Beranda » Blog » 3 Cara Agar Buah Mangga Tidak Pecah Sebelum Panen

3 Cara Agar Buah Mangga Tidak Pecah Sebelum Panen

Diposting pada 12 Juli 2021 oleh bibit buah / Dilihat: 2.989 kali

3 Cara Agar Buah Mangga Tidak Pecah – Mangga merupakan buah yang banyak disukai oleh orang-orang, walaupun berbuah musiman. Tidak sedikit orang yang menanam bibit mangga untuk dibudidayakan, entah skalanya rumahan atau perkebunan. Perawatan tanaman mangga memang terkenal mudah alias tidak susah-susah amat, hanya saja anda tetap harus memperhatikan pertumbuhan tanaman buah yang satu ini. Karena jika tidak dirawat dengan baik ada saja kendala yang bisa terjadi, seperti buahnya mengalami kebusukan atau buah mangga pecah sebelum matang dan waktu panen.

3 cara agar buah mangga tidak pecah

Mangga Pecah Pohon

Sebagai petani atau pun orang yang menanam buah mangga, anda tentu mengharapkan hasil yang memuaskan. Seperti pohon yang dapat berbuah cepat serta menghasilkan buah yang lebat. Untuk menghasilkan pohon mangga yang berbuah optimal anda harus mengetahui penyebab dari masalah tersebut. Jika anda sudah mengetahui masalah dibalik kenapa buah mangga pecah sebelum matang, anda dapat mencari cara agar buah mangga tidak pecah serta membuat pohonnya tumbuh dan berbuah dengan baik.

Mengenal Pohon Mangga

Sebagai orang Indonesia tentu kita sudah tidak asing dengan pohon mangga. Banyak dari kita yang menyukai rasa buah mangga yang manis dengan sedikit masam karena menyegarkan. Tanaman buah tropis yang biasanya berbuah musiman ini sangat mudah ditemukan. Di Indonesia sendiri terdapat berbagai jenis mangga baik lokal maupun import yang terbukti dapat tumbuh dan berbuah dengan baik saat ditanam di Indonesia.

Beberapa jenis mangga lokal seperti Mangga arumanis dan mangga manalagi adalah yang paling banyak disukai oleh masyarakat. Sedangkan untuk jenis mangga import anda bisa menemukan jenis mangga mahatir, mangga kiojay, maupun mangga red ivory yang terbukti sangat disukai karena memiliki berbagai macam keunikan. Jika anda tertarik untuk budidaya mangga, anda bisa mendapatkan bibitnya di website bibitbuahku.

Tetapi terlebih dahulu anda harus mencari informasi agar saat memulai perkebunan anda tidak mengalami kegagalan. Anda bisa mencari informasi mengenai syarat tumbuh seperti kondisi tanah, pH tanah yang cocok, serta ketinggian lahan. Anda juga harus mencari informasi mengenai cara perawatannya, terutama cara agar buah mangga tidak pecah karena masalah ini sering sekali dialami oleh petani buah mangga.

Potensi Menanam Pohon Mangga

Buah mangga menjadi salah satu buah favorit yang disukai oleh keluarga Nusantara. Biasanya saat memasuki masa panen buah mangga selalu diburu sehingga cepat laris. Cara mengkonsumsi buah mangga pun berbeda-beda, ada yang suka dimakan langsung, ada yang diolah menjadi jus, ada juga yang membuatnya menjadi olahan makanan seperti rujak buah.

Permintaan buah mangga ini sangat besar di beberapa musim, sayangnya permintaan pasar yang besar ini tidak berbanding lurus dengan daya produksi yang dihasilkan oleh negeri sendiri. Sehingga mengharuskan kita melakukan import untuk dapat memenuhi kebutuhan yang minta oleh pasar dalam negeri.

Dengan potensi yang besar tersebut tentu anda bisa membayangkan secara singkat tentang prospek perkebunan mangga. Walaupun dalam prakteknya yang dinamakan mengolah perkebunan tetap membutuhkan modal yang besar. Karena anda harus mengeluarkan biaya untuk persiapan lahan, penanaman bibit, dan juga saat melakukan perawatan pohonnya.

Tetapi saat melihat dari segi keuntungan di masa yang akan datang, pohon mangga bisa menjadi aset berharga yang mampu membuat kantong anda selalu tebal. Karena pohon mangga yang memiliki pertumbuhan bagus, saat panen akan mendatangkan keuntungan yang besar pula.

Coba anda bayangkan, satu pohon mangga bisa kita contohkan mampu menghasilkan buah sebanyak 50 kg, dengan harga kisaran untuk 1 kg mangga adalah Rp 10.000. Jika dikalikan 50 saja maka anda sudah bisa mendapatkan uang sekitar Rp. 500.000. padahal untuk satu pohon mangga yang sudah besar akan rutin menghasilkan buah setiap tahun. Satu pohon mangga mampu menghasilkan buah lebih dari 50 kg.
Belum lagi jika anda menanam pohon mangga unggulan seperti mahatir dan kiojay yang harga buahnya dipasaran masih tergolong tinggi. Anda tentu akan mampu menghasilkan keuntungan lebih banyak. Apalagi pohon mangga rata-rata memiliki masa siap panen sekitar usia 5 tahun setelah bibitnya ditanam. Tentu lebih cepat dibandingkan beberapa jenis buah yang lain.

Perawatan mangga tergolong mudah, tetapi ada salah satu kendala yang sering terjadi saat menanam pohon mangga, saat pohonnya mulai berbuah. Yakni buah mangga pecah sebelum waktunya matang atau sebelum siap untuk dipanen. Anda harus mencari cara agar buah mangga tidak pecah sebelum matang sehingga bisa dipanen dalam kondisi terbaik.

Penyebab Mangga Pecah Sebelum Matang

Tanaman mangga memiliki jenis yang beragam dengan sifat dan karakteristik pohon yang berbeda-beda pula. Ada pohon mangga yang memiliki tingkat produktifitas tinggi dengan kemampuan mampu menghasilkan buah sepanjang tahun tanpa mengenal musim. Biasanya pohon mangga yang memiliki sifat tersebut dapat dipanen sebanyak 3 kali dalam kurun waktu satu tahun.

Tentu saja kondisi tersebut mampu memberikan keuntungan yang banyak untuk petani, tetapi jika buah mangga pecah sebelum matang atau bahkan malah busuk justru akan membuat petani kelimpungan karena tidak mendapatkan hasil apa-apa. Buah mangga yang pecah sebelum matang bisa terjadi akibat beberapa faktor. Faktor tersebut harus anda antisipasi agar buah mangga dapat tumbuh dan berbentuk sempurna. Beberapa penyebab atau faktor buah mangga pecah sebelum matang yaitu.

Kelebihan Unsur Nitrogen Dalam Tanah

3 cara agar buah mangga tidak pecah

Penyiraman Mangga

Keadaan seperti ini dapat terjadi tidak mengenal musim, hanya saja biasanya saat musim hujan pengaruhnya jauh lebih besar dibandingkan dengan musim kemarau. Pada umumnya disaat musim hujan, air hujan akan meningkatkan produksi nitrogen di dalam tanah, Nah, kebanyakan unsur nitrogen inilah yang membuat buah mangga pecah sebelum matang. Sama juga seperti musim kemarau, jika menggunakan pupuk nitrogen yang terlalu berlebihan atau melakukan penyiraman yang berlebihan, buah mangga akan mengalami hal yang sama.

Tanaman mangga yang pecah karena kelebihan kandungan nitrogen biasanya tidak diseimbangi dengan unsur kalium dan fosfat sehingga kulit buah mangga menjadi tidak elastis. Buah mangga yang terus bertambah besar tidak dibarengi dengan kulit buah yang elastis sehingga membuat kulitnya retak dan pecah.

Cuaca Terlalu Panas

Saat memasuki musim kemarau biasanya menyebabkan tanaman buah mengalami kepanasan. Saat sumber air tidak diberikan secara rutin dan teratur akan membuat tanaman tidak terhidrasi. Kondisi seperti ini bukan hanya mampu menyebabkan buah mangga pecah sebelum matang, tapi juga mampu membuat bunganya kering dan rontok. Pada beberapa kasus musim kemarau bahkan mampu membuat tanaman menjadi kering, layu, dan akhirnya mati.

3 Cara Agar Mangga Tidak Pecah Sebelum Dipanen

Setelah mengetahui penyebab buah mangga pecah sebelum matang, anda bisa melakukan langkah pencegahan untuk membuat buah mangga matang secara sempurna dan tidak rusak. Beberapa cara yang bisa anda lakukan agar buah mangga tidak pecah yaitu.

Memberikan Pupuk MKP

3 cara agar buah mangga tidak pecah

Pupuk MKP

Karena tidak bisa mengimbangi unsur nitrogen yang berlebihan maka pohon mangga harus diberikan pupuk yang banyak mengandung kalium dan fosfat. Berikan pupuk mkp untuk mengembalikan keelastisan kulit mangga sehingga ketika buahnya terus membesar kulit buahnya juga akan mengikuti atau menyesuaikan dengan buah yang berkembang.

Menciptakan Kondisi Tanah Berimbang

Lalu untuk mengatasi masalah akibat unsur nitrogen di dalam tanah terlalu banyak, anda bisa menyeimbangkan unsur tanahnya. Saat musim penghujan anda sebaiknya membuat saluran drainase yang mampu menghilangkan kelembapan pada akar. Serta mampu mempercepat penguapan tanah. Usahakan agar batang bawah tanaman mangga tidak tergenang oleh air hujan.

Melakukan penyiraman secara rutin

Untuk mengatasi masalah karena kepanasan dan kurang terhidrasi, cara yang harus anda lakukan tentu saja melakukan penyiraman lebih sering. Tidak usah berlebihan, cukup sirami sebanyak dua kali dalam sehari pada pagi dan juga sore hari.

Dengan memberikan air, masalah kepanasan akibat kemarau akan selesai dan mampu membuat tanaman menjadi lebih segar. Tanaman mangga akan terhidrasi serta dapat membuat buah mangga menjadi matang sempurna serta tidak rusak.

Itulah ulasan mengenai 3 cara agar buah mangga tidak pecah sebelum matang, beserta penyebab mengapa buahnya dapat pecah. Semoga ulasan tersebut dapat membantu anda dalam merawat pohon mangga kesayangan anda di rumah.

Tags: , , , , ,

Bagikan ke

Diposting oleh

jual bibit tanaman buah berkualitas dan bergaransi

3 Cara Agar Buah Mangga Tidak Pecah Sebelum Panen

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Cara Booster Kelengkeng Lengkap Dari A Sampai Z Sesuai Pekebun Kelengkeng Thailand
3 Desember 2017

Cara Booster Kelengkeng – Wah, pertemuan seolah tak ingin meninggalkan Anda dan Bibitbuahku.com. Di setiap pertemuan kami berkeinginan untuk membagi segala... selengkapnya

Penyuburan Tanah Dengan Pupuk NPK
3 Maret 2017

Penyuburan Tanah Dengan Pupuk NPK – Tanaman merupakan salah satu makhluk hidup yang berada disekitar kita. Pastinya banyak dari kita... selengkapnya

Penanaman Kurma Usia 0 bulan – 6 bulan | Pupuk Tanaman Kurma dan Penyakit Pohon Kurma
11 Juli 2019

Patikan sebelum anda membaca cara penanaman baby kurma, silahkan baca terlebih dahulu cara menyemai biji kurma sampai 100% berkecambah dengan... selengkapnya

4 Perawatan Pokok Tanaman Buah Kelengkeng New Kristal
4 Maret 2020

Kali ini kita akan membahas terkait cara merawat kelengkeng new kristal. Seperti apakah caranya, mari kita bahas bersama. Kelengkeng menjadi... selengkapnya

5 Keunggulan Nangka Mini Yang Perlu Anda Tahu
15 Desember 2020

Ketika kita memakan es campur, tentu saja kita akan menghirup salah satu aroma wangi yang sangat khas yang bisa kita... selengkapnya

Cara Agar Pamelo Berbuah Lebat Dalam Pot
21 Maret 2017

Cara Agar Pamelo Berbuah Lebat Dalam Pot – Pamelo koleksi Tatang Halim berbuah lebat meski tumbuh dalam pot. Pamelo yang tumbuh... selengkapnya

Budiaya Lemon di Indonesia
16 Maret 2017

Budiaya Lemon di Indonesia – Agus Roma Riswanto kewalahan memenuhi tingginya permintaan jeruk lemon, hingga 5 ton per hari. Pemasok... selengkapnya

Zaitun Berbuah di Bogor
17 Maret 2017

Tanaman gurun itu terbukti dapat berbuah di kebun Teddy Soelistyo – para kolektor buah itu—2 pohon zaitun berbuah. Mereka pantas takjub... selengkapnya

7 BUDIDAYA DURIAN MUSANG KING DI INDONESIA
12 Maret 2020

Kali ini kita akan mengulas terkait budidaya Durian Musang King di Indonesia. Mari kita simak Kelanjutanya di artikel ini. Durian... selengkapnya

Mengenal Buah Bit – Jenis Ubi Yang Kaya Akan Manfaat Serta Mudah Dibudiadayakan
11 Desember 2017

Buah Bit – Hai, untuk kesekian kali kita berjumpa melalui kata-kalimat. Pertemuan kali ini kami akan memberikan informasi perihal Buah Bit... selengkapnya

3 Cara Agar Buah Mangga Tidak Pecah Sebelum Panen

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

yaniz
● online
yaniz
● online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: