Beranda » Blog » 6 Cara Merawat Tanaman Strawberry Agar Cepat Berbuah

6 Cara Merawat Tanaman Strawberry Agar Cepat Berbuah

Diposting pada 12 Juli 2021 oleh bibit buah / Dilihat: 2.023 kali

Apakah anda menyukai buah strawberry? Buah berry yang memiliki rasa asam manis ini memang disukai oleh banyak orang dari anak-anak hingga orang dewasa. Maka jangan heran jika tidak sedikit orang mencoba untuk membudidayakan buah yang satu ini. Buah strawberry biasanya ditanam pada wilayah dataran tinggi, jika anda tahu cara merawat tanaman strawberry ini pohonnya akan cepat berbuah dan menghasilkan buah yang banyak.

cara merawat tanaman strawberry

Tabulampot Strawberry

Bukan hanya memiliki rasa yang lezat, daya tarik strawberry lainnya adalah memiliki penampilan buah yang menarik. Buahnya sangat cantik dengan warna merah yang eksotis, biasanya buah strawberry ditanam pada tabulampot dan dijadikan tanaman hias karena penampilannya.

Kandungan nutrisi di dalam buah strawberry juga sangat banyak, buahnya kaya akan vitamin C. jika anda mengkonsumsi 100 gram buah strawberry anda bisa mendapatkan berbagai nutrisi seperti kalori, protein, karbohidrat, lemak. Serat, gula, dan air.

Jika anda tertarik untuk menanam strawberry anda bisa mendapatkan bibit tanamannya di website bibitbuahku. Bibit strawberry yang sediakan di sana merupakan bibit unggul dan berkualitas serta bergaransi sehingga anda tidak perlu khawatir setelah melakukan pemesanan. Pada kesempatan kali ini kami akan mengulas mengenai cara merawat tanaman strawberry agar cepat berbuah.

Cara Merawat Tanaman Strawberry Agar Cepat Berbuah

cara merawat tanaman strawberry

Perawatan Strawberry

Setelah anda mendapatkan bibit dan melakukan penanaman, ada beberapa hal yang perlu anda lakukan. Berikut ini adalah cara merawat tanaman strawberry agar cepat berbuah.

Penyiraman

Tanaman strawberry harus mendapatkan asupan air yang tercukupi agar dapat dengan cepat berbuah. Maka dari itu penyiraman harus dilakukan secara rutin setiap dua kali dalam satu hari, anda bisa melakukannya setiap pagi dan sore hari atau setelah waktu maghrib. Tapi jika pohonnya sudah berusia 2 tahun intensitas penyiraman bisa dikurangi menjadi satu kali dalam satu hari.

Penyiangan

Lakukan penyiangan pada rumput liar yang mengganggu pertumbuhan pohon strawberry. Jika tidak dilakukan penyiangan nutrisi yang seharusnya diserap oleh tanaman strawberry malah akan diserap oleh rumput liar tersebut.

Pemupukan

cara merawat tanaman strawberry

Pemupukan dengan NPK

Berikan pupuk sesuai dengan porsinya, rincian dalam pemberian pupuk yaitu meliputi fase pertumbuhan dengan pemberian pupuk NPK dengan takaran kandungan N tinggi sebanyak 1 sendok makan. Kemudian ada fase berbunga dan berbuah, anda bisa memberikan pupuk NPK dengan takaran PK tinggi sebanyak 1 sendok makan. Setelah itu pemupukan strawberry bisa dilakukan setiap hari dengan menggunakan takaran 1 sendok makan untuk polybag berukuran besar.

Pemangkasan

Selanjutnya adalah pemangkasan, pada tanaman strawberry ada tiga bagian yang bisa diberlakukan pemangkasan yaitu bagian stolon, daun, dan juga bunga. Pemangkasan pada daun bisa dilakukan jika daun terlalu rimbun atau saat daunnya terkena penyakit. Selin itu pemangkasan pada daun ditujukan untuk mengefesienkan pohon strawberry dalam melakukan fotosintesis. Serta untuk meningkatkan dan menjaga kualitas dan kuantitas buah saat dipanen.

Kemudian pemangkasan pada stolon bertujuan untuk meningkatkan produktifitas tanaman, biasanya penanaman strawberry yang memanfaatkan media polybag sering melakukan pemangkasan pada bagian stolon ini.

Kemudian yang terakhir adalah pemangkasan pada bunga, perlu diperhatikan agar bunga yang dipertahankan hanya bunga primer, sekunder dan tyersier saja. Selain ketiga bagian tersebut sebaiknya dipangkas untuk memaksimalkan pertumbuhan buah. Karena bunga yang berasal dari bagian lainnya hanya akan menghasilkan buah dengan ukuran yang kecil.

Menjaga dari Serangan Hama

Seperti jenis tanaman lainnya, tanaman strawberry pun tidak luput dari incaran hama. Maka dari itu harus dilakukan perawatan agar tanaman strawberry terhindar dari serangan hama. Beberapa jenis hama yang biasanya menyerang tanaman strawberry yaitu :

  • Kutu daun, hama yang satu ini akan membuat pucuk daun menjadi keriput dan keriting, serta mampu menghambat pembentukan bunga dan juga buah.
  • Tungau, gejala yang terjadi diakibatkan oleh tungau adalah munculnya bercak kuning hingga cokelat pada daun. Serta daun mengalami pengeritingan, kering, dan juga menjadi gugur.
  • Nematoda, gejala yang terlihat akibat tanaman strawberry dijangkit nematoda adalah tanaman memiliki postur yang kecil aloias kerdil, tangkai daun menjadi kurus, dan tanaman menjadi kurang berbulu.
  • Kutu Putih, kutu putih dapat membuat bagian tanaman yang dihinggapinya menjadi memiliki bentuk yang tidak normal.

Maka dari itu rutin memperhatikan tanaman strawberry adalah bagian dari cara merawat tanaman strawberry agar cepat berbuah.

Mengganti Media Tanam

Jika media tanam di dalam pot sudah terlihat padat, atau perakaran tanaman strawberry sudah mulai banyak keluar dari pot maka media tanam harus diganti. Anda juga bisa mengamati, jika ternyata pertumbuhan tanaman strawberry ini lambat atau bahkan hingga tidak mau berbunga maka media tanamnya harus diganti. Gunakan pot dengan ukuran yang lebih besar dan ganti media tanam dengan komposisis yang sama seperti sebelumnya.

Itulah 6 cara perawatan tanaman strawberry agar cepat berbuah. Anda bisa memperhatikan tanaman anda tumbuh dan berbuah dengan baik setelah melakukan berbagai perawatan tersebut. Sekali lagi jika anda ingin mencoba untuk menanam strawberry ini anda bisa menghubungi bibitbuahku untuk mendapatkan bibit strawberry unggul dan bergaransi.

Tags: , , , ,

Bagikan ke

Diposting oleh

jual bibit tanaman buah berkualitas dan bergaransi

6 Cara Merawat Tanaman Strawberry Agar Cepat Berbuah

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

7 Perawatan Dan Pengendalian Hama dan Penyakit Alpukat Booth 7
25 Mei 2020

Alpukat Booth 7 merupakan salah satu jenis alpukat unggulan premium yang popularitasnya belum semaenstream jenis- jenis alpukat lain di Indonesia.... selengkapnya

Cara Merawat Jambu Madu Deli Hijau Agar Berkualitas Super : Manis, Renyah, Tanpa Hama dan Penyakit.
6 Maret 2017

Cara Merawat Jambu Madu Deli Hijau Agar Berkualitas Super – Tentu saja dengan perawatan yang baik dan maksimal akan menghasilkan jambu... selengkapnya

7 KEUNGGULAN KELENGKENG MATALADA
18 April 2020

Bersama kami di artikel Bibitbuahku. Pada kesempatan ini kita mengajak anda untuk membahas tentang apa saja keunggulan Kelengkeng Matalada. Buah... selengkapnya

Cara Budidaya Tanaman Black Sapote Agar Cepat Berbuah
1 Desember 2021

Cara Membudidayakan Tanaman Black Sapote Agar Cepat Berbuah & Menghasilkan Buah Yang Berkualitas Budidaya Tanaman Black Sapote – Kira-kira apa... selengkapnya

6 CARA BUDIDAYA MANGGA KIOJAY YANG EFEKTIF MUSIM KEMARAU
21 Maret 2020

Kembali lagi bersama kami, dalam kesempatan kali ini kita akan mengulik perihal cara budidaya Mangga Kiojay yang efektif saat musim... selengkapnya

Durian Terlezat di Tanah Minang
17 Maret 2017

Setengah abad Sumatera Barat terbukti gudang durian nan lamak bana – Des Mayanti bergegas memilih dan menyodorkan durian berkulit cokelat... selengkapnya

Raja Buah Beradu Lezat
15 Maret 2017

Harga sebuah durian di pasar lelang Rp1.350.000. – Warna kunimg dari daging buah durian si rouf milik Sutarko dari Kecamatan Sigaloh,... selengkapnya

5 HAL DASAR BUDIDAYA ALPUKAT PLUWANG UNTUK HASIL YANG IDEAL
21 Maret 2020

Kembali bersama kami, dalam artikel ini kita akan mengulas tentang budidaya Alpukat Pluwang untuk hasil yang ideal. Buah alpukat merupakan... selengkapnya

Langsing Karena Delima
21 Maret 2017

Agatha Surakso mencapai bobot ideal setelah meminum rebusan kulit buah delima Agatha Surakso rutin mengonsumsi kulit delima 2—3 kali sepekan... selengkapnya

Web Derectory Luar dan Indonesia Gratis
23 September 2017

Dalam artikel kali ini bahasan tidak seperti bahasannya, lain dari yang lain, kalau biasanya saya membahas terkait bibit buah …... selengkapnya

6 Cara Merawat Tanaman Strawberry Agar Cepat Berbuah

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

yaniz
● online
yaniz
● online
Halo, perkenalkan saya yaniz
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: