Beranda » Blog » 7 HAMA DAN PENYAKIT DURIAN MUSANG KING

7 HAMA DAN PENYAKIT DURIAN MUSANG KING

Diposting pada 12 Maret 2020 oleh bibit buah / Dilihat: 2.877 kali

Kembali lagi di artikel terbaik seputar buah, bibitbuahku.com, kali ini kita akan mengulas tentang macam hama dan penyakit durian Musang King.

Durian Musang King merupakan salah satu durian yang memiliki umur yang panjang karena memiliki kemampuan regenerasi yang bagus dan daya adaptasi yang tinggi. Di indonesia, Durian Musang King menjadi varietas unggul nomer empat setelah buah mangga, jeruk, dan pisang. Namun, selain memiliki banyak Keunggulan , Durian Musang King ternyata memiliki beberapa kelemahan. Dalam budidaya Durian Musang King , harus memperhatikan faktor-faktor penghalang penanaman hingga pemanenan, agar produk yang dihasilkan optimal. Salah satu faktor penghalang dalam Budidaya Durian Musang King , adalah hama dan penyakit. Hal ini menjadi musuh serius para pekebun juga pohon Durian Musang King karena dapat menurunkan nilai produksi, kualitas buah, hingga kematian pohon. Sungguh menakutkan, bukan?

Hama dan Penyakit Durian Musang King sangat bervariatif serta memiliki gejala yang bevariatif pula. Kira-kira, apa saja sih Hama dan Penyakit Durian Musang King itu? Penasaran? Mari kita bahas di bawah ini;

Hama dan Penyakit Durian Musang King

HAMA DAN PENYAKIT DURIAN MUSANG KING

HAMA DAN PENYAKIT DURIAN MUSANG KING

1. Hama Penggerek

Hama Durian Musang King yang sering kita jumpai pertama adalah hama penggerek. Hama penggerek dapat menyerang batang, bunga hingga buah dalam pohon Durian Musang King. Hama penggerek yang menyerang buah Durian Musang King atau dengan nama ilmiyah H.leprosticta dapat berupa serangga yang menyerang tanaman dengan cara menggerek biji dan daging buah. Larva merusak buah dengan melubangi dan menggerogoti buah. Buah yang terserang berat menjadi busuk dan kadang-kadang berulat. Akibatnya, buah akan jatuh sebelum waktunya. Serangga ini biasanya menyebar dengan cara bertelur pada buah yang dihinggapi. Hama ini biasanya menyerang pada waktu kemarau.
Hama Penggerak pada bunga biasanya berupa ulat yang berwarna hijau berkepala coklat. Ulat ini dapat menyerang calon buah durian Musang King dan kuncup bunga durian. Pada umumnya ulat ini menyerang tanaman durian yang bunganya terbilang baru. Hama ini dapat merusak kuncup bunga sehingga putik, benangsari dan tajuk bunga bunga akan berguguran.
Sedangkan Hama Penggerak Pada Batang ( dengan nama ilmiyah Zeuzera coffeae Ordo : Coleoptera, famili : Cossidae ) dapat menyerang tanaman durian dengan cara mengeluarkan kotoran. Tanda serangan hama ini adalah terdapatnya cairan kotoran berwarna kemerah-merahan dari bekas gerekan (lubang). Akibatnya gerekan tersebut dapay menyebabkan distribusi hara dan air terganggu, sehingga daun-daun mudah layu, rontok, dan mati.

2. Kutu Loncat

Hama dan Penyakit Durian Musang King selanjutnya adalah Kutu loncat. Hama ini suka menyerang tanaman durian dengan bergerombol. Bagian tanaman yang diserang biasanya pucuk daun yang masih muda dengan cara menghisap cairan pada tulang-tulang daun sehingga menghambat pertumbuhan.
Selain itu serangga ini juga dapat mengeluarkan cairan yang nampak seperti getah bening berwarna pekat dan manis rasanya. Rasa manis getah ini akan mengundang semut-semut datang .

3. Lebah Mini

Lebah Mini merupakan jenis Hama dan Penyakit Durian Musang King yang lain. Ciri-ciri lebah ini memiliki tubuh berwarna coklat gelap kehitaman, bersayap garis putih yang lebar. Hama ini menyerang pada ranting dan daun-daun muda.

4. Ulat Daun Marumba dyras

Hama dan Penyakit Durian Musang King kemudian adalaha ulat daun Marumba dyras. Hama ini dapat menyerang daun durian, baik daun muda maupun daun tua. Tanaman yang terserang biasanya akan gundul menyisakan tangkai daunnya saja. Hama ini bersifat eksplosif dan sangat rakus.

5. Pytophtora Palmivora

Hama dan Penyakit Durian Musang King selanjutnya adalah jamur yang menyebabkan akar dan pangkal batang busuk. Phytopora Palmivora adalah fungi yang cukup berbahaya bagi tanaman durian. Bahkan, penyakit ini dapat menyebabkan kematian pada bibit, munculnya bercak pada daun, pembusukan akar, pembusukan buah pra dan pasca panen hingga kanker batang. Sungguh berbahaya!
Tanda-tanda pada awal serangan penyakit ini umumnya terlihat pada batang yang retak/pecah-pecah, berukuran 5 – 20 cm. Selanjutnya bagian tersebut akan mengering dan mengelupas sehingga sebagian daun menguning, lalu mengering dan rontok.
Jika berlanjut, bagian yang mengelupas akan melingkari batang dan menyebabkan tanaman mati. Penyebab penyakit ini biasanya berupa minim sanitasi dan kondisi lingkungan yang sangat lembab. Menurut penelitian, diperkirakan 20 – 25% resiko kematian pohon durian akibat penyakit ini.
Jika penyakit ini menyerang bagian akar tanaman, maka tanda awal yang muncul adalah tanaman nampak layu, daun muda terlihat menguning, dan jaringan akar terlihat menjadi lunak berwarna coklat kegelapan. Biasanya akar-akar muda rentan terserang penyakit ini.

6. Jamur Umpas

Hama ini biasanya menyerang bagian cabang tanaman. Hama dan Penyakit Durian Musang King Jamur Umpas memiliki gejala berupa adanya benang- benang jamur mengkilat seperti sarang laba-laba pada cabang-cabang dan kulit kayu. Jamur yang berkembang akan menjadi kerak berwarna merah muda dan akan menembus ke dalam kulit kayu sehingga menyebabkan matinya cabang.
Pada serangan jamur di tingkat nasampak seperti sarang laba-laba, dapat dikendalikan dengan cara melumasi cabang yang terserang dengan fungisida. Namun bila jamur sudah membentuk kerak merah muda, sebaiknya dilakukan pemotongan cabang berukuran 30 cm lebih pada bawah bagian yang berjamur.

7. Bercak Daun

Hama dan Penyakit Durian Musang King selanjutnya adalah bercak daun. Hama ini dapat menyebabkan pohon Durian Musang King timbul bercak-bercak kecil basah pada daun yang semakin melebar, yang menyebabkan daun kering dan mudah gugur.

Dimikian 7 Hama dan Penyakit Durian Musang King yang dapat menggangu hasil produksi budidaya dan penanaman durian Musang King kamu. Setelah mengetahui jenis Hama dan Penyakit Durian Musang King, kamu juga dapat mengetahui cara perawatannya dan berkonsultasi tentang bibit yang unggul di sini . Tenang saja, konsultasinya gratis, dan bibit yang kamu dapat terjamin unggul kualitasnya, bergaransi pula. Mari mulai bercocok tanam dengan cerdas!

Baca artikel kami terkait : 7 Perawatan Durian Musang King

Tags: , , , ,

Bagikan ke

Diposting oleh

jual bibit tanaman buah berkualitas dan bergaransi

7 HAMA DAN PENYAKIT DURIAN MUSANG KING

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

4 Kebun Anggur Terbesar di Indonesia
31 Mei 2021

Anggur merupakan tanaman buah perdu dari keluarga vitaceae yang saat ini disukai oleh banyak orang di seluruh dunia. Buah yang... selengkapnya

Memilih Jasa Pengiriman Bibit Tanaman Yang Cepat, Aman dan Murah
18 September 2017

Jasa Pengiriman Bibit Tanaman – Dalam usaha pertanian seperti hasil sayuran, palawija, buah-buahan dan salah satunya juga pembibitan, sudah sangat... selengkapnya

3 Cara Agar Buah Mangga Tidak Pecah Sebelum Panen
12 Juli 2021

3 Cara Agar Buah Mangga Tidak Pecah – Mangga merupakan buah yang banyak disukai oleh orang-orang, walaupun berbuah musiman. Tidak... selengkapnya

7 TRIK MENANAM BUAH MANGGA KIOJAY DALAM POT
21 Maret 2020

Bersama kami bibitbuahku.com, kali ini kita akan mengulik tentang trik Menanam Mangga Kiojay Dalam Pot. Mari simak di artikel berikut…... selengkapnya

6 KEUNGGULAN TANAMAN BUAH MANGGA MANALAGI, TANAMAN BUAH LOKAL YANG BISA BIKIN NAGIH
5 Mei 2020

Dalam kitab weda, kitab suci umat hindu, mangga dijelaskan sebagai “hidangan para dewa” yang memiliki rasa yang manis, banyak manfaat,... selengkapnya

Lengkeng Lebat dengan Booster Kelengkeng
22 Februari 2017

Lengkeng Lebat dengan Booster Kelengkeng – Siapa tidak tahu buah kelengkeng? Banyak orang pasti sudah pernah merasakan bagaimana rasa buah yang... selengkapnya

2 Cara Menanam Alpukat Miki dalam Pot Cepat Berbuah
17 September 2019

Alpukat Miki merupakan salah satu jenis alpukat yang ahir-ahir ini banyak di gandrungi masyarakat Indonesia, tentu bukan tanpa alasan. Selain... selengkapnya

Biji Alpukat Jaga Hati
21 Maret 2017

Biji alpukat terbukti melindungi hati Biji alpukat baik sebagai hepatoprotektif dan nefroprotektor. Sirosis hati momok bagi masyarakat. Badan Kesehatan Dunia... selengkapnya

5 Jenis Alpukat Terbaik di Indonesia yang Terbukti Dapat Tumbuh dan Berbuah
12 Agustus 2021

5 Jenis Alpukat Terbaik di Indonesia yang Cocok Untuk Anda Budidayakan Alpukat merupakan tanaman buah yang berasal dari Meksiko Amerika... selengkapnya

5 HAL PERAWATAN IDEAL TANAMAN DURIAN DURI HITAM
31 Maret 2020

Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulik perihal perawatan ideal tanaman Durian Duri Hitam. Durian duri hitam merupakan salah satu... selengkapnya

7 HAMA DAN PENYAKIT DURIAN MUSANG KING

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

yaniz
● online
yaniz
● online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: