Beranda » Blog » 4 Perawatan Pokok Tanaman Buah Kelengkeng New Kristal

4 Perawatan Pokok Tanaman Buah Kelengkeng New Kristal

Diposting pada 4 Maret 2020 oleh bibit buah / Dilihat: 2.959 kali

Kali ini kita akan membahas terkait cara merawat kelengkeng new kristal. Seperti apakah caranya, mari kita bahas bersama.

Kelengkeng menjadi salah satu varietes buah-buahan subtripis yang banyak disukai oleh khalayak. Harga jual yang tergolong kurang terjangkau membuat tanaman ini menarik bila dibudidayakan. Pasarnya jelas, budidayanya mudah, dan harga jualnya tinggi, siapa yang tidak minat? Salah satu tanaman kelengkeng unggulan adalah jenis Kelengkeng New Kristal.

Buah Kelengkeng New Kristal merupakan buah yang fantastis. Banyak orang yang mengagumi dan berniat membudidayakannya. Selain karena rasanya yang enak, buahnya yang tidak mengenal musim dalam berbuah, hingga kandungan vitamin C yang tinggi, buah kelengkeng new kristal juga dapat mendung program dietmu, lo.

Setelah kita sudah mempelajari keunggulan tanaman, mengetahui hama dan penyakit yang biasanya menyerang pada tanaman hingga cara penanaman yang idel, saatnya kita juga mempelajari perawatan pada tanaman kelengkeng new kristal. Saat semua hal bisa kita lalui dengan usaha yang maksimal, hasilnya juga sudah dipastikan memuaskan.

Dalam budidaya Kelengkeng New Kristal, kita harus mengetahui beberapa hal. Termasuk mengenali hama dan penyakit, hingga perawatannya. Beberapa hama dan penyakit yang menjadi musush utama pekebun karena dapat menurunkan hasil produksi, dapat diatasi dan dicegah dengan perawatan pokok yang kadang kala terabaikan. Hal-hal kecil seperti rajin membersihkan tanaman dari gulma, pemangkasan yang berkala, tanpa absen setiap beberapa bulan sekali, hingga penyiraman yang ideal, seringkali diaanggap remeh oleh sebagian orang dalam budidaya kelengkeng new kristal. Padahal, hal tersebut merupakan hal dasar serta pokok yang menjadi fondasi agar hasil produksi kita dapat optimal, dan memungkinkan pula tembus pada kata maksimal. Berikut beberapa perawatan pokok dalam perawatan tanaman Kelengkeng New Kristal.

Perawatan Pokok Tanaman Buah Kelengkeng New Kristal

PERAWATAN KELENGKENG NEW KRISTAL

PERAWATAN KELENGKENG NEW KRISTAL

1. Penyiraman Terstruktur

Perawatan Tamanan Buah Kelengkeng New Kristal yang pertama adalah penyiraman yang tersruktur. Maksudnya, penyiraman pada tanaman harus dilakukan rutin setidak-tidaknya satu-dua kali dalam sehari. Waktu yang tepat dalam penyiraman biasanya saat pagi hari, yakni ketika matahari terbit, dan sore hari atau menjelang matahari terbenam.

Penyiraman ini selain bertujuan untuk memberikan nutrisi air tambahan pada tanaman, dan membantunya mempercepat fotosintesis, yang artinya mempercepat pula pertumbuhan bunga dan buah. Dengan penyiraman yang tersruktur dan sistematis, sekaligus kita juga dapat melakukan pengecekan tanaman setiap hari. Pencegahan terhadap hama dan penyakit, serta masalah gulma atau tanaman parasit dapat mudah teratasi.

2. Penggemburan Lahan Tanam

Perawatan selanjutnya adalah penggemburan lahan tanam. Penggemburan lahan tanam dapat dilakukan dengan cara mengcangkul perlahan dan tidak terlalu dalam di area tanah penanaman. Hal ini dilakukan agar tanah yang tadinya sudah padat akan segera kembali gembur, sehingga jika hujan turun, atau saat tanaman disiram, air dapat mudah meresap ke dalam akar tanaman.

Perawatan taman Kelengkeng New Kristal ini merupakan perawatan pokok untuk mempengaruhi proses pembentukan bunga, dan organ tanaman lain. Penggemburan lahan tanam dapat dilakukan pada usia 2 sampai 4 bulan, terhitung sejak usia awal tanam.

Penggemburan lahan tanam juga dapat dibantu dengan pemberian pupuk organik, untuk memberikan nutrisi tambahan pada tanah dan memicu pertumbuhan tanaman.

3. Pemangkasan Secara Berkala

Perawatan tanaman kelengkeng new kristal selanjutnya adalah pemangkasan atau perempelan. Perawatan ini berfungsi untuk membentuk kanopi pada tanaman, serta meningkatkan produktivitas tanaman agar cepat berbuah lebat dan menguntungkan. Pemangkasan dapat dilakukan sejak tanaman berumur sekitar 3-4 bulan, terhitung sejak awal penanaman. Pemangkasan secara berkala ini juga dapat disikapi dengan cara menyisakan 4-6 tunas saja, yang akan dipelihara hingga berusia satu tahun. Perawatan Tanaman Kelengkeng New Kristal pada tahap pemangkasan, bisa dilakukan setiap setahun sekali.

4. Penggunaan Booster Yang Ideal

Salah satu trik dalam budidaya tanaman kelengkeng new kristal adalah pemboosteran. Pembosteran merupakan pemberian perlakuan khusus pada tanaman untuk memacu dan mempercepat pertumbuhan bunga dan buah.

Perlakuan khusus tersebut dapat berupa perlakuan fisik dan perlakuan kimia. Perlakuan fisika dilakukan dengan cara melukai batang tanaman. Misalnya dengan mengerat atau mengelupas kambium. Sedangkan perlakuan kimia dapat berupa pemebrian bahan kimia penginduksi.

Perlakuan khusus tersebut, berfungsi untuk meninngktkan perubahan hormon bagian tanaman sehingga mengibah dari fase vegetatif ke fase generatif. Biasanya perlakuan ini dapat terlihat hasilnya setelah 40- 60 hari dengan munculnya primodia bunga pada tanaman. Setelah bunga itu panen, maka tanaman akan mengalami perubahan fisik pada buah hingga siap dipanen. Tahapan pembosteran ini difungsikan agar kelengkeng new kristal relatif mampu mengasilkan bunga yang kemudian dapat berubah menjadi buah.

Dalam perawatan pokok tanaman kelengkeng new kristal, pemboosteran juga memiliki hal-hal yang perlu kita cermati. Salah satunya dengan memperhatikan kondisi tanaman. Pemboosteran yang over dosis dan tidak ideal, dapat merusak tanaman. Pembosteran dalam tanaman kelengkeng perlu memperhatikan hal-hal seperti, pemilihan pohon kelengkeng yang pertumbuhannya optimal dan cukup mendapatkan paparan sinar matahari dan pucuk daunnya sudah tua, memberikan nutisi khusus yang sesuai dengan dosis, dan praktik pembuahan yang hati-hati.

Perhatikan saat mengerat atau mengeluas batang, jangan sampai bekas luka untuk pemboosteran malah mengundang penyakit yang menyebabkan pembusukan pada organ batang tanaman itu sendiri. Biasanya ini terjadi karena pada saat melukai batang, tanaman masih belum cukup umur untuk dibooster. Pemboosteran dapat dilakukan ketika pohon sudah siap berbuah. Selain itu, pemberian bahan kimia penginduksi juga harus sesuai dengan dosis. Pastikan kamu sudah membaca dosis ysng tertera dalam kemasan, ya.

Demikan artikel dari kami, jangan lupa baca juga artikel kami terkait Cara perawatan kelengkeng new kristal

 

 

Tags: , , , ,

Bagikan ke

Diposting oleh

jual bibit tanaman buah berkualitas dan bergaransi

4 Perawatan Pokok Tanaman Buah Kelengkeng New Kristal

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Belimbing Madu – Buah Bintang Unggulan Bojonegoro
15 Maret 2017

Belimbing Madu Buah Bintang Unggulan Bojonegoro –  Belimbing di sentra Desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu, Bojonegoro, berukuran besar, lembut, dan manis.... selengkapnya

Kreasi Limbah Kulit Pisang Unik Yang Pasti Anda Belum Tahu
11 Desember 2017

Kulit Pisang – Sejak zaman dahulu kulit pisang akrab dengan manusia. Bukan hanya dijadikan lagu, tapi juga untuk pupuk dan pakan... selengkapnya

Cara Merawat Durian Agar Cepat Berbuah
22 Februari 2018

Cara Merawat Durian Agar Cepat Berbuah – Sebagai salah satu buah-buahan asli negara tropis, buah durian memang salah satu buah yang... selengkapnya

5 Jenis Alpukat Mentega Yang Cocok Untuk Dibudidayakan
13 Januari 2022

Alpukat merupakan tanaman buah yang saat ini sedang ramai diburu oleh pekebun, pengkoleksi, maupun pencinta tanaman buah. banyak dari mereka... selengkapnya

Manfaat Buah, Biji dan Daun Buah Avokad (Persea)
16 Maret 2017

Manfaat Buah, Biji dan Daun Buah Avokad (Persea) – Daging buah avokad yang lembut itu berpadu dengan daging kelapa muda,... selengkapnya

7 TAHAP BERCOCOK TANAM TANAMAN BUAH MANGGA HARUM MANIS DI DALAM POT
29 April 2020

Kembali lagi di Bibitbuahku, Pada kesempatan ini kita akan mengulik tentang tahap bercocok tanam tanaman buah mangga harum manis di... selengkapnya

7 LANGKAH PENANAMAN POHON MANGGA KIOJAY
21 Maret 2020

Kembali bersama kami, Bibitbuahku. Dalam kesempatan ini kita akan membahas tentang langkah penanaman pohon Mangga Kiojay Buah mangga merupakan buah yang... selengkapnya

5 Keunggulan Nangkadak Yang Belum Banyak Orang Ketahui
28 Desember 2020

Keunggulan nangkadak, dimana jika kita lihat secara sekilas nama dari buah ini terdengar sangat lucu. Namun walaupun begitu, buah nangka... selengkapnya

Dua Cara Budidaya Jagung Manis Panen Besar
12 Desember 2017

Budidaya Jagung Manis Panen Besar – Sebelum membahas lebih jauh, untuk Anda yang ingin membudidayakan jagung manis sebagai produk unggulan perlu... selengkapnya

5 TRIK PENANAMAN DURIAN MUSANG KING
14 Maret 2020

Kali ini kita akan membahas tentang trik penanaman durian Musang King, oke kita langsung bahas. Durian Musang King merupakan salah... selengkapnya

4 Perawatan Pokok Tanaman Buah Kelengkeng New Kristal

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

yaniz
● online
yaniz
● online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: