Beranda » Blog » 5 Langkah Bercocok Tanam Kelengkeng New Kristal Dalam Pot

5 Langkah Bercocok Tanam Kelengkeng New Kristal Dalam Pot

Diposting pada 4 Maret 2020 oleh bibit buah / Dilihat: 1.858 kali

Berjumpa lagi bersama kami Bibitbuahku.com, kali ini kami akan membahas tentang Langkah Menanam Kelengkeng New Kristal Dalam Pot, berikut pembahasanya.

Memiliki rumah yang minimalis, namun tidak menghilangkan kesan dekat dengan alam dengan beberapa tanaman menghiasi arsitektur dan desain eksterius rumah kita barangkali menjadi idaman bagi sebagian besar masyarakat yang hidup di era modernitas ini.

Melihat tanaman yang rindang dan indah dipandang di halaman rumah kita merupakan sesuatu hal yang menjadi keinginan setiap orang. Apagi, tanaman itu berupa tanaman buah yang sesekali dapat kita petik dan nikmati. Yups, kita sering menyebutnya dengan tabulampot, atau tanaman buah dalam pot. Tahu ngak si? kalau penanam buah dalam pot atau yang lebih dikenal dengan istilah Tabulampot memang sedang menjadi tren akhir-akhir ini.

Tidak semua tanaman buah dapat ditanam di dalam pot. Beberapa tanaman yang memerlukan umur yang panjang agar bisa berbuah, misalnya tidak dapat kita budidayakan di dalam pot. Salah satu tanaman yang dapat dibudidayakan di dalam pot adalah tanaman buah kelengkeng. Buah yang sering disebut-sebut sebagai kerabat dekat leci ini, ternyata dapat ditanam dalam pot loh. Penanaman buah kelengkeng di dalam pot pastinya dapat menjadi alternatif bagi kita yang ingin mempercatik desain eksterior rumah, sekaligus menikmati buah yang sesekali bisa kita hidangkan ke pada tamu langsung dari pohonnya dalam kondisi segar.

Ada banyak jenis kelengkeng yang dapat kita budidayakan. Salah satu jenis kelengkeng unggulan yang memiliki rasa manis, buahnya yang tebal, teksturnya yang renyah juicy adalah Kelengkeng New Kristal. Benar sekali, buah ini memang cocok untuk dibudidayakan baik dalam skala besar, maupun skala rumahan.

Bayangkan saja, dalam 1 dompol buah kelengkeng, beratnya bisa mencapai 1-2 kg. mantuls, bukan?!. Buah ini memang tergolong sebagai buah yang mudah berbuah dan lebat berbuah.

Keunggulan lain dari kelengkeng new kristal ini, juga memiliki harga jual yang tinggi. Jadi, kamu ngk bakalan rugi kalo berhasil membudidayakan buah ini. Oke, mari kita belajar bareng perihal langkah-langkah dalam bercocok tanam kelengkeng new kristal dalam pot. Cekidot…

Langkah Bercocok Tanam Kelengkeng New Kristal Dalam Pot

BERCOCOK TANAM KELENGKENG NEW KRISTAL DALAM POT

BERCOCOK TANAM KELENGKENG NEW KRISTAL DALAM POT

1. Pemilihan Bibit

Langkah bercocok tanam kelengkeng new kristal dalam pot yang pertama adalah memilih bibit. Kamu harus memastikan bibit kelengkeng new kristal yang kamu pilih itu benar-benar yang terbaik. Mulai dari daunnya yang segar, batangnya yang kuat, hingga perakarannya yang basah dan banyak. Kamu juga harus memasikan kalau bibit yang kamu pilih juga bebas dari hama dan penyakit.

2. Pemilihan Pot

Langkah selanjutnya adalah memilih pot. Pot yang bias untuk tabulampot bisa berasal dari Drum bekas atau yang berbahan Plastik dan atau berbahan Semen cor. Semakin tinggi bibit yang kamu pilih, sebaiknya kamu menggunakan pot yang memiliki tinggi dan diameter yang lebih besae lagi. Misalnya, jika bibit tanaman kelengkeng new kristal memiliki tinggi 30-40 cm, kamu bisa menggunakan pot yang berdiametr 40-50 cm. Demikian seterusnya.

3. Pemilihan Media Tanam

Langkah bercocok tanam kelengkeng new kristal dalam pot kemudian memilih media tanam. Media tanam yang baik dapat berupa campuran dari tanah, pasir,sekam dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1:2. Untuk hasil yang lebih optimal, kami merekomendasikan pupuk kandang taikam/taidom (tai kambing dan Domba), yang mengandung fosfor lebih banyak. Kamu juga bisa memberikan tambahan batu bata atau pecahan genting di dasar pot setinggi 4-5 cm untuk menghindari media yang terlalu basah. Jangan lupa untuk melubangi dasar pot terlebih dahulu.

Untuk hasil yang lebih baik, sebaiknya kamu membuat lubang di posisi tengah-tengah media tanam. Lalu, masukkan bibit kelengkeng new kristal tepat di tengah pot. Timbun tanaman dengan media tanam hingga mendekati bibir pot. Lalu, siram perlahan-lahan dengan air hingga air dapat keluar dari dasar pot. Bercocok tanam kelengkeng new kristal dalam pot atau tabulampot akan lebih maksimal hasil dan tumbuhnya apabila diletakkan di tempat yang terkena cukup paparan sinar matahari.

4. Pemberian Booster

Langkah bercocok tanam kelengkeng new kristal dalam pot selanjutnya adalah pemberian booster. Booster merupakan teknik agar tanaman kelengkeng mudah berbuah. Penggunaan booster pada tanaman kelengkeng dapat merangsang tanaman agar lebih cepat dan lebuh mudah dalam berbuah.

Teknik ini bisa dikatakan perlakuan khusus dalam perawatan tanaman. Ada beberapa perlakuan khusus yang bisa kamu gunakan. Perlakuan secara fisik dan perlakuan secara kimia.

Perlakuan khusus secara fisik bisa dipraktekan dengan cara melukai batang kelengkeng, sedangkan perlakuan khusus kimia dapat dilakukan dengan cara pemberian bahan kimia penginduksi. Perlakuan khusus ini dapat dilakukan dengan cara penyiraman langsung ke bawah perakaran, disemprotkan ke daun, atau diinjeksi ke batang utama dan akar pohon.

Perlakuan khusus tersebut, berfungsi untuk meninngktkan perubahan hormon bagian tanaman sehingga mengibah dari fase vegetatif ke fase generatif. Tahapan pembosteran ini difungsikan agar kelengkeng new kristal relatif mampu mengasilkan bunga yang kemudian dapat berubah menjadi buah.

5. Perawatan Tanaman

Langkah bercocok tanam kelengkeng new kristal dalam pot selanjutnya yaitu perawatan tanaman. Perawatan tanaman dapat berupa penyiraman, pemupukan, hingga pemangkasan.

Penyiraman cukup dilakukan 2 kali sehari dengan dosis 1-2 gayung saja. Pemupukan dilakukan cukup sekali dalam sebulan. Sedangkan pemangkasan dapat dilakukan dengan sepantasnya atau menggunakan rumus pemangkasan dengan pola 1:3:9 yang tepat. Pola 1:3:9 ini maksudnya, satu batang utama dipanggaks. Lalu, akan menghasilkan beberapa cabang primer, dan dari beberapa cabang primer tersebut pilihlah 3 cabang yang pertumbuhannya paling ideal, dan seimbang dengan arah pertumbuhan yang proporsional serta optimal. (misalnya membentuk sudut seratus dua puluh derajat yang bersilangan). Dari 3 cabang primer yang kamu pelihara dengan baik ini, masing-masing cabang kemudian dipangkas lagi agar dapat menghasilkan 3 cabang sekunder dengan pertumbuhan baik pula.

Setelah panen, tanaman buah sebaiknya segera dipangkas dengan pemangksan bentuk. Hal ini dimaksudkan agar dapat membentuk tajuk tanaman juga meremajakan batang dan cabang. Untuk tanaman muda, pemangkasan mutlak dan harus dilakukan. Karena hal ini,

dapat meremajakan cabang sehingga memicu munculnya tunas baru yang lebih banyak. Itu menguntungkan karena kelengkeng berbunga dan berbuah di ujung ranting, sehingga semakin banyak ranting, maka akan semakin banyak pula bunga dan buah yang terbentuk.

Selain itu, akar tabulampot juga perlu dipangkas hingga 30—40%. Tidak apa-apa, tanaman ini cukup tahan kok, meski akarnya dipangkas berat. Akar klengkeng new kristal nantinya akan berputar-putar dalam pot sehingga memenuhi dan membentuk sesuai wadah. Hal ini berakibat media tanam menjadi semakin berkurang karena terdesak akar. Apabila akar tidak dipangkas, maka saat berbunga dan berbuah di hari berikutnya, buah tidak akan bertahan lama dan mudah rontok karena kekurangan nutrisi.

Simak artikel lainya : 7 Resep Budidaya Hasil Maksimal Kelengkeng New Kristal

BUDIDAYA KELENGKENG NEW KRISTAL

BUDIDAYA KELENGKENG NEW KRISTAL

Tags: , , ,

Bagikan ke

Diposting oleh

jual bibit tanaman buah berkualitas dan bergaransi

5 Langkah Bercocok Tanam Kelengkeng New Kristal Dalam Pot

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

6 TIPS BUDIDAYA KELAPA PANDAN WANGI 
7 April 2020

Kesempatan kali ini kita akan mengulas perihal tips budidaya Kelapa Pandan Wangi. Seperti yang kita tahu, pohon kelapa sering disebut-sebut... selengkapnya

Rahasia Kelengkeng Merah
14 Desember 2016

Kelengkeng Merah (Ruby Longan) – mendengar namanya saja anda pasti sudah tahu kenapa kelengkeng yang satu ini dinamakan demikian.  sebelum... selengkapnya

Maniskan Buah Saat Penghujan
15 Maret 2017

Jambu madu deli hijau tetap manis saat musim hujan. – Menurut seorang pengunjung kebun Kastawi di Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa... selengkapnya

6 KEUNGGULAN TANAMAN BUAH MANGGA MANALAGI, TANAMAN BUAH LOKAL YANG BISA BIKIN NAGIH
5 Mei 2020

Dalam kitab weda, kitab suci umat hindu, mangga dijelaskan sebagai “hidangan para dewa” yang memiliki rasa yang manis, banyak manfaat,... selengkapnya

7 KUNCI BUDIDAYA TANAMAN BUAH KELENGKENG MATALADA
17 April 2020

Bersama kami di artikel Bibitbuahku, pada kesempatan ini kami akan mengajak anda untuk membahas tentang kunci budidaya tanaman buah Kelengkeng... selengkapnya

Mengatasi Masalah Penyakit Tanaman Durian
25 Maret 2017

Mengatasi Masalah Penyakit Tanaman Durian – Dua hambatan besar mengebunkan musang king, serangan kanker batang dan pecah buah. Terdapat beragam solusi... selengkapnya

6 KEUNGGULAN DURIAN BAWOR, DURIAN LOKAL YANG BERUKURAN JUMBO
5 Mei 2020

Buah Durian merupakan buah yang paling populer di Indonesia setelah buah mangga. Jenis buah yang tumbuh di daerah tropis dalam... selengkapnya

Keunggulan Alpukat Kendil yang Harus Anda Ketahui
1 Mei 2019

Keunggulan Alpukat Kendil yang Harus Anda Ketahui – Beberapa Keunggulan Alpukat Kendil dan Manfaatnya untuk Tubuh! Alpukat Kendil adalah salah... selengkapnya

10 HAMA DAN PENYAKIT PADA TANAMAN BUAH MANGGA HARUM MANIS
29 April 2020

Kali ini artikel kami akan membahas tentang hama dan penyakit pada tanaman buah mangga harum manis Mangga harum manis merupakan... selengkapnya

Cara Membuat Tabulampot Mangga, Tabulampot Anggur, Tabulampot Kelengkeng, Tabulampot Jambu
2 Oktober 2018

Cara Membuat Tabulampot sangatlah mudah yang terpenting anda mengetahui dasar-dasar dari teknik dalam menanam tanaman buah dalam pot. Metode tabulampot... selengkapnya

5 Langkah Bercocok Tanam Kelengkeng New Kristal Dalam Pot

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

yaniz
● online
yaniz
● online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: