Beranda » Blog » 7 LANGKAH PENANAMAN POHON MANGGA KIOJAY

7 LANGKAH PENANAMAN POHON MANGGA KIOJAY

Diposting pada 21 Maret 2020 oleh bibit buah / Dilihat: 1.268 kali

Kembali bersama kami, Bibitbuahku. Dalam kesempatan ini kita akan membahas tentang langkah penanaman pohon Mangga Kiojay

Buah mangga merupakan buah yang sering kita konsumsi sehari-hari. Baik dikonsumsi secara langsung, dibuat olahan jus, sop buah, bahkan olahan-olahan makanan yang unik-unik di restoran-restoran ternama. Dalam sebuah penelitian, di Indonesia, buah mangga merupakan buah yang paling terpopuler dan digemari oleh seluruh lapisan masyarakat. Dikuti dengan buah durian, jeruk, dan pisang, buah mangga menjadi komoditas yang popoler dan menjadi primadona bagi setiap orang.

Salah satu jenis buah mangga unggul yang tengah diperbincangkan adalah Mangga Kiojay. Buah mangga yang memiliki rasa manis bahkan sebelum benar-benar matang ini memiliki ukuran jumbo dengan berat rata-rata 1,3 kilogram hingga 1,8 kilogram, bahkan sampai 2 kilogram perbuahnya. Wow, amazing bukan?

Jenis mangga ini kemudian diminati bukan hanya di kalangan hobilis atau kolektor tanaman buah yang unik, namun juga semua kalangan masyarkat. Mangga kiojay yang berasal dari Thailand ini kemudian memiliki nilai ekonomis yang tinggi karena harga jual yang tinggi. Budidaya tanaman ini juga relatif mudah, perawatannya tidak muluk-muluk dan hama dan penyakitnya mudah untuk diatasi. Bagaimana, tertarik untuk menanam buah jumbo ini? Oh ya, satu hal lagi, Keunggulan Mangga Kiojay juga dapat ditanam di dalam pot loh, ya. Jadi tidak usah khawatir bagi kamu yang tertarik untuk menanam buah ini namun terkendala lahan yang sempit.

Baiklah, ini dia langkah-langkah menamam buah Mangga Kiojay yang memiliki ukuran buah yang jumbo beserta rasa yang manis.

Langkah Menanam Pohon Mangga Kiojay

LANGKAH PENANAMAN POHON MANGGA KIOJAY,

LANGKAH PENANAMAN POHON MANGGA KIOJAY,

1. Siapkan Lahan Tanam

Langkah menaman pohon mangga kiojay yang pertama adalah menyiapkan lahan tanam. Pastikan lahan tanam yang kamu siapkan itu merupakan lahan yang terbuka dan harus terkana paparan sinar matahari sepanjang hari, tanpa adanya penghalang apapun termasuk rindangnya tanaman lain, atau tembok yang tinggi.
Jangan lupa untuk membersikan area lahan tanam dari sampah-sampah, bebatuan, rumput liar, ataupun sesuatu hal lain yang dapat mengganggu pertumbuhan mangga kiojay. Bersihkan pula sampah-sampah plastik atau sampah-sampah organik, lalu pisahkan dengan sampah organik dan buah di tempat sampah. Pemisahan sampah organik dan anorganik akan berguna untuk pengolahan. Sampah organik, idealnya dapat diolah kembali menjadi pupuk kompos.

2. Pilih Bibit Yang Berkualitas

Langkah selanjutnya dalam menanam pohon mangga kiojay adalah memastikan bahwa pilihan bibit kamu benar-benar berkualitas. Pilih bibit dengan perakaran yang banyak, kuat dan basah. Biasanya bibit dengan tinggi sekitar 40 cm- sampai 60 cm memiliki perakaran yang kuat. Pilih pula bibit yang segar dan bebas penyakit. Jika kamu ingin berkonsultasi perihal bib it unggul berkualitas dan bergaransi ini, kamu bisa mengunjungi kanal di sini.

3. Menyiapkan Lubang Tanam

Langkah menanam pohon mangga kiojay kemudian adalah menyiapkan lubang tanam. Lubangi lahan tanam menggunakan cangkul atau alat lain, dengan ukuran idealnya 60cmx60cmx60cm. Tanah hasil galian, kemudian dapat dicampur dengan pupuk kompos serta sekam. Biarkan dulu lubang dan campuran tanah kompos dan sekam tersebut selama 3-4 hari.
Untuk hasil yang lebih optimal, gunakan pupuk kompos yang sudah kering ditandai dengan warnanya yang coklat kehitaman. Skala campuran antara tanah, kompos, dan sekam, biasnya 5;1;1 atau sesuai dengan selera kamu namun jangan sampai berlebihan.

4. Penanaman Mangga Kiojay

Setelah lubang tanam sudah siap, langkah selanjutnya dalam menanam pohon mangga kiojay adalah meletakan tanaman pada lubang tanam. Apabila bibit masih dalam polybag, keluarkan secara hati-hati dengan cara melepas secara perlahan-lahan agar tidak merusak akar tanaman.
Letakan bibit di tengah-tenfah lubang, lalu timbun dengan campuran tanah, kompos, dan sekam yang telah dipersiapkan tadi. Pastiakan bibit tegak lurus, dan tidak miring.

5. Bila Perlu, Pasang Ajir atau Tiang Penyangga

Langkah menanam pohon mangga kiojay selanjutnya adalah memasang ajir atau ting penyangga. Sebenarnya pemasangan ini bersifat tidak wajib, hanya saja ini merupakan alternatif pencegagah akan hal-hal yang tidak diinginkan. Terlebih, jika kamu menanamnya pada saat cuaca dan iklim yang tidak menentu.
Ajir atau penyangga digunakan agar tanaman tidak mudah tumbang saat terkena angin kencang. Cukup tancapkan ajir lalu ikat dengan tali rafia di tanaman. Biasnya, ajir atau tiang penyangga kami buat dari bambu berukuran 1,5 meter.

6. Rajinlah Menyiram Tanaman

Setelah bibit sudah selesai ditanam. Langkah selanjutnya adalah menyiram tanaman. Tanaman mangga kiojay meski tumbuh subur dan optimal pada cuaca yang panas di Thailand, tapi tanaman ini juga membutuhkan asupan air yang cukup. Biasanya siram tanaman sekali dalam sehari pada saat pagi hari atau sore menjelang matahari terbenam. Pasrtikan tanaman ini tumbuh subur dengan asupan sinar matahari dan air yang cukup.

7. Gemburkan Tanah dan Beri Pupuk Secara Bertahap Serta Berkala

Langkah menanam pohon mangga kiojay selanjutnya adalah dengan menggemburkan tanah dan juga memberi pupuk secara bertahap dan berkala. Untuk awal-awal pertumbuhan, idealnya gemburkan tanah tiap dua minggu sekali dan beri pupuk setiap satu bulan sekali. Kami menganjurkan agar pemberian pupuk menggunakan pupuk organik dan ramah lingkungan. Penggunaan pupuk berbahan dasar kimia jadikan sebagai pilihan terkahir.
Apabila tanaman sudah mencapai lebih dari satu tahun, kamu bisa menambahkan bahan anti hama dan penyakit. Jika batangnya sudah cukup kuat, kamu juga bisa memberinya booster pemicu pembuahan agar cepat berbuah.
Sebaiknya, buah mangga kiojay dinikmati pada saat hampir matang, atau jangan biarkan matang 100% di pohon. Karena jika demikian, dan asupan matahari kurang, bisa menyebabkan buahnya terlalu lembek karena terlalu matang.

Simak artikel kami lainya tentang : 6 Cara Budidaya Mangga Kiojay Yang Efektif Tumbuh di Musim Kemarau 

MENANAM

MENANAM MANGGA KIOJAY

Tags: , , ,

Bagikan ke

Diposting oleh

jual bibit tanaman buah berkualitas dan bergaransi

7 LANGKAH PENANAMAN POHON MANGGA KIOJAY

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Cara Budidaya Jambu Air Madu Dheli Hijau
11 September 2020

Jambu air madu dheli hijau saat ini sedang populer di kalangan pencinta jambu air Nusantara. Buah yang dianggap memiliki rasa... selengkapnya

7 LANGKAH MENANAM DURIAN DURI HITAM
7 April 2020

Masih bersama kami, di artikel terbaik tentang buah di Bibit Buahku. Yak… kali ini kita akan membahas tentang langkah menanam... selengkapnya

Dua Cara Budidaya Jagung Manis Panen Besar
12 Desember 2017

Budidaya Jagung Manis Panen Besar – Sebelum membahas lebih jauh, untuk Anda yang ingin membudidayakan jagung manis sebagai produk unggulan perlu... selengkapnya

7 TAHAPAN PENANAMAN TANAMAN BUAH MANGGA HARUM MANIS
29 April 2020

Kembali lagi di artikel kami, kali ini kita akan mengulas tahapan tanaman buah mangga harum manis. Tanaman mangga harum manis... selengkapnya

4 CARA PERAWATAN PADA TANAMAN ALPUKAT PLUWANG
25 Maret 2020

Bersama kami Bibitbuahku.com, kali ini kita akan membahas terkait cara perawatan pada tanaman Alpukat Pluwang. Alpukat pluwang merupakan jenis alpukat... selengkapnya

5 Keunggulan Nangka Mini Yang Perlu Anda Tahu
15 Desember 2020

Ketika kita memakan es campur, tentu saja kita akan menghirup salah satu aroma wangi yang sangat khas yang bisa kita... selengkapnya

6 PERAWATAN IDEAL PADA TANAMAN BUAH KELAPA GENJAH ENTOK
13 Mei 2020

Tanaman buah kelapa memang memiliki banyak sekali manfaat, mulai dari daunnya yang memiliki tulang daun sejajar, hingga akar tanaman yang... selengkapnya

Perkembangan Pohon Tin Di Luar Negeri dan Di Indonesia
9 Maret 2017

Perkembangan Pohon Tin Di Luar Negeri dan Di Indonesia – Perancis membuahkan 4.000 ton buah tin per th. sejumlah 2.000 ton... selengkapnya

10 KEUNGGULAN DURIAN MUSANG KING YANG COCOK DI IKLIM INDONESIA
14 Maret 2020

Pada kesempatakan ini, kita akan mengulas terkait keunggulan durian Musang King yang cocok untuk di iklim Indonesia. Cekidot… Durian Musang... selengkapnya

Buah Bintang Unggulan Bojonegoro – Belimbing Unggul
27 Juni 2017

Buah Bintang Unggulan Bojonegoro – Belimbing di sentra Desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu, Bojonegoro, berukuran besar, lembut, dan manis. Ciri khas... selengkapnya

7 LANGKAH PENANAMAN POHON MANGGA KIOJAY

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

yaniz
● online
yaniz
● online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: