Beranda » Blog » 7 CARA PERAWATAN DURIAN MUSANG KING

7 CARA PERAWATAN DURIAN MUSANG KING

Diposting pada 12 Maret 2020 oleh bibit buah / Dilihat: 4.227 kali

Dalam kesempatakan ini, kita akan membahas tentang cara perawatan durian musang king.

Siapa sekarang yang tidak mengenal durian Musang King? Durian yang memiliki biji kempes dan kecil, daging buah yang tebal dan lembut, dengan rasa manis sedikit pahit dan warna terang seperti matahari ini sangat digemari oleh para pecinta buah. Selain karena Keunggulan Durian Musang King benar-benar amazing, harga jual yang menguntungkan juga membuat banyak orang berminat untuk membudidayakannya .

Dalam membudidayakan durian yang pernah diperkenalkan dalam serial kartun anak-anak, Upin dan Ipin ini,ada beberapa hal yang meski kita perhatikan. Dari mulai penanaman, mengenal hama dan penyakitnya , hingga perawatannya. Semua itu dilakukan agar hasil tanam nanti sesuai yang kita harapkan. Berikut cara perawatan durian Musang King yang viral sebagai raja buah sekaligus raja durian ini.

Cara Perawatan Durian Musang King

CARA PERAWATAN DURIAN MUSANG KING

CARA PERAWATAN DURIAN MUSANG KING

1. Menggunakan Pupuk Alami

Hal yang perlu diperhatikan dalam Perawatan Durian Musang King adalah pemupukan. Lakukan pemupukan sebelum berbuah dua kali dalam setahun. Untuk hasil yang lebih optimal, pupuk diberikan pertama kali pada saat tanaman masih berumur tiga bulan. Selanjutnya, pemupukan dilakukan secara rutin tiap empat bulan sekali.

Beberapa penelitian menyebutkan, bahwa pemupukan tanaman lebih baik menggunakan pupuk alami. Usahakan penggunaan pupuk kimia sebagai opsi terakhir. Kamu bisa saja menggunakan pupuk kandang ayam. Terbukti, pupuk kandang ayam merupakan sumber bahan organik yang paling ampuh dalam menghalang pertumbuhan protista tanaman Durian Musang King. Kandungan dalam pupuk kandang ayam yang memiliki bahan alami, mampu mentsabilkan PH tanah. Sehingga, dapat juga membantu berkembangnya mikroorganise yang dapat menekan pertumbuhan penyakit pada tanaman Durian Musang King.

Punggunaan pupuk alami dan ramah lingkungan dapat dilakukan pada saat tanaman belum berbuah dan pada saat tanaman sudah menghasilkan buah. Hal ini untuk meningkatkan kualitas buah durian agar lebih ideal dan tidak menutup kemungkinan lebih maksimal.

2. Memperbaiki Drainase Tanaman

Cara Perawatan Durian Musang King selanjutnya adalah dengan memperbaiki dan menjaga pengairan tanaman. Memperbaiki drainase tanaman dapat dengan mencegah air hujan agar tidak masuk dan membanjiri permukaan tanah.
Tanah yang terlalu lembab dapat menyebabkan tumbuhnya jamur pada batang tanaman. Jadi, selain memperbaiki drainase, kita juga perlu mengurangi kelembaban kebun pada saat musim hujan dengan cara memangkas daun yang sekiranta tidak produktif.

3. Memperlebar Jarak Tanam

Hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan Durian Musang King adalah jarak tanam tidak boleh terlalu sempit. Idealnya, jarak tanam pada tanaman Durian Musang King adalah 8×8 meter sampai 10x10m. Jarak tanam yang terlalu sempit dapat menyebabkan penyakit karena tanaman akan berebut nutrisi dan saling menghalangi sinar matahari sehingga memperlambat fotosintesis.

4. Pasang Jaring Pada Buah Duriah Musang King Yang Sudah Matang

Perawatan Durian Musang King selanjutnya adalah dengan memasang jaring pada buah-buah atau calon bakal buah. Hal ini dilakukan guna mengatur kematangan buah Durian Musang King. Apabila durian sudah matang, buah tidak akan jatuh langsung ke tanah. Sehingga buah tidak akan mudah busuk, dan kematangannya juga optimal.
Pemasangan jaring juga digunakan untuk melindungi buah dari hama hewan liar seperti monyet dan simpanse, jika kamu melakukan budidaya Durian Musang King dekat dengan alam, dan rawan dicuri.

5. Bebaskan Gulma

Hal yang perlu diperhatikan dalam Perawatan Durian Musang King selanjutnya adalah membebaskan tanaman dari semak-semak liar, gulma, dan sampah-sampah. Tanaman liar dan gulma dapat mencuri nutrisi yang seharusnya dikonsumsi oleh tanaman. Banyaknya gulma, otomatis akan mengganggu pertumbuhan tanaman.
Hal lain yang perlu diperhatikan juga, yaitu, usahakan tanaman bebas dari pangkal lateral lebih dari satu meter. Ini hanya saran, agar tanaman dapat terkena paparan sinar matahari tanpa halangan.

6. Lakukan Pemangkasan

Pada dasarnya, pemangkasan memang dilakukan hanya untuk membuang ranting atau cabang pohon yang tidak berguna, sekaligus mengendalikan pertumbuhan tanaman yang berlebihan sehingga menunjang kontiunitas produksi. Namun, pemangkasan juga dapat dilakukan untuk mencegah dan membunuh hama dan penyakit dalam tanaman.
Apabila tanaman durian kamu nampak gejala hama dan penyakit , ada baiknya untuk Perawatan Durian Musang King, memangkas, motong, bahkan menghanguskan saja bagian tanaman yang terkena hama dan penyakit tersebut. Tujuannya, untuk memotong penyebaran ke bagian tanaman lain. Pangkas atau kerok bagian tanaman yang terkena penyakit sampai warna coklatnya tidak kelihatan.

Hal ini memang membutuhkan pengecekan secara rutin dan teratur. Pemangkasan juga dilakukan untuk agar tanaman cepat berbuah lebih lebat dan berkualitas unggul. Selain itu, pemangkasan juga dapat membantu mempermudah pemeliharaan, penyerapan tanaman, dan mempercepat pertumbuhan tanaman pada pohon Durian Musang King.
Pemangkasan pada pemeliharaan bisa dilakukan kapan saja, namun jangan terlalu sering. Idealnya tiga sampai empat bulan sekali. Pemangkasan ini ditujukan agar pohon tidak terlalu rindang, sehingga menyebabkan batang dan tunas kurus dan kurang sehat karena terhalang paparan sinar matahari.

7. Kultur Teknis Yang Sehat

Perawatan Durian Musang King selanjutnya adalah kultur teknis yang sehat. Ini merupakan poin penting bagi para pekebun, karena hal ini juga mempengaruhi hasil produksi. Kultur teknis yang sehat dapat meliputi pengendalian terintegrasi dengan penggunaan varietas tahan dan bebas penyakit, memperhatikan penyiraman dan pemupukan yang ramah lingkungan, hingga pembiasaan diri membuang sampah dan pembersihan lahan.
Usahakan pembuangan sampah dilakukan dengan memishkan sampah organik dan anorganik. Sampah organik nantinya bisa diolah menjadi pupuk yang alami dan membantu pertumbuhan tanaman. Sedangkan, sampah anorganik dapat difungsingkan kembali menjadi barang yang lebih berharga.

Selain itu, penggunaan pestisida usahakan yang berbahan hayati dan kimia yang ramah. Mari mulai hidup sehat!

Artikel kami terkait tentang  Durian Musang King, 7 Budidaya Durian Musang King

budidaya durian musang king

budidaya durian musang king

 

Tags: , , ,

Bagikan ke

Diposting oleh

jual bibit tanaman buah berkualitas dan bergaransi

7 CARA PERAWATAN DURIAN MUSANG KING

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Manfaat Buah Anggur Untuk Diet
17 September 2020

Baca Juga : 5 Anggur Rasanya Manis Salah satu permasalahan yang menjangkit tubuh millenial saat ini adalah berat badan yang... selengkapnya

6 Kelebihan Alpukat Aligator dan Manfaatnya | Besar, Tebal, Lezat, Mudah, Genjah dan Sehat
4 Mei 2019

Mengetahui Beberapa Kelebihan Alpukat Aligator dan Manfaatnya! Alpukat aligator adalah salah satu varian dari buah Avocado yang cukup unik. Ukurannya... selengkapnya

Budidaya Pamelo Merah Sangat Menjanjikan di Indonesia
8 November 2017

Budidaya Pamelo Merah merupakan bahasan kita kali ini. Pamelo Merah merupakan salah satu jenis pamelo terbaru saat ini. Bahkan buahnyapun... selengkapnya

5 HAL PERAWATAN IDEAL TANAMAN DURIAN DURI HITAM
31 Maret 2020

Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulik perihal perawatan ideal tanaman Durian Duri Hitam. Durian duri hitam merupakan salah satu... selengkapnya

Cara Mengendalikan Hama Kurma si Perongrong
7 Maret 2017

Cara Mengendalikan Hama Kurma si Perongrong – Dengan kondisi kebun yang bersih dapat menekan serangan hama dan penyakit kurma. Pelepah daun... selengkapnya

7 TAHAP BERCOCOK TANAM TANAMAN BUAH MANGGA HARUM MANIS DI DALAM POT
29 April 2020

Kembali lagi di Bibitbuahku, Pada kesempatan ini kita akan mengulik tentang tahap bercocok tanam tanaman buah mangga harum manis di... selengkapnya

13 HAMA DAN PENYAKIT PADA TANAMAN BUAH KELENGKENG MERAH
15 Mei 2020

Kelengkeng merah merupakan salah satu tanaman buah yang sedang ramai dibicarakan karena memiliki tampilan yang unik. Tanaman buah ini memiliki... selengkapnya

7 BUDIDAYA DURIAN MUSANG KING DI INDONESIA
12 Maret 2020

Kali ini kita akan mengulas terkait budidaya Durian Musang King di Indonesia. Mari kita simak Kelanjutanya di artikel ini. Durian... selengkapnya

5 Keunggulan Nangka Madu Yang Harus Anda Ketahui
10 Desember 2020

Dibalik rasa buah yang manis dan juga memiliki aroma yang sangat unik, ternyata terdapat segudang manfaat dari buah nangka yang... selengkapnya

Maniskan Buah Saat Penghujan
15 Maret 2017

Jambu madu deli hijau tetap manis saat musim hujan. – Menurut seorang pengunjung kebun Kastawi di Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa... selengkapnya

7 CARA PERAWATAN DURIAN MUSANG KING

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

yaniz
● online
yaniz
● online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: