2020 oleh bibit buah / Dilihat: 1.878 kali

Yakkk masih bersama kami di artikel bibit buah terbaik, langsung saja pembahasan kali ini yaitu tentang keunggulan Durian Duri Hitam.

Buah Durian merupakan buah yang paling populer di Indonesia setelah buah mangga. Jenis buah yang tumbuh di daerah tropis dalam wilayah Asia Tenggara ini menjadi populer karena banyak masyarakat Asia Tenggara, umumnya menyukai buah beraroma tajam. Terutama di Malaysia. Negeri tetangga ini menempati penghasil durian nomer dua terbanyak sedunia, lo.

Durian Duri Hitam, merupakah salah satu varietas buah durian yang sedang naik daun selain durian musang king. Seperti namanya “duri hitam” durian ini memiliki ciri khas, ujung duri pada kulit buah berwarna hitam. Sepintas, terlihat sangat unik karena durinya mirip seperti kuku-kuku penyihir yang sering diceritakan di dongeng-dongeng sebelum tidur. Selain buahnya yang berbentuk unik, mudah dikenali karena berbeda dengan jenis durian pada umumnya, durian ini juga memiliki buah yang berkualitas terbaik. Dikatakan terbaik karena, kompinasi rasa manis dan pahit getirnya pas, sehingga rasa buahnya sangat enak.

Durian duri hitam, atau dikenal juga dengan nama black thron, konon menjadi durian yang paling terkenal di Malaysia. Pasalnya, durian duri hitam telah menyabet kemenangan beberapa penghargaan selama tiga tahun terkahir secara berturut-turut. Pada tahun 2012, durian duri hitam bahkan memenangkan Juara Nasional dalam lomba yang diselenggarakan oleh Kementrian Pertanian Malaysia. Popularitasnya, sungguh mengungguli durian musang king yang sempat viral tersebut. Kini, nama durian duri hitam sudah meluas ke indonesia bahkan ke asia.

Durian yang disebut-sebut lebih unggul dari durian musang king juga sangat produktif dengan daya tahan yang cukup baik terhadap cuaca yang kering. Melalui penanaman dan perawatan yang benar, budidaya durian ini tentu dapat menghasilkan buah dengan kualitas yang kuantitas yang sempurna.

Lalu, sebenarnya apa saja sih, keunggulan durian duri hitam hingga disebut-sebut mampu mengalahkan popularitas durian musang king yang lebih dulu terkenal? Berikut, adalah beberapa keunggulan durian duri hitam, sehingga layak menjadi salah satu daftar panjang buah yang meski kamu coba dan dijadikan idola baru bagi pecinta buah, khususnya pecinta buah durian.

Keunggulan Durian Duri Hitam

KEUNGGULAN DURIAN DURI HITAM

KEUNGGULAN DURIAN DURI HITAM

1. Berpenampilan Unik dan Menarik

Keunggulan durian duri hitam yang pertama adalah tampilannya yang sungguh menawan, dan mengundang banyak perhatian. Tampilan luarnya, memiliki ujung duri berwarna hitam, sekilas mirip seperti kuku-kuku nenek sihir yang diceritakan di dongeng-dongeng, atau sekilas nampak seperti buah beracun.

Namun, ketika kamu membelahnya, daging buah durian sungguh cantik. Warnanya kuning keemasan menyala, dan jumlah pongge tiap-tiap buah, jauh lebih banyak dari idealnya buah durian. Ini jenis buah durian yang unik dan menarik, bukan?

2. Rasa Buah Yang Sungguh Lezat

Keunggulan durian duri hitam selanjutnya adalah rasanya yang sungguh lezat. Berbanding terbalik dengan penampilannya yang unik, buah durian duri hitam memiliki cita rasa yang lezat. Kelezatan durian duri hitam terbukti dengan rasa yang manis, legit, dan sedikit pahit. Komposisinya pun pas dan gampang meleleh di mulut.

Selain itu, teksture buahnya juga sangat creamy. Dengan teksture yang lembut tersebut, durian duri hitam dapat dinikmati secara langsung, maupun dijadikan olahan apa saja. Mulai dari jus buah, hingga makanan-makanan yang unik lainnya yang mentereng di restoran-restoran.

Rasanya yang lezat, konon mengalahkan kelezatan durian musang king, yang lebih dulu populer. Dengan demikian, durian duri hitam dapat menjadi alternatif, baik untuk dikonsumsi secara pribadi, maupun dijadikan komersil.

3. Daging Buah Tebal dengan Warna Kuning Keemasan

Keunggulan lain dari buah durian duri hitam adalah daging buahnya yang tebal. Selain warna buahnya yang kuning keemasan menyala, daging buah durian duri hitam juga cenderung tebal sehingga komposisi daging buah dengan biji, idealnya lebih banyak daging buah.

Terlebih lagi, jumlah pongge buah yang jauh lebih banyak dari buah durian pada umumnya, membuat durian duri hitam tepat dijadikan idola bagi banyak orang.

Daging buah yang tebal dengan warna kuning keemasan juga dapat menggugah selera bagi siapa saja, khususnya para pecinta buah, terlebih lagi buat para pecinta buah durian.

4. Beraroma Harum

Keunggulan durian duri hitam kemudian adalah aromanya yang harum. Berbeda dengan buah durian pada umumnya, ada yang berasumsi kalo aroma buah durian itu bikin mabok, namun untuk buah durian jenis durian duri hitam, konon mampu membuat orang untuk ketagihan.

Aromanya yang harum, tanpa menanggallkan khas aroma buah durian, buah durian duri hitam kemudian menjadi lekas melejit, bahkan popularitasnya dapat mengalahkan durian musang king, yang disebut-sebut sebagai raja durian ini.

5. Bersifat Genjah

Keunggulan selanjutnya dari buah durian duri hitam adalah mudah berbuah. Bisa dikatakan, waktu berbuah durian duri hitam sangat cepat. Apabila pada jenis durian yang lain, intensitas waktu berbuah paling cepat adalah pasca tanaman menginjak umur 3 sampai 4 tahun, berbeda dengan durian duri hitam ini. Pada usia tanaman kira-kira satu sampai dua tahun, durian duri hitam sudah mulai belajar untuk memproduksi buah. Tentu saja jika perawatan tanaman yang kamu lakukan itu maksimal. Dalam satu pohon durian duri hitam, jika semakin banyak bunga yang dihasilkan, maka akan semakin banyak kesempatan untuk menghasilkan lebih banyak buah. Berbeda dengan durian musang king, yang banyaknya bunga, tidak menjamin banyaknya buah yang dihasilkan.

6. Harga Jual Buah Tinggi

Keunggulan dari tanaman buah durian duri hitam kemudian adalah harga jualnya yang cenderung tinggi. Rata-rata durian duri hitam dapat dibadrol dengan harga Rp. 200.00- sampai Rp. 250.000 per kilogramnya. Dengan perawatan dan penanamannya yang tidak terlalu rumit, harga jual durian duri hitam memang terbilang tinggi dan dapat menjadi alternatif bisnis buah yang baik serta cenderung menguntungkan.

7. Dapat Dimodifikasi Menjadi 3 Kaki

Keunggulan lain dari durian duri hitam adalah sifatnya yang mudah dimodifikasi yakni pada pembibibitan yang dapat dimodifikasi bahkan sampai 3 kaki. Tujuan modifikasi ini tentu meningkatkan kualitas buah yang nantinya akan dihasilkan. Durian duri hitam yang dimodifikasi menjadi 3 kaki memiliki keunggulan 3 akar yang dipercaya dapat mempercepat pertumbuhan dan pembuahan pada tanaman.

Tags: , , ,

Bagikan ke

Diposting oleh

jual bibit tanaman buah berkualitas dan bergaransi

6 KEUNGGULAN DURIAN DURI HITAM

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

13 HAMA DAN PENYAKIT PADA TANAMAN BUAH KELENGKENG MERAH
15 Mei 2020

Kelengkeng merah merupakan salah satu tanaman buah yang sedang ramai dibicarakan karena memiliki tampilan yang unik. Tanaman buah ini memiliki... selengkapnya

6 KEUNGGULAN DURIAN BAWOR, DURIAN LOKAL YANG BERUKURAN JUMBO
5 Mei 2020

Buah Durian merupakan buah yang paling populer di Indonesia setelah buah mangga. Jenis buah yang tumbuh di daerah tropis dalam... selengkapnya

Cara Membedakan Kurma Jantan dan Betina Begini Caranya
7 Juli 2018

Cara membedakan kurma jantan dan betina menjadi topik kali ini karena banyak kawan-kawan yang sering menanyakan hal itu. Semenjak banyak... selengkapnya

5 PERAWATAN IDEAL PADA KELAPA PANDAN WANGI
7 April 2020

Kembali lagi di Bibit Buahku. Pada pembahasan ini kita akan mengulas tentang perawatan ideal pada Kelapa Pandan Wangi. Kelapa pandan... selengkapnya

Cara Merawat Jambu Air Madu Dheli Hijau
22 Agustus 2020

Jambu air madu dheli hijau menjadi primadona bagi pencinta buah jambu air akhir-akhir ini. Salah satu varietas jambu air madu... selengkapnya

Manfaat Buah Anggur Untuk Diet
17 September 2020

Baca Juga : 5 Anggur Rasanya Manis Salah satu permasalahan yang menjangkit tubuh millenial saat ini adalah berat badan yang... selengkapnya

Jabotikaba Baru Dapat Berbuah Lebih Cepat
21 Maret 2017

Jabotikaba Baru Dapat Berbuah Lebih Cepat – Jabotikaba atau Anggur Brazil uang juga disebut Anggur Pohon baru yang genjah, berbuah pertama... selengkapnya

5 Keunggulan Rambutan Binjai Dibanding Rambutan Rapiah
29 Desember 2020

Siapa sih yang tidak tahu dengan buah berwarna merah dengan bulu yang lebat ini? Memang sudah bukan menjadi buah yang... selengkapnya

Penanaman Kurma Usia 0 bulan – 6 bulan | Pupuk Tanaman Kurma dan Penyakit Pohon Kurma
11 Juli 2019

Patikan sebelum anda membaca cara penanaman baby kurma, silahkan baca terlebih dahulu cara menyemai biji kurma sampai 100% berkecambah dengan... selengkapnya

5 Cara Penanaman Alpukat Miki
11 Maret 2020

kali ini kita akan membahas mengenai cara penanaman Alpukat Miki yang baik, langsung saja kita bahas di artikel ini. Buah... selengkapnya

6 KEUNGGULAN DURIAN DURI HITAM

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

yaniz
● online
yaniz
● online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: