Beranda » Blog » 7 LANGKAH MENANAM DURIAN DURI HITAM

7 LANGKAH MENANAM DURIAN DURI HITAM

Diposting pada 7 April 2020 oleh bibit buah / Dilihat: 638 kali

Masih bersama kami, di artikel terbaik tentang buah di Bibit Buahku. Yak… kali ini kita akan membahas tentang langkah menanam Durian Duri Hitam

Buah durian merupakan salah satu buah yang paling digemari di indonesia. Bahkan dalam hasil suatu riset, buah durian menempati nomer dua buah yang paling populer di indonesia setelah mangga, yang kemudian diikuti oleh pisang dan jeruk. Popularitas buah durian juga sangat pesat, khususnya di negara malaysia, bahkan di negara-negara asia tenggara. Kandungan sedikit alkohol, dipercaya mampu menghangatkan tubuh di iklim tropis seperti ini.

Di Malaysia, salah satu durian unggulan yang masih mendapatkan banyak sorotan selain durian musang king, adalah durian duri hitam. Rasanya yang super lezat, dengan kompinasi legit, manis, dan sedikit pahit yang pas, serta lumer dan lembut di mulut, membuat durian duri hitam patut dijadikan rekomendasi buah bagi para pecinta buah, khususnya pecinta buah durian. Bentuknya yang unik serta menarik, sama halnya namanya, “duri hitam”, yaitu memiliki ujung duri berwarna hitam di sekujur kulit terluarnya.

Dalam waktu singkat, durian duri hitam menjadi idaman bagi semua orang termasuk orang indonesia. Apalagi, durian duri hitam yang sudah menyabet juara nasional selama tiga kali berturut turut pada tiga tahun terakhir, di malaysia. Beberapa keunggulan lain yang dimiliki durian duri hitam kemudian membuatnya makin diminati dan membuat orang lain penasaran untuk sekadar mencicipinya, bahkan membudidayakannya dalam skala konsumtif pribadi maupun dikomersialkan.
Dalam budidaya durian duri hitam, ada banyak hal yang perlu kita perhatikan, seperti halnya proses penanaman agar hasilnya menjadi optimal. Perawatan dan pemeliharannya yang ideal juga menyokong hasil panen yang memuaskan.

Berikut beberapa langkah menanam durian duri hitam, durian yang unik dan menarik banyak perhatian orang. Cekidot….

Langkah Menanam Durian Duri Hitam

MENANAM DURIAN DURI HITAM

MENANAM DURIAN DURI HITAM

1. Memilih Bibit

Langkah awal dalam menanam durian duri hitam adalah memilih bibit yang memiliki kualitas terbaik. Bibit yang memiliki kualitas terbaik tersebut dapat dilihat dari tampilan luarnya yang segar dan sehat, bebas hama dan penyakit , daun berwarna hijau segar, batang kokoh, perakaran yang banyak dan basah.
Setelah kamu sudah memilih bibit dengan kualitas yang paling baik. Diamkan dulu bibit selama minimal satu minggu di tempat yang teduh, agar bibit benar-benar dalam keadaan yang bugar dan siap untuk ditanam dalam lahan tanam yang sudah disiapkan.

2. Menyiapkan Lahan Tanam

Setelah memilih bibit dengan kualitas paling baik, langkah selanjutnya dalam menanam durian duri hitam, tentunya menyiapkan lahan tanam. Siapkan lahan tanam yang terbuka sehingga tanaman dapat mendapatkan intensitas cahaya matahari yang cukup. Tanaman durian duri hitam, idealnya dapat hidup dengan baik dengan intensitas cahaya matahari 60% sampai 80 % per hari. Kamu bisa menggunakan lahan tanam dengan pH tanah kira – kira 6,0 sampai 7,0. Atau jika kurang atau lebih, kamu bisa gunakan sedikit kapur dolomit untuk menetralkannya.

Namun, pada dasarnya, tanaman duri hitam dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah maupun dataran tinggi. Apabila kamu ingin hasilnya lebih optimal, plih lahan tanam yang ketinggiannya tidak lebih dari 1000 mdpl. Untuk lebih baik lagi, kamu dapat menanam durian duri hitam pada lhan tanam dengan ketinggiam 400 sampai 600 mdpl.

Gemburkan tanah terlebih dahulu. Bersihkan lahan tanam dari rumput liar, sampah-sampah maupun bebatuan yang sekiranya dapat menghalangi atau memperlambat pertumbuhan tanaman. Untuk hasil yang lebih baik, kamu bisa menggunakan tanah yang berjenis pasir yang subur. Atau tanah jenis latosol, padsolik merah kuning, atau pun adosol yang cocok ditanami buah durian duri hitam. Ada sebuah asumsi, untuk menghindari tanah jenis tanah liat yang terlalu basah apabila musim hujan, dan terlalu kering hingga retak-retak saat musim kemarau.

3. Membuat Lubang Tanam

Langkah menanam buah durian duri hitam selanutnya adalah membuat lubang tanam. Kamu bisa memlbuat lubang tanam dengan jarak tanm yang tidak terlalu renggang maupun terlalu sempit. Biasanya jarak tanamnya memiliki ukuran 8×8 meter persegi panjang jarak tanamnya. Atau jika lahan tanammu berukuran kisaran 1 hektar, kira-kira dapat ditanami sampai 150 pohon durian duri hitam.
Buat lubang tanam dengan ukuran 80cm x 80 cm. Pisahkan antara tanah galian tersebut.Lalu, campur tanah galian dengan pupuk kompos, sedikit sekam, dan sedikit pasir. Bila perlu campukan pula sedikit kapur dolomit untuk menetralkan pH tanah.

Diamkan lubang tanam selama setidak-tidaknya dua minggu. Tujuannya agar gas ataupun zat-zat yang beracun dapat hilang terbawa angin, dan tanah bebas dari hama maupun penyakit.

4. Menanam Bibit

Langkah menanam durian duri hitam kemudian adalah menanam bibit . Setelah lubang tanam dibiarkan selama dua minggu, tanah galian juga sudah dicampur dengan pupuk kompos, sedikit pasir, dan sedikit kapur dolomit, serta bibit sudah cukup bugar untuk ditanam di lahan tanam, waktunya menanam bibit .

Perlu kamu ketahui, menanam bibit akan lebih baik jika pada pertengahan musim hujan agar tanaman tidak kekurangan kebutuhan nutrisi air.

Tanam bibit pada sore hari, agar tanaman tidak mudah layu. Sebelum membuka polibag, basagi terlebih dahulu agar mudah membukanya. Hati-hati saat membuka atau merobek polibag, jangan sampe merusak atau mengilangkan tanah yang menempel pada polybag dan merusak akar tanaman.

Untuk hasil yang lebih optimal lagi, tambahkan mulsa pada tanaman. Mulsa merupakan sisa-sisa tanaman (dapat berupa daun-daun atau batang tanaman) yang juga merupakan kompos organik. Penggunaan pulsa dapat berfugsi untuk menekan pertumbuhan gulma dan rumput liar. Setelah beberapa saat, mulsa dapat membantu memberikan nutisi tambahan sehingga dapat mempercepat pertumbuhan tanaman durian duri hitam.

5. Menyirami Tanaman

Langkah menanam buah durian duri hitam selanjutnya adalah menyirami tanaman. Rajinlah menyirami tanaman minimal dua kali dalam sehari setiap pagi hari dan menjelang sore hari.
Selain itu, kamu juga harus bisa memperbaiki drainase, agar kondisi tanaman durian duri hitam tetap terjaga, tidak terlalu lembab maupun terlalu kering.

6. Memberi Pupuk

Langkah menanam durian duri hitam selanjutnya adalah rajin memberi pupuk. Kamu dapat memberi pupuk di area tanah yang menjadi lahan tanam berdekatan dengan tanaman durian duri hitam. Kamu dapat membuat tanah galian yang melingkari tiap-tiap tanaman duri hitam, lalu memberikan pupuk kompos di situ. Beri pupuk idealnya sediap empat sampai lima minggu sekali.

7. Melakukan Pemangkasan

Langkah selanjutnya dalam menanam tanaman durian duri hitam adalah melakukan pemangkasan. Pemagkasan atau lebih dikenal dengan Purning merupakan hal mutlak yang sewajarnya dilakukan karena hal ini, selain bertujuan untuk membentuk tajuk pada tanaman tapi juga memberikan jalan bagi cahaya matahari agar dapat menyinari tanaman scara keseluruhan sehingga dapat mempercepat pembentukan bunga, juga proses fotosintesis serta pembuahan pada tanaman.

Tags: , , ,

Bagikan ke

Diposting oleh

jual bibit tanaman buah berkualitas dan bergaransi

7 LANGKAH MENANAM DURIAN DURI HITAM

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

8 CARA PENANAMAN TANAMAN BUAH MANGGA MANALAGI
5 Mei 2020

Buah mangga manalagi merupakan salah satu buah lokal unggulan yang pamornya bahkan sudah sampai tingkat Asia. Rasanya yang manis, yakni... selengkapnya

4 Langkah Jitu Agar Pohon Jambu Air Berbuah Lebat
14 Juli 2021

Cara Agar Pohon Jambu Air Berbuah Lebat – Menikmati buah jambu air saat cuaca sedang panas-panasnya merupakan pilihan paling tepat.... selengkapnya

6 KEUNGGULAN DURIAN BAWOR, DURIAN LOKAL YANG BERUKURAN JUMBO
5 Mei 2020

Buah Durian merupakan buah yang paling populer di Indonesia setelah buah mangga. Jenis buah yang tumbuh di daerah tropis dalam... selengkapnya

4 Keunggulan Anggur Jupiter Bikin Anda Terkagum
1 Desember 2020

Keunggulan anggur jupiter adalah salah satu jenis anggur tanpa biji atau seedless yang berasal dari Amerika. Dimana tanaman anggur jenis... selengkapnya

Cara Mengonsumsi Buah Bit
3 Desember 2017

Cara Mengonsumsi Buah Bit – Buah bit merupakan bagian dari keluarga umbi, meski di Indonesia tanaman ini sering disebut buah. Di... selengkapnya

5 PERAWATAN IDEAL PADA KELAPA PANDAN WANGI
7 April 2020

Kembali lagi di Bibit Buahku. Pada pembahasan ini kita akan mengulas tentang perawatan ideal pada Kelapa Pandan Wangi. Kelapa pandan... selengkapnya

Cara Merawat Pohon Mangga yang Berbunga Agar Tidak Rontok
13 Juli 2021

Cara Merawat Pohon Mangga Yang Berbunga – Mangga merupakan tanaman tropis yang biasanya berbuah musiman. Saat ini sudah banyak orang... selengkapnya

Cara Menanam Kelapa Pandan Wangi yang Baik Dan Benar
28 Maret 2022

Menanam Kelapa Pandan Wangi – Kelapa pandan wangi adalah salah satu jenis kelapa yang berasal dari Thailand, buah kelapa yang... selengkapnya

Jarak Tanam Durian Yang Sesuai Agar Pohon Durian Cepat Berbuah Banyak
15 Januari 2019

Tertarik untuk mengebunkan durian? Ya siapa yang tak mau punya kebun durian, selain pemasaran hasil buahnya mudah juga harga buahnya... selengkapnya

Tabulampot Jambu Air Mudah Berbuah dan Lebih Manis
9 Oktober 2017

Tabulampot jambu air dalam budidaya jambu air merupakan alternatif yang tepat. Selain menghemat lahan, tanaman di dalam pot pun dapat... selengkapnya

7 LANGKAH MENANAM DURIAN DURI HITAM

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

yaniz
● online
yaniz
● online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: