Beranda » Blog » 6 KEUNGGULAN TANAMAN BUAH MANGGA MANALAGI, TANAMAN BUAH LOKAL YANG BISA BIKIN NAGIH

6 KEUNGGULAN TANAMAN BUAH MANGGA MANALAGI, TANAMAN BUAH LOKAL YANG BISA BIKIN NAGIH

Diposting pada 5 Mei 2020 oleh bibit buah / Dilihat: 2.203 kali

Dalam kitab weda, kitab suci umat hindu, mangga dijelaskan sebagai “hidangan para dewa” yang memiliki rasa yang manis, banyak manfaat, juga aman dikonsumsi sehari-hari. Sangkin manisnya, buah mangga kemudian dapat dijadikan sebagai banyak sekali bentuk olahan makanan yang terus berkembang hingga kini.

Seperti yang kita tahu, Mangga merupakan salah satu komoditas buah yang paling populer di Indonesia. Dalam salah satu hasil penelitian, buah mangga merupakan varietas paling viral bersamaan dengan buah durian, pisang, dan jeruk. Penggemarnya bahkan bukan hanya di Indonesia, namun juga di Asia, juga di Eropa.

Tahukah kamu, kalau buah mangga juga mengandung Vitamin C? Kandungan Vitamin C pada buah mangga, memiliki kemampuan dan fungsi untuk meningkatkan produksi sel darah putih, sebagai kunci untuk menambah sistem kekebalan dan imuntas dalam tubuh kita. Dengan mengkonsumsi vitamin C yang cukup, maka dapat membantu menambah sistem imun yang kemudian dapat menekan pertumbuhan bakteri juga pertumbuhan virus apapun.

Salah satu jenis buah mangga unggulan adalah mangga manalagi. Mangga ini termasuk salah satu jenis buah lokal unggulan tepatnya berasal dari daerah Jawa Timur. Dinamakan “manalagi”, sebab rasanya yang manis sempurna nyaris tidak ada rasa asam, sehingga bagi siapapun yang menikmati buahnya tidak cukup hanya satu saja, akan tetapi ada hasrat untuk nambah lagi, lagi, dan lagi.

Konon, rasa manis dari buah mangga manalagi yang khas ini merupakan perpaduan antara rasa manis jenis mangga harum manis, dengan rasa manis mangga jenis mangga golek. Meskipun masih mentah, rasanya asamnya tidak terlalu dominan sehingga sering dijadikan sebagai berbagai macam olahan makanan, seperti, asinan, hingga rujak buah.

Selain itu, Produktivitasnya yang tinggi yakni mencapai lebih dari 10 buah tiap tangkai, membuatnya semakin istimewa. Dengan penanaman yang baik, perawatan yang optimal dan rutin, buah mangga manalagi dapat menjadi pintu bisnis ataupun dapat dibudidayakan dalam skala rumahan.

Tanaman buah mangga harum manis memiliki sifat adaptif sehingga dapat dibudidayakan di seluruh wilayah indonesia, optimal tumbuh subur pada elevensi 300 mdpl dengan curah hujan 750. – .2.250 mm per tahun, dan suhu rata-rata antara 24 – 27 0C. Idealnya, tanaman buah mangga harum manis akan tumbuh degan baik pada pH tanah antara 5 – 56 dengan kedalaman air tanah 50- 150 cm. Oh ya, tanaman mangga manalag juga kini menjadi mudah ddapat karena sifatnya yang tidak susah dalam membudidayakannya. Apalagi, buahnya yang sangat diminati konsumen membuatnya cocok untuk ladang peruntungan bisnis.

Lalu, apa saja si, keunggulan dari tanaman buah mangga manalagi ini? Berikut ini beberapa keunggulan tanaman buah mangga manalagi, yang suka bikin nagih.

Keunggulan Tanaman Buah Mangga Manalagi, Tanaman Buah Lokal Yang Bisa Bikin Nagih

KEUNGGULAN TANAMAN BUAH MANGGA MANALAGI

KEUNGGULAN TANAMAN BUAH MANGGA MANALAGI

1. Rasa Manis Yang Bisa Bikin Nagih

Keunggulan tanaman buah mangga manalagi yang pertama adalah rasanya yang manis serta bikin nagih. Seperti namanya, rasanya yang manis sempurna nyaris tidak ada rasa asam, sehingga bagi siapapun yang menikmati buahnya tidak cukup hanya satu saja, akan tetapi ada hasrat untuk nambah lagi, lagi, dan lagi.

Bahkan, ada yang mengatakan rasa manis dari buah mangga manalagi yang khas ini merupakan perpaduan antara rasa manis jenis mangga harum manis, dengan rasa manis mangga jenis mangga golek. Meskipun masih mentah, rasanya asamnya tidak terlalu dominan sehingga sering dijadikan sebagai berbagai macam olahan makanan.

2. Daging Buah Padat, Berserat, Dan Nyaris Tidak Memiliki Rasa Asam Sama Sekali

Keunggulan tanaman buah mangga manalagi yang selanjutnya adalah daging buahnya yang padat dan berserat dengan nyaris tanpa rasa asam sama sekali. Daging buah yang tebal ini tentunya menjadikan keunggulan tersendiri. Selain itu, kulit mangga harum manis juga memiliki bintik – bintik putih lebih banyak dari jenis mangga pada umumnya.

3. Kandungan Serat dan Air Lumayan Tinggi

Keunggulan tanaman buah mangga manalagi yang selanjutnya adalah kandungan serat dan air yang lumayan tinggi. Kandungan serat dan air ini menjadi sumber antioksidan yang efektf menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Kandungan inilah juga dapat berfungsi untuk memperlancar saluran pencernaan, meningkatkan sistem imun, serta aman dikonsumsi setiap hari.

4. Tahan Lama

Keunggulan tanaman buah mangga manalagi yang selanjutnya adalah tahan lama setelah dipetik dari pohon. Biasanya, buah mangga manalagi dapat bertahan lama hingga 8- 10 hari pasca dipetik atau dipanen, atau idealnya 5-7 hari dalam masa penyimpanan.

5. Produktivitas Tinggi

Keunggulan tanaman buah mangga manalagi selanjutnya adalah prduktvitasnya yang tinggi. Buah mangga manalagi yang biasanya di datangkan dari Problinggo, Jawa Timur ini, dapat menghasilkan hingga kisaran 10 buah per tangkai dalam sekali panen. Coba kamu kalikan dengan jumlah tangkai yang kamu punya dalam satu pohon. Lalu, kalikan lagi dengan jumlah pohon yang kamu punya. Sunggh, Fantastis, bukan?

Dengan penanaman yang baik dan perawatan yang optimal, kamu bakalan dapat untung jika berhasil membudidayakan buah mangga manalagi ini.

6. Dapat Dibudidayakan Di Dalam Pot

Keunggulan selanjutnya dari buah mangga manalagi adalah dapat dibudidayakan di dalam pot. Buat kamu yang tidak memiliki area lahan yang luas, buah mangga manalagi dapat kok dibudidayakan di dalam pot-pot bekas drum-drum yang berdiameter kisaran 40 sampai 50 cm. Kamu juga bisa menggunakan pot yang berbahan dasar plastik, atau ban bekas.

Tags: , , ,

Bagikan ke

Diposting oleh

jual bibit tanaman buah berkualitas dan bergaransi

6 KEUNGGULAN TANAMAN BUAH MANGGA MANALAGI, TANAMAN BUAH LOKAL YANG BISA BIKIN NAGIH

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

4 Perawatan Pokok Tanaman Buah Kelengkeng New Kristal
4 Maret 2020

Kali ini kita akan membahas terkait cara merawat kelengkeng new kristal. Seperti apakah caranya, mari kita bahas bersama. Kelengkeng menjadi... selengkapnya

Cara Tabulampot Kelengkeng Mudah Berbuah
8 Oktober 2017

Tabulampot kelengkeng adalah bahasan kita kali ini, sebelumnya sudah kami sampaikan cara agar pohon tin mampu berbuah lebat di pot... selengkapnya

Cara Mudah Stek Tanaman Tin
10 Agustus 2016

Cara Mudah Stek Tanaman Tin – Saat ini buah tin gempar kembali di Indonesia, sekitar 5 tahun silam tin pernah... selengkapnya

Lengkeng Rubi Berbuah di Pot
15 Maret 2017

  Lengkeng Rubi Berbuah di Pot – Cocok untuk pehobi supersibuk. Lengkeng merah tergolong buah eksklusif. “Produksinya masih terbatas,” kata Ricky... selengkapnya

Cara Menanam Mamey Sapote Dalam Pot
10 Desember 2019

Tabulampot Mamey Sapote saat ini tanaman mamey sapote memang sedang banyak dicari. Selain bentuknya yang unik dan besar, tanaman buah... selengkapnya

Panduan Menanam Kurma Tropis – Penanaman Kurma, Perawatan Kurma, dan Pembuahan Kurma
7 Juli 2018

Panduan Menanam Kurma Tropis – Beberapa tahun ini banyak masyarakat Indonesia yang melirik budidaya kurma, baik skala halaman maupun perkebunan.... selengkapnya

7 Perawatan Dan Pengendalian Hama dan Penyakit Alpukat Booth 7
25 Mei 2020

Alpukat Booth 7 merupakan salah satu jenis alpukat unggulan premium yang popularitasnya belum semaenstream jenis- jenis alpukat lain di Indonesia.... selengkapnya

7 KEUNGGULAN MANGGA HARUM MANIS
29 April 2020

Lagi-lagi bersama kami Bibitbuahku, kali ini kita akan mengulas tentang keunggulan mangga harum manis. Siapa yang tidak mengenal buah mangga?... selengkapnya

5 Langkah Bercocok Tanam Kelengkeng New Kristal Dalam Pot
4 Maret 2020

Berjumpa lagi bersama kami Bibitbuahku.com, kali ini kami akan membahas tentang Langkah Menanam Kelengkeng New Kristal Dalam Pot, berikut pembahasanya.... selengkapnya

7 LANGKAH MENANAM TANAMAN BUAH MANGGA MANALAGI DI DALAM POT
5 Mei 2020

Salah satu jenis mangga lokal unggulan adalah mangga manalagi. Seperti namanya, mangga manalagi memiliki rasa manis yang bisa bikin nagih... selengkapnya

6 KEUNGGULAN TANAMAN BUAH MANGGA MANALAGI, TANAMAN BUAH LOKAL YANG BISA BIKIN NAGIH

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

yaniz
● online
yaniz
● online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: